I.

RINGKASAN EKSEKUTIF Beauty Burger merupakan usaha kami dalam pendistribusian produk dengan berbagai cita rasa yang bervariasi. Permintaan akan burger sangat disukai oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua. Oleh karena itu, kami sangat yakin usaha yang akan kami jalani ini akan mendapat respon yang baik dari para pelanggan burger. Burger yang kami distribusikan mempunyai harga yang cukup terjangkau dari golongan bawah, golongan menengah, dan golongan atas. Semua orang dapat membeli serta menikmati produk burger yang kami tawarkan tanpa mengurangi kenikmatan dan kualitasnya. Apalagi produk Burger yang kami tawarkan ini sangat menarik bukan hanya dari segi bentuknya saja. Tetapi dalam cita rasa yang beraneka ragam serta ciri khas rasa tersendiri. Seperti rasa-rasa yang di sajikan dan penggunaan bahan bakunya secara sehat karena daging yang kami gunakan merupakan daging yang rendah kolesterol dan sayur-sayurannya juga bebas dari pestisida. Beauty Burger yang pertama akan dibuka di Jalan Panglima Polim II. Lokasi ini strategis dikarenakan dekat dengan sekolah, pusat perbelanjaan di Blok M dan Melawai, serta gedung perkantoran. . Usaha burger kami termasuk bisnis yang sangat menjanjikan karena bahan baku yang digunakan mudah diperoleh atau didapat, murah dan cepat dalam memproduksi sehingga keuntungan yang akan dihasilkan pun akan besar. Elemen-elemen utama yang ditawarkan membedakan Beauty Burger dengan usaha burger pada umumnya adalah: 1. Produk berkualitas tinggi 2. Layanan konsumen yang memuaskan 3. Metode pemasaran yang unik 4. Lokasi yang nyaman 5. Design dan suasana gerai yang ceria dan gaul

mall-mall dan perkantoran masih sangat terbuka. Konsep Bisinis Beauty Burger adalah konsep gerai yang khusus menyediakan burger dengan berbagai cita rasa yang bervariasi. BISNIS a. Konsep ini dibuat berbeda dengan usaha burger yang ada di Indonesia. namun target jangka panjang adalah ekspansi agresif di mall-mall terkemuka lainnya. Sementara itu. rencana jangka panjang perusahaan adalah menjadi pemimpin pasar usaha burger di kota-kota besar dengan melalui franchise. Rencana jangka menengah perusahaan adalah melakukan strategi ekspansi dengan menambah 1 gerai di Margonda dan 1 gerai di Pondok Indah. Beauty Burger menawarkan pelanggannya untuk menikmati burger dengan suasana yang gaul. Panglima Polim II. ’nongkrong’ dan hang out sudah menjadi kebiasaan. Berbagai menu burger dibuat dan diolah dengan sentuhan tangan orang-orang yang profesional untuk memberikan cita rasa yang unik dan modern pada setiap makanan dan minuman dengan membedakan rasa yang di tawarkan oleh pesaing. Rencana jangka pendek perusahaan akan gerai pertama seluas 100m2 di kota Jakarta. asyik dan mengikuti pola anak muda sekarang. Berikut ini ada 5 (lima) bagian utama yang ditawarkan oleh “Beauty Burger” yang membedakannya dengan toko burger yang lain : 1. sehingga pelanggan dari toko kami tidak merasa bosan dengan burger yang kami distribusikan. hal ini karena bagi masyarakat kota khususnya anak muda. Manajemen perusahaan ingin menekankan bahwa peluang membuka gerai di sekitar sekolah. Kami juga berkeinginan untuk menciptakan burger dengan bentuk yang unik dan rasa yang berbeda dengan burger lainnya.Tahap awal dari rencana bisnis ini adalah membuka gerai di Jl. II. . Beauty Burger akan dibuka pertama kali di Jakarta dan akan dikembangkan di beberapa kota besar lainnya. Produk yang berkualitas tinggi Beauty Burger menyediakan aneka makanan dengan kualitas tinggi.

2. Hal ini memberikan keuntungan untuk perusahaan dan bagi konsumen pula. Beauty Burger akan menggunakan logo secara kreatif pada presentasi produknya yang inovatif. Beauty Burger juga menawarkan konsep pemasaran yang kreatif. kemasan dan selebaran. Lokasi yang nyaman Beauty Burger berlokasi di Jalan Panglima Polim II No. dan perusahaan memberikan kompensasi dan reward kepada pegawainya yang memberikan pelayanan yang prima kepada konsumen. 4. 54A. mempunyai motivasi yang tinggi. yaitu memberikan dan mengembangkan layanan yang positif dan proaktif yang akan diterima oleh konsumen setiap kali datang ke Beauty Burger. serta memberikan cinderamata (merchandise). seperti memberikan dan menawarkan potongan harga (discount) kepada konsumen yang sudah mengunjungi Beauty Burger pada hari senin dan discount yang diberikan sebesar 10%. orang yang tanggap dan cekatan. Keuntungan yang diberikan untuk perusahaan adalah lokasinya yang strategis karena terletak . 3. Oleh karena itu. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan. perusahaan menetapkan peraturan dalam pengrekrutan pegawai haruslah orang-orang yang berpenampilan menarik dan gembira (ceria). Layanan konsumen yang memuaskan Setiap pegawai dalam Beauty Burger memegang peranan penting dalam melayani konsumen. Jakarta Selatan terletak dipinggir jalan dengan tingkat lalu lintas pengunjung yag tinggi dan merupakan area komersial. Karena perusahaan mengandalkan kunjungan kembali konsumen. Perusahaan juga memberikan pelatihan (training) pada pegawai baru. maka interasi yang baik dengan konsumen merupakan hal yang utama dan merupakan kunci sukses untuk bisnis ini. dan memiliki komitmen untuk melayani para konsumen. Persediaan barang dagangan dan metode pemasaran yang unik Beauty Burger akan menerapkan strategi pemasaran dan persediaan barang dagangan yang agresif yang dirancang untuk menciptakan dan mengenalkan citra perusahaan. Beauty Burger juga membuat kartu keanggotaan (member).

dan sekolah. 1. perkantoran. lokasi kami juga terletak dekat dengan pusat perbelanjaan di Blok M dan Melawai. agar para konsumen dapat menikmati makanan dengan ber-internet ria. Selain itu. namun kami juga menawarkan berbagai kudapan pelengkap. Desain dan suasana gerai yang ceria dan gaul Beauty Burger akan dirancang dengan suasana yang ceria dan gaul pada interior dan perabotnya. 5. seperti Green Burger dan Mix Burger.di persimpangan (junction). yaitu tomat. Beauty Burger juga akan menyediakan fasilitas wifi dan internet akses. Suasana full colour sangat diperhatikan untuk menjadi penambah daya tarik tempat. kenyamanan tempat menjadi nilai jual yang berbeda sehingga dapat menarik konsumen untuk berkunjung. Burger Beauty Burger menawarkan burger dengan isi daging sapi maupun yang tidak. yaitu konsumen masih bisa berjalan-jalan di pusat perbelanjaan yang ada setelah atau sebelum makan di Beauty Burger. a). Produk yang Ditawarkan: Meskipun menu utama yang ditawarkan adalah burger. b. mentimun dan selada ditambah dengan mentega dan mayonaise yang lezat . Ladies Burger Burger panggang dengan roti yang gurih yang didalamnya berisi daging sapi pilihan yang rendah kolesterol dan sayuran segar yang bebas dari pestisida. Keuntungan yang diberikan untuk konsumen adalah konsumen bisa merasakan manfaat yang ganda.

Mix Burger Burger ini juga berbeda dengan burger lainnya. c).b). selada). karena burger yang kami sajikan ini berbeda dengan burger lainnya. karena burger ini berisikan cokelat. burger ini terbuat dari roti dengan adonan terigu ditambah sari daun pandan sehingga burger yang dihasilkan berwarna hijau dan berisikan kacang hijau serta ditaburi biji wijen di atasnya. Burger ini dibentuk agar pelanggan tertarik dan semangat saat menyantapnya. . Green Burger Ini merupakan produk andalan kami. pisang dan keju ditambah kentalnya susu putih yang membuat burger ini semakin enak disantap. Kami menyajikan burger ini khususnya untuk pelanggan kami yang vegetarian dan bagi mereka yang mengurangi kolesterol dan baik untuk diet. mentimun. d). yaitu berbentuk love/ hati baik roti dan juga dagingnya yang rendah kolesterol. Falling in Love Burger Kami menyebutnya ”Falling in Love” karena burger ini disajikan secara unik. Burger ini terbuat dari roti tawar dan berisikan daging serta sayuran yang bebas dari pestisida (tomat.

Snow Banana Snow Banana yaitu pisang Raja yang dipanggang dan ditaburi keju yang diparut ditambah dengan lumuran susu putih yang kental. selembar keju. b). French Fries Kentang goreng pilihan dengan bumbu yang lezat dan gurih. Insomnia Burger Burger ini terbuat dari roti yang gurih berisikan daging sapi. . Dengan sekali mencoba burger ini. sayuran serta mentega dan mayonaise pilihan.e). sesuai dengan namanya ”Insomnia Burger”. Toba Spagetty Toba Spagetty yaitu spagetty pilihan dengan daging cincang yang pedas atau tidak sesuai pilihan pelanggan ditambah keju yang diparut dan daun papermint yang menghiasi penyajiannya. c). 2. Menu Lainnya Menu lain yang ditawarkan adalah: a). ayam yang dipipihkan. diharapkan pelanggan terbayang-bayang saat tidur dan ketagihan untuk membeli burger ini.

00 Rp.000.00 . Harga Harga yang ditawarkan oleh Beauty Burger kompetitif dan tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan pesaingnya. Cola/ Fanta Float yaitu cola atau fanta ditambah dengan ice cream rasa vanilla yang segar. Es pinky boy ini sangat cocok untuk menemani hidangan Ladies Burger dan lainnya.d). Mocha Float. 5. c. Cola/ Fanta Float Mocha Float yang terbuat dari kopi rasa moka yang diblender ditambah ice cream vanilla dan susu cokelat kental manis di atasnya.Ladies Burger .000. Berikut adalah daftar harga: . Es Pinky Boy yaitu es yang terbuat dari jambu biji pilihan dan gula manis serta es batu air mineral matang yang kami buat sendiri dengan cara diblender.00 Rp.500. e).00 Rp. 8.500. Es Jerman yaitu Es Jeruk Manis yang terbuat dari perasan jeruk pilihan dan gula manis serta es batu air mineral matang yang kami buat sendiri. 7.Mix Burger . 5.Green Burger .Falling in Love Burger Rp. Es Jerman dan Es Pinky Boy Es Teman yaitu Es Teh Manis yang terbuat dari teh wangi melati dan gula manis serta es batu air mineral matang yang kami buat sendiri. Es Teman.

Es Pinky Boy . Persediaan barang dan pemasaran Strategi pemasaran perusahaan adalah menciptakan tingkat kesadaran merk. Tempat akan di desain dengan full colour dan full music serta dilengkapi dengan wifi dan internet akses.Es Mocha/ Cola/ Fanta Float Rp. 2. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada .Insomnia Burger . 5.000.15. e.Snow Banana .000.00 Rp. Implementasi strategi ini meliputi hal-hal berikut : • • • • Memberikan Diskon khusus di hari senin. pelatihan.. 5.00 – 22. 3. Beuty Burger akan menyelanggarakan pemasaran internal melalui proses rekruitmen.00 Rp.500. dan khusus weekend buka sampai jam 00.500.00 Rp. mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang ditawarkan perusahaan . Layanan Pelanggan Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen.00 Rp. • Memberikan jasa antar gratis pada wilayah sekolah.000. Layanan proaktif karyawan : melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan persiapan serta cara melayani konsumen dengan antusias. 5.000. perusahaan menetapkan pegawai yang berpenampilan menarik dari fisik dan mental. Jam buka gerai dari jam 09.Es Jerman . 8.Es Teman .00 WIB.Toba Spagetty .00 Rp.000.00 d.French Fries . dan motivasi karyawannya.00 Rp. 7. perkantoran sekitar gerai dengan batas kilometer ditentukan.000.00 WIB.00 Rp.

Roti . h.karyawan mengenai peranan mereka pada kepuasan konsumen. f. Hal ini menjadi salah satu poin strategis bagi Beuty Burger dibandingkan dengan para pesaingnya. 54A. Desain Gerai Beauty burger dirancang dengan konsep full colour. mentimun. Lokasi dan Pilihan wilayah Beauty Burger berlokasi di Jl. tomat. Bahan Baku untuk burger . kenyamanan tempat menjadi nilai jual yang berbeda sehingga dapat menarik konsumen untuk berkunjung. Selain itu. Keuntungan yang diberikan untuk konsumen adalah konsumen bisa merasakan manfaat yang ganda.Sayur-sayuran seperti selada. Pasokan Barang Dagang 1. gaul. lokasi kami juga terletak dekat dengan pusat perbelanjaan di Blok M dan Melawai. dan sekolah. Terletak dipinggir jalan dengan tingkat lalu lintas pengunjung yang tinggi dan merupakan area komersial. Jakarta Selatan. Suasana yang ingin diberikan beauty burger adalah bersih. nyaman dan menyenangkan. Panglima Polim II No. Kami memakai konsep full colour agar setiap setiap pengunjung yang datang dapat terbawa suasana ceria yang bisa membuat hati menjadi gembira. yaitu konsumen masih bisa berjalan – jalan dipusat perbelanjaan yang ada setelah atau sebelum makan di beauty burger.Daging Sapi impor . . perkantoran.Keju . Dengan demikian mereka dapat berfungsi sebagai messenger bagi para konsumen dan pelanggan perusaahaan. g. Hal ini memberikan keuntungan untuk perusahaan dan bagi konsumen pula. Selain itu karyawan juga akan diberikan pelatihan mengenai product knowledge yang dihasilkan oleh perusahaan. Keuntungan yang diberikan untuk perusahaan lokasinya yang strategis karena terletak dipersimpangan (junction).

Jam operasi gerai weekdays pukul 09.Blue band . tinggal didaerah perkotaan dengan tingkat sosial ekonomi A+.22.Susu kental manis .Tepung Tapioka . Bahan baku menu lainnya dan bahan pelengkapnya. Ciri-ciri: Usia muda.Pisang. maka potensi segmen yang disajikan sasaran Beauty Burger adalah : 1.2. III. Sisi menarik segmen ini adalah .Kentang .Mayonaise .Saus Tomat dan cabai . Segmen The Networking Pleasure Seeker atau Gaul Glam Ciri-ciri: Wanita. Operasi Gerai dan Manajemen Gerai akan dioperasikan oleh satu manajer toko yang akan bekerja dan terdiri dari lima sampai enam orang pegawai yang bekerja paruh waktu. Konsep yang dianut All is one and one is all 2. Segmen The Change Expect Lad atau Anak Nongkrong.Mie spagetty .00 WIB sedangkan weekend pukul 09. status sosial – ekonomi menengah – bawah. PASAR Segmentasi Pasar Berdasarkan hasil survey diatas.00 WIB. Karakter mereka hidup berorientasi pada teman-temannya (kelompoknya).00 – 00. i.Daging cincang . tinggal didaerah urban. . dan cemilan penunjang lainnya. Mereka sangat materialistis dan memiliki harta/benda adalah puncak kebahagiaan hidup. Laki-laki. usia matang yang sangat terbuka. suka bergaul dan penuh gairah.00 .

pisang. yang juga belum ada disediakan oleh para pesaing. . Posisi Beauty Burger disini sebagai pengikut pasar. Sementara itu. VI. juga menawarkan burger non kolesterol yaitu Green Burger. dimana jiwa anak muda sekarang memiliki kebiasaan nongkrong dan hangout. Perusahaan berharap tingkat pengembalian ulang konsumen cukup tinggi. 2. Sehingga bagi mereka. Selain itu juga diharapkan sekitar 70% pesanan melalui take away. IV. King Burger dan lainnya. Beauty Burger selain menawarkan burger isi daging seperti layaknya. keju yang belum ada disediakan oleh para pesaing. Blenger Burger. PERSAINGAN Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk. Dimata mereka. Rencana jangka menengah perusahaan adalah melakukan strategi ekspansi dengan menambah 1 gerai di Margonda dan 1 gerai di Pondok Indah. pengenalan akan nama merek dan lokasi gerai. PELANGGAN Pasar sasaran Beauty Burger adalah kaum anak muda. Klenger Burger. Gerai ini akan berlokasi disekitar tempat hang outnya anak muda. Beauty Burger juga menawarkan rasa cokelat. Beauty Burger akan bersaing langsung dengan sesama toko burger seperti Don’s Burger. Kelebihan Beauty Burger dibandingkan pesaing. Beauty Burger menyajikan burger yang berbentuk unik yaitu love (hati). pertemanan lebih seperti membuat jejaring daripada membangun ikatan. V.mereka percaya bahwa pertemanan adalah investasi. rencana jangka panjang perusahaan adalah menjadi pemimpin pasar usaha burger di kota-kota besar dengan melalui franchise. layanan. RENCANA PENGEMBANGAN 1. pengakuan diri itu ada jika mereka bisa diterima oleh lingkungan pergaulannya. yaitu: 1.

outlet-outlet ataupun sekolah untuk memberikan discount ataupun pemberian secara gratis bagi konsumen mereka yang berbelanja sesuai nominal yang ditentukan juga para pelajar yang berprestasi. menyajikan burger dengan bentuk yang lebih unik. ambisi dan determinasi serta integritas.Keahlian dalam hal keuangan. Kebutuhan Pembiayaan NO Uraian Jumlah . Proyeksi Keuangan 1.Febri Valentina . 3.000 5. dan lain-lain. Resiko Karena produk yang kami jual adalah makanan maka kemungkinan resiko yang akan dihadapi adalah bahan baku yang tidak tahan lama.000.Atribut-atribut pribadi seperti daya inisiatif.000 5. b).000 2. seperti bentuk sepatu.000.000 5. memasarkan produk lebih agresif c). Perincian Modal Awal No 1 Uraian Modal Sendiri . VII. bekerjasama dengan tempat-tempat perbelanjaan.000 32. manajemen dan aspek hukum .000 5.000 5.Norita Fitriani .000. Strategi : a).000.000.Profesionalisme . boneka.000. MANAGEMENT Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek: .2.000.Conny Debora TOTAL Jumlah Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 7.Seftiana .Rohmi Natalia . membuat paket makanan dan minuman dengan harga yang relatif lebih rendah sehingga membuat pelanggan tertaik d). VIII.Vera Novayanti .

000 9.500. 4.000 .000 Rp 2. Persediaan awal Peralatan Biaya Sewa Design Interior Kendaraan Operasional Lain-Lain TOTAL Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 19. NERACA AWAL BEAUTY BURGER NERACA PER 1 JANUARI 2011 ASSET Aktiva Lancar: Kas Persediaan Perlengkapan Sewa dibayar di muka Total Aktiva Lancar Aktiva Tetap: KEWAJIBAN &EKUITAS Kewajiban: Hutang kepada investor Ekuitas: Modal Natalia Modal Febri Modal Vera Modal Seftiana JUMLAH Rp 3.000 9.000 5.000 Rp 200. internet 3. air. 5.000 2.000.000. 6. telepon.500.000 Rp Rp Rp Rp 7.000 JUMLAH Rp 1.150.000. 2.000 5. 3.050.000.000 Rp 800.000.000 5. Gaji Pimpinan 2. Biaya Pemasaran TOTAL BEBAN VARIABEL/ BULAN NO.000 Rp 10.000 5. Beban listrik.000 Rp 28.000.000 Rp 500.150.000. Gaji Karyawan (5 Orang) 3.600.950.000. URAIAN 1.000.000 Rp Rp Rp Rp Rp 11.000 45.1.000 7.000 19.000 Rp 150.000 3. URAIAN 1.600.850.500.000 Rp 6.000.000 7.000.000. Biaya Sewa 4. Bahan Baku (Persediaan) 2. BBM TOTAL 4. BEBAN – BEBAN BEBAN TETAP/ BULAN NO.000 3.000 48.

000 Rp.000.878. mesin penghitung. 15. internet.000.650. 26. 60.000 14. 42. 800. .000 Rp.200 Diasumsikan bahwa laporan laba rugi di atas merupakan hasil operasional selama 1 bulan yang perkiraan kami hasil penjualan sebesar 70% dari penjualan burger dan 30% dari kudapan lainnya.000 Modal Norita Modal Conny Total Ekuitas Total Kewajiban & Ekuitas Rp 5.000 Rp 32. 14.000 Rp 60. 200. 500.Peralatan Kendaraan Operasional Total Aktiva Tetap Rp Rp Rp 7. sendok dan garpu. kuali. membeli peralatan. gelas.000. oven.000 Rp. dan lain-lain. 1. listrik.000 Total Aktiva Rp. meja.605. kulkas.000 Rp.000.000.000 Rp 5. 16.050. 10.800.000 Rp. kompor.922.000 Diasumsikan neraca di atas sudah mendapat persetujuan dan pendanaan dari investor.000. 150. dana tersebut akan kami gunakan untuk membayar sewa.000 Rp.000 Rp. panci. Laporan Laba/ Rugi BEAUTY BURGER LAPORAN LABA/ RUGI PER 31 JANUARI 2011 Penjualan Harga Pokok penjualan Gross Margin Beban operasional : Beban gaji Beban sewa Beban pemasaran Beban telepon. Adapun peralatan meliputi: Kursi.000 Rp.800 Rp.622.228. Sementara kendaraan operasional merupakan motor second untuk membantu dalam mengirimkan pesanan khusus wilayah sekitar.000 Rp.050.000. dll BBM Total beban operasional Laba bersih sebelum pajak Pajak 10 % Laba bersih sesudah pajak Rp.000 Rp. piring. dan kendaraan operasional sehingga bagi kami dana tersebut merupakan hutang yang harus dibayar. 9.000 7. 5.

60.000. 10.000 Rp.628 Rp.850.000.923.000 Rp.000 3. 20.000 Rp.800.000 Rp.560 6.200.000 Rp.8 (bulan) Jadi. 19. 14. Payback periode = = = Total biaya Laba Rp.200. 11.000 Diasumsikan bahwa di tahun 2012. 5. . kira-kira bisnis ini akan balik modal dalam waktu 4 bulan.800. 19.050.000 2012 Rp.000 0. Beauty Burger akan mendapat sumber dana untuk meningkatkan operasional usaha ataupun perluasan & menambah gerai baru.000 Rp.BEP = = Rp. 48.000 Rp.850. 15. 14. 5.000.800.000 Rp.150. 25. Proyeksi aliran kas usaha (Cash Flow) Uraian Sumber dana Penggunaan dana Arus kas bersih Keadaan kas awal Keadaan kas akhir 2011 Rp.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful