P. 1
Surat Perjanjian Sewa Menyewa Ruko

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Ruko

|Views: 12,539|Likes:
Published by Taufiq El-Batami

More info:

Published by: Taufiq El-Batami on Jan 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2013

pdf

text

original

SURAT PERJANJIAN SEWA MENYEWA

Kami yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Jabatan / Pekerjaan Alamat No. KTP No. Telp

: SUIMAN : Wiraswasta : Komp. Sentosa Perdana Blok J No. 07 Tembesi : 21.71.02.002.08.02.80.13097 : +6285765315316

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA / YANG MENYEWAKAN.

Nama Jabatan / Pekerjaan Alamat No. KTP No. Telp

: MERI GUNADI : Wiraswasta : Perum. Griya Batu Aji Asri RT/RW 003/018 Sungai Langkai, Sagulung : 21.71.11.300.97.89.004 : +6281927055860

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA / YANG MENYEWA

Bahwa pihak pertama yang kemudian adalah pihak yang berwenang melakukan tindakan hukum dalam perjanjian ini, yaitu yang berhak untuk menyewa atas : Sebuah kios di complex Sentosa Perdana Plaza Ruko Blok J No 07 ukuran kios sebesar : Lebar 2.75 meter X Panjang 5 meter, menghadap didepan ATM BCA Tembesi Batu Aji Batam Indonesia. Dengan fasilitasfasilitas berupa : • • • • Aliran Listrik (PLN) Pintu besi / Folding gate ukuran 2.5 meter X 2.75 meter Lampu lampu neon sebanyak 4 pcs Rak rak kaca sebanyak 4 baris, ukuran 2.5 meter X 35 cm

Yang segala sesuatunya telah diketahui dengan baik oleh pihak kedua untuk selanjutnya disebut sebagai “OBJEK SEWA MENYEWA”.

Bahwa pihak pertama bermaksud menyewakan objek sewa menyewa tersebut diatas kepada pihak kedua dan pihak kedua setuju untuk menyewanya, yang mana telah disepakati dengan memakai atauran dan syarat-syarat sebagai berikut :

PASAL I MASA SEWA

Masa sewa telah disepakati oleh kedua belah pihak adalah selama 1 (satu) tahun yaitu terhitung mulai tanggal 19 Mei 2010 dan berakhir pada tanggal 18 Mei 2011.

PASAL II a HARGA SEWA DAN CARA PEMBAYARAN

Harga sewa masa sewa selama 1 (satu) tahun seperti yang dimaksudkan dalam pasal I (satu) diatas adalah sebesar Rp. 30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah) dengan perincian sebagai berikut :

 Pembayaran Dp 1 (satu) selama 3 (tiga) bulan ( 19 Mei 2009 – 18 Agustus 2010 ) sebesar

Rp. 7.5000.000,00 rupiah oleh pihak kedua kepada pihak pertama pada saat surat perjanjian sewa menyewa ini ditanda tangani.

 Pembayaran Dp 2 (dua) selama

3 (tiga) bulan ( 19 Agustus 2009 – November 2010 ) sebesar Rp. 7.500.000,00 rupiah oleh pihak kedua kepada pihak pertama akan dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 19 Agustus 2010.

 Pembayaran Dp 3 (tiga) selama 3 (tiga) bulan ( 19 November 2010 – 18 Februari 2011 ) sebesar

Rp. 7.500.000,00 rupiah oleh pihak kedua kepada pihak pertama akan dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 19 November 2010.

 Pembayaran Dp 4 (empat) selama 3 (tiga) bulan ( 19 Februari 2011 – 18 Mei 2011 ) sebesar

Rp. 7.500.000,00 rupiah oleh pihak kedua kepada pihak pertama akan dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 19 Februari 2011.

PASAL II b

Apabila pembayaran tersebut diatas ( Dp 2,3, dan 4 ) tidak diterima pihak pertama pada batas waktu yang tersebut diatas, maka pihak kedua dianggap tidak berminat melanjutkan objek sewa tersebut dan pihak kedua wajib mengosongkan objek sewa tersebut dalam waktu 3 (tiga) hari.

PASAL III HAK DAN KEWAJIBAN PIHAK PERTAMA

-

Pihak pertama berhak untuk menagih biaya listrik dan abonement listrik dan biaya kamsih setempat sesuai perjanjian sebelumnya.

-

Pihak pertama menjamin, satu-satunya pihak yang berwenang untuk menyewakan objek sewa menyewa ini. Oleh sebab itu pihak pertama berjanji tidak akan menyewakan kepada pihak lain selama masa sewa ini berlangsung, dan bertanggung jawab kepada pihak kedua bilamana timbul gangguan atau gugatangugatan pada pihak kedua yang dilakukan oleh pihak lain yang berkenaan dengan masalah sewa menyewa ini.

PASAL IV a KEWAJIBAN PIHAK KEDUA

-

Biaya listrik, abonement dan kamsih setempat serta iuran lainnya yang timbul dan terjadi selama masa sewa menyewa dibayar oleh pihak kedua kepada pihak pertama.

-

Pihak kedua bersamaan dengan ini memberikan jaminan deposito kepada pihak pertama sebesar Rp. 500.000,00 rupiah untuk keperluan biaya listrik dam maintenance yang mana jumlah tersebut nantinya akan dikembalikan secara utuh kepada pihak kedua pada saat masa sewa berakhir ( jikalau pihak kedua telah menyelesaikan semua biaya-biaya yang berkait selama masa sewa ini berlangsung ).

-

Uang jaminan tersebut akan hangus dengan sendirinya, seandainya pihak kedua tidak melakukan kewajiban membayar iuran yang telah dipakai dan atau tidak menyelesaikan jangka waktu perjanjian sewa menyewa yang telah disepakati bersama.

PASAL IV b

Pihak kedua berjanji akan mengurus objek sewa menyewa ini sebaik-baiknya sebagaimana lakyaknya sesuai peraturan ruko setempat, oleh sebab itu maka pihak kedua berjanji akan menyerahkan objek sewa menyewa ini dalam keadaan baik pula pada saat masa sewa ini berakhir.

PASAL IV c

Pihak kedua berjanji menerima keadaan objek sewa menyewa ini sebagaimana adanya seperti keadaan pada waktu perjanjian sewa menyewa ini ditanda tangani dan berjanji pula untuk memperbaiki segala macam kerusakan kecil yang terjadi akibat pemakaian, kecuali kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh kontruksi bangunan, karena kejadian-kejadian alam atau yang berada diluar kemampuan manusia mencegahnya.

PASAL IV d

Dalam hal pihak kedua bermaksud untuk memperpanjang ataupun tidak memperpanjang masa sewa maka maksud tersebut harus diutarakan kepada pihak pertama selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum berakhirnya masa sewa ini, apabila pihak pertama tidak berniat untuk menyewakannya kembali maka tidak ada alasan bagi pihak kedua untuk memperpanjang masa sewanya.

PASAL V PELANGGARAN DAN SANKSI – SANKSI

Pada saat berakhirnya masa sewa ini, pihak kedua wajib dan berjanji menyerahkan objek sewa menyewa ini secara baik kepada pihak pertama dan meninggalkan serta mengosongkan objek sewa menyewa tersebut dari barang-barang miliknya pihak kedua.

PASAL VI a

Hal-hal yang tidak atau belum cukup diatur dalam akta ini dan yang mungkin timbul dikemudian hari, sedapat mungkin diputuskan oleh kedua belah pihak secara musyawarah dan mufakat dengan pedoman pada ketentuanketentuan dari jiwa perjanjian ini.

PASAL VI b

Didalam semua dan segala hal yang mengenai sewa menyewa ini dan segala akibatnya, maka para pihak memilih tempat kediaman hukum dan tetap dikantor kepaniteraan Pengadilan Negeri Kota Batam.

PASAL VI c

Demikianlah perjanjian sewa menyewa ini kami buat dengan sebenar-benarnya, dalam keadaan sadar dan tanpa paksaan dari manapun juga, dalam 2 (dua) rangkap, masing-masing bermaterai cukup serta mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Batam, 19 Mei 2010

PIHAK PERTAMA

PIHAK KEDUA

( SUIMAN )

( MERI GUNADI )

PIHAK PERTAMA

PIHAK KEDUA

Saksi I

Saksi II

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->