y Contoh: rel kereta api memuai saat siang terik dan menyusut waktu malam yang dingin. y Penyusutan adalah pemendekan benda diakibatkan karena didinginkan. .Pengertian Pemuaian y Pemuaian adalah pertambahan panjang benda diakibatkan karena dipanaskan.

y Nilai koefisien benda/zat berbeda-beda. y Nilai koefisien ZAT GAS > ZAT CAIR > ZAT PADAT (lebih lengkap dilihat di tabel halaman 132) .Koefisien Muai y Koefisien muai panjang adalah bilangan yang menunjukkan besarnya pertambahan panjang tiap 1 meter pada kenaikan suhu 1 K atau 1 0C.

Faktor yang Mempengaruhi Pemuaian y Panjang awal benda sebelum dipanaskan Semakin besar panjang awal benda maka semakin besar pertambahan panjang akibat pemuaian y Kenaikan suhu Semakin tinggi suhu yang digunakan untuk memanaskan benda maka semakin besar pertambahan panjangnya. y Jenis bahan (Koefisien Muai) Semakin besar nilai koefisien muai panjangnya maka semakin besar pertambahan panjang benda tersebut. .

yang mengalami pemuaian adalah panjang dan lebar TIDAK TIDAK YA. dan tinggi YA YA . yang mengalami pemuaian adalah panjang. yang AT mengalami pemuaian adalah sisi panjang CAIR GAS TIDAK TIDAK YA.Jenis Pemuaian ZAT PEMUAIAN PANJANG PEMUAIAN LUAS PEMUAIAN VOLUME PAD YA. lebar.

y Celah pada sambungan jalan beton. y Pemasangan jembatan.Dampak Pemuaian y Pemasangan Rel Kereta Api selalu diberi celah untuk menghindari pembengkokan rel saat siang hari terik. y Pamasangan kabel telepon/listrik dibuat kendor agar tidak putus saat terjadi pemuaian. y Pemasangan Kaca Jendela diberi celah terhadap bingkainya. Salah satu sisinya diberi roda untuk memberikan ruang saat terjadi pemuaian. .

Manfaat Pemuaian y Pengelingan Plat logam pada Roda Pedati y Pemasangan Roda Ban Baja sebuah Lokomotif y Membuka tutup botol dengan cara disiram dengan air panas. y Pemasangan pita logam pada tong kayu. y Bimetal pada lampu sen mobil dan setrika listrik. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful