Pengertian Pemuaian y Pemuaian adalah pertambahan panjang benda diakibatkan karena dipanaskan. y Contoh: rel kereta api memuai saat siang terik dan menyusut waktu malam yang dingin. . y Penyusutan adalah pemendekan benda diakibatkan karena didinginkan.

Koefisien Muai y Koefisien muai panjang adalah bilangan yang menunjukkan besarnya pertambahan panjang tiap 1 meter pada kenaikan suhu 1 K atau 1 0C. y Nilai koefisien benda/zat berbeda-beda. y Nilai koefisien ZAT GAS > ZAT CAIR > ZAT PADAT (lebih lengkap dilihat di tabel halaman 132) .

. y Jenis bahan (Koefisien Muai) Semakin besar nilai koefisien muai panjangnya maka semakin besar pertambahan panjang benda tersebut.Faktor yang Mempengaruhi Pemuaian y Panjang awal benda sebelum dipanaskan Semakin besar panjang awal benda maka semakin besar pertambahan panjang akibat pemuaian y Kenaikan suhu Semakin tinggi suhu yang digunakan untuk memanaskan benda maka semakin besar pertambahan panjangnya.

yang AT mengalami pemuaian adalah sisi panjang CAIR GAS TIDAK TIDAK YA. yang mengalami pemuaian adalah panjang dan lebar TIDAK TIDAK YA.Jenis Pemuaian ZAT PEMUAIAN PANJANG PEMUAIAN LUAS PEMUAIAN VOLUME PAD YA. yang mengalami pemuaian adalah panjang. dan tinggi YA YA . lebar.

y Pemasangan Kaca Jendela diberi celah terhadap bingkainya. y Pemasangan jembatan. y Pamasangan kabel telepon/listrik dibuat kendor agar tidak putus saat terjadi pemuaian.Dampak Pemuaian y Pemasangan Rel Kereta Api selalu diberi celah untuk menghindari pembengkokan rel saat siang hari terik. y Celah pada sambungan jalan beton. . Salah satu sisinya diberi roda untuk memberikan ruang saat terjadi pemuaian.

Manfaat Pemuaian y Pengelingan Plat logam pada Roda Pedati y Pemasangan Roda Ban Baja sebuah Lokomotif y Membuka tutup botol dengan cara disiram dengan air panas. y Pemasangan pita logam pada tong kayu. y Bimetal pada lampu sen mobil dan setrika listrik. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful