P. 1
3 Hukum Newton

3 Hukum Newton

|Views: 121|Likes:

More info:

Published by: Johanes Bambang Sakri on Jan 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2012

pdf

text

original

FISIKA

Percobaan Hukum Newton SMA Kelas 10 SMANSMAN-2 Palangkaraya

bahasan fisika yang akan didiskusikan adalah : Hukum 1 Newton Hukum 2 Newton Hukum 3 Newton Gesekan Gaya lainnya Untuk mendukung pembahasan di atas «.Tugas Gaya Hukum Newton ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Untuk kelas X. .

com. ‡ Setiap regu diharapkan memiliki neraca pegas masingmasing (bisa diperoleh di toko peralatan bangunan) ‡ Setiap regu menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerakan balok tersebut dan mencatat hasil observasinya menurut kalimat anda masing-masing. atau menuliskan hasil eksperimen tersebut di web blognya masing-masing). ‡ Setiap regu menyiapkan balok kayu (ukuran bebas) yang penting ada bagian yang halus dan bagian yang kasar. atau www.‡ Setiap regu kelas X membentuk kelompok masing-masing beranggotakan 4-5 orang. .com.docstock.scribd. ‡ Pengamatan dan percobaan diusahakan untuk didokumentasikan dengan kamera atau dilaporkan (jangan dikirim ke e-mail saya ~ sebaiknya dipublikasikan di www.

‡ Kami akan melakukan percobaan dengan menggunakan hukum newton 1 .

HUKUM NEWTON I ¶·Setiap benda akan diam atau bergerak lurus beraturan jika reslutan gaya yang bekerja pada benda itu sama dengan nolµ .

PERCOBAAN HUKUM NEWTON I ‡ Apabila permukaan kasar maka gaya yang diperlukan akan semakin besar. ‡ Apabila permukaan halus maka gaya yang diperlukan akan semakin kecil. .

.8 N .Sejauh 30 cm . Benda ditarik pada permukaan kasar membutuhkan gaya sebesar 2.PERCOBAAN HUKUM NEWTON I ‡ Balok permukaan halus Balok permukaan kasar ‡ Benda ditarik pada permukaan lantai keramik membutuhkan gaya sebesar 0.Sejauh 30 cm. ‡ Benda ditarik pada permukaan kasar membutuhkan gaya sebesar 2 N.2 N. Benda ditarik pada permukaan lantai keramik membutuhkan gaya sebesar 0.4 N.Sejauh 30 cm .Sejauh 30 cm.

.

Di permukaan kasar (balok kasar) .

Dipermukaan lembut (Balok kasar) .

Dipermukaan Kasar (Balok lembut) .

Dipermukaan lembut (Balok lembut) .

.

.

.

Taufan Iskandar .Kelompok Fisika M.

Nurlia Enda Permata Sari .

Rahmat Nurhadi .

Utari Dina Sari .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->