Kumpulan Puisi dan Syair dari kitab La Tahzan

Kuingat Engkau saat alam begitu gelap gulita, Dan wajah zaman berlumuran hitam Kusebut nama-Mu dengan lantang di saat fajar menjelang. Dan fajar pun merekah seraya menebar senyuman indah ffffffffffff Betatapun kulukiskan keagungan-Mu dengan deretan huruf, Kekudusan-Mu tetap meliputi semua arwah Engkau tetap Yang Maha Agung, sedang semua makna, Akan lebur, mencair, ditengah keagungan-Mu, wahai Rabbku ffffffffffff Wajah nan berseri tanda suka memberi, Dan, tentu bersuka cita saat dipinta Fffffffffff Kau melihatnya senantiasa gembira saat kau datang, Seolah engkau memberinya apa yang engkau minta padanay Fffffffffff Demi jiwaku yang bapakku menebusnya untukku,

Ia laksana pagi yang diharapkan dan bintang yang dinantikan. Canda kadang menjadi serius, Namun hidup tanpa canda jadi kering kerontang. (Abu Tamam) Fffffffff Wajah mereka cemberut karena sombong, Seolah mereka dilempar dengan paksa ke neraka. Tidak seperti kaum, yang bila kau jumpai bak bintang Gemintang yang jadi petunjuk bagi pejalan malam Fffffffff Orang berkata : “Langit selalu berduka dan mendung.” Tapi aku berkata, “Tersenyumlah, cukuplah duka cita di langit sana.” Orang berkata : “Masa muda telah berlalu dariku.” Tapi aku berkata, “Tersenyumlah, bersedih menyesali masa muda tak kan pernah mengembalikannya.” Orang berkata : “Langitku yang ada di dalam jiwa Telah membuatku merana dan berduka. Janji-janji telah menghianatiku ketika kalbu telah menguasainya. Bagaimana mungkin jiwaku sanggup Mengembangkan senyum manisnya.”

Cukuplah engkau tersenyum. Apalagi sampai engkau seolah-olah yang Melakukan dosa dan kesalahan itu? Orang berkata : “Sekian hari raya telah tampak tandatandanya Seakan memerintahkanku membeli pakaian dan bonekaboneka. Orang berkata. Sedangkan aku punya kewajiban bagi teman-teman dan saudara.Maka akupun berkata. Karena engkau akan mendapatkan penangkal dhagamu. “Tersenyumlah dan berdendanglah. Maka mengapa kau harus bersedih dengan dosa Dan kesusahan orang lain. Kala kau membandingkan semua umurmu kan habis untuk Merasakan sakitnya. “Perdagangan selalu penuh intrik dan penipuan.” Tapi aku berkata. dan engkau tidak kehilangan saudara-saudara . Ia laksana musafir yang akan mati karena terserang rasa haus. “Tetaplah tersenyum. Karena mungkin hausmu akan sembuh dengan sendirinya. Namun telapak tanganku tak memegang Walau hanya satu dirham adanya Kukatakan : “Tersenyumlah cukuplah bagi dirimu karena anda masih hidup.

dan kerabat yang kau cintai. tak membahayakan bibirmu jika engkau mencium juga tak membahayakan jika wajahmu tampak indah berseri Tertawalah. sebab meteor-meteor langitjuga tertawa mendung tertawa. " Malam memberiku minuman 'alqamah tersenyumlah. selama antara kau dan kematian ada jarak sejengkal. karenanya kami mencintai bintangbintang Orang berkata. walaupun kau makan buah 'alqamah Mungkin saja orang lain yang melihatmu berdendang akan membuang semua kesedihan. Ku katakan. "Wajah berseri tidak membuat dunia bahagia yang datang ke dunia dan pergi dengan gumpalan amarah. ia hanya mengunjungiku di gelapnya malam (Al Mutanabbi) Ffffffffffff . Orang berkata." (Elia Abu Madhi) Ffffffffffff Wanita yang mengunjungiku seperti memendam malu. setelah itu engkau tidak akan pernah tersenyum. "Tersenyumlah. Berdendanglah Apa kau kira dengan cemberut akan memperoleh dirham atau kau merugi karena menampakkan wajah berseri? Saudaraku.

semoga semakin luas untukku (Malik ibn ar-Rayyib) Fffffffffffffff Jangan cela orang yang sedang kasmaran .Engkau matahari. bintang-bintang itu pun lenyap tenggelam (An-Nabighah) Ffffffffffffffff Tidakkah kau lihat aku menjual kesesatan dengan hidayah dan aku menjadi seorang pasukan Ibnu Affan yang berperang Alangkah indahnya aku. tatkala aku biarkan anak-anakku taat dengan mengorbankan kebun dan semua harta-hartaku Wahai kedua sahabat perjalananku. semoga Allah memberkahi kau berdua dari tanah yang demikian lebar. dan raja-raja yang lain bintang-bintang tatkala engkau terbit ke permukaan. kematian semakin dekat berhentilah di tempat tinggi sebab aku akan tinggal malam ini Tinggallah bersamaku malam ini atau setidaknya malam ini jangan kau buat lari ia. telah jelas yang akan menimpa Goreslah tempat tidurku dengan ujung gerigi dan kembalikan ke depan mataku kelebihan selendangku Jangan kau iri.

hingga belitan keras deritamu berada dalam derita dirinya ffffffffffffffff Malam-malamku untuk merajut ilmu yang bisa dipetik. setelah itu engkau ingin menyamai derajatku (Az-Zamakhsyari) Ffffffffffffff Kala seorang jelata dalam kesengsaraannya ringan baginya untuk mendaki gundukan Lumpur fffffffffffff Adakah kita generasi yang sama saja dengan moyangnya? . lebih menggoda dan manis dari berkepit betis nan panjang Bunyi penaku yang menari di atas kertas-kertas. naik Apakah aku yang tidak tidur selama dua purnama dan engkau tidur nyenyak. lebih manis daripada berada di belaian wanita dan kekasih Bagiku lebih indah melemparkan pasir ke atas kertas daripada gadis-gadis yang menabuh dentum rebana Hai orang yang berusaha mencapai kedudukanku lewat angannya sungguh jauh jarak antara orang yang diam dan yang lain. menjauhi wanita elok dan harumnya leher Aku mondar-mandir untuk menyelesaikan masalah sulit.

sedang di dunia tak ada sekumpulan manusia yang tak pernah berpisah Betapa nasib para durjana. dia akan terus merasa sesak sampai masuk ke dalam liang kuburnya seakan mereka tuli saat diseru. Adakalanya seorang manusia menjadi penyampai berita. Wahai orang yang ingin selalu melawan tabiat. engkau mengharap percikan api dari genangan air. ia dicipta sebagai makhluk yang senantiasa galau nan gelisah. kaisar-kaisar penguasa. dan penimbun harta. boleh sekali fffffffffffffff Hukum kematian manusia masih terus berlaku. sedang engkau mengharap selalu damai nan tenteram. .penghuni negeri yang hanya melihat gagak sepanjang hidupnya. hingga kita selalu meratapi dunia. adakah harta dan jabatan mereka kekal dan masih ada di tangan mereka? Barangsiapa merasa terhimpit oleh langit kehidupannya. dan esok hari tiba-tiba menjadi bagian dari suatu berita. Kala engkau berharap yang mustahil terwujud. karena dunia juga bukan tempat yang kekal abadi. dan tak pernah tahu bahwa menasehati mereka itu boleh.

Kehidupan adalah tidur panjang. selesaikan segala tugas dengan segera. dan kematian adalah kehidupan. karena tak sadar bahwa jalan keluar ada di tangan Sang Pencipta Kola kesesakan semakain berat terasa. dalam alam impian dan khayalan Maka. Sigaplah dalam berbuat baik laksana kuda yang masih muda. Ffffffffffffff Mungkin saja seseorang merasa terhimpit cobaan. karena ia akan selau lari meninggalkan Anda sebagai musuh yang menakutkan dan karena zaman memang dicipta sebagai musuh orangorang bertakwa.engkau telah membangun harapan di bibir jurang yang curam. karena ia dapat menjadi sumber petaka Dan zaman tak akan pernah betah menemani Anda. maka manusia di antara keduanya. dan semua lingkaran . niscaya umur-umurmu. kuasailah waktu. akan terlipat menjadi lembaran-lembaran sejarah yang akan ditanyakan.

Fffffffffff Betapa banyak jalan keluar yang datang setelah rasa putus asa dan betapa banyak kegembiraan datang setelah kesusahan. Siapa yang berbaik sangka pada Pemilik 'Arasy dia akan memetik manisnya buah yang dipetik di tengah-tengah pohon berduri fffffffffffffffff Jika persoalan telah sangat sulit. tidakkah engkau kembali? zamanmu akan diguyur dengan hujan dari langit ffffffffffff Ini adalah takdir maka celalah aku atau tinggalkan semua takdir akan berjalan walau terhadap lubang jarum. ia akan melihat apa yang tak pernah terbayang olehnya. tunggulah jalan keluarnya.terbuka. Fffffffffffff Wahai malam yang menakutkan. Ffffffffffffff Kilatan pedang-pedang itu laksana bayangan bunga di kebun hijau. . dan menebarkan bau wangi yang semerbak.

sebab ia akan segera menemukan jalan keluarnya. Ffffffffffffff Banyak mata yang tetap melek dan banyak pula yang tidur dalam masalah yang mungkin terjadi atau tidak akan terjadi Tinggalkanlah kesedihan sedapat yang engkau lakukan sebab jika engkau terus bersedih engkau akan berubah menjadi gila Sesungguhnya Rabb yang telah mencukupimu sebelumnya Dia kan mencukupimu besok dan hari-hari mendatang Ffffffffffffff Biarkanlah takdir berjalan dengan tali kekangnya Dan janganlah engkau tidur kecuali dengan hati yang bersih Tak ada di antara kerdipan mata dan meleknya kecuali Allah kan mengubah dari kondisi ke kondisi lainnya. Fffffffffffffffffffffff Siapa yang berbuat baik tidak akan sirna pahalanya dan tak akan sirna kebaikannya di sisi Allah dan manusia. dan naungan konon adalah nikmat yang paling besar Aku mengingkari nikmat Rabb-ku . Ffffffffffffffffffff Air. roti.

"Bergembiralah.jika aku berkata itu sedikit saja fffffffffffff Curahkan hujan mutiara langit Sardib dan luapkan sumur-sumur Takruratibra Jika aku hidup maka aku tidak bernah kehabisan makan dan jika aku mati tak pernah kehabisan kuburan Ambisiku adalah ambisi raja dan jiwaku adalah jiwa merdeka yang melihat kehinaan sebagai kekufuran Jika aku tidak puas dengan makanan selama. sebab kebanyakan hal yang kau takuti adalah dusta" Fffffffffffffffff Niscaya terhadap orang-orang mulia itu selalu ada yang mendengki dan tak kan kau jumpai orang-orang yang hina itu di dengki fffffffffffff Mereka selalu didengki karena nikmat yang mereka miliki. hidupku maka kenapa aku datang menemui Zaid dan Umar fffffffffffff Aku berkata pada kalbuku saat didera rasa takut yang mengejutkan. .

Namun kala kau miskin tak berharga. dan tidaklah engkau dapatkan manusia yang punya kemuliaan melainkan akan selalu diterpa kedengkian. Bila Engkau manusia yang mulia. mana mungkin ada yang mendengki. "aku tidak peduli" Fffffffffffff .padahal Allah tak akan mencabut apa mereka dengkikan itu ffffffffffffffff Aku mengeluh karena kezaliman pemfitnah. Fffffffffffff Jika seseorang berhasil menggapai puncak langit kemuliaan maka musuhnya adalah bintang-bintang di langit kedengkian la akan dilempar dengan busur-busur atas semua kebesarannya meski apa yang mereka lakukan tidak akan sampai sasaran fffffffffffffff] Aku berjumpa dengan orang bodoh yang mencelaku Kutinggalkan ia seraya berkata. maka engkau kan selalu didengki.

bagaimana aku harus meminta maaf fffffffffffffff Semoga jalan keluar terbuka. Terimalah Kami jika Kami memutuskan. jangan kau timpali sebab sebaik-baik jawaban baginya adalah diam seribu bahasa fffffffffffffff Jika kebaikan yang tampak pada perbuatanku adalah dosadosa maka katakanlah kepadaku. Janganlah engkau berputus asa manakala kecemasan yang menggenggam jiwa menimpa Saat paling dekat dengan jalan keluar adalah ketika telah terbentur pada putus asa. semoga kita bisa mengobati jiwa kita dengan doa.Jika orang bodoh bicara. Fffffffffffffffff ." (Ali bin Abi Thalib) Fffffffffffff Janganlah merasa mampu mengatur dirimu sebab orang yang pandai mengatur pun dapat binasa. sebab Kami lebih berhak dari dirimu.

dan kalaupun benar terjadi. jangan biarkan sahabatmu berjalan di belakangnya tanpa kendaraan Rendahkan kendaraanmu dan naikkan ia jika bisa terbawa. Fffffffffffffffff Pada malam pertamaku di alam kubur terlupakan istana-istana Khawarniq dan harta karun Anukisra fffffffffffffff "Kegundahan tak akan penuhi relung hatiku sebelum ia jadi kenyataan. aku takkan merasa gelisah sedikitpun. Jika tidak. bergantianlah. ia akan gagal meraih bahagia. ia akan mati gelisah sedang orang yang gagah berani akan meraih kenikmatan ffffffffffffffffff Barangsiapa suka mempedulikan orang lain.Siapa senang mempedulikan perilaku orang. Itu baik adanya." Ffffffffffffff "Jika engkau pemilik unta muda." Ffffffffffffffff . sedang orang yang gagah berani akan berhasil meraih kebaikan.

Aku akan mengirimkan pertolanganku dan menghapuskan ."Nyalakan api. kekayaan itu tidak ada faedahnya bagi seseorang." Fffffffffffffffff "Ketahuilah. yakni kala nafas di tenggorokan dan dada tak lagi mampu memuat. engkau akan bebas merdeka. sesungguhnya malam ini sangat dingin. Ffffffffffffffffff Jika selesai membuat makanan. jika ada tamu yang datang. laksana bumi dan langit." Fffffffffffffffff "Kekayaan tak menambah kebanggaan atas kaum kerabat dan kami tidaklah merasa terhina dengan kefakiran. 'Ketahuilah. sebab aku tidak akan sanggup memakannya seorang diri. Yang tersisa dari harta itu hanyalah pembicaraan dan kenangan." Ffffffffffffffff "Walaupun aku jauh dari sahabatku. carilah orang yang akan makan. sesungguhnya harta itu akan pergi dan sirna.

Aku akan jawab seruan dan panggilan suaranya. tapi dalam perang ia menjadi seekor burung yang tak berdaya lari terbirit-birit hanya karena suitan saja Tidakkah engkau keluar menantang Ghazalah yang sombong ." Fffffffffffffffff Tamaklah menghimpun keutamaan.kesulitannya. walaupun itu dilakukan sekali dan kejahatan adalah bekal terburuk yang engkau usahakan. dan tekunlah abaikan celaan si pendengki. Jika dia memakai pakaian yang indah maka aku tidak akan mengatakan." Ffffffffffffffff "Kebaikan itu lebih abadi. 'Seandainya aku diberi pakaian yang baik dari yang ia pakai'. Ketahuilah bahwa umur itu adalah saat-saat kebaikan diterima dan setelah kematian kedengkian itu terputus dengan sendirinya fffffffffffffffff "Menjadi singa ketika berhadapan denganku.

celaka engkau. tak akan dipenuhi. Bersabarlah menghadapi maut." Ffffffffffffff "Pernah aku bilang pada jiwa. hari yang telah ditentukan atau kah hari yang tidak ditentukan." (Ali bin Abi Thalib) Ffffffffffffffff .atau hatimu dengan dua sayapnya akan segera terbang." Ffffffffffffffff "Kapan aku harus lari dari dua hari kematianku. karena yang telah ditentukan itu tidak bisa diubah dengan kewaspadaan. kenapa tidak memperhatikan Jika kau mohon sehari saja diundurkan dari ketetapan ajal. Pakaian kehidupan itu bukanlah pakaian kekuasaan karena bisa diambil dari seorang saudara yang menginginkan. bersabarlah toh tak seorang pun mampu menggapai keabadian. namun malah terbang menjadi bayangan pahlawan. Pada hari yang tidak ditentukan aku tak takut.

Kami memberi minum mereka dan mereka memberi minum yang serupa." Ffffffffffffffff "Engkau merangkak mencari mulia. ada mata air. saya katakan saya telah melihatnya. Mereka. Jika dikatakan. Jangan mengira bahwa mulia adalah kurma yang akan kau makan. dan orang-orang yang mencarinya berusaha sepenuh jiwa menempuh kelelahan. Ffffffffffffffffff "Mereka bilang padaku bahwa dalam dirimu ada kemurungan. Sebenarnya mereka melihat seorang yang menjauhi sikap yang rendah. namun kami lebih sabar atas kematian daripada mereka. namunjiwa merdeka tahan terhadap rasa haus Saya tidak menunaikan hak ilmu jika setiap kali aku melihat sesuatu yang menggiurkan kujadikan dia tangga bagi diriku . tak kan pernah kau dapatkan mulia sebelum pahitnya sabar.mengejar mulia hingga banyak yang jemu. yang akan menemukannya hanya yang sungguh-sungguh dan bersabar.

Namun mereka meremehkannya. Bagaimana seseorang akanjadi bersih. jika ia hidup dari yang kotor." (Ali ibn Abdul Aziz al-Jurjani) Fffffffffffff "Siapa menginginkan kemuliaan dan ketenangan dari kesedihan panjang melelahkan.Apakah aku akan melakukan itu kemudian aku memetik kehinaan? Itu sama dengan mengikuti kebodohan yang demikian pasti. menyesal aku harus mengenal orang. Antara fitnah. Andaikata mengagungkannya di dalam jiwa pasti mereka diagungkan. maka hinalah mereka mereka menggotorinya dengan ketamakan hingga dia bermuka masam. Andaikata orang berilmu menjaganya dia pasti menjaga mereka. menyesal harus mengenal . celaan para penipu dan bujukan kata manis orangorang pandir. ia harus menyendiri dan rela dengan yang sedikit saja. Di tengah-tengah para penghasut dan kekerdilan orangorang kikir Ah.

Tak ada yang lebih mulia daripada ilmu karenanya aku mencarinya untuk teman akrab. ada rasa tentram. Kuputuskan hubunganku dengan sesama." (Qadhi Ahmad ibn Abdul Aziz al-Jurjani) Fffffffffffffff "Aku diam dalam kesendirian dan tinggal dalam rumahku. dan tumbuh berkembang kebahagiaanku.jalan hidupnya. dan aku tidak peduli apakah pasukan telah berangkat atau panglima telah menunggang kudanya. " (Ahmad ibn Khalil al-Hanbali) Ffffffffffffff "Tak pernah kunikmati manisnya hidup hingga teman dudukku rumah dan buku. tinggalkanlah mereka dan hiduplah dengan mulia." Fffffffffffffffffffff . Kehinaan itu ada karena pergaulan.

Satu kebutuhan terpenuhi dan yang lainnya tidak Jika kesedihan telah menyesakkan dada Saya katakan. baik. semoga akan datang satu hari dengan bantuan Temanku adalah kucingku." (Ibnu Faris) Ffffffffffffffff . kecuali hanya menambah pembicaraan yang tak tertata Kurangilah intensitas bertemu dengan mereka selain untuk menuntut ilmu atau melakukan kebaikan (Al-Humaydi al-Muhaddats) ffffffffffffffffff Mereka berkata. sahabat jiwaku adalah buku-buku sedangkan kekasihku adalah lentera malam. bagaimana keadaanmu.Pertemuan dengan manusia tak akan mendatangkan faedah apa-apa. kujawab.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful