Desain Hidrolis Mercu Bendung (1

)
1. Bentuk mercu bendung (merujuk pada KP-02, Bagian 4.2.2) Untuk menjaga agar kondisi aliran yang melimpah diatas mercu stabil, bentuk mercu bendung harus direncanakan secara hati-hati dari segi hidrolis. Dua tipe mercu bendung tetap di sungai yang biasa digunakan di Indonesia adalah tipe mercu bulat dan tipe mercu ogee, sebagaimana diuraikan di bawah ini: 1.1. Mercu bulat

Mercu bendung bulat mempunyai koefisien debit yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mercu bendung ambang lebar. Pada sungai, ini akan banyak memberikan keuntungan karena bangunan ini akan mengurangi tinggi muka air hulu selama banjir. Harga koefisien debit menjadi lebih tinggi karena lengkung streamline dan tekanan negatif pada mercu.

1.2. Mercu Ogee Mercu Ogee berbentuk tirai luapan bawah dari bendung ambang tajam aerasi. Oleh karena itu mercu ini tidak akan memberikan tekanan subatmosfer pada permukaan mercu sewaktu bendung mengalirkan air pada debit rencana. Untuk debit yang lebih rendah, air akan memberikan tekanan ke bawah pada mercu. Untuk merencanakan permukaan mercu Ogee bagian hilir, US. Army Corps of Engineers telah mengembangkan persamaan berikut : Y/hd = (I/k) . (X/hd)n Dimana: X dan Y : koordinat-koordinat permukaan hilir; hd : tinggi energy rencana diatas mercu; K dan n : parameter yang tergantung pada kecepatan aliran dan kemiringan hilir. Harga k dan n Kemiringan permukaan k N hilir Vertikal 2.000 1.850 1 - 0.33 1.936 1.836 1 - 0.67 1.939 1.810 1-1 1.873 1.776

Bagian hulu mercu bervariasi sesuai dengan kemiringan permukaan hilir. seperti terlihat pada gambar berikut : Artikel terkait : • • • • • Desain Hidrolis Mercu Bendung (2) Desain Hidrolis Mercu Bendung (3) Desain Hidrolis Mercu Bendung (4) Download Desain Hidrolis Bendung Perhitungan Hidrolis dan Stabilitas Bendung dengan Program Excel Diposkan oleh HydroDesign di Rabu. 2010 Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Berbagi ke Google Buzz Label: Desain Bendung. Kriteria Desain . April 14.

KP-06 Parameter Bangunan Edisi 2009 Kriteria Perencanaan Irigasi KP-06 Parameter Bangunan telah diperbaharui tahun 2009. Salah satu keunggulan program penggambaran ini adalah : gambar-gambar yang dihasilkan sudah mengikuti Kriteria Penggambaran (KP-07). Pada postingan ini kami sajikan salah satu contoh Laporan Design Criteria perencanaan bendung. perencanaan pembebanan sesuai SNI. Persyaratan Teknis (PT) 01-03. Gambar yang dihasilkan berupa gambar potongan memanjang (long section) dan potongan melintang (cross section). baik pekerjaan normalisasi. yaitu menggunakan form worksheet dari Microsoft Excell. File yang kami berikan dalam bentuk file doc (Ms Word) supaya bisa langsung digunakan ataupun dilakukan editing untuk memperbaiki ataupun melengkapinya sesuai dengan kebutuhan perencanaan yang dilaksanakan. atau penggambaran profil muka air banjir. saluran dan bangunan irigasi. Banyak kriteria baru yang ditambahkan pada edisi terbaru ini. dan lainlain. perencanaan pondasi tiang pancang. Sehingga para desainer tinggal membuat perencanaan profil memanjang saluran serta perencanaan posisi bangunan-bangunan irigasi yang diperlukan berikut dengan elevasi rencana dan kehilangan tingggi masing-masing bangunan. Demikian juga dalam perencanaan sungai. baik itu saluran irigasi maupun pembuang. Design Criteria for Irrigation Canal and Related Structures Penyusunan Design Criteria adalah merupakan salah satu tahapan dalam pelaksanaan pekerjaan perencanaan bendung dan jaringan irigasi. Salah satu keunggulan lainnya dari program ini dalam penggambaran desain potongan melintang saluran adalah perhitungan volume pekerjaan tanah yang sudah terintegrasi sehingga gambar yang dihasilkan sudah termasuk rincian volume pekerjaan tanah tiap potongan melintang saluran. Program ini dibuat untuk mempermudah dalam penggambaran desain saluran. khususnya dalam perencanaan irigasi. Petunjuk Operasi Program IrriCad (Procad) Program IrriCad (Irrigation CAD) Bagi kita yang bekerja di bidang konsultan perencanaan sumber daya air. . seperti : Kriteria Perencanaan Irigasi (KP) 01-07. Standar Penggambaran Irigasi. dan standar-standar lain yang berlaku. Laporan Kriteria Desain disusun dengan mengacu pada standar-standar yang berlaku. perencanaan beton sesuai SNI. sudah tidak asing lagi dengan salah satu program bantu penggambaran desain IrriCad atau Procad. Dengan program ini dapat mempercepat proses penggambaran desain dibandingkan penggambaran secara manual. dari Standar Perencanaan Irigasi. Input data untuk program ini cukup mudah. tanggul. Beberapa diantaranya adalah : metode perbaikan tanah lunak (seperti tanah gambut). untuk saluran atau sungai.

.Desain Jembatan Beton Tipe Balok T Pada postingan ini kami sajikan program perhitungan struktur atas jembatan beton tipe Balok T. sebagai kelanjutan postingan sebelumnya untuk melengkapi perhitungan desain jembatan. Output dari program ini adalah dimensi jembatan dan gambar penulangan jembatan. Perencanaan jembatan mengikuti Standar Bina Marga (BM-70). Input gaya dan geometri struktur cukup mudah dan sederhana pada lembar perhitungan input data.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful