PEMBANGUNAN PARTISIPATIF

Partisipatif«.  Mengizinkan orang lain memberikan pengaruh dalam pembangunan .

Perubahan tanpa upaya terencana dengan upaya-upaya tertentu. perubahan terkait dengan pembangunan nilai-nilai  .Pembangunan Pembangunan . keadaan yang lebih baik melalui upaya yang terencana  Perkembangan . Proses perubahan kearah.  Pembaharuan .

.Makna pembangunan  Pembangunan = membangun >< merusak Artinya« Pembangunan harus dilakukan bukan dengan upaya merusak tatanan yang ada tapi mengoptimalkan sumber daya yang tersedia dan mengembangkan potensi yang ada.

teknologi dan tenaga kerja (Sumberdaya manusia)disini berkembang a.Pembangunan sosial. Untuk menyelenggarakan pembangunan yang lebih berkeadilan. Ekonomi politik (teori ketergantungan)demokrasi dan hak asasi manusia 5.Pertumbuhan ekonomi.dengan meningkatkan produktiitas dan daya beli masyarakati miskin dengan mengurangi pengangguran sehingga tercipta masyarakat yang sehat dan sejahtera dengan perluasan pilihan ± pilihan 4. 3. Paradigma pembangunan manusia dan basic human need (menyediakan kebutuhan barang dan jasa dasar bagi masyarakat miskin) teori pertumbuhan sebagai pewujud kesehatan dan kesejahteraan rakyat. modal.Teori pembangunan 1. .Teori pbangunan yang berpusat pada rakyat 6. Pemerataan dengan Pertumbuhan (redistribution with growth) dengan menyarankan pemerintah harus mempengaruhi pola pembangunan sehingga produsen yang berpendapatan rendah akan mendapat kesepatan meningkatkan pendapatan dan meneria sumber ekonomi yang diperlukan. teori pertumbuhan(adam smith). Yaitu pembagian kerja.yaitu hasil pertumbuhan akan dapat dinikmati masyarakat hingga lapisan bawah b. sosial kapital (Beker) pelatihan dan pemberian ketrampilan bagi anggota organisasi 2.

 Lahirlah konsep pembangunan partisipatif .

implementor.?) Dalam bentuk Apa? Perencanaan..PEMBANGUNAN PARTISIPATIF (Ikut Serta Ambil Bagian) Sebagai apa? (Pengambil keputusan.penerima manfaat.implementasi. evaluasi Bagaimana Caranya? Tekniknya/metodenya .

pemanfaatan hasil pembangunan dan evaluasi  Pemahaman masyarakat akan peran partisipasi dalam pembangunan  Pemerintah Sebagai fasilitator  .implementasi.3 konsep pembangunan partisipatif Peningkatan Peran Masyarakat dalam Perencanaan.

Pengambil keputusan  Keputusan otokratis (tanpa pengaruh orang lain) Konsultasi Keputusan bersama Pendelegasian (pengaruh besar dari orang lain)    .

Pengambilan keputusan Prosedur Keputusan Proses Penjelasan Potensi Manfaat Keputusan Otokratis Memahami masalah Keputusan Berkualitas tinggi Konsultasi Pemecahan masalah integratif Keputusan dengan penerimaan tinggi Kepuasan tinggi Keputusan Bersama Identifikasi dengan solusi Pengembangan ketrampilan yang baik Pendelegasian Keadilan prosedural .