P. 1
EVALUASI PENDIDIKAN

EVALUASI PENDIDIKAN

|Views: 104|Likes:
Published by andrizal5517

More info:

Published by: andrizal5517 on Jan 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2011

pdf

text

original

EVALUASI PENDIDIKAN

Mujiyanto P.

Cakupan Kompetensi Evaluasi:
1. Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan. 2. Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam pembelajaran/bimbingan 3. Menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah 4. Memantau pelaksanaan pembelajaran/bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan 5. Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan 6. Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah

Skenario Pelatihan
PENGANTAR 10 DISKUSI KELOMPOK 90 PRESENTASI 140

PEUTUP 10

RFLEKSI 20

PENGUATAN 90

Jelaskan indikator keberhasilan pembelajaran ditinjau dari desain pembelajaran! 2. Identifikasikan permasalahan yang berkaitan dengan penilaian pembelajaran serta alternatif solusinya. Jelaskan berbagai teknik penilaian! 7. Jelaskan aspek-aspek yang diujikan dalam pembelajaran! 6. .Diskusi Kelompok 1. Jelaskan tujuan dan prinsip-prinsip penilaian! 5.Jelaskan indikator pembelajaran dilihat dari proses pembelajaran! 3. Jelaskan fungsi evaluasi pendidikan! 4.

PRESENTASI   Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi. . Anggota kelompok yang lain memberikan tanggapan.

PENGUATAN .

KONSEP EVALUASI DAN ASSESMEN Evaluasi lebih luas daripada assesmen Evaluasi Pendidikan: kegiatan pengendalian. Penilaian lebih menekankan pada penggunaan hasil pengukuran untuk penentuan keputusan     . dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur. dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan Assessmen/Penilaian: proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. penjaminan. jenjang.

. sehingga benar-benar measurable and observable (dapat diukur dan diamati). output dan outcome yang dihasilkan.Pentingnya Pembelajaran Pembelajaran merupakan inti dan muara segenap proses pengelolaan pendidikan. Oleh karena itu kriteria mutu dan keberhasilan pembelajaran seharusnya dibuat secara rinci. Kualitas sebuah lembaga pendidikan hakikatnya diukur dari: kualitas proses pembelajarannya.

ketrampilan. atau nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak .Keberhasilan pembelajaran mengandung makna ketuntasan dalam belajar dan ketuntasan dalam proses pembelajaran. sikap. Artinya belajar tuntas adalah tercapainya kompetensi yang meliputi pengetahuan.

.Kriteria keberhasilan patokan ukuran tingkat pencapaian prestasi belajar yang mengacu pada kompetensi dasar dan standar kompetensi yang ditetapkan yang mencirikan penguasaan konsep atau keterampilan yang dapat diamati dan diukur.

Kriteria ideal untuk masing-masing indikator lebih besar dari 75%. .Indikator acuan penilaian untuk menentukan apakah peserta didik telah berhasil menguasai kompetensi. Namun sekolah dapat menetapkan kriteria atau tingkat pencapaian indikator sendiri.

program pendidikan. satuan pendidikan.FUNGSI EVALUASI     Menentukan keberhasilan peserta didik. Menilai pelaksanaan dan efektivitas program pendidikan/pembelajaran. Menghasilkan rekomendasi bagi perbaikan program dan/atau satuan pendidikan Memotivasi peserta didik. .

dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.PENGERTIAN PENILAIAN   Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Standar penilaian pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme. prosedur. .

Tujuan Penilaian Pembelajaran Mendeskripsikan kecakapan belajar para peserta didik sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya Mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Menentukan tindak lanjut hasil penilaian. Memberikan pertanggungjawaban (accountability) dari pihak sekolah kepada pemangku kepentingan. .

dan sumber belajar yang digunakan.Untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik Untuk memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar Untuk umpan balik bagi pendidik dalam memperbaiki metode. Untuk masukan bagi pendidik guna merancang kegiatan belajar. . kegiatan. Untuk memberikan informasi kepada orang tua dan komite satuan pendidikan tentang efektivitas pendidikan. pendekatan. Untuk memberi umpan balik bagi pengambil kebijakan (Diknas Daerah) dalam mempertimbangkan konsep penilaian kelas yang digunakan.

suku. yakni penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. Terpadu.Prinsip Penilaian Pembelajaran  Sahih.    . Adil. budaya. yakni penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama. dan gender. yakni penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas. Objektif. adat istiadat. status sosial ekonomi. yakni penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen kegiatan pembelajaran. tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.

 Terbuka. Menyeluruh dan berkesinambungan. yakni prosedur penilaian. yakni penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku. yakni penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. baik dari segi teknik. kriteria penilaian. Beracuan kriteria. yakni penilaian dapat dipertanggungjawabkan. prosedur.     . Sistematis. yakni penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian. maupun hasilnya. dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan. Akuntabel.

Kompetensi: adalah seperangkat pengetahuan. dan dikuasai oleh siswa dalam melaksanakan tugas kehidupannya. dihayati. sikap. . keterampilan yang harus dimiliki.

Aspek yang dinilai dalam pembelajaran    Kognitif Afektif Psikomotor .

3. jenis atau arti suatu puisi). Sintesis (Synthesis). Pemahaman (Comprehension). rumus). Aplikasi (Application). Pengetahuan (Knowledge). . Kemampuan menggabungkan beberapa informasi menjadi suatu kesimpulan (misalnya: memformulasikan hasil penelitian di laboratorium). Kemampuan menganalisis suatu informasi yang luas menjadi bagian-bagian kecil (Misalnya: menganalisis bentuk. 6. 4. 2. Analisis (Analysis). Kemampuan mengingat (misalnya: nama ibu kota. 5.PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI A. Kemampuan mempertimbangkan mana yang baik dan mana yang buruk dan memutuskan untuk mengambil tindakan tertentu. Kemampuan Penerapan (Misalnya: menggunakan suatu informasi/ pengetahuan yang diperolehnya untuk memecahkan masalah). Kemampuan memahami (misalnya: menyimpulkan suatu paragraf). Evaluasi (Evaluation). ASPEK KOGNITIF (6 Tingkat Kognitif Berfikir) 1.

l. . Tingkah Laku. : Sikap. Pada umumnya dilakukan secara non-ujian (misalnya. Kerjasama.B. Emosi dan Motivasi. siapa siswa yang disiplin. untuk mengetahui siapa siswa yang bisa dipercaya. Dilakukan melalui pengamatan dan interaksi langsung secara terus menerus. siapa yang berminat ke jurusan Ilmu Sosial atau Ilmu Alam dll) Setiap informasi yang diperoleh dikumpulkan dan disimpan sebagai referensi dalam penilaian berikutnya. AFEKTIF     Mencakup penilaian a. Minat. Penilaian afektif dibagi atas penilaian afektif secara umum (budi pekerti) dan penilaian afektif per matapelajaran. Koordinasi dari setiap siswa.

Pendidikan Jasmani. Praktik IPA dan Bahasa.  . Pendidikan Seni. ASPEK PSIKOMOTOR  Tidak semua mata pelajaran dapat dinilai aspek psikomotornya (disesuaikan dengan tuntutan SK dan KD yang harus dicapai oleh siswa) Digunakan untuk pembelajaran yang banyak memerlukan praktik: Pendidikan Agama.C.

kontrol dan seleksi gejala atau rangsangan dari luar  Menanggapi (responding): reaksi yang diberikan: ketepatan reaksi.CAKUPAN PENILAIAN  Aspek penilaian afektif terdiri dari:  Menerima (receiving) termasuk kesadaran. sistem nilai dll  Mengorganisasi (organization): pengembangan norma dan nilai dalam organisasi sistem nilai  Membentuk watak (Characterization): sistem nilai yang terbentuk mempengaruhi pola kepribadian dan tingkah laku. respon. ‡ Aspek Psikomotorik terdiri dari: ² Meniru (perception) ² Menyusun (manipulating) ² Melakukan dengan prosedur (precision) ² Melakukan dengan baik dan tepat (articulation) ² Melakukan tindakan secara alami (naturalization) . perasaan kepuasan dll  Menilai (evaluating): kesadaran menerima norma. keinginan untuk menerima stimulus.

Teknik/Cara Penilaian Unjuk Kerja (Performance) Penugasan (Proyek/Project) Hasil kerja (Produk/Product) Tertulis (Paper & Pen) Portofolio (Portfolio) Sikap Diri (Self Assessment)        .

berpidato.Unjuk Kerja (Performance) Pengamatan terhadap aktivitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja. baca puisis.         . berdiskusi. Pemecahan masalah dalam kelompok Partisipasi dalam diskusi Menari Memainkan alat musik Olah Raga Menggunakan peralatan laboratorium Mengoperasikan suatu alat. interaksi) Cocok untuk: Penyajian lisan: keterampilan berbicara. tingkah laku.

Penugasan (Proyek):   Penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelidikan yang harus selesai dalam waktu tertentu Tugas: suatu investigasi dgn tahapan: Perencanaan Pengumpulan data Pengolahan data. Penyajian data .

Dua pilihan (B .Pilihan terstruktur 2.Isian atau melengkapi .Jawaban singkat .Tes Tertulis: Memilih dan mensuplai jawaban: 1. MENSUPLAI JAWABAN .S. ya .tidak) .Uraian . MEMILIH JAWABAN .Pilihan ganda .

Portofolio: Penilaian melalui koleksi karya (hasil kerja) siswa yang sistematis Pengumpulan data melalui karya siswa Pengumpulan dan penilaian yang terus menerus Refleksi perkembangan berbagai kompetensi Memperlihatkan tingkat perkembangan kemajuan belajar siswa Bagian Integral dari Proses Pembelajaran Untuk satu periode Tujuan Diagnostik. .

   . perhatian Pertanyaan langsung: tanggapan terhadap tatib baru Laporan pribadi: menulis pandangan tentang kerusuhan antar etnis . inisiatif.Penilaian Sikap: Penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa terhadap obyek sikap Cara: Observasi perilaku: kerja sama.

Penilaian Diri Penilaian yang dilakukan oleh diri sendiri (siswa) .

2. tulislah huruf A..Selama diskusi saya mengusulkan ide kepada kelompok untuk didiskusikan. Nama anggota kelompok : .Contoh Penilaian Diri PARTISIPASI DALAM DISKUSI KELOMPOK Nama : . C atau D di depan tiap pernyataan: A : selalu C : kadang-kadang B : sering D : tidak pernah 1.Ketika kami berdiskusi.... Untuk No. -------.. 1 s.. B. Kegiatan kelompok : . Isilah pernyataan berikut dengan jujur. .d. 5. -------. tiap orang diberi kesempatan mengusulkan sesuatu.

REFLEKSI Tuliskan apa yang Anda rasakan setelah mempelajari Evaluasi Pendidikan! .

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->