Suku bangsa di indonesia Suku Batak adalah nama sebuah suku bangsa di Indonesia.

Suku ini kebanyakan bermukim di Sumatra Utara. Sebagian orang Batak beragama Kristen dan sebagian lagi beragama Islam. Tetapi ada pula yang menganut agama Malim (pengikutnya biasa disebut dengan Parmalim) dan juga penganut kepercayaan animisme (Pelebegu atau Parbegu). Kawasan dengan jumlah penduduk yang signifikan Sumatra Utara : 1 juta. Bahasa bahasa Batak : logat Silindung, logat Samosir, logat Humbang, dan logat Toba. Lalu bahasa Melayu, dan bahasa Indonesia juga digunakan. Agama Kristen, Islam dan Parmalim. Kelompok etnis terdekat suku Gayo, suku Rejang, suku Simalungun, suku Ala, suku Karo, suku Pakpak-Dairi, suku Angkola, suku Mandailing, suku Padang Lawas, dan suku-suku non-Melayu lainnya di Sumatra Utara dan Sumatra bagian selatan. Suku Dayak Dayak atau Daya adalah suku-suku asli yang mendiami Pulau Kalimantan, lebih tepat lagi adalah yang memiliki budaya terestrial (daratan, bukan budaya maritim). Sebutan ini adalah sebutan umum karena orang Dayak terdiri dari beragam budaya dan bahasa. Dalam arti sempit, Dayak hanya mengacu kepada suku Ngaju (rumpun Ot Danum) diKalimantan Tengah, sedangkan arti yang luas suku Dayak terdiri atas 6 rumpun suku. Suku Bukit diKalimantan Selatan dan Rumpun Iban diperkirakan merupakan suku Dayak yang menyeberang dari pulau Sumatera. Sedangkan suku Maloh diKalimantan Barat perkirakan merupakan suku Dayak yang datang dari pulau Sulawesi. Penduduk Madagaskar menggunakan bahasa yang mirip dengan bahasa Maanyan, salah satu bahasa Dayak (Rumpun Barito), Suku Jawa Suku bangsa Jawa, adalah suku bangsa terbesar di Indonesia. Jumlahnya mungkin ada sekitar 90 juta. Mereka berasal dari pulau Jawa dan terutama ditemukan di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tetapi diprovinsi Jawa Barat banyak ditemukan Suku Jawa, terutama di Kabupaten Indramayu dan Cirebon yang mayoritas masyarakatnya merupakan orang-orang Jawa yang berbahasa dan berbudaya Jawa. DiLampung, Banten, Jakarta, dan Sumatera Utara populasi mereka juga cukup banyak. Suku Jawa juga memiliki sub-suku, seperti Osing dan Tengger. Jumlah populasi 2009: kurang lebih100 juta. Kawasan dengan jumlah penduduk yang signifikan Indonesia:Jawa Tengah:33 juta Yogyakarta:3 juta. Jawa Timur:30 juta.Jawa Barat : 5,5 juta

Banten :>

9 juta Riau : 1.2 juta Kalimantan Timur : 0.000 Jakarta : 3 juta (perkiraan) Lampung : 4.4 juta Bengkulu : 0.7 juta Jambi : 0.7 juta Kalimantan Selatan : 0.500.5 juta Sumatra Selatan : 1.3 juta .

Kristen . bahasa Indonesia .000 . Suku Melayu juga terdapat di .3 juta Papua : 0. Hindu . bahasa Madura . Suku Melayu merupakan bagian dari suku-suku ras Deutero Melayu. Agama Kejawen . Suku Melayu modern merupakan keturunan orang Melayu kuno dari Kerajaan Melayu.000 . dan sudah mengalami akulturasi dengan bangsa asing lainnya yang datang dari luar Kepulauan Indo Melayu (Nusantara). suku Madura . bahasa Perancis dan lain-lain.3 juta Malaysia : 1 . terutama pengaruh agama Islam yang kuat.Kalimantan Tengah : 0. Bahasa bahasa Jawa . bahasa Melayu . Islam . suku Melayu meliputi 3. Kelompok etnis terdekat suku Sunda . Suku Melayu Melayu atau suku Melayu dalam pengertian mutakhir merujuk kepada penutur bahasa Melayu dan mengamalkan adat budaya orang Melayu. bahasa Belanda . suku Bali . Kaledonia Baru : 5.4% dari populasi Indonesia dan mendiami beberapa propinsi di Sumatera dan Kalimantan Barat. dan Buddha .2 juta Suriname : 75. Menurut sensus tahun 2000.

Malaysia. dan Surabaya . Thailand dan Afrika Selatan. Banten. Medan . suku Minang banyak terdapat di Malaysia (terutama Negeri Sembilan) dan Singapura . Untuk di luar wilayah Indonesia. Melayu Cape Town di Afrika Selatan merupakan keturunan suku Melayu dan sejumlah suku lainnya yang berasal dari Nusantara seperti Makassar. Ternate dan lain-lain. Bandung . Minang perantauan pada umumnya bermukim di kota-kota besar. Lebih dari separuh jumlah keseluruhan anggota suku ini berada dalam perantauan. Minangkabau merupakan tempat berlangsungnya perang Paderi yang terjadi pada tahun 1804 . Jadi Melayu Cape Town merupakan kumpulan beberapa etnis yang kebetulan semuanya muslim lebih tepat disebut ras Indo-Melayu atau disederhanakan dengan sebutan ras Melayu. Suku Minangkabau Suku Minangkabau atau Minang (seringkali disebut Orang Padang ) adalah suku yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat . hukum bersendikan Al Qur'an) merupakan cerminan adat Minang yang berlandaskan Islam. seperti Jakarta . walau orang-orang Minang sangat kuat memeluk agama Islam . Di seluruh Indonesia dan bahkan di mancanegara. syara' basandi Kitabullah (Adat bersendikan hukum.1837. Adat basandi syara'. Kekalahan dalam perang tersebut menyebabkan suku ini berada dibawah kekuasaan pemerintah kolonial HindiaBelanda . Singapura. masakan khas suku ini yang populer dengan sebutan masakan Padang . Palembang . Batam . Suku Minahasa Suku Minahasa adalah salah satu suku bangsa di Indonesia . sangatlah digemari. Suku ini terkenal karena adatnya yang matrilineal . Pekanbaru . Suku Minang terutama menonjol dalam bidang pendidikan dan perdagangan. Brunei.

mereka adalah pendukung budaya ProtoMelayu yang menetap di Kepulauan Nusantara sebelah barat. Tonsawang 9. Tonsea 6. Mereka berasal dari kabupaten Minahasa . Suku Minahasa terbagi atas sembilan subsuku: 1. Toulour. selain di Mentawai juga di Kepulauan Pagai Utara dan Pagai Selatan. yang terkait dengan peran dan status sosial penggunanya. Pasan Ratahan (Tounpakewa) 4. Toulour 8. Babontehu 2. Daerah hunian warga Mentawai. Tombulu. Tradisi yang khas adalah penggunaan tato di sekujur tubuh. Suku Mentawai Suku Mentawai adalah penghuni asli Kepulauan Mentawai . Sebagaimana suku Nias dan suku Enggano . dan Bantik. Tontemboan 7. Suku Minahasa sebagian besar tersebar di seluruh provinsi Sulawesi Utara. Tonsea. provinsi Sulawesi Utara . yang termasuk subsuku terbesar adalah: Tontemboan. Bantik 3. Suku ini dikenal sebagai peramu dan ketika pertama kali dipelajari belum mengenal bercocok tanam. Ponosakan 5.. . Tombulu Di antara sembilan subsuku di atas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful