BAHASA INDONESIA

ANGGOTA KELOMPOK : 1. 2. 3. ADHITYA OCTORYAN AKHMAD ARIF M. SANDY SATYA S. (02) (03) (24)

SEKOLAH MENENGAH ATAS ( SMA ) NEGERI 2 JOMBANG
Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo 01 Telp. 0321-861777

Memberikan deskripsi yang penting tentang buku itu secara keseluruhan. Untuk menghargai penulis-penulis yag hasil karyanya telah dimanfaatkan dalam rangka menyusun karya ilmiah penulis yang bersangkutan. Di dalam daftar pustaka sama sekali tidak diperbolehkan mencantumkan sumber yang tidak pernah dibaca. 2. Ketentuan : 1. Panduan Belajar IPA Biologi. Contoh (salah) : *1 pengarang M. 3. artikel dan bahan -bahan lainnya yang memiliki sebuah ikatan dengan karangan yang telah dikerjakan. 4. sedangkan berikutnya memakai indensi 5 karakter. Jakarta. 2. PT Yudhistira Ghalia Indonesia *2 pengarang . 5. maka daftar pustaka disusun menurut urutan waktu (tahun). EdShofyanis. Jika seorang menulis 2 atau lebih karangan dalam 2 tahun penerbitan yang berbeda. Penulisan naman pengarang dimulai dengan nama keluarganya kemudian nama aslinya. nama kedua atau ketiga tidak perlu dibalik. 1994.TAHUN PELAJARAN 2010/2011 DAFTAR PUSTAKA Pengertian : 1. Jilid IB. Sebagai pelengkap dari sebuah catatan kaki dan deskripsi yang lebih lanjut tentang referensi yang ada pada catata n kaki yang terdapat dalam daftar pustaka. Adalah suatu daftar yang terperinci dan sistematis dari semua literatur yang oleh penulisnya telah digunakan untuk menulis karya ilmiahnya. 2. Huruf pertama pada baris pertama masing -masing pustaka diketik tepat pada garis tepi kiri tanpa indensi (jarak). Untuk 2 atau 3 pengarang. 3. Sebuah daftar yang berisi judul-judul buku. Fungsi : 1.

Brace. an Introduction to Physical Antrolpology. Loring. Panduan Belajar IPA Biologi. Ciri-ciri : 1.Jakarta: PT Yudhistira Ghalia Indonesia . EdShofyanis. Ashley Montagu. Sebagai catatan penjelasan yang memberikan keterangan t ambahan yang dirasa tidak layak bila dimasukkan di dalam teks. 1994. 4. Penuntun belajar Biologi . serta nomor halaman.Ibayati Yayat. Joseph H. Greenberg. 2. Untuk memberitahu kepada pembaca darimana kita mengutip dan memperoleh informasi yang dikemukakan. Disusun secara berurutan.Bandung. C. 2. dan Melani Kumlasih. Penulisannya dicantumkan pada bagian bawah halaman di mana kutipan tersebut berada. 1994. and M. Sebagai referensi tentang topik yang dibahas dalam tulisan tersebut. 1957. New York: The Mac-Millan Company. Penuntun belajar Biologi. 3. *2 pengarang Ibayati Yayat. Man¶s Evolution. Fungsi : 1. Essays in Linguistics.F. Ganeca Exact Contoh (benar) : *1 pengarang M. Chicago: University of Chicago Press. Dilengkapi dengan nama pengarang dan informasi penerbitan literatur . 1965. Bandung: Ganeca Exact. . dan Melani Kumlasih. Jilid IB . Dra. 3. Dra. Untuk menyatakan penghargaan kepada penulis lain yang buah pikirannya telah kita pinjam. CATATAN KAKI Pengertian Adalah daftar bibliogarafi atau literatur yang menjadi acuan dalam penulisan. 1994.

643. artinya dalam karya yang telah dikutip (dikutip dahulu). Kutipan berasal dari sumber yang sama dengan sumber yang pernah dikutip (hanya halamanny a yang berbeda) tapi telah diselingi dengan sumber lain. 3. 2. cit. digunakan apabila sumber kutipan pertama diikuti dengan kutipan berikutnya yang sumbernya sama tanpa diselingi dengan sumber lain 2. Administrative Action. (London: Prentice Hall. Loc. cit. Ibid Ibid. Data publikasi (kota tempat terbit. . Nama penulis 2. Judul tulisan 3. 473. artinya tempat yang pernah dikutip.Unsur pokok : 1. adalah singkatan dari opere citato. adalah singkatan dari loco citato.. 1963). Op. p. Nomor halaman Contoh : 1. 3. William H. Newman. nama penerbit dan tahun penerbitan) 4. Inc. Penjelasan singkatan : 1. Ibid adalah singkatan dari ibidem. p. Kutipan berasal dari sunber yang sama dengan sumber yang pernah dikutip (termasuk halamannya) tapi telah diselingi den gan sumber lain.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful