PROPOSAL PENELITIAN

HASIL KARYA SENI RUPA KOREA PADA MASA TIGA KERAJAAN

NOVAHANA SUMARYONO 08/270351/SA/14579

PROGRAM STUDI S1 BAHASA KOREA UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2010

Variabel III. PENDAHULUAN B. SISTEMATIKA PROPOSAL PENELITIAN I. Lokasi Penelitian e. Rumusan Masalah c. Metode Penelitian a. Pendahuluan a. Sumber Data Penelitian f. Studi Pustaka a. Sistematika Penulisan Laporan Penelitian . Konsep b. Metode Pengumpulan Data d. Latar Belakang Masalah b.BAB I A. Jadwal Rencana Penelitian g. Manfaat Penelitian II. Jenis dan Metode Penelitian c. Tujuan Penelitian d. Pendekatan Penelitian b.

000 tahun yang lampau. Begitu pula dengan Korea. Cilpacastra yang banyak disebut-sebut dalam pelajaran sejarah kesenian. Ajaran Budha memberikan salah satu sumbangan yang signifikan dalam bidang seni. Memang dahulu belum ada pembedaan antara seniman dan tukang. Dalam bahasa Sanskerta. adalah buku atau pedoman bagi para cilpin. Berdasarkan penelitian para ahli menyatakan seni/karya seni sudah ada sejak 60. cilpa berarti berwarna. karya logam. Selama beberapa abad. Bukti ini terdapat pada dinding-dinding gua di Prancis Selatan. termasuk di dalamnya apa yang sekarang disebut seniman. Kaum bangsawan menciptakan seni budaya yang halus dan beraneka ragam.1 Latar belakang Kata ³seni´ adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya. serta lukisan. lukisan. kata seni disebut cilpa. Confusianisme. Secara historis. Pemahaman seni adalah yang merupakan ekspresi pribadi belum ada dan seni adalah ekspresi keindahan masyarakat yang bersifat kolektif. Korea sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Cina dan merupakan perantara masuknya kebudayaan Cina ke Jepang. yang kemudian berkembang menjadi segala macam kekriaan yang artistik. menitikberatkan akan pentingnya karya sastra. walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. sekarang bisa dinikmati oleh semua orang. Baekjae. sedangkan masyarakat awam mengembangkan seni budaya sederhana secara tradisional. seni pahat. kaligrafi. Dan hasil karya seni tersebut yang tadinya hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu. semua itu pasti mengalami perkembangan. Seni/karya seni sudah muncul di Korea dari masa tiga kerajaan Korea kuno. Namun seiring berjalannya waktu. Korea mengadopsi banyak kesenian Cina yang dipadukan dengan inovasi sehingga membuat kebudayaan Korea berbeda. Seni/karya yang tadinya tradisional menjadi modern. dan kata jadiannya su-cilpa berarti dilengkapi dengan bentuk-bentuk yang indah atau dihiasi dengan indah. Lukisan dinding sebuah makam dan lukisan Budha menjadi pusat seni lukis yang berkembang di ketiga kerajaan. dan Silla. Sebagai kata sifat. Sebagai kata benda ia berarti pewarnaan.1. . yaitu tukang. yaitu Kokuryo. dan keramik tumbuh subur di seluruh semenanjung Korea.

Dengan begitu dunia seni rupa akan terus berkembang. Dan dalam dunia seni rupa.3 Tujuan penelitian Tujuan dari analisis perkembangan seni rupa Korea sebagai berikut : 1. Bagaimana bentuk atau hasil karya seni rupa Korea pada masa tiga kerajaan. 1. seorang seniman dapat membuat karya baru dengan mengkolaborasi karya seni tradisional dengan karya seni modern. Mengetahui seperti apa bentuk atau hasil karya seni rupa Korea pada masa tiga kerajaan. 2. maka permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut : 1.2 Rumusan masalah Berdasarkan pada latar belakang masalah yang telah diuraikan sebelumnya. . 2. kita jadi bisa membedakan antara seni rupa tradisional yang seiring dengan perkembangan zaman berubah menjadi seni rupa yang lebih modern.1. sehingga muncullah suatu karya seni yang baru. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk atau hasil karya seni rupa Korea. Karena dengan kita mengetahui hasil karyanya. 1. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi bentuk atau hasil karya seni rupa Korea.4 Manfaat penelitian Manfaat dari dilakukannya penelitian mengenai hasil karya seni rupa Korea adalah kita dapat mengetahui seperti apa perwujudan seni rupa Korea pada masa tiga kerajaan.

Ensiklopedia Indonesia : Seni adalah penciptaan benda atau segala hal yang karena keindahan bentuknya. Konsep seni terus berkembang sejalan dengan berkembangnya kebudayaan dan kehidupan masyarakat yang dinamis. d. Seni Kata seni yang bersumber dari bahasa asing itu menekankan arti pada hasil aktivitas seniman. Media sebagai sarana aktivitas seni dapat menghasilkan karya seni setelah melalui proses penciptaan seniman berdasarkan pertimbangan artistik (nilai artistik). Lingkup seni sebagai hasil aktivitas artistik yang meliputi seni suara. Mihardja : Seni adalah kegiatan manusia yang merefleksikan kenyataan dalam suatu karya. menciptakan realitas itu dengan symbol atau kiasan tentang keutuhan ³dunia kecil´ yang mencerminkan ³dunia besar´. yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani si penerimanya. Beberapa pendapat tentang pengertian seni: a.1 Konsep dan teori 1. Erich Kahler : Seni adalah suatu kegiatan manusia yang menjelajahi. Ki Hajar Dewantara : Seni adalah indah. Media dalam hal ini mempunyai arti sarana yang menentukan batasan-batasan dari lingkup seni tersebut. e. c. segala perbuatan manusia yang timbul dan hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan orang lainnya. orang senang melihat dan mendengar. b. Akhdijat K. seni gerak dan seni rupa sesuai dengan media aktivitasnya. . Aristoteles : Seni adalah kemampuan membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu.BAB II STUDI PUSTAKA 1.

Dalam penelitian ini variabel terikatnya adalah seni rupa. Seni rupa murni mengacu kepada karyakarya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi. sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern. Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori. kriya. Seni Rupa Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. bentuk. tekstur. volume. Variabel bebas (independent) Variabel bebas adalah variabel yang dipengaruhi atau menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel terikat.2. dan desain. . bidang. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis. istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.2 Variabel a. Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. 1. Variabel terikat (dependent) Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas. dan pencahayaan dengan acuan estetika. yaitu seni rupa murni atau seni murni. b. warna. Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah hasil karya.

Karena pendekatan penelitian kualitatif dapat mendukung tercapainya penelitian mengenai hasil karya seni rupa Korea ini. 2007:3) mengemukakan bahwa metodologi kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. kemudian ditarik kesimpulan. Kesimpulan yang diambil dengan menggunakan cara berpikir deduktif yaitu cara berpikir yang mendasar kepada hal-hal yang bersifat umum dan kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. 1.BAB III METODE PENELITIAN 1. Metode Analisis Data yang diperoleh akan dianalisis secara kualitatif yaitu analisis yang dilakukan dengan memahami dan merangkai data yang telah dikumpulkan dan disusun secara sistematis.1 Pendekatan penelitian Pada penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Oleh karena itu disebut juga Teoritical Research. 1. karena berkenaan dengan analisis yang logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu. . Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian sejarah (historical method).3 Metode pengumpulan data Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kepustakaan dan studi dokumen yaitu pengumpulan data yang berdasarkan pada buku-buku literatur. Bogdan dan Taylor (Moleong.2 Jenis dan metode penelitian Penelitian mengenai hasil karya seni rupa Korea ini merupakan penelitian murni yang diselenggarakan dalam rangka memperluas dan memperdalam pengetahuan secara teoritis. yaitu hasil karya seni rupa Korea pada masa tiga kerajaan. Yang mana dalam penelitian ini merupakan penelitian yang sasarannya merupakan objek sejarah.

6 Jadwal rencana penelitian J Penyusunan dan persetujuan proposal/ desain penelitian Kajian pustaka Pengumpulan data Pengolahan dan analisis data Penyusunan laporan Penggandaan laporan Pengumpulan laporan hasil penelitian .4 Lokasi penelitian Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada. 1. Yogyakarta.5 Sumber data penelitian Data-data yang diperoleh untuk menunjang dilakukannya penelitian adalah dari informasi yang diberikan oleh dosen-dosen jurusan Bahasa Korea. 1. sehingga dapat ditetapkan fakta-fakta untuk membuat suatu kesimpulan.1. Dan didukung juga oleh sumber yang diambil dari buku-buku literature yang kemudian dianalisis secara mendalam guna mendapatkan data-data yang relevan.

dll.) Tekhnik Pengelolaan Data/Analisis Data Pengembangan Instrumen . tes. kesimpulan. dan saran) KATA PENGANTAR DAFTAR GAMBAR BAB I a) b) c) d) e) Latar Belakang Rumusan Masalah Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian Definisi Operasional/Variabel 6 BAB II Landasan Teori/Kajian Pustaka y y Teori-teori yang relevan dengan variable/masalah yang diteliti Teori-teori yang relevan dengan aspek-aspek yang diteliti 7 BAB III a) b) c) Metode Pengumpulan Data (wawancar. observasi.1.7 Sistematika penulisan laporan penelitian 1 2 3 4 5 JUDUL ABSTRAK (berisi ringkasan dari laporan. hasil penelitian.

8 BAB IV a) b) c) Penyajian Data Analisis Data Interpretasi Hasil Analisis Data 9 BAB V Kesimpulan dan Saran (jawaban berdasarkan rumusan masalah) 10 DAFTAR PUSTAKA 11 LAMPIRAN .

penalaran-unm. 2009.htm http://id. Satori dan Aan Komariah.. Surakarta : LPP UNS dan UNS Press. DAFTAR LAMAN http://members.org/wiki/Seni_rupa http:// file. 2008. Yulius.org/index..html http://fatonipgsd071644221.php?dir. Metodologi Penelitian Sosial.Pengertian%20Variabel%20Penelitian www.wordpress.DAFTAR PUSTAKA Slamet. Djam¶a.info-PROPOSAL+PENELITIAN+AKOE http://www.wikipedia.upi.tugaskuliah.com/senirupa/id2./JUR..fortunecity. Bandung : Alfabeta.edu/ai.php/artikel-nalar/penelitian/116-metode-penelitiankualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif..com/2009/12/18/sistematika-penulisan-tata-tulis-laporanpenelitianskripsi/ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful