Uji Karbohidrat Hasil Fotosintesis

A. Teori Dasar
Pada tahun 1860, Sachs membuktikan bahwa pada proses fotosintesis dihasilkan karbohidrat (amilum). Adanya amilum dapat dibuktikan dengan pengujian memakai iodium menghasilkan warna hitam. Ternyata, amilum terdapat pada daun yang terkena cahaya.

A. Tujuan
Membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan karbohidrat

B. Alat dan Bahan
1. Keladi hias 2. Kertas timah 3. Alkohol 4. Iodium/lugol 5. Air 6. Penangas air

C. Cara Kerja
7. Tutuplah sebagian daun-daun pada suatu tanaman keladi hias dengan kertas timah, dan yang lain dibiarin terbuka. Percobaan dimulai sebelum matahari terbit 8. Letakkan tanaman di tempat yang mendapat cukup cahaya matahari. 9. Pada sore hari, petiklah daun-daun tanaman tersebut. 10. Masukkan daun-daun tersebut ke dalam air dan direbus. 11. Ambil dan cucilah daun-daun itu dengan air. 12. Masukan ke dalam alkohol (supaya klorofilnya larut). 13. Tetesi daun-daun tersebut dengan iodium atau lugol. 14. Amati perubahan yang terjadi.

Sedangkan bagian daun yang berwarna kuning pucat adalah bagian daun yang ditutupi oleh kertas timah. . 15. Pertanyaan Bagian daun manakah yang berwarna hitam dan yang tetap berwarna putih pucat? Yang berubah warna menjadi hitam adalah bagian yang tidak terlapisi/tertutupi kertas timah. Mengapa dapat terjadi demikian? Karena adanya fotosintesis.D. 16.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful