GRAFIS VEKTOR DAN BITMAP

1. Pengertian Grafis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Vektor Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu. Pengertian Grafis Bitmap Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna. Gambar Bitmap Atau disebut dengan raster image, merupakan grid/matriks warna yang disebut dengan pixel untuk merepresentasikan kembali gambar dilayar monitor. Pixel - pixel ini berbeda pada posisi tertentu dengan warna masing - masing sehingga membentuk sebuah gambar. Sebagai contoh gambar pura di Bedugul di bawah ini, sebenarnya terbentuk dari mosaik pixel yang sangat banyak. Jadi apabila kita bekerja dengan gambar bitmap editing yang dilakukan sebenarnya adalah mengedit pixel bukan obyek atau bentuknya. Gambar bitmap adalah medium elektronik yang paling sering digunakan untuk merepresentasikan gambar continuous tone, seperti gambar foto atau ilustrasi yang dibuat secara digital. Disebut continuous tonearena gambar-gambar tersebut dianggap dapat memunculkan kembali gradasi bayangan yang halus. Gambar gambar bitmap sangat tergantung pada kerapatan dan jumlah pixel (resolusi), oleh karena itu gambar bitmap berisikan pixel dalam jumlah tertentu. Dengan demikian bila sebuah gambar bitmap di manipulasi dengan diperbesar ukuran dimensinya dengan editing image , maka bentuk gambar akan kotak - kotak . Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster adalah gambar yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri

Kelebihan Grafis Bitmap • Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan. mutu hasilnya pun dapat ditentukan • Kelemahan Grafis Bitmap • • Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya. dipindah atau bahkan diubah warnanya tanpa merusak kualitas gambar. Hal ini yang menyebabkan kualitas gambar tetap terjaga. Gambar bitmap sangat bergantung pada resolusi. Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat. Jika gambar diperbesar maka gambar akan tampak kurang halus sehingga mengurangi detailnya.sendiri dan mempunyai warna sendiri pula yang membentuk sebuah gambar. Vektor ini menggambarkan kembali sebuah gambar sesuai dengan perhitungan geometri. Selain itu gambar bitmap akan mempunyai ukuran file yang lebih besar. Gambar ini bisa diubah ubah ukurannya. Dapat dikatakan gambar vektor tidak tergantung pada resolusi. khususnya ketika objek gambar diperbesar. Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah Gambar Vektor Gambar vektor dibentuk dari sekumpulan garis lurus dan garis lengkung yang diperoleh dari definisi matematika aljabar linier atau geometri yang disebut vektor. Semakin besar resolusi gambar akan semakin besar pula ukuran filenya. Gambar vektor lebih cocok untuk mereproduksi gambar - .

Macromedia Freehand.beda tanpa kehilangan detail. Adobe Illustrator. karena monitor komputer hanya bisa menampilkan gambar dalam bentuk grid. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Walaupun demikian. Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi.gambar vektor ini dapat dicetak dengan resolusi yang berbeda . Gambar yang kanan masih kelihatan halus walaupun sudah diperbesar 500%. Gambar . baik gambar vektor maupun bitmap yang di munculkan sebagai pixel pada layar monitor. Kita dapat memperbesar atau memperkecil ukuran gambar tanpa kehilangan detail gambarnya. Disamping itu gambar vektor akan mempunyai ukuran file yang lebih kecil dan dapat diperbesar atau diperkecil bentuknya tanpa merubah ukuran filenya. Gambar yang kiri merupakan gambar yang asli sedangkan gambar yang kanan adalah gambar yang sudah diperbesar. dan lain-lain. Gambar dengan tampilan 100% Gambar dengan tampilan 500% Contohnya adalah pada gambar di atas. Gambar vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kelebihan Grafis Vektor . Software yang digunakan untuk membuat gambar vektor antara lain CorelDRAW.gambar yang memiliki tepi yang tajam.

serta bisa menyunting foto dan gambar-gambar yang telah di-scan ke dalam komputer. Tetapi yang akan dibahas disini program aplikasi CorelDraw dan Adobe Photoshop. Mengetahui aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap Program aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap itu banyak sekali macamnya. . Sedangkan Adobe Photoshop merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan unuk mengedit sebuah gambar (image) menjadi gambar yang lebih menarik. seperti Page Maker. CorelDraw merupakan salah satu program yang banyak digunakan dalam pembuatan desain grafis dan editing Bitmap yang dilengkapi dengan full color management system dan interactive tools yang memudahkan dalam pembuatan dan editing suatu objek. Adobe Photoshop dan masih banyak lagi yang lainnya. Corel Photo Paint. CorelDraw.• • • • Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan Kekurangan Grafis Vektor • Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful