TUGAS PPK

MAKALAH SATU MUHARRAM

OLEH NOVA IKA RAKHMAWATI (10680025)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI TAHUN AJARAN 2010/2011

1

umat Islam dibeberapa negara juga merayakannya sebagai hari permulaan tahun. reposisi semangat dan motivasi. berdoa semoga tahun ke depan menjadi tahun yang lebih baik dari sebelumnya. yaitu awal tahun penanggalan Islam. Sebagaimana umumnya menyambut tahun baru. Bagaimana sebaiknya umat Islam menyikapi tahun baru Hijriyah 2 . Pada tanggal ini semua umat Islam mengadakan acara dan menambah amalan untuk menyambut tahun baru Islam. Siapa yang mencetuskan tahun baru Hijriyah 2. Tahun baru bisa berarti juga kelahiran kembali. banyak peritiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan ini. Oleh karena itu. Makalah ini akan dibahas mengenai: 1. menjadi momentum untuk meneguhkan tekad menghadapi hidup. Peristiwa penting apa yang terjadi pada tanggal 1 Muharram 3.PENDAHULUAN Tanggal 1 Muharram umat Islam di seluruh dunia memperingati tahun baru Hijriyah. Tanggal satu Muharram adalah sesuatu yang penting dalam sejarah Islam. dalam makalah ini akan dibahas tentang seluk beluk tahun baru hijriah ini.

walaupun kemudian di-masukan oleh sebagian ulama disebabkan banyaknya pembantaian dan peperangan yang terjadi dibulan ini. Rajab (bulan pujian). Rasulullah SAW juga menetapkan bahwa Muharram adalah bulannya Allah (shahrullah) dan merupakan bulan yang mulia sesudah Ramadhan. Rabial-Awwal (musim semi pertama). Dzulhijjah.ISI Muharram ( ) adalah bulan pertama tahun penanggalan Islam. Safar (bulan yang dikosongkan). Rasulullah SAW sendiri. Hijriyah. Munculnya gagasan menjadikan ³hijrah´ sebagai permulaan tahun Islam muncul di zaman pemerintahan khalifah Umar bin Khathab ra. Hitungan tahun hijriah didasarkan pada perhitungan awal pemunculan cahaya bulan atau Qomariyah. dengan perkenan Allah SWT dalam firmanNya. Jumad Al-Sani (musim semi kedua). Kemudian Khalifah Umar pun menetapkan hijrah sebagai permulaan tahun Islam. Ia menjadikan penanggalan itu sebagai jaman baru pengembangan Islam. yakni Imam Ali bin Abi Thalib karamalLahu wajhahu. 10 Muharram 61H. Dzulqaidah. Ditetapkan pertama kali oleh Khalifah Umar ibnu al-Khattab atas saran dari menantu suci Rasulullah SAW. Hal ini didasarkan atas pertimbangan perlunya menentukan perhitungan tahun Islam secara mandiri. seperti misalnya pembantaian atas diri Imam Huseyn bin Ali di padang Karbala. Muharram). dan didalamnya dilarang melakukan peperangan dan tindak kekerasan lainnya. karena penanggalan itu mengandung makna spiritual dan nilai historis yang amat tinggi harganya bagi agama dan umat Islam. Nama-nama bulan dalam satu tahun antara lain: Muharam (bulan yang disucikan). hitungannya dimulai saat terbenamnya matahari pada akhir hari sebelum 1 Muharam. menetapkan bahwa bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan yang dimuliakan (Rajab. Syaban (bulan 3 . Gagasan dilontarkan oleh Ali bin Abi Thalib ra yang kemudian disepakati para sahabat. yaitu saat umat Islam meninggalkan Makkah menuju Yatsrib (Madinah).

pembagian). Mengenang kembali kisah dimana dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah pada 622 M silam. Peristiwa tersebut diantaranya adalah tanggal 1 Muharam juga menjadi hari ketika Nabi Musa as bersama kaumnya menyeberangi Laut Merah untuk membebaskan diri dari kejaran Firaun. Ramadhan (bulan yang amat panas). Sistem penanggalan Islam itu tidak mengambil nama µTahun Muhammad¶ atau µTahun Umar¶. Peristiwa Penting 1 Muharram 1. Lautan menelan mereka setelah Musa as dan pengikutnya selamat sampai ke seberang. 5. Cerita Nabi Yusuf yang dijerumuskan saudara-saudaranya ke sumur tua yang dalam. Kisah Nabi Yaqub as yang bisa kembali melihat setelah kebutaan matanya yang lama juga terjadi pada tanggal 1 Muharam. 3. Di hari itu Firaun dan bala tentaranya tewas. dan Zul Hijjah (bulan ziarah). Menurut pengetahuan ada beberapa peristiwa yang dialami para rasul di zaman dahulu. Syawal (bulan berburu). Khalifah Umar Al-Khattab menetapkan adalah hari pertama bagi setiap tahun baru Islam (Kalendar Hijriah) atas usul sahabat Ali bin Abi Thalib. Artinya. tidak mengandung unsur pemujaan seseorang atau penonjolan personifikasi. Peristiwa yang paling diingat adalah peristiwa ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. 6. Api yang besar menyala-nyala itu hanya membakar tumpukan kayu tanpa bisa menyentuh sehelai rambut pun dari Nabi Ibrahim as. Peristiwa Nabi Ibrahim as yang dibebaskan Allah SWT dari panasnya api ketika para penyembah berhala membakarnya. Yusuf as terangkat dari sumur juga pada 1 Muharam. Makna dari hijrahnya Nabi Muhammad SAW yaitu hijrah/pindah dari masyarakat jahiliah ke masyarakat islam yang penuh cahaya. 4. Nabi 4 . tetapi diambil dari peristiwa yang menjadi titik balik sejarah perjuangan pada masa awal penyebaran agama Islam. 2. ZulQaidah (bulan beristirahat).

menggunakan jurus 3M yang sudah terkenal yaitu Mulai dari diri sendiri. bermuhasabah atas segala perencanaan. Yang artinya hitunglah dirimu sebelum kamu sekalian dihitung(hisab)´. (HR Bukhori). Untuk memulai lembaran baru ini yaitu. Dalam Islam disebutkan: ´ Haasibuu qobla antuhaasabuu. Makna dan spirit hijrah harus tetap tertanam dalam hati dan jiwa kaum muslimin. Mulai dari hal yang paling kecil dan Mulailah saat ini juga. Peristiwa hijrah ke Madinah ini oleh sahabat Umar Bin Khattab dipakai sebagai awal penanggalan Islam. perbuatan dan program hidup yang telah dilakukan di tahun sebelumnya. Kaum muslimin harus ³berhijrah´ dengan meninggalkan apa-apa yang dilarang oleh Allah menuju kepada ketaatan kepada Allah SWT. Momentum tahun baru hijriah harus dijadikan sebagai sarana ³hijrah´ menuju kehidupan yang lebih baik. jadikan saat-saat seperti ini sebagai moment yang tepat bagi untuk selalu berinstropeksi diri tentang amal-ibadah apa yang sudah dicapai dan hal apa saja yang masih kurang dalam diri. sebagaimana sabda Rasulullah SAW:´Orang yang berhijrah adalah yang (meninggalkan) apa-apa yang dilarang oleh Allah SWT´. Di tempat yang baru Nabi Muhammad SAW ternyata berhasil membangun peradaban baru yang lebih mencerahkan. Dari peristiwa-peristiwa di atas dapat disimpulkan bahwa pada tanggal 1 Muharram terjadi banyak peristiwa yang intinya mengalami perubahan keadaan menuju ke arah yang lebih baik. 5 . Sebagai rasa syukur maka sebaiknya sebagai muslim yang taat memanfaatkan tahun baru ini untuk menginstropeksi diri. Hijrah itu sebagai langkah perubahan Nabi Muhammad SAW untuk membuat sesuatu yang lebih baik di masyarakat Madinah.Muhammad SAW memutuskan hijrah ke Madinah karena masyarakat Mekah sudah tidak lagi mau menerima dakwahnya. Sehingga dengan instropeksi tersebut nantinya bisa memperbaiki dan memperbaharui kekurangan-kekurangan dimasa depan dan kesalahankesalahan yang pernah dilakukan tidak akan diulangi lagi. mengevaluasi diri.

b. Yusuf as terangkat dari sumur juga pada 1 Muharam. Nabi Musa as bersama kaumnya menyeberangi Laut Merah untuk membebaskan diri dari kejaran Firaun. Kisah Nabi Yaqub as yang bisa kembali melihat setelah kebutaan matanya yang lama juga terjadi pada tanggal 1 Muharam. c. 3. mengevaluasi diri. bermuhasabah atas segala perencanaan. perbuatan dan program hidup yang telah dilakukan di tahun sebelumnya. Khalifah Umar Al-Khattab menetapkan adalah hari pertama bagi setiap tahun baru Islam (Kalendar Hijriah) atas usul sahabat Ali bin Abi Thalib. d.PENUTUP Kesimpulan 1. Di hari itu Firaun dan bala tentaranya tewas. Nabi Yusuf yang dijerumuskan saudara-saudaranya ke sumur tua yang dalam. 6 . Sebagai rasa syukur maka sebaiknya sebagai muslim yang taat memanfaatkan tahun baru ini untuk menginstropeksi diri. Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad saw. Dibebaskannya Nabi Ibrahim dari bahaya f. Pencetus kalender Hijriyah adalah Khalifah Umar Al-Khattab 2. e. Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 1 Muharram adalah : a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful