Pengertian Artikel Ilmiah Populer Artikel mmerupakan karya tulis lengkap, misalnya laporan berita, surat kabar, dan

sebagainya (KBBI 2002: 66), atau bisa juga sebuah karangan/prosa yang di muat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas Ada beberapa pengertian lain dari artikel: Artikel merupakan karya tulis atau karangan, karangan non fiksi, karangan tak tentu panjangnya, karangan yang bertujuan untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur, sarana penyampaiannya adalah surat kabar, majalah, dsb, wujud karangan berupa berita atau ³kharkas´

beberapa orang mencoba untuk yaitu: *Luugas *Logis *tuntas *obyektif *cermat *jelas dan padat Tujuan penulisan artikel: a.Pembahasan pppda sebuah artikel haruslah singkat. berusaha menghindari berbagai kekeliruan walau sekecil apapun 6..setelah itu membuat kerangka karangan agar tulisan yang dihasilkan tidak melebar kepermasalahan lain. Ciri ciri artikel adalah sebagai berikut 1.jjelas. merinci ciri ciri sebuah artikel .padat. Oleh karena itu . Cermat . Jelas dan padat : keterangan mudah dipahami Langkah pertama dalam pembuatan artikel bbbagi penulis adalah menentukan tema yang ingin ditulis. Objektif : keterangan yang disajikan sesuai dengan data dan fakta yang ada 5.aktual. Penulisan artikel harus memperhatikan kkepaduan antara satu paragggggraf dengan paragraf yang lain.Pengetian artikel Artikel adalah salah satu jjjenis tulisan. Tuntas : masalah atau tema yang di pilih dipaparkan secara mendalam 4.dan memiliki daya tarik tersendiri.tujuan penugasan misalnya seorang siswa sekolah yang diberi tujuan untuk mennnnulis sebuah artikel b.Wawasan yang dimiliki penulis sangat mempengaruhi hasil tulisan.tidak bertele tele.tujuan informasi artikel tujuannya semata mata untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenaib sebuah hal. Logis : segala keterangan yang dipaparkan harus memiliki dasar dan alasan yang masuk akal dan dapat di uji kebenarannya 3.Artikel ditlis berdasarkan informasi innformasi fakta mengenai sebuah tema. Lugas: tulisan langsung menuju persoalan 2.

Ada beberapa kaidah dalam penulisan artikel .ketidakmampuan menekankan kejjelasan adalah kegagalan seorang penulis menulis secara jelas membutuhkan dua persyaratan : ~ si penulis harus memahami bbetul soal yang di tulisnya.c. ~ si penulis Langkah punnya kesadaran tentang pembaaaaaca.bukan juga pura pura paham atau belum yakin akan pengetahuan sendiri.antara lain: -menulis ringkas dan jelas -menghindari istilah asing .tujuan ettainment artikel yang bertujuan untuk menghibur pembaca e.tujuan pemecahan masalah yaitu artikel yang ditulis dengan tujuan membantu pembaca memecahkan masalah yang dihadapi. .tujuan eksistensi artikel yang ditulis untuk menjadi penegasan diri atau untuk mennnnyatakan eksistensi diri penulis kepada pembaca f.menghindari akronim dan singkatan -membuat kalimat/paragraf sederhana -mennnulis dengan kata kerja Tugas seorang penulis adalh membuat sesuatu informasi yang dikumpulkan dan menjadi jelas bagi pembaca.tujuan persuasi(membujuk) artikel yang mengulas sesuatu hal yang didalam nya terkandung muatan pembujukan kepada pembaca untuk melakukan suatu hal d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful