SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG HTML merupakan salah satu program untuk mendesign website. HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language. Salah satu contoh program HTML adalah menggunakan program bawaan windows yaitu Notepad atau menggunakan Notepad++. Pada mata pelajaran pemrograman web siswa mendapat tugas untuk mendesign dan membuat suatu website, yaitu personal web. Tugas kali ini saya menggunakan aplikasi Notepad++. Dengan menggunakan tag-tag yang telah saya pelajari sebelumnya, saya merancang sebuah website menggunakan HTML murni yaitu dengan menuliskan tag-tag dengan tag </HTML>. Dalam pembuatan web ini seluruh pengerjaanya mulai dari mendesain, memberi atau memasukkan konten masih menggunakan source code HTML murni.Setelah selesai merancang dan membuat personal web ini, para siswa diharuskan meng-upload web yang sudah dibuat ke layanan Web Hosting. Sehingga dengan demikian web yang telah dibuat dapat diakses melalui internet bukan hanya lewat Local Host pada Personal Computer (PC). B. MANFAAT Dengan selesainya pembuatan Personal Web ini, kami dapat lebih memahami bagaimana cara pembuatan Web menggunakan HTML Murni. Setiap siswa yang berhasil meng-upload juga berarti telah memiliki personal web yang bisa diakses melalui internet. Dengan bisa membuat website sendiri,siswapun dapat menjadikan peluang ini untuk berbisnis HTML ke dalam Notepad++. Pendesainan dengan aplikasi ini dimulai dengan tag <HTML> dan diakhri

Laporan Pembuatan Web Personal dengan HTML Murni

1

Memahmi tag-tag yang terdapat pada HTML. kami diharuskan menyusun laporan yang nantinya bisa dijadikan referensi. namun pada dasarnya hanya beberapa elemen saja yang sangat penting untuk perancangan website dengan script HTML. KOMPONEN DASAR HTML Elemen-elemen atau tag-tag yang terdapat pada script HTML sangatlah banyak. Elemenelemen tersebut antara lain : • <HTML> Tag <HTML> ini menandai tag HTML. C. Mempraktikan langsung materi/teori yang sudah diberikan di mata Melatih siswa untuk lebih memahami tag – tag HTML dengan Membekali para siswa di bidang website. BAB II TEORI DASAR D. program menggunakan Notepad. Menggunakan tag tersebut untuk pembuatan Web Personal. Laporan Pembuatan Web Personal dengan HTML Murni 2 .SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA jika ada kemauan. TUJUAN Adapun tujuan dari tugas pembuatan Personal Web dengan HTML Murni ini adalah : 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) Memenuhi tugas mata diklat Pemrograman Web (PW). scripting. Menerapkan scripting HTML pada Client-Side dan Server-Side diklat PW.yang berarti dokumen ini adalah dokumen HTML. Selain itu setelah selesai membuat personal web.

SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA • <HEAD> Tag <HEAD> digunakan untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan. • <TITLE> Tag <TITLE> merupakan tag yang berada didalam head yang harus dituliskan untuk memberi judul pada caption browser tentang website yang ditampilkan di browser. • <BR> Tag <BR> digunakan untuk membuat garis baru dengan spasi lebih dari satu akan di abaikan. • <BODY> Tag <BODY> merupakn section pertama dalam membuka web. Pada section ini semua isi dokumen yang akan ditampilkan di dalam browser harus dituliskan. • <FONT> Laporan Pembuatan Web Personal dengan HTML Murni 3 . • <HR> Tag <HR> digunakan untuk membuat garis secara horisontal. • <P> Tag <P> ini untuk mengatur dokumnagar sesuai dengan kaidah penulisan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful