P. 1
KATA PENGANTAR

KATA PENGANTAR

|Views: 1,849|Likes:

More info:

Published by: ibnu-al-mursyiddin-1154 on Jan 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/24/2013

pdf

text

original

DAFTAR ISI

Kata pengantar..

[KWN]

Page 1

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan pada Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan makalah ini dapat diselesaikan. Makalah ini disusun untuk menyelesaikan tugas mata kuliah

kewarganegaraan dengan Judul “Gerakan Separatis di Tanah Air Indonesia” di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara program studi DIII Kebendaharaan Negara. Terima kasih saya sampaikan kepada Bapak Iwan Siswadi selaku dosen mata kuliah kewarganegaraan yang telah membimbing kami dan memberikan kuliah sehingga dapat menyelesaikan makalah ini. Demikianlah makalah ini disusun. Semoga bermanfaat dan dapat memenuhi tugas mata kuliah kewarganegaraan.

Tangerang, 14 Oktober 2010

Ibnul Mursyiddin

[KWN]

Page 2

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Indonesia masih banyak memiliki permasalahan. Terutama di bidang pertahanan dan keamanan. Dengan wilayah negara yang terluas di kawaan asia tenggara, kita dituntut untuk mampu menjaga dan mempertahankan wilayah negara ini dan menjagakesatuan serta persatuan bangsa. Ada beberapa pokok permasalahan di bidang pertahanan antara lain masalah disintegrasi bangsa. Beberapa kelompok gerakan separatis yang masih sering melakukan konfrontasi dengan pemerintah adalah Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Aceh, Republik Maluku Selatan (RMS) di Maluku, dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Irian. Masalah gerakan separatis ini sebagian besar sudah bias diredam oleh pemerintah. Namun dalam perkembangannya gerakan separatis ini selalu menyeruak ke permukaan dan menimbulkan masalah-masalah baru yang umumnya dipicu masalah SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar-golongan). Jika dicermati, munculnya berbagai gerakan separatis di Indonesia seperti GAM di Aceh, RMS di Maluku dan OPM di Papua lebih disebabkan oleh ketidakadilan ekonomi yang dirasakan oleh rakyat di wilayah-wilayah tersebut akibat kegagalan Pemerintah dalam menyejahterakan mereka. Ketidakadilan ekonomi juga merupakan pemicu gerakan separatis ini juga pernah diakui sendiri oleh Pemerintah. Mantan Wapres Jusuf Kalla, misalnya, semasa masih menjabat sebagai Wapres pernah menyatakan bahwa aksi separatisme di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Papua, RMS, dan masalah di Poso, Sulawesi Tengah serta masalah terorisme disebabkan oleh ketidakadilan ekonomi. Padahal, seperti di Aceh dan Papua, kekayaan sumber daya alam sangat melimpah ruah. Sayang, kekayaan itu lebih banyak dinikmati oleh segelintir orang dan perusahaan-perusahaan asing.

[KWN]

Page 3

kita akan mengenal lebih jauh tentang separatisme dan keseluruhan bentuk-bentuk separatisme. Kita pernah abai dalam mengatasinya. bahkan dengan model yang sangat liberal? Tentu tidak. Karena meskipun berbagai macam usaha telah dilaksanakan pemerintah. Contoh kecil dalam kasus PT Freeport di Papua. Antara lain dengan perundingan-perundingan dan pemberian otonomi khusus kepada daerah-daerah tersebut. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Kontrak Karya atau Contract of Work Area telah mengabaikan prinsip-prinsip keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat. Dengan demikian. bagaimana caranya agar upaya tersebut terwujud? Bisakah kita berharap pada sistem ekonomi kapitalis yang saat ini diterapkan oleh pemerintah sendiri. Langkah-langkah yang dikerjakan harus bersifat konprehensif (menyeluruh).Karena akar persoalan separatisme adalah ketidakadilan ekonomi yang dirasakan sebagian besar masyarakat. Persoalannya. kita harus belajar dari sejarah. Rumusan Masalah 1) Apa itu separatisme? 2) Bagaimana sejarah gerakan separatisme yang ada di Indonesia? 3) Siapa saja tokoh bersejarah yang berperan penting dibalik gerakan separatis? 4) Langkah apa saja yang diambil pemerintah guna menghadapi separatisme dan bagaimana hasilnya? [KWN] Page 4 . Oleh karena itu. maka jelas bahwa solusinya adalah menciptakan kesejahteraan dan keadilan ekonomi bagi seluruh rakyat. sistem ekonomi kapitalis inilah yang justru menjadi akar dari seluruh ketidakadilan yang dirasakan masyarakat. khususnya secara ekonomi. gerakan separatisme tak pernah tuntas diatasi. pemerintah harus memberi solusi yang tegas. Tetap saja masih bergejolaknya bibit-bibit separatisme di beberapa daerah. Dalam hal mengatasi gerakan separatisme. Pasalnya. B. Terbukti di sejumlah daerah.

[KWN] Page 5 .C.Tujuan Penulisan Makalah Diharapkan dengan adanya makalah ini dapat membantu kita untuk memahami apa yang dimaksud dengan separatisme. Serta mengupas sedikit sejarah mengenai gerakan separatisme yang ada di tanah air dan langkah penanganannya oleh pemerintah. dan bagaimana bentukbentuk gerakan separatisme.

Gerakan separatis sering merupakan gerakan yang politis dan damai. separatis Sikh di India pada 1980-an. IRA di Irlandia pada masa pergantian abad dan Front de Libération du Québec pada 1960-an. Ini termasuk kelompok Basque ETA di Perancis dan Spanyol. Istilah ini biasanya tidak diterima para kelompok separatis sendiri karena mereka menganggapnya kasar. Pengertian Separatisme Separatisme politis adalah suatu gerakan untuk mendapatkan kedaulatan dan memisahkan suatu wilayah atau kelompok manusia (biasanya kelompok dengan kesadaran nasional yang tajam) dari satu sama lain (atau suatu negara lain). dan gerakan yang damai juga terjadi semasa perpecahan Cekoslowakia dan Uni Soviet.BAB II PEMBAHASAN 1. Kanada selama tiga puluh tahun terakhir. Di seluruh dunia banyak kelompok teroris menyatakan bahwa separatisme adalah satu-satunya cara untuk meraih tujuan mereka mencapai kemerdekaan. Separatisme juga sering merupakan tindak balas yang kasar dan brutal terhadap suatu pengambil alihan militer yang terjadi dahulu. Telah ada gerakan separatis yang damai di Quebec. Kampanye gerilya seperti ini juga bisa menyebabkan perang saudara seperti yang terjadi di Chechnya. dan memilih istilah yang lebih netral seperti determinasi diri. [KWN] Page 6 . Singapura juga lepas dari Federasi Malaysia dengan damai.

Pada tanggal 11 Agustus 1948. Untuk merebut kembali kedudukannya. PKI banyak melakukan kekacauan. terutama di Surakarta. mengembangkan kelompok separatis yang kasar sebagai reaksi terhadap aksi penindasan yang kasar oleh rezim Francisco Franco. Pemberontakan PKI di Madiun Tahun 1948 Membahas tentang pemberontakan PKI di Madiun tidak bisa lepas dari jatuhnya kabinet Amir Syarifuddin tahun 1948. Contohnya adalah GAM(Aceh). Puncaknya ketika terjadi pemogokan di pabrik karung Delanggu (Jawa Tengah) pada tanggal 5 Juli 1959.2. 3. FDR membentuk organisasi kaum petani dan buruh. Doktrin itu bernama Jalan Baru. Musso tiba dari Moskow. Amir dan FDR segera bergabung dengan Musso. maka disusunlah doktrin bagi PKI. separatisme juga bisa terjadi karena perasaan kurangnya kekuatan politis dan ekonomi suatu kelompok. yang belum merdeka selama berabad-abad lamanya. OPM(Papua). Motivasi Gerakan Separatis Gerakan separatis biasanya berbasis nasionalisme atau kekuatan religius.pada tanggal 28 Juni 1948 Amir Syarifuddin membentuk Front Demokrasi Rakyat (FDR) Untuk memperkuat basis massa. Daerah Basque di Spanyol. Pada tanggal 18 September 1948. RMS(Maluku). Seperti Timor Leste yang telah lepas dar Indonesia. Hal yang sama terjadi di Ethiopia di mana para pemberontak Eritrea lebih marah terhadap despotisme dan korupsi daripada sebuah negara Eritrea yang tidak mempunyai sejarah yang panjang. daerah Surakarta dijadikan daerah kacau (wildwest). Musso [KWN] Page 7 . Untuk memperkuat organisasi. Selain itu dengan memancing bentrokan dengan menghasut buruh. Mengapa kabinet Amir jatuh? Jatuhnya kabinet Amir disebabkan oleh kegagalannya dalam Perundingan Renville yang sangat merugikan Indonesia. Sementara Madiun dijadikan basis gerilya. Oleh PKI. Sejarah Gerakan Separatis di Indonesia A. Selain itu.

kekuatan militer Republik Indonesia harus meninggalkan wilayah Jawa Barat yang dikuasai Belanda. Untuk menumpas pemberontakan PKI. Dalam hal ini peran Divisi Siliwangi cukup besar. Kartosuwiryo beserta para pendukungnya. pemerintah melancarkan operasi militer. maka selamatlah bangsa dan negara Indonesia dari rongrongan dan ancaman kaum komunis yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. pada tanggal 30 September 1948. kota Madiun berhasil direbut kembali oleh tentara Republik. tanggal 31 Oktober 1948 Musso tewas ditembak. Dalam kondisi bangsa yang begitu sulit itu. Jawa Tengah. Pada tanggal 7 Agustus 1949. Penumpasan pemberontakan PKI dilakukan oleh bangsa Indonesia sendiri. Tentara dan [KWN] Page 8 . ternyata RI sanggup menumpas pemberontakan yang relatif besar oleh golongan komunis dalam waktu singkat. TNI harus mengungsi ke daerah Jawa Tengah yang dikuasai Republik Indonesia. gerakan PKI dapat merebut tempat-tempat penting di Madiun. Kartosuwiryo memproklamasikan berdirinya Negara Islam Indonesia (NII). Pemberontakan Darul Islam (DI) dan Tentara Islam Indonesia (TII) (DI/TII Kartosuwiryo di Jawa Barat) Berdasarkan Perundingan Renville. Dengan ditumpasnya pemberontakan PKI di Madiun. Tujuannya untuk meruntuhkan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan menggantinya dengan negara komunis. Dengan dukungan rakyat di berbagai tempat. Tidak semua komponen bangsa menaati isi Perjanjian Renville yang dirasakan sangat merugikan bangsa Indonesia. Sekitar 300 orang ditangkap oleh pasukan Siliwangi pada tanggal 1 Desember 1948 di daerah Purwodadi. tanpa bantuan apa pun dan dari siapa pun.memproklamasikan berdirinya pemerintahan Soviet di Indonesia. Panglima Besar Jenderal Soedirman memerintahkan Kolonel Gatot Subroto di Jawa Tengah dan Kolonel Sungkono di Jawa Timur untuk mengerahkan pasukannya menumpas pemberontakan PKI di Madiun. Sementara itu. Pada waktu yang bersamaan. Salah satunya adalah S.M. Pada akhirnya tokoh-tokoh PKI seperti Aidit dan Lukman melarikan diri ke Cina dan Vietnam. Di samping itu. B.

pendukungnya disebut Tentara Islam Indonesia (TII). Dewan Garuda di Sumatra Selatan yang dipimpin oleh Letkol Barlian. Simbolon. Setelah menerima ultimatum. Tanggal 10 Februari 1958 Ahmad Husein menuntut agar Kabinet Djuanda mengundurkan diri dalam waktu 5 x 24 jam. Kalimantan Selatan dipimpin Ibnu Hajar. dan Sulawesi Selatan dengan tokohnya Kahar Muzakar. Zulkifli Lubis. Dewan Gajah di Sumatra Utara yang dipimpin oleh Kolonel Maludin Simbolan. Dewan Manguni di Sulawesi Utara yang dipimpin oleh Kolonel Ventje Sumual. dan menyerahkan mandatnya kepada presiden. dan Dahlan Djambek yang memimpin gerakan sparatis. Nasution membekukan Kodam Sumatra Tengah dan selanjutnya menempatkan langsung di bawah KSAD. c. Tuntutan tersebut jelas ditolak pemerintah pusat. Gerakan Darul Islam yang didirikan oleh Kartosuwiryo mempunyai pengaruh yang cukup luas. Pengaruhnya sampai ke Aceh yang dipimpin Daud Beureueh. d. Jawa Tengah (Brebes. maka pemerintah bertindak tegas dengan memecat secara tidak hormat Ahmad Hussein. Tegal) yang dipimpin Amir Fatah dan Kyai Somolangu (Kebumen). Dewan Banteng di Sumatra Barat yang dipimpin oleh Letkol Ahmad Husein. C. b.H. Pemberontakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) Munculnya pemberontakan PRRI diawali dari ketidakharmonisan hubungan pemerintah daerah dan pusat. Daerah kecewa terhadap pemerintah pusat yang dianggap tidak adil dalam alokasi dana pembangunan. Kekecewaan tersebut diwujudkan dengan pembentukan dewan-dewan daerah seperti berikut: a. [KWN] Page 9 . Langkah berikutnya tanggal 12 Februari 1958 KSAD A.

menumpas Permesta di Sulawesi Utara. f. c. e. Pemberontakan Permesta Proklamasi PRRI ternyata mendapat dukungan dari Indonesia bagian Timur. pemberontakan Permesta dapat dilumpuhkan sekitar bulan Agustus 1958. b. [KWN] Page 10 . Operasi Saptamarga III dipimpin Letkol Magenda dengan sasaran kepulauan sebelah Utara Manado. terbukti dengan ditembak jatuhnya pesawat yang dikemudikan oleh Alan Pope warga negara Amerika Serikat tanggal 18 Mei 1958 di atas Ambon. pemerintah melancarkan operasi militer beberapa kali. Untuk menumpas gerakan Permesta. Ternyata Gerakan Permesta mendapat dukungan asing. Tanggal 17 Februari 1958 Somba memutuskan hubungan dengan pemerintah pusat dan mendukung PRRI. Sebagai perdana menterinya adalah Mr. D. Operasi Saptamarga II dipimpin Letkol Agus Prasmono dengan sasaran Sulawesi Utara bagian Selatan. Berikut ini operasi-operasi militer tersebut. Operasi Mena I dipimpin Letkol Pieters dengan sasaran Jailolo. walaupun sisa-sisanya masih ada sampai tahun 1961. Komando operasi Merdeka yang dipimpin oleh Letkol Rukminto Hendraningrat. Gerakan ini jelas melawan pemerintah pusat dan menentang tentara sehingga harus ditumpas. menumpas Permesta di Sulawesi Utara bagian Tengah. Syafruddin Prawiranegara. Meskipun demikian. d. a.Pada tanggal 15 Februari 1958 Achmad Hussein memproklamasikan berdirinya Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI). Gerakannya dikenal dengan Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta). Operasi Saptamarga I dipimpin Letkol Sumarsono. Operasi Saptamarga IV dipimpin Letkol Rukminto Hendraningrat. Operasi Mena II dipimpin Letkol Hunholz untuk merebut lapangan udara Morotai. g.

Seluruh senjata GAM yang mencapai 840 pucuk selesai diserahkan kepada AMM pada 19 Desember 2005.000 jiwa. [KWN] Page 11 . tim perunding Indonesia berhasil mencapai kesepakatan damai dengan GAM di Vantaa. Proses perdamaian selanjutnya dipantau oleh sebuah tim yang bernama Aceh Monitoring Mission (AMM) yang beranggotakan lima negara ASEAN dan beberapa negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Gerakan Aceh Merdeka (GAM) adalah sebuah organisasi (yang dianggap separatis) yang memiliki tujuan supaya daerah Aceh atau yang sekarang secara resmi disebut Nanggroe Aceh Darussalam lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penandatanganan nota kesepakatan damai dilangsungkan pada 15 Agustus 2005. Konflik antara pemerintah dan GAM yang diakibatkan perbedaan keinginan ini telah berlangsung sejak tahun 1976 dan menyebabkan jatuhnya hampir sekitar 15. Finlandia. Pada 17 Juli 2005. menyatakan bahwa sayap militer mereka telah dibubarkan secara formal. Finlandia. Pada 27 Februari 2005. GAM melalui juru bicara militernya.E. Sofyan Daud. Di antara poin pentingnya adalah bahwa pemerintah Indonesia akan turut memfasilitasi pembentukan partai politik lokal di Aceh dan pemberian amnesti bagi anggota GAM. pihak GAM dan pemerintah memulai tahap perundingan di Vantaa. Kemudian pada 27 Desember. Gerakan ini juga dikenal dengan nama Aceh Sumatra National Liberation Front (ASNLF). Mantan presiden Finlandia Marti Ahtisaari berperan sebagai fasilitator. GAM dipimpin oleh Hasan di Tiro yang sekarang bermukim di Swedia dan berkewarganegaraan Swedia. setelah perundingan selama 25 hari. Helsinki.

karena bekerja sama dengan Inggris dan Amerika Serikat. Berikut ini siasat-siasat yang ditempuh oleh Biro Khusus PKI. Para petani dan buruh. Dengan adanya nasakomisasi tersebut. Mendata dan mencatat para anggota ABRI yang telah dibina atau menjadi pengikut PKI agar sewaktu-waktu dapat dimanfaatkan untuk kepentingannya. b. Memasuki tahun 1965 pertentangan antara PKI dengan Angkatan Darat semakin meningkat. Menuduh komando puncak AD telah membentuk “Dewan Jenderal” yang tujuannya menggulingkan Presiden Soekarno. c. b. mulai meletakkan siasat-siasat untuk melawan komando puncak AD. dibantu para kader PKI.N. [KWN] Page 12 . Aidit sebagai pemimpin PKI beserta Biro Khususnya. Pada akhir tahun 1963. Usaha PKI untuk mencari pengaruh didukung oleh kondisi ekonomi bangsa yang semakin memprihatinkan. melakukan aksi demonstrasi dan pemogokan. Mengusahakan agar setiap anggota ABRI yang telah bersedia menjadi anggota PKI dan telah disumpah dapat membina anggota ABRI lainnya. Gerakan Sparatais Tragedi Nasional G 30 S/PKI Tahun 1965 Doktrin Nasakom yang dikembangkan oleh Presiden Soekarno memberi keleluasaan PKI untuk memperluas pengaruh. Menyebarluaskan pengaruh dan ideologi PKI ke dalam tubuh ABRI. Untuk melancarkan kudeta. D.F. mengambil alih tanah penduduk. Biro Khusus tersebut mempunyai tugas-tugas berikut: a. maka PKI membentuk Biro Khusus yang diketuai oleh Syam Kamaruzaman. Memojokkan dan mencemarkan komando AD dengan tuduhan terlibat dalam persekongkolan (konspirasi) menentang RI. a. PKI melancarkan sebuah gerakan yang disebut “aksi sepihak”. PKI menjadi salah satu kekuatan yang penting pada masa Demokrasi Terpimpin bersama Presiden Soekarno dan Angkatan Darat.

G. Mengisolir komando AD dari angkatan-angkatan lain. Manusama dan J.S. Mengusulkan kepada pemerintah agar membentuk Angkatan Kelima yang terdiri dari para buruh dan petani yang dipersenjatai. Ir. Chr. Manuhutu. Pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) Pada masa pemerintahan RIS. atau awal tanggal 1 Oktober 1965. Pada saat itu terjadi penculikan dan pembunuhan terhadap para perwira Angkatan Darat. Pada 25 April 1950 RMS hampir/nyaris diproklamasikan oleh orang-orang bekas prajurit KNIL dan pro-Belanda yang di antaranya adalah Dr.R. muncul pemberontakan-pemberontakan yang mengguncang stabilitas politik dalam negeri.H.c. dan Gerakan Republik Maluku Selatan (RMS). Sejak 1966 RMS berfungsi sebagai pemerintahan di pengasingan. Belanda. Republik Maluku Selatan (RMS) Republik Maluku Selatan (RMS) adalah daerah yang diproklamasikan merdeka pada 25 April 1950 dengan maksud untuk memisahkan diri dari Negara Indonesia Timur (saat itu Indonesia masih berupa Republik Indonesia Serikat). Pemberontakanpemberontakan tersebut antara lain gerakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA). d. pemberontakan Andi Azis. Pada 29 Juni 2007 beberapa pemuda Maluku mengibarkan bendera RMS di hadapan Presiden [KWN] Page 13 . Soumokil bekas jaksa agung Negara Indonesia Timur yang kemudian ditunjuk sebagai Presiden. RMS di Belanda lalu menjadi pemerintahan di pengasingan. RMS dianggap sebagai pemberontakan dan setelah misi damai gagal. Ketegangan politik antara PKI dan TNI AD mencapai puncaknya setelah tanggal 30 September 1965 dini hari. maka RMS ditumpas tuntas pada November 1950. J.A. H. Mengorganisir perwira militer yang tidak mendukung adanya “Dewan Jenderal”. e. Namun oleh Pemerintah Pusat.

seperti Sosial. Keamanan dan Luar Negeri. Pemimpin pertama RMS dalam pengasingan di Belanda adalah Prof. Pemerintah RMS tetap menjalankan semua kebijakan Pemerintahan. Johan Manusama. kini hubungan dengan Maluku hanya menyangkut soal sosial ekonomi. Ada yang mengatakan [KWN] Page 14 . Namun di tahun 1978 terjadi peristiwa Wassenaar. Komunikasi antara Pemerintah RMS di Belanda dengan para Menteri dan para Birokrat di Ambon berjalan lancar terkendali. Tujuan politik RMS sudah berlalu seiring dengan melemahnya keingingan memperjuangkan RMS ditambah tidak adanya donatur yang bersedia menyisihkan dananya. Pemerintah Belanda mendukung kemerdekaan RMS. sehingga pada akhirnya dinyatakanlah bahwa Pemerintah RMS yang berada di Belanda sebagai Pemerintah RMS dalam pengasingan Dengan bekal dokumentasi dan bukti perjuangan RMS. pemimpin kedua Frans Tutuhatunewa turun pada tanggal 25 april 2009. Kini John Wattilete adalah pemimpin RMS pengasingan di Belanda. para pendukung RMS membentuk apa yang disebut Pemerintahan RMS di pengasingan. Oleh Press di Belanda dikatakanlah peristiwa itu sebagai teror yang dilakukan para aktifis RMS di Belanda. sehingga dikeluarkanlah perintah untuk menangkap seluruh pimpinan dengan semua jajarannya. Politik. Di Belanda. Pada 24 April 2008 John Watilette perdana menteri pemerintahan RMS di pengasingan Belanda berpendapat bahwa mendirikan republik merupakan sebuah mimpi di siang hari bolong dalam peringatan 58 tahun proklamasi kemerdekaan RMS yang dimuat pada harian Algemeen Dagblad yang menurunkan tulisan tentang antipati terhadap Jakarta menguat. Perdana menteri RMS (bermimpi) tidak menutup kemungkinan Maluku akan menjadi daerah otonomi seperti Aceh Kendati tetap menekankan tujuan utama adalah meraih kemerdekaan penuh. dimana beberapa elemen pemerintahan RMS melakukan serangan kepada Pemerintah Belanda sebagai protes terhadap kebijakan Pemerintah Belanda. Keadaan ini membuat pemerintahan Sukarno tkdak bisa berpangku tangan menyaksikan semua aktivitas rakyat Maluku.Susilo Bambang Yudhono pada hari keluarga nasional di Ambon.

namun tiba-tiba para penari itu mengibarkan bendera RMS. Pada tanggal 29 Juni 2007.serangan ini disebabkan karena pemerintah Belanda menarik dukungan mereka terhadap RMS. Mereka menari tarian Cakalele seusai Gubernur Maluku menyampaikan sambutan. Barulah aparat keamanan tersadar dan mengusir para penari keluar arena. Pada saat Kerusuhan Ambon yang terjadi antara 1999-2004. Beberapa hasil [KWN] Page 15 . beberapa elemen aktivis RMS berhasil menyusup masuk ke tengah upacara Hari Keluarga Nasional yang dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ada lagi yang menyatakan serangan teror ini dilakukan karena pendukung RMS frustasi. para pejabat dan tamu asing. dan bertindak dengan mengatas-namakan rakyat Maluku. teror seperti ini dilakukan juga oleh beberapa kelompok sempalan RMS. adalah ketika di tahun 1978 kelompok RMS menyandera 70 warga sipil di gedung pemerintah Belanda di Assen-Wassenaar. seperti kelompok Komando Bunuh Diri Maluku Selatan yang dipercaya merupakan nama lain (atau setidaknya sekutu dekat) Pemuda Maluku Selatan Merdeka. Di antara kegiatan yang di lansir Press Belanda sabagai teror. Kelompok ini merebut sebuah kereta api dan menyandera 38 penumpangnya di tahun 1975. RMS kembali mencoba memakai kesempatan untuk menggalang dukungan dengan upaya-upaya provokasi. Di luar arena para penari itu ditangkapi. karena Belanda tidak dengan sepenuh hati memberikan dukungan sejak mula. Ada juga kelompok sempalan yang tidak dikenal yang pada tahun 1977 menyandera 100 orang di sebuah sekolah dan di saat yang sama juga menyandera 50 orang di sebuah kereta api. Selama tahun 70an. Para hadirin mengira tarian itu bagian dari upacara meskipun sebenarnya tidak ada dalam jadwal. Sebagian yang mencoba melarikan diri dipukuli untuk dilumpuhkan oleh aparat. walaupun sampai sekarang tidak ada penjelasan resmi mengenai sebab dan aktor dibalik kerusuhan Ambon. Pada saat ini (30 Juni 2007) insiden ini sedang diselidiki. Beberapa aktivis RMS telah ditangkap dan diadili atas tuduhan kegiatan-kegiatan teror yang dilakukan dalam masa itu. Mulanya aparat membiarkan saja aksi ini.

[KWN] Page 16 . Penduduk asli Papua merasa bahwa mereka tidak memiliki hubungan sejarah dan ras dengan wilayah Indonesia yang lain maupun negara-negara Asia lain. Indonesia. Penyatuan wilayah Papua (Irian Barat) ke dalam NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) secara resmi pada tahun 1969 merupakan buah perjanjian antara Belanda dengan Indonesia dimana pihak Belanda menyerahkan wilayah tersebut yang selama ini dikuasainya kepada bekas jajahannya yang merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OPM lahir di Papua dari dua faksi utama pimpinan Terianus Aronggear.investigasi menunjukkan bahwa RMS masih eksis dan mempunyai Presiden Transisi bernama Simon Saiya. Organisasi Papua Merdeka (OPM) Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah sebuah gerakan nasionalis Papua yang didirikan pada tahun 1965 dan bertujuan untuk mewujudkan kemerdekaan wilayah Papua bagian barat dari cengkeraman pemerintah ‘kolonial’ Indonesia. Visi OPM adalah menjadikan organisasi tersebut sebagai organisasi pendirian negara Papua dan misinya adalah mengkampanyekan kemerdekaan Papua dan mendirikan sebuah kemerdekaan baik dalam wilayah maupun kemerdekaan rakyatnya. Beberapa elemen RMS yang dianggap penting ditahan di kantor Densus 88 Anti Teror. I. Sebagai WNI (Warga Negara Indonesia). sebagian besar rakyat Papua juga merasa tidak diperhatikan oleh pemerintah pusat yang berada di Jakarta. SE dan Aser Demotekay pada tahun 1964 dan tahun 1963. Menurut sebagian besar masyarakat Papua. hal tersebut tidak diakui dan dianggap sebagai penyerahan dari tangan satu penjajah kepada penjajah yang lain.

Namun republik ini berumur pendek karena segera ditumpas oleh militer Indonesia dibawah perintah Presiden Soeharto. Aksi penyanderaan 3. bentuk pemberontakan OPM dapat digolongkan ke dalam beberapa tindakan sebagai berikut: 1.Pergerakan OPM Proses integrasi politik di Papua menghadapi suatu tantangan yang utama dan berat yaitu pemberontakan dari OPM yang dimulai pada 26 Juli 1965 di Manokwari dipimpin oleh Permenas Ferry Awom. Aksi demonstrasi massa 4. maka pemberontakan OPM merupakan hadangan terhadap proses integrasi di Papua yang lebih banyak diwarnai oleh dimensi yang horizontal. Aksi rapat-rapat politik dan pembentukan organisasi perjuangan lokal 7. Seth Jafeth Raemkorem dan Jacob Hendrik Prai menaikkan bendera Bintang Fajar (Morning Star) dan memproklamasikan berdirinya Republik Papua Barat. Aksi pengrusakan/pembongkaran. Di Papua. Aksi pelintasan perbatasan ke Papua New Guinea 8. Nicolaas Jouwe dan dua komandan OPM yang lain. Sebagai gerakan separatis. yaitu suatu tujuan untuk mengurangi diskontinuitas dan ketegangan kultur kedaerahan dalam rangka proses penciptaan suatu masyarakat politik yang homogen. Pada tanggal 1 Juli 1971. bekas anggota Batalyon Sukarelawan Papua (Papua Vrijwilinger Corps). Aksi pengibaran bendera Papua Barat 5. Aksi penempelan dan penyebaran pamflet 6. sebuah korps militer ala Belanda. [KWN] Page 17 . 2. Aksi perlawanan fisik bersenjata atau aksi militer yang dilakukan secara sporadis.

kegiatan OPM terbagi dua. Kegiatan politik terus dilanjutkan ke luar negeri dan kegiatan militer dilakukan hanya di Papua. disaksikan Dandim 1701 Jayapura Letkol CHB Viktor Tobing dan Kapolres Jayapura Ajun Komisaris Besar (AKB) Robert Djoensoe di aula Kantor Bupati Gunung Merah Sentani. dimana ditandai dengan penyerahan sepucuk senjata jenis mouser dan menyatakan tidak lagi bergabung dengan kelompok separatis yang selama ini memperjuangkan kemerdekaan Papua. dapat diungkap bahwa pemberontakan ini terjadi karena ketidakpuasan dan kekecewaan yang dialami oleh manusia terhadap suatu sistem politik atau negara dimana dalam hal ini adalah Papua terhadap NKRI. John Howard. mantan tentara OPM. kegiatan politik dan kegiatan militer.Sebagai organisasi. untuk melindungi 43 [KWN] Page 18 . Saat ini. kongres di Amerika Serikat memaksa Perdana Menteri Australia saat itu. Senjata itu diserahkan kepada Bupati Jayapura Habel Suwae. Kabupaten Sentani. ada beberapa dukungan politik yang ditujukan kepada gerakan separatisme ini. Contohnya adalah pada tanggal 1 Februari 2006. Berdasarkan teori dan pendapat para sarjana. Secara keseluruhan kegiatan politik di luar negeri kurang efektif sebab terjadi perpecahan antara para pemimpin politik OPM dari segi orientasinya ada yang pro-Barat dan ada yang berorientasi ke neo-Marxis/Sosialis. Paham Neo-Marxis/Sosialis yang dipegang oleh sebagian besar kader OPM merupakan hambatan utama bagi dukungan politik maupun dukungan dana dari negara-negara Barat terhadap OPM. Perpecahan ini mempengaruni faksi militer di Papua sehingga kegiatan mereka lemah dan mudah dipatahkan oleh Pemerintah atau Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Adapula yang akhirnya menyerah kepada TNI seperti sebuah kejadian di Sentani pada tanggal 26 Mei 2005 oleh Daniel Buriyam. masih banyak aktivitas pemberontakan dari OPM baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk masalah dukungan internasional.

warga Papua yang meminta suaka politik terhadap Australia. Pada hakekatnya. Kepolisian setempat saat ini telah mengijinkan perayaan ini bagi mereka yang ingin merayakannya dengan syarat tidak membuat kerusuhan. pemberontakan OPM masih mempengaruhi pembentukan integrasi politik yang mantap di Papua. Sebagian warga Papua juga masih merayakan kemerdekaan mereka yang mereka rayakan setiap tanggal 1 Desember dengan pengibaran bendera mereka di beberapa tempat di Papua seperti di Abepura (Jayapura) dan Timika. Hal ini dapat dilihat dari sikap dan dukungan yang diberikan oleh rakyat Papua terhadap OPM sehingga timbul berbagai aksi pemberontakan secara sporadis dalam kurun waktu sekitar 30 tahun dan OPM lebih mampu mensosialisasikan nilainilai "nasionalis Papua" sebagai ideologi OPM kepada rakyat Papua dibandingkan dengan Pemerintah Indonesia. Perayaan ini disertai dengan ibadah syukur kepada Tuhan YME. Massa yang merayakan perayaan kemerdekaan ini menamakan diri mereka dengan nama West Papua National Authority (WPNA). Namun perayaan kemerdekaan ini hanyalah sebuah seremonial tahunan yang telah bersifat maya. [KWN] Page 19 . Dan masih banyak dukungan internasional lainnya meskipun tidak berpengaruh besar terhadap pergerakan OPM.

16 April 1949 pada umur 53 tahun)[1]) adalah seorang aktivis pejuang nasionalis Indonesia. [KWN] Page 20 . Kediri. Pejuang yang militan. Partai Komunis Indonesia Tan Malaka Tan Malaka atau Ibrahim gelar Datuk Tan Malaka (lahir di Nagari Pandan Gadang. Walaupun berpandangan sosialis. Jawa Timur. dan politisi yang mendirikan Partai Murba. Tan Malaka dapat memainkan peran intelektual penting dalam membangun jaringan gerakan sosialis internasional untuk gerakan anti penjajahan di Asia Tenggara. Tan Malaka menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam pembuangan di luar Indonesia. Ia dinyatakan sebagai "Pahlawan revolusi nasional" melalui ketetapan parlemen dalam sebuah undang-undang tahun 1963. Dia kukuh mengkritik terhadap pemerintah kolonial Hindia-Belanda maupun pemerintahan republik di bawah Soekarno pasca-revolusi kemerdekaan Indonesia. radikal dan revolusioner ini banyak melahirkan pemikiran-pemikiran yang berbobot dan berperan besar dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tan Malaka juga seorang pendiri partai Murba. Ia dibesarkan dalam suasana semangatnya gerakan modernis Islam Kaoem Moeda di Sumatera Barat. dan secara tak henti-hentinya terancam dengan penahanan oleh penguasa Belanda dan sekutu-sekutu mereka. seorang pemimpin sosialis. berasal dari Sarekat Islam (SI) Jakarta dan Semarang. Walaupun secara jelas disingkirkan. Tokoh Gerakan Separatis 1. Suliki. Sumatera Barat. ia juga sering terlibat konflik dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).4. Dengan perjuangan yang gigih maka ia dikenal sebagai tokoh revolusioner yang legendaris. 19 Februari 1896 – meninggal di Desa Selopanggung.

Dengan semangat yang berkobar dari sebuah gubuk miskin. Ketimpangan sosial yang dilihatnya di lingkungan perkebunan. ia pergi ke Semarang dan bertemu dengan Semaun dan mulai terjun ke kancah politik Saat kongres PKI 24-25 Desember 1921. jurnalistik dan keahlian memimpin rakyat. Tan Malaka dikirim ke Belanda. Riwayat • • • • • • Saat berumur 16 tahun.Tokoh ini diduga kuat sebagai orang di belakang peristiwa penculikan Sutan Sjahrir bulan Juni 1946 oleh "sekelompok orang tak dikenal" di Surakarta sebagai akibat perbedaan pandangan perjuangan dalam menghadapi Belanda. Tan Malaka banyak mengumpulkan pemuda-pemuda komunis. Melihat hal itu Tan Malaka mempunyai niat untuk mendirikan sekolahsekolah sebagai anak-anak anggota SI untuk penciptaan kader-kader baru. Selain itu juga merencanakan suatu pengorganisasian dalam bentuk pendidikan bagi anggota-anggota PKI dan SI (Sarekat Islam) untuk menyusun suatu sistem tentang kursus-kursus kader serta ajaran-ajaran komunis. Januari 1922 ia ditangkap dan dibuang ke Kupang. [KWN] Page 21 . gerakan-gerakan aksi komunis. Perjuangan Pada tahun 1921 Tan Malaka telah terjun ke dalam gelanggang politik. Tahun 1921. Tan Malaka di undang dalam acara tersebut. Tahun 1919 ia kembali ke Indonesia dan bekerja sebagai guru disebuah perkebunan di Deli. Pada Maret 1922 Tan Malaka diusir dari Indonesia dan mengembara ke Berlin. Namun pemerintahan Belanda melarang pembentukan kursus-kursus semacam itu sehingga mengambil tindakan tegas bagi pesertanya. Pemuda cerdas ini banyak juga berdiskusi dengan Semaun (wakil ISDV) mengenai pergerakan revolusioner dalam pemerintahan Hindia Belanda. 1912. Moskwa dan Belanda. Juga dengan alasan pertama: memberi banyak jalan (kepada para murid) untuk mendapatkan mata pencaharian di dunia kapitalis (berhitung. membaca. keahlian berbicara. antara kaum buruh dan tuan tanah menimbulkan semangat radikal pada diri Tan Malaka muda. menulis.

Dengan demikian tanggung-jawabnya sebagai wakil Komintern lebih berat dari keanggotaannya di PKI. untuk memperbaiki nasib kaum miskin. program dan taktik dari Komintern (Komunis Internasional) dan Profintern seperti yang telah ditentukan di kongres-kongres Moskwa diikuti oleh kaum komunis dunia. bahasa Belanda. ketiga. Pergulatan Tan Malaka dengan partai komunis di dunia sangatlah jelas. disertai selebaran-selebaran sebagai alat propaganda yang ditujukan kepada rakyat agar rakyat dapat melihat adanya ketidakadilan yang diterima oleh kaum buruh.ilmu bumi. memberikan kebebasan kepada murid untuk mengikuti kegemaran mereka dalam bentuk perkumpulan-perkumpulan. tapi juga pada gerakan-gerakan dalam melawan ketidakadilan seperti yang dilakukan para buruh terhadap pemerintahan Hindia Belanda lewat VSTP dan aksi-aksi pemogokan. ruang rapat SI Semarang diubah menjadi sekolah. Seperti dikatakan Tan Malaka pada pidatonya di depan para buruh “Semua gerakan buruh untuk mengeluarkan suatu pemogokan umum sebagai pernyataan simpati. Perjuangan Tan Malaka tidaklah hanya sebatas pada usaha mencerdaskan rakyat Indonesia pada saat itu. Tan Malaka dan sebagian [KWN] Page 22 . Sebagai seorang pemimpin yang masih sangat muda ia meletakkan tanggung jawab yang sangat berat pada pundaknya. Ia tidak hanya mempunyai hak untuk memberi usul-usul dan dan mengadakan kritik tetapi juga hak untuk mengucapkan vetonya atas aksi-aksi yang dilakukan partai komunis di daerah kerjanya. apabila nanti menglami kegagalan maka pegawai yang akan diberhentikan akan didorongnya untuk berjuang dengan gigih dalam pergerakan revolusioner”. Jawa dan lain-lain). Dan sekolah itu bertumbuh sangat cepat hingga sekolah itu semakin lama semakin besar. Melayu. Tan Malaka juga harus mengadakan pengawasan supaya anggaran dasar. Untuk mendirikan sekolah itu. kedua.

Tan Malaka yang berada di luar negeri pada waktu itu. Prof.kawan-kawannya memisahkan diri dan kemudian memutuskan hubungan dengan PKI. Terbitnya buku itu pertama kali di Kowloon. ada yang dibunuh dan banyak yang dibuang ke Boven Digoel. Itu ditunjukkan kepada para pejuang intelektual di Indonesia dan di negeri Belanda. berkumpul dengan beberapa temannya di Bangkok. dalam karya tulisnya "Tan Malaka Bapak Republik Indonesia" memberi komentar: "Tak ubahnya daripada Jefferson Washington merancangkan Republik Amerika Serikat sebelum kemerdekaannya tercapai atau Rizal Bonifacio meramalkan Philippina sebelum revolusi Philippina pecah…." Madilog merupakan istilah baru dalam cara berpikir. Maka perjaungan nasional mendapat pukulan yang sangat berat dan mengalami kemunduran besar serta lumpuh selama bertahun-tahun. Peristiwa ini dijadikan dalih oleh Belanda untuk menangkap. Dua tahun sebelumnya Tan Malaka telah menulis "Menuju Republik Indonesia". Sardjono-Alimin-Musso. Juni 1927 Tan Malaka memproklamasikan berdirinya Partai Republik Indonesia (PARI). Mohammad Yamin. sekalipun bukan PKI. April 1925. Ada yang disiksa. Maka dengan mudah dalam waktu singkat pihak penjajah Belanda dapat mengakhirinya. dengan menghubungkan ilmu bukti serta mengembangkan dengan jalan dan metode yang sesuai dengan akar dan urat kebudayaan Indonesia sebagai bagian dari [KWN] Page 23 . bersama Soebakat dan Djamaludddin Tamin. Akibatnya ribuan pejuang politik ditangkap dan ditahan. Irian Jaya. menahan dan membuang setiap orang yang melawan mereka. Di ibu kota Thailand itu. Pemberontakan 1926 yang direkayasa dari Keputusan Prambanan yang berakibat bunuh diri bagi perjuangan nasional rakyat Indonesia melawan penjajah waktu itu. Hong Kong. Pemberontakan 1926 hanya merupakan gejolak kerusuhan dan keributan kecil di beberapa daerah di Indonesia.

sikap konsisten yang jelas dalam gagasan-gagasan serta perjuangannya.kebudayaan dunia. mengapa dan bagaimana. Kepahlawanan Peristiwa 3 Juli 1946 yang didahului dengan penangkapan dan penahanan Tan Malaka bersama pimpinan Persatuan Perjuangan. situasi dan kondisi nusantara serta kebudayaan. Bagi filsafat. Setelah meletus pemberontakan FDR/PKI di Madiun. ekonomi. yang pokok dan yang pertama. [KWN] Page 24 . idealisme yang pokok dan pertama adalah budi (mind). Dialektika. sekalipun ilmu pengetahuan secara rasional belum dapat menjelaskannya dan belum dapat menjawab apa. Filsafat materialisme menganggap alam. Tan Malaka dikeluarkan begitu saja dari penjara akibat peristiwa itu. sosial. pikiran dan penginderaan. politik. benda dan realita nyata obyektif sekeliling sebagai yang ada. Bagi Madilog (Materialisme. di dalam penjara tanpa pernah diadili selama dua setengah tahun. kenegaraan. Bukti adalah fakta dan fakta adalah lantainya ilmu bukti. Terutama rakyat Indonesia. 1948). September 1948 dengan pimpinan Musso dan Amir Syarifuddin. Jika membaca karya-karya Tan Malaka yang meliputi semua bidang kemasyarakatan. maka akan ditemukan benang putih keilmiahan dan ke-Indonesia-an serta benang merah kemandirian. Semua karya Tan Malaka dan permasalahannya didasari oleh kondisi Indonesia. kebudayaan sampai kemiliteran (Gerpolek-Gerilya-Politik dan Ekonomi. Cara tradisi nyata bangsa Indonesia dengan latar belakang sejarahnya bukanlah cara berpikir yang teoritis dan untuk mencapai Republik Indonesia sudah dia cetuskan sejak tahun 1925 lewat Naar de Republiek Indonesia. kesatuan. walau belum dapat diterangkan secara rasional dan logika tapi jika fakta sebagai landasan ilmu bukti itu ada secara konkrit. Logika) yang pokok dan pertama adalah bukti. sejarah lalu diakhiri dengan bagaimana mengarahkan pemecahan masalahnya.

yang merupakan buah dari hasil diplomasi Sutan Syahrir dan Perdana Menteri Amir Syarifuddin. Namun berdasarkan keputusan Presiden RI No. Harry A Poeze kembali merilis hasil penelitiannya. Kecamatan Semen. seorang Sejarawan Belanda yang menyebutkan bahwa Tan Malaka ditembak mati pada tanggal 21 Februari 1949 atas perintah Letda Soekotjo dari Batalyon Sikatan. a. Kabupaten Kediri pada 21 Februari 1949. mati tak tentu kuburnya di tengah-tengah perjuangan bersama Gerilya Pembela Proklamasi di Pethok. 7 November 1948 di Yogyakarta. bahwa Tan Malaka ditembak pasukan TNI di lereng Gunung Wilis. tepatnya di Desa Selopanggung. Kediri. Musso Musso atau Paul Mussotte bernama lengkap Muso Manowar atau Munawar Muso (lahir: Kediri. Tapi akhirnya misteri tersebut terungkap juga dari penuturan Harry A. Tan Malaka merintis pembentukan Partai MURBA. 31 Oktober 1948) adalah seorang tokoh komunis Indonesia yang memimpin Partai Komunis Indonesia (PKI) pada era 1920-an dan dilanjutkan pada Pemberontakan Madiun 1948. Jawa Timur. yang ditandatangani Presiden Soekarno 28 Maret 1963 menetapkan bahwa Tan Malaka adalah seorang pahlawan kemerdekaan Nasional. Pada tahun 1949 tepatnya bulan Februari Tan Malaka hilang tak tentu rimbanya. Direktur Penerbitan Institut Kerajaan Belanda untuk Studi Karibia dan Asia Tenggara atau KITLV. [KWN] Page 25 . Divisi Brawijaya[1]. Jawa Timur. Poeze. setelah mengevaluasi situasi yang amat parah bagi Republik Indonesia akibat Perjanjian Linggajati 1947 dan Renville 1948. 1897 .Di luar. 53.Madiun. Jawa Timur.

Madiun direbut oleh TNI dari Divisi Siliwangi. ketika rombongannya bertemu dengan pasukan TNI yang mengubernya. Akan tetapi pikiran Musso berkata lain. Jawa Timur ketika beberapa militan PKI menolak untuk dilucuti. kemudian berkunjung ke Moskwa. [KWN] Page 26 .Musso adalah salah satu pemimpin PKI di awal 1920-an. Dia adalah pengikut Stalin dan anggota dari Internasional Komunis di Moskwa. tetapi kembali ke Indonesia pada tahun 1935 untuk memaksakan "barisan populer" yang dipimpin oleh 7 anggota Kongres Komintern. Pada tahun 1925 beberapa orang pemimpin PKI membuat rencana untuk menghidupkan kembali partai ini pada tahun 1926. dan menerima perintah untuk membatalkan pemberontakan dan membatasi kegiatan partai menjadi dalam bentuk agitasi dan propaganda dalam perlawananan nasional. meskipun ditentang oleh beberapa pemimpin PKI yang lain seperti Tan Malaka. Pihak militer menyebutkan bahwa PKI memproklamasikan "Republik Soviet Indonesia" pada tanggal 18 September 1948 dan mengangkat Musso sebagai presiden dan Amir Sjarifuddin sebagai perdana menteri. Musso dan pemimpin PKI lainnya. Akan tetapi pemberontakan dapat dipadamkan oleh pihak militer. Akan tetapi dia dipaksa untuk meninggalkan Indonesia dan kembali ke Uni Soviet pada tahun 1936. Pada 11 Agustus 1948 Musso kembali ke Indonesia lewat Yogyakarta. Pemberontakan terjadi di Madiun. Setelah keluar dari penjara Musso pergi ke Moskwa. Pada tanggal 30 September 1948. tetapi pemberontakan itu dapat dipatahkan oleh penjajah Belanda. Musso dan Alimin ditangkap. Pada bulan November 1926 terjadi beberapa pemberontakan PKI di beberapa kota termasuk Batavia (sekarang Jakarta). Pada tahun 1926 Musso menuju Singapura dimana dia menerima perintah langsung dari Moskwa untuk melakukan pemberontakan kepada penjajah Belanda. Alimin. Ribuan kader partai terbunuh dan sejumlah 36. Pada tanggal 5 September 1948 dia memberikan pidato yang menganjurkan agar Indonesia merapat kepada Uni Soviet.000 orang dipenjarakan. bertemu dengan Stalin. Di antara yang terbunuh adalah Musso pada tanggal 31 Oktober.

menumpang di rumah Mulia (sepupunya) yang telah menjabat sebagai direktur sekolah pendidikan guru di Jatinegara. Atas undangan saudara sepupunya. Amir kembali ke kampung halaman karena masalah keluarga. Barangkali ini [KWN] Page 27 . mantan menteri dan perdana menteri pada awal berdirinya negara Indonesia. Mr. Amir berusaha—menyetujui dan menjalankan garis Komunis Internasional agar kaum kiri menggalang aliansi dengan kekuatan kapitalis untuk menghancurkan Fasisme. 27 April 1907 – meninggal di Surakarta.Amir Sjarifoeddin Mr. Tak lama setelah kedatangannya dalam kurun waktu 1926-1927 dia menjadi anggota pengurus perhimpunan siswa Gymnasium di Haarlem.G. 19 Desember 1948 pada umur 41 tahun) adalah seorang tokoh Indonesia. walaupun teman-teman dekatnya mendesak agar menyelesaikan pendidikannya di Leiden. Perjuangan Menjelang invasi Jepang ke Hindia Belanda.S. dan di sini juga Mulia menumpang. Jawa Tengah. Ia tinggal di rumah guru pemeluk Kristen Calvinis. Muhammad Yamin. T. Amir pun berangkat ke Leiden. Amir Sjarifoeddin Harahap (ejaan baru: Amir Syarifuddin Harahap) (lahir di Medan. Namun pada September 1927. Kemudian Amir pindah ke asrama pelajar Indonesisch Clubgebouw. Pendidikan Amir menikmati pendidikan di ELS atau sekolah dasar Belanda di Medan pada tahun 1914 hingga selesai Agustus 1921. sesudah lulus ujian tingkat kedua. selama masa itu pula Amir aktif terlibat dalam diskusi-diskusi kelompok kristen misalnya dalam CSV-op Java yang menjadi cikal bakal GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia). Dirk Smink. Kramat 106. Kemudian Amir masuk Sekolah Hukum di Batavia. ia ditampung oleh senior satu sekolahnya. Mulia yang baru saja diangkat sebagai anggota Volksraad dan belajar di kota Leiden sejak 1911. Sumatera Utara.

[KWN] Page 28 . dari sedikit yang kita ketahui melalui sidangsidang pengadilan mereka tahun 1944. kelak ketika menjadi Menteri Pertahanan. "ia mempunyai pengaruh besar di kalangan massa dan orang yang tak mengenal kata takut". instansi rahasia yang dipimpin Van Mook.mempunyai hubungan dengan pekerjaan politik Musso dengan kedatangannya ke Hindia Belanda dalam tahun 1936. Ia kemudian dihubungi oleh anggota-anggota kabinet Gubernur Jenderal. serta tidak paham akan strateginya melawan Jepang. Rencana itu tidak banyak mendapat sambutan. Belanda mungkin tahu bahwa penghargaan berbau mitos terhadapnya di kalangan Pesindo berasal dari cerita para tahanan sesamanya. Diceritakan. di tengah gelombang-gelombang penangkapan yang berpusat di Surabaya. bagaimana ia tertawa ketika para penyiksa menggantungnya dengan kaki di atas. Mereka ingin menempuh taktik lain yaitu. Bagaimana ia menghadapi siksaan fisik dan moral yang dijatuhkan Jepang. Dalam hal ini garis Amir yang terbukti benar. Namun demikian identifikasi penting kejadian Surabaya itu. Rekan-rekannya sesama aktivis masih belum pulih kepercayaan terhadapnya akibat polemik di awal tahun 1940-an. menggalang semua kekuatan anti-fasis untuk bekerja bersama dinas rahasia Belanda dalam menghadapi serbuan Jepang. Kejadian ini dapat ditafsirkan sebagai terbongkarnya jaringan suatu organisasi anti fasisme Jepang yang sedikit banyak mempunyai hubungan dengan Amir. hukuman terberat dijatuhkan pada bekas para pemimpin Gerindo dan Partindo Surabaya. berkolaborasi dengan Jepang dengan harapan Jepang akan memberi kemerdekaan kepada Hindia Belanda setelah kolonialis Belanda dikalahkan. Terutama dari sisa-sisa kelompok inilah Amir. mengangkat para pembantunya yang terdekat. misalnya. Pada bulan Januari 1943 ia tertangkap oleh fasis Jepang. Sebuah dokumen NEFIS (Netherlands Expeditionary Forces Intelligence Service). tertanggal 9 Juni 1947 menulis tentang Amir.

Beberapa hari sebelumnya. Amir orang pertama yang ditembak mati malam itu.Dalam Persetujuan Renville tanggungjawab yang berat ini terletak dipundak kaum Komunis. Kabinet Sjahrir III Perdana Menteri: 3 Juli 1947 – 29 Januari 1948. di kompleks makam desa Ngalihan. Kabinet Amir Sjarifuddin mengundurkan diri dengan sukarela dan tanpa perlawanan samasekali. 19 Desember 1948. Amir Sjarifuddin. [KWN] Page 29 . sebuah satuan khusus dalam Angkatan Bersenjata Indonesia. ia dan beberapa orang lainnya. ketika disalahkan atas persetujuan Renville oleh golongan Masyumi dan Nasionalis. sekitar tengah malam. khususnya Amir sebagai negosiator utama dari Republik Indonesia. secara diam-diam telah dipindahkan ke rumah penjara ini dari tempat penahanan mereka di Benteng Yogyakarta. Jabatan • Menteri pada Kabinet Presidensial. pemerintahan Hatta menuduh PKI berupaya membentuk negara komunis di Madiun dan menyatakan perang terhadap mereka. Sebelum itu beberapa orang penduduk desa setempat diperintahkan menggali sebuah lubang kubur besar. Dari rombongan sebelas orang yang diangkut dengan truk dari penjara di Solo. yang pada saat peristiwa Madiun meletus sedang berada di Yogyakarta dalam rangka kongres Serikat Buruh Kereta Api (SBKA) turut ditangkap beserta beberapa kawannya. sebagai salah seorang tokoh PKI. Kabinet Sjahrir II. kepala Amir Sjarifuddin ditembak dengan pistol oleh seorang letnan Polisi Militer. membentuk Kabinet Amir Sjarifuddin I dan Kabinet Amir Sjarifuddin II • Peristiwa Madiun Setelah Peristiwa Madiun 1948. Kabinet Sjahrir I.

Pada 1942. Chris Soumokil dilahirkan di Surabaya dan menempuh pendidikan di sana sebelum pergi ke Belanda. 12 April 1966 pada umur 60 tahun) adalah presiden Republik Maluku Selatan (RMS) dari 1950 sampai 1966. Gerakan Aceh Merdeka Hasan Muhammad di Tiro [KWN] Page 30 . Setelah ditangkap oleh tentara Indonesia ia dibuang ke Pulau Buru dan Pulau Seram. Dalam persidangan Soumokil bersikeras berbicara dalam bahasa Belanda. 3. Ia kemudian mendirikan RMS. menjadi Menteri Luar Negeri RMS pada 25 April 1950. Jawa Timur. Kepulauan Seribu. Republik Maluku Selatan Christiaan Robbert Steven Soumokil Christiaan Robbert Steven Soumokil (lahir di Surabaya. Ia dihukum mati dan dieksekusi oleh peleton tembak pada 12 April 1966 di Pulau Obi. walaupun bahasa ibunya adalah bahasa Melayu. Pierre-William Blogg.2. Setelah perang usai ia kembali ke Indonesia dan menjadi jaksa agung dalam pemerintahan Negara Indonesia Timur (NIT). 13 Oktober 1905 – meninggal di Pulau Obi. Setelah itu ia mempelajari hukum di Universitas Leiden sampai 1934. penjajahan Jepang dimulai dan Soumokil ditangkap oleh tentara Jepang dan diasingkan ke Burma dan Thailand. teman lamanya dari Leiden. Pada tahun 1935 ia kembali ke Jawa dan menjadi pejabat hukum. dan menjadi presiden pada 3 Mei. Pada bulan April 1964 ia diadili dan dibela oleh pengacara Mr.

Perjuangannya itu hanya berlangsung selama tiga tahun. sekitar 20 km dari Sigli. Karena serangan tentara Indonesia yang tak tertahankan. isu "Aceh merdeka" kembali menjadi sorotan dunia. Organisasinya (Gerakan Aceh Merdeka) muncul ke pentas internasional. Tengku Hasan lahir di Pidie. Tengku Pocut inilah cucu perempuan Tengku Chik Muhammad Saman di Tiro yang juga Pahlawan Nasional Indonesia. Aceh. Hasan Tiro pernah dan menandatangani deklarasi berdirinya Negara Aceh Sumatra.Teungku Hasan Muhammad di Tiro (lahir di Pidie. restu Hasan Tiro selalu ditunggu. pada akhir 2002. Hasan merupakan anak kedua pasangan Tengku Pocut Fatimah dan Tengku Muhammad Hasan. 25 September 1925 – meninggal di Banda Aceh. Lameulo. ibu kota Swedia. dia adalah proklamator kemerdekaan Aceh pada 4 Desember 1976. ia mengungsi ke berbagai negara. Pengakuan orang Aceh terhadap Tengku Hasan bukan hanya karena perjuangannya. Setelah jatuhnya pemerintahan Soeharto. sebelum akhirnya menetap di Stockholm. Hasan Tiro sekarang ini menetap di Stockholm. Dia adalah keturunan ketiga Tengku Chik Muhammad Saman di Tiro. Dalam tubuhnya mengalir darah biru para pejuang Aceh. Dia juga menandatangani surat perihal GAM yang dikirim kepada Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Kofi Annan pada 25 Januari 1999. [KWN] Page 31 . pada 25 September 1925 di Tanjong Bungong. ibu kota Swedia. Dalam berbagai perundingan damai antara RI dan GAM. 3 Juni 2010 pada umur 84 tahun)sehari sebelum meninggal dia dianugerahi WNI oleh pemerintah Indonesia. Dia ikut keluar-masuk hutan bersama pasukannya pada 1976 untuk memisahkan diri dari Indonesia. Aceh.

Yogyakarta (1945) * Ilmu Hukum International. Aceh * Orangtua : Pocut Fatimah (Ibu).Pada Januari 1965. apa yang dilakukannya dengan memproklamasikan Negara Aceh Merdeka pada 4 Desember 1976 hanyalah kristalisasi dari ide yang sudah disosialkannya sejak 1965. Stockholm. Jadi. Pidie. lalu cerai) * Anak : Karim di Tiro (Doktor Sejarah dan mengajar di AS) * Alamat : Norsborg. Teungku Muhammad Hasan (Ayah) * Istri : Dora. keturunan Yahudi Amerika (Sebelumnya pernah masuk Islam. Universitas Columbia Pengalaman Organisasi * Pernah aktif dalam Pemuda Republik Indonesia (PRI) * Pernah menjabat Ketua Muda PRI di Pidie pada 1945 * Staf Wakil Perdana Menteri II dijabat Syafruddin Prawiranegara * Staf penerangan Kedutaan Besar Indonesia di PBB [KWN] Page 32 . Biodata * Nama : Teungku Hasan Muhammad di Tiro * Lahir : 25 September 1925. Hasan menggagaskan ide Negara Aceh Sumatra Merdeka. Swedia Pendidikan * Fakultas Hukum UII.

dan Maluku perlawanan terhadap pemerintahan Soekarno [KWN] Page 33 . Lembaga Nonstruktural Departemen Dalam Negeri Libya * Pernah kuliah di UGM Yogya * Dianugerahi gelar Doktor Ilmu Hukum University of Plano. Sumatra. 1950-1954 * Ketua Mutabakh.Texas * Lulusan University Columbia dan Fordam University di New York Karya-karya * Mendirikan "Institut Aceh" di AS * Dirut dari Doral International Ltd di New York * Punya andil di Eropa. Arab dan Afrika dalam bisnis pelayaran dan penerbangan * Diangkat oleh Raja Feisal dari Arab Saudi sebagai penasehat agung Muktamar Islam se-Dunia (1973) * mendeklarasikan Aceh merdeka pada 4 Desember 1976 * 1976-1979 untuk melawan pemerintah Indonesia * Artikel berjudul The Legal Status of Acheh Sumatra under International Law 1980 * The Unfinished Diary * Atjeh Bak Mata Donya (Aceh Dimata Dunia) * Terlibat sebuah "federasi" 10 daerah di Sulawesi.AS.* Presiden National Liberation Front of Aceh Sumatra * Dinas Penerangan Delegasi Indonesia di PBB.

Penerapan konsep penyelesaian konflik secara damai. Pelaksanaan pendidikan politik secara formal. Dari terjadi selama 2007 semuanya telah berhasil diselesaikan oleh Polri. serta melalui media massa dalam rangka menciptakan rasa saling percaya. 2. Peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah rawan konflik atau separatisme. Peningkatan kualitas pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi serta demokratisasi. 3. Peningkatan deteksi dini dan pencegahan awal potensi konflik dan separatisme. dialogis. 5. dan bermartabat. Pemerintah cukup berhasil dalam situasi menangan permasalahan Aceh dan separatisme dengan makin kondusifnya 5 kasus separatisme yang telah keamanan di tidak terjadinya aksi bersenjata yang berbahaya di daerah kritis lainnya. Langkah-langkah Pemerintah dalam Melawan Separatisme dan Hasilnya Langkah kebijakan yang ditempuh dalam upaya pencegahan dan penanggulangan separatisme adalah sebagai berikut: 1. 6. 4.* Menggagaskan ide Negara Aceh Sumatra Merdeka pada 1965. menyeluruh. 5. melalui perbaikan akses masyarakat local terhadap sumber daya ekonomi danpemerataan pembangunan antardaerah. Pemulihan kondisi keamanan dan ketertiban serta menindak secara tegas para pelaku separatisme bersenjata yang melanggar hak-hak masyarakat sipil. informal. [KWN] Page 34 .

Papua (Otsus) penyelesaian terbaik untuk Langkah lainnya pemerintah agar dapat peningkatan masalah Papua juga dilakukan guna meluruskan dan mendudukkan permasalahan Papua secara jernih dan objektif. Pemerintah berusaha mengeliminisasi permasalahan separatis di Papua.Upaya untuk mempertahankan perdamaian di NAD dilakukan dengan melaksanakan kesepakatan yang tertuang dalam MoU Helsinki secar benar agar penyelesaian Aceh tetap berada dalam kerangka NKRI. yang daerah dilakukan pemerintah dana adalah melaksanakan otsus otsus secara secara konsekuen tepat bagi terus mendorong memanfaatkan masalah-masalah yang dilakukan kesejahteraan masyarakat terutama di bidang pendidikan. baik politik maupun sosial ekonomi dalam bingkai NKRI. baik melalui lobi-lobi di luar negeri maupun pendekatan dengan Upaya dalam seluruh pemangku untuk menjelaskan NKRI kerangka kepentingan bahwa Otonomi merupakan (stakeholder) Khusus di Papua. telah memberikan kontribusi positif bagi kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilu 2009. Di tingkat pemerintah internasional. dan sosial lainnya. Amnesti dan pemberian jaminan hidup terhadap mantan kombat GAM serta relokasi TNI dan Polri dilakukan dengan penertiban senjata-senjata ilegal yang masih banyak beredar di masyarakat. adalah mempresentasikan perkembangan positif di Papua. langkah 2009. baik di tingkat DPRA maupun DPRK. kesehatan. Tahun 2008 dan Rencana tentang Pembentukan Penerbitan Perpres Nomor 75 Internasional serta Undang-Undang Tata Cara Konsultasi Persetujuan Kebijakan Administratif yang Berkaitan Langsung dengan Pemerintahan Aceh secara hukum juga telah dan Pemerintah Indonesia mengatur hubungan antara Pemprov NAD dalam berbagai bidang. Diberikannya kesempatan membentuk partai lokal dan mengakomodasi calon legislatif (caleg) dari partai lokal untuk duduk sebagai anggota legislatif. misalnya menyangkut keberhasilan Pemilu [KWN] Page 35 .

Damai Kajian Komprehensif dan Kajian Pemecahan Masalah di Papua Memperkokoh Rencana Tindak Menghadapi Kontigensi Nasional Separatisme Tahun [KWN] Page 36 . tetapi terpencar-pencar di kota-kota kecil yang jauh dari ibukota Belanda. dan implementasi otsus. Mempertahankan Masalah terhadap Ancaman Separatisme di Papua. Lobi terhadap pihak-pihak internasional agar membatasi pergerakan kelompok-kelompok pendukung RMS terus dilakukan. community development. Pokok-Pokok Separatisme Masyarakat Kebijakan Pemecahan Upaya dan Integral Pikiran tentang Upaya Komprehensif Aceh Menanggulangi Kehidupan Kajian Nasional di Indonesia. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembagian sumber daya alam yang lebih adil dan merata. Sementara. kebijakan pemekaran wilayah dimaksudkan agar dapat mendorong pembangunan sampai ke daerahdaerah yang tertinggal pembangunannya. penganggulangan dan dalam rangka meningkatkan ancaman upaya separatisme. peringatan HUT RMS pada 25 April di Belanda sejak 2007 tidak lagi diadakan terpusat di kota besar seperti Amsterdam dan Den Haag. di Provinsi Strategis Kajian Nanggroe Pemulihan Keutuhan Papua Kondisi Wilayah Darussalam. Berkaitan dengan berkembangnya embrio separatisme di beberapa provinsi kaya sumber daya alam. di antaranya adalah kajian tindak lanjut Inpres Nomor 6 Tahun 2003 tentang Percepatan Pemulihan Pembangunan Provinsi Maluku dan Maluku Utara Pasca Konflik. Hal yang sama juga dilakukan untuk menangani masalah separatis RMS di Maluku. Hal itu dilakukan agar mengurangi perasaan tidak puas masyarakat daerah terhadap Pemerintah Pusat sehingga tidak mudah untuk mendukung para anggota gerakan separatisme. kewaspadaan terhadap sejumlah kajian telah dilakukan.inpres percepatan pembangunan. Selanjutnya. Dari hasil upaya tersebut. Kajian Kebijakan Strategis Komprehensif dalam Rangka Secara Secara NKRI.

095 orang. Penyelesaian secara “bermartabat” bertujuan agar pihak separatis tidak akan kehilangan muka untuk melepaskan aspirasinya. di Aceh. seperti Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Adat Papua (DAP) menjadi tonggak utama untuk mengurangi ketidakpuasan dan perbedaan Pusat. TINDAK LANJUT YANG DIPERLUKAN Muncul dan berkembangnya embrio separatisme tidak terlepas dari masalah ketidakadilan dan kesenjangan kesejahteraan sehingga untuk mengatasi hal tersebut pemerintah telah tidak akan diambil terus melanjutkan dan mengembangkan terhadap kebijakan yang selama melakukan dan ini. secara dapat berjalan dan perlu dilakukan menyeluruh sehingga perbaikan terhadap oleh Pemerintah pendapat antara masyarakat di daerah dan Pemerintah [KWN] Page 37 . untuk meningkatkan wawasan kebangsaan bagi pimpinan nasional pendidikan dalam kurun waktu dengan 2005–2009 peserta telah dilaksanakan pendidikan KRA/PPRA 644 orang. KSA/PPSA dengan peserta 316 orang.2007. akan terus diterapkan pencegahan penanggulangan separatisme di daerah lain. Penguatan basis dukungan masyarakat melalui lembaga politik dan adat. dan penataran pemantapan wawasan kebangsaan dengan peserta 2. Sementara. Pendekatan langkah peningkatan Belajar konsep penyelesaian dalam dari masalah separatisme pendekatan melalui penyelesaian “bermartabat” lagi hanya menggunakan kekuatan militer. Untuk berkala langkah-langkah menjamin yang keberhasilan evaluasi diambil pendekatan tersebut. tetapi persuasif dengan kesejahteraan pengalaman secara dan damai dialog menggunakan prioritas utama untuk perdamaian dan konflik pemerataan pembangunan.

pada permasalahan sesungguhnya. mendapatkan keadilan dan kesejahteraan sehingga [KWN] Page 38 .lebih terfokus publik. Peningkatan pelayanan keutuhan sebagai NKRI langkah dapat terus terutama untuk mendapatkan informasi yang benar. dilakukan agar militer terakhir dan sosialisasi terhadap pentingnya menjaga dilaksanakan dengan baik. Kebijakan hanya dialog. akan diambil apabila permasalahan tidak dapat diselesaikan melalui Kebijakan pemekaran wilayah yang didasarkan atas pertimbangan dan daerah kepentingan tersebut pembangunan untuk masyarakat di daerah akan tetap di mendapatkan prioritas apabila hal itu dapat membantu masyarakat dapat mencegah muncul dan berkembangnya embrio separatisme.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->