MAKALAH SEJARAH

KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT PASCA REFORMASI

KELOMPOK 8 ADE SAYUTI ELGIA NURFADILA KRISANTI SEKARPURI M. SAKIRUL HUDA YUSUF VIDIYANTO

XII IPA 3 SMAN 3 CIBINONG

Banyak pengamat yang mengkritik prestasi IMF dalam kebijakan ini. Habibie melakukan kerjasama dengan Bank Dunia (World Bank) dan IMF (International Monetary Fund) atau Dana Moneter Internasional. Kerjasama Indonesia dengan IMF dan Bank Dunia memberikan program Structural Adjusment Program (Program Penyesuaian Struktural) yang merupakan kebijakan untuk memaksa negara -negara yang mendapat bantuan hutang untuk lebih membuka pasar dalam negeri mereka. Penyelesaian masalah ini tidak akan ditemukan dengan membebankan pada pembayar pajak saa t itu. pemerintah dalam kepemimpinan BJ. Namun di Indonesia kebijakan ini malah memperberat beban ekonomi bangsa karena tidak sesuai dengan yang dibutuhkan rakyat Indonesia. dan pendidikan. menekankan kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang -barang yang bisa di ekspor. Banyak perbedaan pendapat mengenai pentingnya penanaman modal asing secara langsung dalam pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan. yang menyatakan bahwa . mengurangi subsidi pemerintah terhadap sektor publik seperti pangan. Para pengamat beranggapan bahwa golongan elite tidak akan bersedia memberi pengorbanan yang diperlukan untuk mencapai stabilitas mata uang rupiah. BBM. sehingga menghalangi kemampuan pemerintah untuk berfungsi secara efektif tanpa korupsi pada periode transisi ini. dan telepon . dan hanya mempekerjakan sebagian kecil tenaga buruh. Masalah lain adalah kekurangan dana.Kondisi Sosial dan Ekonomi Masyarakat Indonesia Pasca Reformasi Tantangan ekonomi utama adalah perlunya upaya menstabilkan nilai rupiah dan meningkatkannya kembali ke nilai pada tahun 1997. sehingga kurang menyumbang kepada peningkatan teknologi dalam sektor manufaktur. Rakyat biasa mengerti pentingnya harga impor dan ekspor namun tidak ada pihak yang mewakili kepentingan merek a dalam hal ini. Para analisis berpendapat bahwa penanaman modal asing secara langsung hanya menyumbangkan 3 -6% investasi total. Program ini menyarankan atas pencabutan subsidi pemerintah pada listrik. Untuk mengatasi krisis finansial Asia pada awal tahun 1998 yang menyebabkan kondisi perekonomian Indonesia melemah dengan melamb ungnya nilai Dollar Amerika terhadap Rupiah ($1 mencapai Rp 17. kesehatan.000). Beberapa analisis yakin bahwa penanaman modal asing secara langsung bukan suatu dorongan yang penting bagi ek onomi dan bahwa pasar uang internasional bersifat terburu-buru dan merupakan sumber ekonomi yang tidak dapat dipercayai.

Indonesia telah memenuhi permintaan IMF untuk mengurangi subsidi namun masih ada tanggapan negatif dari rakyat yang mengalami dampak b uruk dari pencabutan subsidi tersebut. Hal ini menyebabkan penjarahan terjadi dimana-mana. Pada tiga bulan pemerintahan Habibie. Tambak udang dan ikan bandeng yang siap panen dijarah. Semua krisis ini menyebabkan kelangkaan di pasar -pasar kebutuhan pokok sementara harganya terus meningkat tajam. Semua kejahatan tersebut dilakukan mengatasnamakan rakyat kecil. Seperti contohnya. namun pemerintah juga harus memperbaiki hubungan dengan IMF dengan memenuhi permint aannya sedapat mungkin sambil menerapkan kebijakan -kebijakan untuk mengurangi dampak buruk terhadap rakyat Indonesia. harga meningkat hingga 3 kali lipat. enam dari tujuh bank mengalami pe mbekuan dan likuidasi pada Agustus 1998. harus adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan bank-bank di Indonesia untuk bertahan terhadap sistem keuanagan internasional yang sulit diperkirakan . Rakyat jadi menghalalkan segala cara untuk sekedar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. dan sebagainya. pemerintah mendapat masalah dalam menyetujui persyaratan IMF. Selain kerjasama ini. karena sektor bisnis pun harus tetap terus mencari penanaman modal asing secara langsung. pemerintah memberi insentif dana penyehatan bank (BLBI) yang nyatanya malah tidak berjalan dengan baik karena dibawa kabur oleh para bankir. Namun yang terjadi pada akhirnya ialah kenaikan biaya pada ketiga sektor tersebut yang memperparah kondisi rakyat . Dan untuk kedepannya. perburuan satwa langka. kesehatan perbankan Indonesia terus memburuk. Hanya dalam periode 3 bulan. Untuk menyikapi hal ini. Atas desakan rakyat Indonesia akhirnya pemerintah pada pemerintahan Megawati Soekarnoputri memutuskan hubungan dengan dua lembaga keuangan dunia tersebut. Pemerintah mengalami dilema pada tahap ini. penebangan liar. Beberapa hal yang menjadi penyebab kegagalan bank adalah salah satunya carut -marutnya perekonomian rakyat dan nilai rupiah yang masih sangat lemah. penjarahan pada hutan -hutan lindung.permintaan ini tidak realistis. Kondisi ini berdampak secara langsung terhadap kondisi sosial masyarakat Indonesia. Pemerintah dan aparat penegak hukum yang sudah kehilangan pamor dan tidak lagi dipercaya oleh masyarakat menjadi . bangunan dan ruma h-rumah milik orang kaya terutama mantan penguasa orde baru ditempati. Penjarahan ini dilakukan terhadap tempat -tempat yang membantu kelangsungan hidup.

yang pada masa orde baru didominasi oleh oknum ABRI. . bahkan menyebabkan kematian.tidak memiliki kekuatan apapun untuk menghentikan segala kekacauan ini. Perkembangan LSM merupakan bagian penting dalam pembentukan masyarakat sipil dan pencegahan serta pengendalian ketegangan politik dan sosial di Indonesia. Tantangan pencegahan konflik ad alah bagaimana kepentingan ekonomi masyarakat asli dan pendatang dapat didamaikan. ekonomi. ketegangan yang timbul dari pembauran masyarakat melalui transmigrasi dan migrasi disebabkan oleh ketegangan ekonomi dan bukannya pergeseran etnis atau agama. namun pada era reformasi kekerasan justru diperlihatkan oleh sesama warga sipil. Menurut banyak ahli. namun juga banyak terjadi di daerah-daerah. Dari sini kita bisa melihat bahwa terjadi pergeseran pelaku kekerasan. LSM menj alankan fungsi upaya peningkatan keamanan nasional. Penghakiman massa terhadap pelaku kriminal banyak terjadi. Kemiskinan di provinsi-provinsi kurang maju dari segi ekonomi mengakibatkan masyarakat lebih mudah menjadi sasaran provokasi dari kelompok politik dan lebih bersedia menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuan mereka. LSM di Indonesia begitu pluralistis dan beraneka ragam. dan lingkungan secara persuasif terhadap masyarakat. Konflik tidak hanya timbul di kota -kota besar. Masyarakat semakin anarkis dan hukum seperti tidak ada. sama seperti masyarakat Indonesia.

Habibie yang ditengarai sebagai ´ora ng dekatµ Soeharto. meskipun klaim yang ditempelkan di gerbong kabinetnya adalah ´Reformasiµ. Tentunya prosentase tersebut lebih tinggi dari komitmen WTO yang sebesar 51%. Keterpurukan ekonomi rakyat. Kanada. di masa Orde Baru ekonomi Indon esia berkiblat penuh pada kapitalisme Barat.Tambahan Artikel Sumber: http://eprints. Masa pemerintahan Habibi e yang singkat ternyata menghasilkan 66 buah Undang-Undang. Selama ini penyebab keterpurukan kehidupan demokrasi kita. tentunya tidak mudah untuk digapai. Berdasarkan peraturan tersebut pihak asing dapat memliliki sampai dengan 99% saham Bank di Indonesia. dan Singapura. dengan didukung oleh orang -orang yang dulunya juga mengabdi pada Orde Baru. Selain itu WNA atau Badan hukum asing juga dapat membeli saham Bank Umum secara l angsung dan atau melalui bursa efek. Masih segar dalam ingatan kita. tentunya tidak dapat dihapus begitu saja dengan adanya pergantian pemimpin. Indonesia telah mengikuti resep-resep Washington jauh sebelum Konsensus Washington dijadikan referensi globalisasi ekonomi. Namun harapan rakyat untuk segera membatasi jabatan Presiden dan Wakil Presiden dapat terwujud dalam masa pemerintahan Habibie melalui ama ndemen pertama terhadap UUD 1945. Jiwa liberalisasi di sektor keuangan dan perbankan kita dinilai lebih liberal dibandingkan dengan Amerika Serikat. Masa Kepemimpinan Habibie Masa pemerintahan Presiden Habibie ditandai dengan dimulainya kerjasama dengan Dana Moneter Internasional untuk membantu proses pemulihan ekonomi. Salah satu produk perundang -undangan di era Habibie yang menegaskan arah perekonomian negara kita. Harapan besar rakyat agar segera terjad i perubahan yang lebih baik dalam kehidupan ekonomi di tahun pertama reformasi. tentunya ini tidak terlepas dari semangat euphoria dari penyelenggara pemerintahan. Australia. di antaranya .id/388/1/jejak.ac. yang diusung oleh mafia Berkerly. Dengan demikian.sunan-ampel. Hal ini secara eksplisit dapat dibaca dalam Pasal 22 ayat (1) huruf b yang memberi kebebasan bagi WNA atau badan hukum asing untuk mendirikan Bank Umum dengan WNI/Badan Hukum Indonesia. Warisan pemerintahan terdahulu sebagai peletak dasar perekonomian nasional. tentu seringkali dicurigai sebagai penerus rezim terdahulu. yang ditetapkan oleh MPR pada tanggal 19 Oktober 1999. dan ini tentunya merupakan pekerjaan berat bagi Kabinet Reformasi. 7 Tahun 1992 menjadi UU No.pdf A. adalah diunda ngkannya Perubahan terhadap UU No. membutuhkan penanganan yang bersifat cepat dan tepat. 10 tahun 1998 tentang Perbankan.

serta menjalankan pembangunan ekonomi kerakyatan dan memperkuat integritas bangsa. Polri dan masyarakat. Manakala pelaksanaan privatisasi dilakukan atas dasar yang benar sebagai negara berdaulat dan untuk kemakm uran rakyat. melalui program kerjan ya ia menjanjikan akan menjalankan pemerintahan dengan membangun kondisi dalam negeri yang kondusif dengan dukungan parlemen. liberalisasi investasi dan perdagangan serta liberalisasi sektor keuangan dan perbankan. TNI. yaitu pasal 7 UUD 1945 yang memberikan ruang untuk timbulnya multitafsir18. Privatisasi BUMN merupakan salah satu komponen agenda neoliberal dalam globalisasi ekonomi yang terangkum dalam Konsensus Washington. Agenda reformasi salah satunya mengamanatkan penuntasan tragedi Mei. Masa Kepemimpinan Abdurrahman Wahid Ditandai oleh beragam konflik. Megawati menerbitkan UU No. mulai dari pemberhentian beberapa menteri Kabinet Persatuan dari Partai Golkar dan PDIP. Pasal yang berkaitan dengan kekuasaan Presiden menjadi sasaran pertama untuk segera diamandemen. Karena presiden dinilai telah melampaui batas kewenangannya maka MA mengeluarkan fatwa untuk menolak Dekrit tersebut . menempatkan privatisasi sebagai kultus globalisasi yang merusak kekuatan ekonomi negara dan lebih menguntungkan . Di dalam pembangunan perekonomian nasional. komponen lain adalah stabilisasi ekonomi makro. pertama pembubaran DPR/MPR. B. maka tidaklah menjadi soal. Megawati juga masih ragu dalam menyikapi gerakan pemberdayaan masyarakat sipil. Dengan dilakukannya amandemen pertama maka pasal 7 UUD 1945 membatasi bahwa Presiden dan Wakil Presiden hanya boleh dipilih dua kali masa jabatan saja. 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara. kedua pembekuan Partai Golkar dan Ketiga percepatan Pemilu. Pemerintahan Abdurrahman Wahid berakhir melalui Sidang Istimewa pada tanggal 21 Juli 2001. Pengangkatan Kapolri yang berpuncak pada dugaan keterlibatan Presiden dalam kasus Buloggate dan Bruneigate. Masa Kepemimpinan Megawati Megawati diangkat sebagai Presiden 23 Juli 2001. Isi Dekrit tersebut. C. yang disusul dengan dikeluarkannya Dekrit Presiden 22 Juli 2001. namun temuan Tim Gabungan Pencari Fakta (TPGF) kurang ditindaklanjuti. Maka tak berlebihan kiranya jika pada saat itu rakyat menuntut adanya perubahan terhadap UUD 1945 yang mengatur mengenai hal tersebut. pengangkatan Ketua Mahkamah Agung. terbukti ia masih enggan untuk melepaskan militer dari d unia politik.ditengarai karena pucuk pimpinan pemerintahan yang berkuasa terlalu lama. Namun pemimpin negeri ini sejak masa Soeharto. d i antaranya konflik antara Pemerintah dengan DPR.

Maka rakyat manakah yang telah disejahterakan? . Tanpa terpenuhinya prakondisi tersebut. termasu k perbankan. termasuk juga pertambangan dan perairan nasional. D. Kedaulatan ekonomi yang digadaikan pada kekuatan asing pada akhirnya melemahkan kedaulatan politik. Masa Kepemimpinan Yudhoyono Kepemimpinan Yudoyono menandai era baru demokrasi di Indonesia. pengangguran. Berbagai kemudahan dan fasilitas diberikan kepada penanam modal. Tampaknya pemerintah kita tidak siap dengan prakondisi tersebut. penurunan tingkat pengangguran. Kebijakan ekonomi politik kita masih bergerak dalam jalur yang sama dengan pendahulunya. merobohkan hambatan untuk perdagangan internasional dan investasi agar semua negara bisa mendapatkan keuntungan dan meningkatkan standar hidup masyarakat atau rakyat melaui peningkatan efisiensi perdagangan dan mengalirnya investasi. prakondisi berupa infrastruktur dasar dan modal manusia (kesehatan dan pendidikan) mutlak harus disiapkan. Serta dapat membangkitkan kemandirian dan kepercayaan diri di bidang kedaulatan ekonomi. Peningkatan kesejahteraan rakyat setidaknya dapat diukur dari penurunan tingkat kemiskinan. dan meningkatnya pendapatan perkapita rakyat. Paham ini memfokuskan pada pasar bebas dan perdagangan bebas. Apalagi dalam pasal 33 ayat (3) UUD 1945 jelas-jelas dinyatakan bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar -besar kemakmuran rakyat. Inilah neoliberalisme yang mengorganisir tatanan masyarakat menurut prinsip pasar bebas.investor serta pelaku asing. maka pasar global akan menggilas. yang berarti semakin menjau hkan pencapaian kesejahteraan rakyat. dan bahkan kehilangan kedaulatan ekonomi. dan semakin menambah penderitaan kelompok miskin. Namun pemimpin hasil Pemilu langsung itupun juga tidak dapat serta merta membalikkan keadaan sebagaimana yang diharapkan. dan mengabaikan rakyat. industri otomotif. telekomunikasi. Harapan besar agar pemimpin baru dapat menuntaskan permasalahan bangsa seperti kemiskinan. politik. diplomatik. diplomatik. maka jelaslah sudah bahwa kita terlalu jauh meninggalkan asas -asas perekonomian yang telah termaktub di dalamnya. pertahanan dan militer. akibatnya sebagai bangsa kita telah kehilangan kemandirian. Untuk dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. dan korupsi. memiskinkan.30 Padahal jika kita tengok ke dalam pasal 33 UUD 1945. Penguasaan asing merambah dalam berbagai bidang kehidupan. hukum dan pertahanan keamanan di tengah arus globalisasi. di mana ia bersama Yusuf Kalla terpilih melalui Pemilu langsung.

diberhentikan. serta mempertegas sistem pemerintahan presidensiil. Dengan struktur bikameral diharapkan proses legislasi dapat dilakukan berdasarkan sistem double check yang memungkinkan keterwakilan kepentingan seluruh . Keberadaan Dewan Perwakilan Da erah (DPD) dalam sistem ketatanegaraan kita. serta hal -hal lain yang sesuai dengan perkembangan aspirasi dan kebutuhan bangsa.Evaluasi Kritis terhadap Produk Reformasi Reformasi 1998 salah satu agendanya adalah mengamanatkan dilakukannya perubahan atas UUD 1945. MPR melantik Wakil Presiden menjadi Presiden apabila Presiden mangkat. kedaulatan rakyat. dan memilih Presiden dan Wakil Presiden apabila keduanya berhenti secara bersamaan dalam masa jabatannya. melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan hasil pemilihan umum. eksistensi negara demokrasi dan negara hukum. pembagian kekuasaan. dan tetap mempertahankan susunan kenegaraan kesatuan atau dikenal de ngan istilah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Lembaga ini hadir untuk mengakomodasi keterwakilan kepentingan daerah dalam badan perwakilan tingkat nasional setelah ditiadakannya utusan daerah dan utusan go longan yang diangkat sebagai anggota MPR. Tujuannya adalah menyempurnakan aturan dasar seperti tatanan negara. tugas dan wewenang dari lembaga tertinggi negara dan lembaga tinggi n egara. Misalnya dapat dikemukakan sebagai contoh implikasi amandemen terhadap kedudukan. atau tidak dapat melaksanakan kewajibannya dalam masa jabatannya. kesejahteraan sosial. memutuskan usul DPR berdasarkan putusan (Mahkamah Konstitusi) untuk memberhentikan Presiden/Wakil Presiden dalam masa jabatannya. Hakekat keberadaan DPD menurut Jimly Asshiddiqie pada mulanya ditujukan untuk mereformasi struktur parlemen Indonesia menjadi dua kamar (bikameral) yang terdiri atas DPR dan DPD. Dan beberapa tugas lain sebagaimana terdapat dalam pasal 7 B UUD 1945. berhenti. Disepakati bahwa perubahan UUD 1945 tidak mengubah Pembukaan UUD 1945. Amandemen terhadap pasal-pasal UUD 1945 membawa implikasi terhadap kedudukan. tugas dan wewenang MPR pasca amandemen terkebiri sehingga kegiatan MPR sekarang sebagaimana dituangkan dalam pasal 3 UUD 1945 (hasil amandemen ketiga) adalah menguba h dan menetapkan UUD 1945. merupakan hasil amandemen ketiga terhadap UUD 1945. HAM. Di samping itu MPR mempunyai tugas memilih Wakil Pr esiden dari dua calon yang diajukan Presiden apabila terjadi kekosongan jabatan Wakil Presiden dalam masa jabatannya.

se dangkan DPR sebagai representasi politik. kewenangan DPD tidak lebih hanya bersifat sebagai penunjang fungsi DPR. Tentunya untuk dapat menempati posisi yang sejajar dengan DPR dalam bidang legislasi ini. diharapkan ide bikameralisasi atau struktur parlemen dua kamar yang sebenar -benarnya dapat dituangkan dalam pasal -pasal UUD 1945. Akan lebih bermakna kiranya jika kedudukan DPD bagi para pemilihnya. Dalam bidang legislasi Dewan Perwakilan Daerah tidak mempunyai kekuasaan untuk memutuskan atau sama sekali tidak berperan dalam proses pengambilan keputusan. Di mana dalam amandemen kelima ini.rakyat dapat disalurkan dengan basis sosial yang lebih luas. bilamana mereka difungsikan secara sejajar dengan DPR dalam hal legisla si. Namun struktur parlemen dua kamar ini tidak disetujui. Tentu hal ini patut disayangkan. karena perjuangan seseorang untuk menjadi anggota DPD l ebih berat daripada persyaratan dukungan untuk menjadi anggota DPR. Dalam bidang legislasi. Dengan demikian. . diperlukan amandemen kelima terhadap UUD 1945. Ide dasar DPD mencerminkan prinsip representasi teritorial atau regional. alhasil DPD saat ini tidak mempunyai kewenangan membentuk undang -undang. Kemandulan DPD di bidang legislasi ini tentu berdampak pada keterb atasannya dalam menyalurkan aspirasi atau kebutuhan rakyat pemilih di daerahnya melalui produk perundang -undangan. kualitas legitimasi anggota DPD tidak sepadan dengan kualitas kewenangannya sebagai wakil rakyat daerah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful