P. 1
SISTEMATIKA PENULISAN

SISTEMATIKA PENULISAN

|Views: 421|Likes:
Published by dickysinata

More info:

Published by: dickysinata on Jan 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2012

pdf

text

original

SISTEMATIKA PENULISAN PRODUK KIMIA

KELOMPOK 7

KELOMPOK 7
William Lisan - 6208007 Dicky H. Sinata - 6208017 Hendra Wijaya - 6208043 Styven - 6208073 Ricky Yoman - 6208079 Wira Hadrianto - 6208112

PROPILEN OKSIDA
Sifat Kimia pada propilen oksida meliputi : Propilen oksida mengalami reaksi polimerisasi. Propilen oksida bereaksi dengan air membentuk propilen glycol Propilen oksida bereaksi dengan Hydroxy-Containing Organics Propilen oksida bereaksi dengan Hydrogen Sulfide menghasilkan 1-mercapto-2-propanol dan bis(2hydroperoxypropyl)sulfide Propilen oksida bereaksi dengan benzene dengan bantuan katalis (AlCl3, FeCl3 atau TiCl4) pada temperatur rendah menghasilkan 2- phenylpropanol. Propilen oksida bereaksi dengan Grignard reagents menghasilkan campuran alkohol sekunder dan propilen halohydrin

desinfektan minyak mentah dan produk petroleum. pemurnian campuran komponen organosilicon.MANFAAT Kegunaan utama dari propilen oksida ini meliputi untuk pembuatan flexile foams (48%) dan propylene glycol (25%) dan sisanya digunakan untuk pembuatan polypropylene glycol. sterilisasi alat-alat kedokteran dan disinfektan makanan dan untuk menstabilkan halogenated organics. .

T. Chandra Asri. Indramayu PT. Politama Propindo. Cilegon Sinopec Zhenhai Refining & Chemical (ZRCC) .PABRIK & LOKASINYA P.

DIAGRAM ALIR .

KESIMPULAN Propilen Oksida terbentuk melalui proses chlohrohydrin Bahan utama pembuatan Propilen Oksida adalah propylene dan Chloryn Limbah dari pembuatan propilen oksida berupa propylene dichloride mentah NaCl yang dihasilkan oleh proses epoxidation dielektrolisis kemudian dicampurkan dengan umpan .

tidak larut dalam alkohol Berat molekul : 666.69 (17oC) Kelarutan : Larut dalam air (86.104 gr per 100 mL pada 100 oC).ALUMUNIUM SULFAT Sifat Fisik & Kimia Aluminium oktadekahidrat (Al2(SO4)3‡18H2O) Bentuk : kristal monoklinik putih atau tidak berwarna Titik leleh : terdekomposisi pada 86.9 gr per 100 mL pada 0 oC.3 gr per 100Ml pada 0 oC.4 ( larutan 1% ) Higroskopik .41 gr/mol Higroskopik Aluminium AnHidrat (Al2(SO4)3) Berat molekul : 342. 1.6 oC Spesific gravity : 1. 89 gr per 100Ml pada 100 oC) Tidak larut dalam alkohol Ph : 3.12 gr/mol Spesific gravity : 2.71 Titik leleh : terdekomposisi pada 770 oC Kelarutan : Larut dalam air ( 31.

PABRIK & LOKASI PABRIK .

DIAGRAM ALIR .

dalam proses pembuatan masih dapat dilakukan beberap modifikasi .KESIMPULAN Produksi Aluminium Sulfat cukup menguntungkan karena kegunaannya yang cukup banyak Proses pembuatan Aluminium Sulfat relatif sederhana Aluminium Sulfat komersil mengandung 13 mol air Biaya produksi Aluminium Sulfat sebanding dengan keuntungan yang didapat Meski prosesnya telah baku.

09 gr/mol Spesific gravity : 0.9354 20oC/20 Titik leleh : -100.2oC Titik didih 72-73oC Kelarutan : dalam air adalah 2.5g per 100g pada 20oC.1g per 100g pada 50oC Viskositas : 0.43cps pada 20oC .VINIL ASETAT Berikut data properties dari vinil asetat: Bentuk : Cairan tidak berwarna Berat molekul : 86. 2.

MANFAAT Bahan pembuatan cat Pembuatan polivinil alkohol Pembuatan polivinil butiral sebagai lapsan pada safety glass Bahan polyvinyl formal untuk isolas tahan air pada kabel Kopolimer dengan vinil klorida untuk resin Sebagai monomer dari PVA yang berfungsi untuk emulsi cair Bahan pembuatan lem kayu Sebagai bahan pembuatan berbagai jenis polimer .

Texas... N. Ky. . Monsanto Chemical Co. Charleston. I. Texas E. Calvert City. W.. Texas City.PABRIK & LOKASI PABRIK Air Reduction Chemical Co. Niagara Falls. Celanese Corp... Texas City.Y. Va. So. Texas Union Carbide Chemicals Co. Inc. of America. Niagara Falls. du Pont de Neomurs and Co.Y. N.. Pampa.

DIAGRAM ALIR .

. merkuri oksida dengan perbandingan ekses 1.5 persen asam sulfat dilakukan dalam temperatur 60-80oC. glacial asam asetat. Katalis dibentuk dari pencampuran oleum. Dengan ekses asetilen yang sangat besar pada reaksi utama diperoleh vinil asetat.CARA KERJA Vinil asetat dibuat dari hasil reaksi antara asetilen dengan cairan asam asetat dengan katalis merkuri.

Produk vinil asetat kebanyakan ditemukan dalam bentuk polimernya . Vinil asetat dibuat dari hasil reaksi antara asetilen dengan asam asetat dengan katalis merkuri oksida 2.KESIMPULAN 1. Vinil asetat memiliki banyak produk turunan yang memiliki berbagai manfaat 3.

7925 g/cm3 Titik leleh ï94.53 °C Viskositas 0.ASETON Sifat fisik dan kimia senyawa aseton : Berwujud cair pada suhu kamar Tidak berwarna Mudah menguap Berbau alkohol Mudah terbakar Dapat bercampur dengan air.08 g molï1 Densitas 0.3075 cP .9 °C Titik didih 56. alkohol dan eter pada suhu kamar Massa molekul 58.

MANFAAT Pembuatan Methyl Methacrylate Pembuatan bisphenol A Sebagai pelarut Pemakaian laboratorium Pembuatan thinner .

. Gibbstown. Shell Chemical Corp.PABRIK & LOKASI PABRIK Amoco Chemicals Corp. Brownsville.S. Celanese Corp. Houston. Whiting. Martinez.. Kingsport. N. Texas Barrett Div. Richmond. Ind.. La. Calif. Ind.. Texas.. Union Carbide Chemicals Co. N.J.. of Calif... Terre Haute. Pa.. Texas City.J. National Distillers and Chemical Corp. New Orleans. Frankford. Tennessee Eastman Co. . U.. Texas Standard Oil Co. Esso Standart Oil Co.. of America. Philadelphia. Pa. Div.. Hercules Powder Co. Inc.. Linden.. Industrial Chemicals Co. Allied Chemical and Dye Corp. Texas Commercial Solvents Corp. Tenn. Calif. Publicker Industries. Bishop.

PROSES PRODUKSI .

.

dimana proses ini memberikan yield yang cukup tinggi dibandingkan dengan proses produksi aseton dengan cara lain. Kendala lainnya adalah perawatan kultur bakteri dan sterilisasi umpan yang harus benar-benar dikontrol karena proses produksi tidak akan berjalan jika terdapat kontaminasi sedikit saja di umpan. .KESIMPULAN Aseton merupakan suatu senyawa organik yang memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan kita dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi karena mempunyai banyak manfaat. Proses produksi aseton dari fermentasi karbohidrat tidak begitu efektif karena memberikan yield yang kurang tinggi. Proses produksi aseton yang paling banyak ditemui adalah proses produksi aseton dari isopropil alkohol.

1. .464 dalam bentuk Glauber· salt). 32.70 (dalam bentuk padatan kristal bewarna putih). y Massa jenis : 2.NATRIUM SULFAT Sifat fisik : y Tidak menimbulakan bau. 10H2O (Glauber·s salt ) y Titik leleh : 8840C (dalam bentuk padatan kristal bewarna putih) . 322.05 (dalam bentuk padatan kristal bewarna putih).21 (dalam bentuk Glauber· salt).40C (dalam bentuk Glauber· salt). y Bentuk: Padatan kristal putih y Rumus Molekul: Na2SO4 . y Berat molekul : 142. Na2SO4 .

y Merupakan garam netral yang dapat membentuk larutan dengan ph 7 y Larut dalam air dan gliserol . Sifat kimia : y Stabil y Dapat mereduksi natrium sulfide pada suhu yang tinggi.

LOKASI PABRIK PT. .Jawa Barat. Purwakarta . PT Indo Barat Rayon. Perawang-Riau. Toba Pulp Lestari. PT South Pacific Viscose. Purwakarta .Jawa Barat. PT Indah Kiat Pulp and Paper.

DIAGRAM ALIR Pembuatan natrium sulfat dengan proses Mannheim .

PEMBUATAN NATRIUM SULFAT DARI NATURAL BRINE .

Natrium sulfat merupakan produk samping dari proses pembuatan asam klorida. Terjadi peningkatan produksi Natrium sulfat setiap tahunnya.KESIMPULAN Natrium sulfat dapat diproduksi melalui proses Hargreaves & Robinson dan reaksi antara asam sulfat berlebih dengan natrium hidroksida. Bahan pembuat Natrium sulfat adalah viscose rayon dan natural brine. . Glauber·s salt merupakan bentuk Natrium sulfat yang sering dijumpai di pasaran. Natrium sulfat berbentuk padatan kristal bewarna putih.

640 ° F Kelarutan dalam air : Cukup larut Keasaman (Pka) : 4. 5.ASAM ADIPAT Rumus Molekul :C6H10O4 Massa Molar :146. 425 K. 611 K.14 g mol-1 Bentuk : Putih kristal Massa jenis :1. 306 ° F Titik didih : 337.36 g / cm3 Titik lebur : 152.1 ° C.43.5 ° C.41 .

La. Pencasola. Va. Luling. W. Belle. du Pont de Nemours & Co.. Orange. Chemstrand Corp. Va.I... Inc. Allied Chemical and Dye Corp.. National Aniline Division. E. Hopewall. ..PABRIK & LOKASINYA 1. Fla. Tekas Monsanto Chemical Co.

PROSES PRODUKSI .

PETROLEUM SIKLOHEKSANA DENGAN OKSIDASI (PROSES DUA TAHAP) .

KESIMPULAN Asam Adipat dapat diproduksi melalui 2 proses yaitu sikloheksana dengan oksidasi dan petroleum sikloheksana dengan oksidasi Proses pembuatan asam adipat dengan cara petroleum sikloheksana dengan oksidasi lebih sering digunakan Asam adipat adalah bahan pembuatan nylon dan plastizers Asam adipat adalah salah satu golongan dari asam dibasic Asam adipat adalah senyawa organik dengan rumus (CH2)4(COOH)2 Asam adipat berbentuk putih Kristal Proses produksi asam adipat terus meningkat tahun demi tahun .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->