P. 1
Peranan Dan Dampak Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Peranan Dan Dampak Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

|Views: 1,145|Likes:

More info:

Published by: Yudistira Guterez Ardy Nugraha on Jan 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2012

pdf

text

original

PERANAN dan DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI

A.Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi di dalam Kehidupan Sehari-hari Teknlogi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. 1.Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan Penerapan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaam kerja.Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP).ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan. 2.Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Dalam dunia bisnis penerapan ini di manfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau di kenal sebagai e-commerce.E-commerce adalah perdagangan dengan menggunakan jaringan komunikasi internet. 3.Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan Dalam dunia perbankan teknologi informasi dan komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan internet banking. 4.Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit. 5. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman.Perkembangan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (e-learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. 1.Terhadap Kehidupan Bermasyarakat Proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai informatika masyarakat.Masyarakat informatika tidak hanya menghadapkan teknologi, tetapi juga gagasan sosial yang dikenal sebagai modal sosial. Sebagai satu bidang akademik, masyarakat informatika mengambil sumber daya dan partisipan dari serangkaian latar belakang, termasuk ilmu computer, manajemen, ilmu informasi dan perpustakaan, perencanaan, sosiologi, pendidikan, kebijakan sosial, dan penelitian pedesaan, regional, dan pembangunan. Masyarakat informatika sendiri adalah bagian dari struktur masyarakat di dunia yang muncul dan memiliki peran di sejumlah tingkat fundamental dalam masyarakat yang berkembang.Sedangkan informatika masyarakat adalah sebuah fenomena terkini pada masyarakat jaringan modern, dapat di lacak pada pemrakarsa komunikasi masyarakat akhir 1980 sampai awal 1990.

baik di dalam kelas. Presentasi b.juga harus tercipta kemudahan akses internet di lingkungan yang terkontrol. di antaranya yaitu: a. agar aktivitas on-line siswa lebih terkontrol. b. Kelas virtual . Demonstrasi c. maupun lembaga pendidikan guru. Guru harus produktif terhadap perkembangan TIK. c.2. sekolah. seperti di sekolah atau rumah yang melebihi kemudahan akses di tempat umum seperti warnet. Adanya materi yang bermutu bagi guru dan siswa. Selain itu.Terhadap Pembelajaran di Sekolah Beberapa syarat yang harus dipenuhi demi terwujudnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di antaranya: a. Adanya akses teknologi internet untuk guru maupun siswa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->