Pengertian ikatan logam: Ikatan logam adalah ikatan kimia yang terbentuk akibat penggunaan bersama elektron-elektron

valensi antar atom-atom logam. Senyawa yang terbentuk hasil dari ikatan logam dinamakan logam (jika semua atom adalah sama) Misalnya:Dalam logam tembaga, atom tembaga dikelilingi 12 atom tembaga ( yang berikatan) atau aloi (jika terdapat atom-atom yang berbeda) misalnya atom logam Be dan Cu membentuk baja.

tetapi senantiasa berpindah pindah dari satu atom ke atom lainnya. tetapi menjadi miliksemua atom logam. Semua jenis logam cenderung melepaskan elektron terluarnya sehingga membentuk ion-ion positif/atom-atom positif/kation logam. elektron-elektron yang menyebabkan terjadinya ikatan di antara atom-atom logam tidak hanyamenjadi milik sepasang atom saja. Pada logam. . yaitu suatu keadaan dimana elektron valensi tidak tetap posisinya pada suatu atom.Logam Aloi Proses Terjadinya Ikatan Logam Logam memiliki sedikit elektron valensi dan memiliki elektronegativitas yang rendah. sehingga elektron-elektron dapat bergerak bebas. kulit terluar unsur logam relatif longgar (terdapat banyak tempat kosong) sehingga elektron terdelokalisasi.

Terdapat kekosongan pada logam . Struktur logam dapat dibayangkan terdiri dari ion-ion positif yang dibungkus oleh awan atau lautan elektron valensi .Elektron valensi logam bergerak dengan sangat cepat mengitari intinya dan berbaur dengan elektron valensi yang lain dalam ikatan logam tersebut sehingga menyerupai ´awanµ atau ´lautanµ yang membungkus ion-ion positif di dalamnya. Elektron bebas dalam orbit ini bertindak sebagai perekat atau lem. Kation logam yang berdekatan satu sama lain saling tarik menarik dengan adanya elektron bebas sebagai µlemnyaµ. Ion-ion positif berada di tengah-tengah ´lautanµ elektron yang bergerak bebas maka akan terjadi tarik menarik antara ion-ion positif dengan elektron-elektron tersebut .

Gerakan Elektron Pada Ikatan Logam Awan Elektron Ikatan Logam October 10. 2010 .

Adanya elektronelektron bebas menyebabkan logam bersifat lentur/tidak mudah patah. atau dibentuk sesuai keinginan. maka elektronelektron bebas akan berpindah mengikuti ion-ion positif yang bergeser. Raksa y Bersifat keras tetapi lentur/tidak mudah patah jika ditempa Ikatan logam yang kuat dan struktur logam yang rapat menyebabkan logam bersifat kuat. keras. strukturnya yang rapat. Hal ini dikarenakan sewaktu logam dikenakan gaya luar. Oleh karena itu. Hal ini menyebabkan atomatom tidak memiliki kebebasan bergerak seperti halnya pada zat cair (pengecualiannya adalah Hg).Sifat fisis logam Sifat fisis logam ditentukan oleh ikatan logamnya yang kuat. Beberapa sifat fisis logam yang penting: y Berupa padatan pada suhu ruang Atom-atom logam bergabung oleh ikatan logam yang sangat kuat membentuk struktur kristal yang rapat. dan rapat. y Mempunyai titik leleh dan titik didih yang tinggi . dibengkokkan. logam dapat ditempa. Kemudian. dan keberadaan elektron-elektron bebas. berikatan lagi dengan atom yang berada di sampingnya. Akan tetapi.

Jika diberi suatu beda tegangan. maka elektron-elektron ini akan bergerak dari kutub negatif menjadi kutub positif. y Menghantarkan panas dengan baik Elektron-elektron yang bergerak bebas di dalam kristal logam memiliki energi kinetik. Untuk mengatasi ikatan tersebut. terdapat elektron-elektron bebas yang dapat membawa muatan listrik. elektron-elektron akan memperoleh energi kinetik yang cukup untuk dapat bergerak/bervibrasi dengan cepat. Hal ini menyebabkan terjadinya transfer energi dari bagian bersuhu tingi ke bagian bersuhu rendah. diperlukan energi dalam jumlah yang besar. y Mempunyai permukaan yang mengkilap .Hal ini dikarenakan atom-atom logam terikat oleh ikatan logam yang kuat. Jika dipanaskan. elektron-elektron tersebut akan bertumbukkan dengan elektron-elektron lainnya. y Menghantarkan listrik dengan baik Di dalam ikatan logam. Dalam pergerakannya.

Mempunyai kilap logam 3. Elektron tersebut dapat ditarik keluar oleh suatu beda potensial positif. terdapat elektron-elektron bebas. Jika energi yang diperoleh elektron bebas berasal dari berkas cahaya. Perbandingan Sifat Fisis Senyawa Logam dengan Senyawa Non Logam Logam Padatan logam 1. y Memberikan efek fotolistrik dan efek termionik Apabila elektron bebas pada ikatan logam memperoleh energi yang cukup dari luar. maka elektron tersebut dapat lepas dari logam. Non Logam Padatan non logam 1. Sedangkan jika energi tersebut berasal dari pemanasan. Pantulan cahaya tersebut memberikan permukaan logam tampak mengkilap. maka fenomena pelepasan elektron dari logam disebut efek fotolistrik. Elektron-elektron akan melepas kembali energi tersebut dalam bentuk radiasi elektromagnetik dengan frekuensi yang sama dengan frekuensi cahaya awal. maka kita melihatnyta sebagai pantulan cahaya yang datang.Di dalam ikatan logam. Tidak mengkilap Kuat dan keras (apabila Kebanyakan non logam 3. Sewaktu cahaya jatuh pada permukaan logam. Oleh karena frekuensinya sama. biasanya bukan penghantar listrik 2. termasuk penghantar listrik yang baik 2. digunakan sebagai tidak kuat dan lunak .Contoh gambar ikatan logam. maka disebut efek termionik. maka elektron-elektron bebas akan menyerap energi cahaya tersebut.

logam paduan) Dapat dibengkokkan 4. dan diulur 5. Sukar menghantarkan panas Kebanyakan logam Kebanyakan non logam 6. memiliki kerapatan yang 6. bila dibengkokkan atau diulur 5. memiliki kerapatan rendah besar Kebanyakan logam 7. Penghantar panas yang baik Biasanya rapuh dan patah 4. memiliki titik didih dan titik leleh yang tinggi Kebanyakan non logam 7. memiliki titik didih dan titik leleh yang rendah .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful