Achyi Ruhana Rukmayanti Tugas Pengantar Bisnis Fakultas Ekonomi - Akuntansi

BENTUK-BENTUK PENGGABUNGAN 1. Penggabungan Vertikal-Integral Penggabungan Vertikal-Integral atau disebut pula Integrasi ke Hulu dan Hilir adalah suatu bentuk penggabungan antara perusahaan yang dalam kegiatannya memiliki tahapan produksi berbeda Skema Penggabungan Vertikal-Integral ditunjukan sebagai berikut : Integrasi Ke Hilir
Perusahaan (Pabrik) Distributor

Integrasi Ke Hulu
Produsen Bahan baku Pedagang Besar (Pengumpul) Perusahaan (Pabrik)

Konsumen

Tujuan dari Bentuk Penggabungan Vertikal-Integral adalah: a) Untuk kesinambungan perolehan pasokan bahan baku dengan kuantitas dan kualitas serta harga yang terjamin b) Untuk mengendalikan pasar barang jadi dalam hal pasokan,kualitas, dan harga. Penggabungan Horisontal-Paralelisasi Penggabungan Horisontal-Paralelisasi adalah bentuk penggabungan antara dua atau lebih perusahaan yang bekerja pada jalur/tingkat yang sama. Contok Skema Penggabungan Horisontal-Paralelisasi ditunjukan sebagai berikut :

1.

Pabrik/Perusahaan Sepatu “A”

Pabrik/Perusahaan Sepatu “B”

Tujuan dari Bentuk Penggabungan Horisontal-Paralelisasi adalah: a) Mengurangi kelebihan kapasitas b) Menekan biaya distribusi c) Memperluas pasar PENGKHUSUSAN PERUSAHAAN
1

perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam trust menyerahkan sahamsahamnya kepada Trustee(orang kepercayaan)untuk menerbitkan sertifikat sahamnya. Pengkhususan Perusahaan dapat dibedakan menjadi: 1. Trust Trust merupakan suatu bentuk penggabungan/kerjasama perusahaan secara horizontal untuk membatasi persaingan.kemudian dipisahkan dan berdiri sendiri menjadi: Perusahaan Penanaman. Holding Company 2 . Misalnya seorang petani memiliki beberapa hektar sawah.Pengkhususan Perusahaan adalah kegiatan perusahaan yang mengkhususkan diri pada fase atau aktifitas tertentu saja. Spesialisasi yaitu perusahaan yang mengkhususkan diri pada kegiatan menghasilkan satu jenis produk saja. 2. Contoh skema Trust ditunjukan sebagai berikut: Paket Saham PT A Trustee Sertifikat Saham Baru Paket Saham PT A 2. Diferensiasi yaitu pengkhususan pada fase produksi tertentu.Perusahaan Penggilingan.sedangkan aktivitas lainnya diserahkan kepada perusahaan luar. PENGKONSENTRASIAN PERUSAHAAN 1.dan perusahaan penjual beras. maupun rasionalisasi dalam bidang produksi dan penjualan.semula semua kegiatan dari menanam.menggiling sampai menjual dilakukan sendiri.

yaitu perusahaan Corporation yang menguasai sebagian besar saham dari beberapa perusahaan lain.disebut sindikat penjualan. Concern juga dapat muncul akibat dari satu perusahaan yang melakukan perluasan usaha secara horizontal ataupun vertical melalui pendirian perusahaan baru. 3. Concern Concern adalah suatu bentuk penggabungan yang dilakukan baik secara horizontal maupun vertical dari sekumpulan perusahaan Holding. XYZ Sebagai Holding/Induk PT “A” Sebagai Anak Perusahaan (100%) PT “B” Sebagai Anak Perusahaan (75%) PT “C” Sebagai Anak Perusahaan (55%) 3. 2. Contoh skema: PT. Joint Venture Joint Venture merupakan perusahaan baru yang didirikan atas dasar kerjasama antara perusahaan yang berdiri sendiri. Sindikat juga dapat melakukan perjanjian sindikat untuk memusatkan penjualan pada satu lokasi tertentu. 3 . Kartel Kartel adalah bentuk kerjasama perusahaan-perusahaan dengan produksi barang dan jasa sejenis yang didasarkan perjanjian bersama untuk mengurangi persaingan. Bentuk-bentuk kartel : a) b) c) d) e) Kartel Kondisi/syarat Kartel Harga Kartel Produksi Kartel Daerah Kartel Pembagian Laba 1.Holding Company sering disebut juga perusahaan induk. Holding Company terbentuk karena terjadinya penggabungan secara vertical maupun horizontal. Sindikat Sindikat adalah bentuk perjanjian kerjasama antara beberapa orang untuk melaksanakan suatu proyek.

dan lain-lain 2. Contoh: Gappindo.PHRI. 4 . 1. b) Modal terdiri dari pengetahuan dan modal yang disediakan para pendiri.Ciri-ciri Joint Venture : a) Merupakan perusahaan baru yang didirikan bersama oleh beberapa perusahaan. Trade Association Trade Association adalah persekutuan beberapa perusahaan dari suatu cabang perusahaan yang sama dengan tujuan memajukan para anggota dan bukan mencari laba. Gentlement’s Agreement Gentlement’s Agreement adalah persetujuan beberapa produsen dalam daerah penjualan dengan maksud mengurangi persaingan diantara mereka. c) Joint Venture antara perusahaan asing dengan modal nasional harus berbentuk Perseroan Terbatas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful