P. 1
Upload

Upload

|Views: 114|Likes:
Published by rarianty

More info:

Published by: rarianty on Jan 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2011

pdf

text

original

ASPEK PEMBUATAN TIPOLOGI BANGUNAN

Block Plan Memperlihatkan bentuk site secara keseluruhan dati atas, dengan lingkungan yang luas.

SUMBER LITERATUR
[1] de Chiara, Joseph and Koppelman, Lee. Planning Design Criteria

[2] W, James. Housing by Lifestyle: the component method of residential design. Second Site Development Blok-blok massa : ruang luar,ruang dalam, identifikasimain enterance. [3] Jones, Tom. Design for Living. Good Neighbors : Affordable Family Housing Functional Planning Sirkulasi, alur, organisasi, zonning aktifitas, dll. [4] de Chiara, Joseph and Crosbie, J. Michael. Time-Saver Standards for Building types. Fourth Edition Spatial Quality Cara dimana ruang yang disusun untuk menjelaskan pentingnya kerabat mereka dan fungsional / peran simbolis dalam organisasi bangunan. [6] Halim, A. Ridwan. Hukum Pemukiman, Perumahan dan Rumah Susun (satuan himpunan Building Form Kesesuaian antara massa bangunan dan skala untuk kedua fungsi. [7] Keputusan Presiden Republik indonesia No 16 Tahun 1985 Tentang Rumah Susun Aesthetic Design Peduli dengan apa yang baik, kekawatiran membuat karya yang biasa dan menjadi karya seni. [8] Tipologi Desain Prototipe Rancang Bangun Rusunawa, Kementrian Negara Perumahan Rakyat Republik Indonesia Tanya jawab) [5] Pickard, Quentin. The Architect s Handbook edition

Structural System Pertimbangan elemen struktur , dukungan, span & ukuran anggota keluarga yang bergabung untuk menghasilkan suatu sistem terpadu.

[9] IAC, apartment, dormitory and guess house

Use of Material Konteks, struktur, bentuk, gambar, biaya dan bahan.

Environtmental Control System Kemampuan untuk mengenali dan memecahkan masalah situasional sistem mekanik dan listrik, termasuk integrasi konsep energi surya.

3 . pusat bisnis dan area hiburan dengan Apartemen merupakan solusi dalam pengaksesan ke pusat kegiatan. sehingga harus berada di lokasi yang strategis (pusat kota) pendidikan.TIPOLOGI BANGUNAN APARTEMEN JAKARTA ELEMEN PERANCANGAN KALIMAT KUNCI KAIDAH PERANCANGAN STUDI BANDING 1 CENTRAL PARK APARTMENT STUDI BANDING 2 THE MANSION AT KEMANG STUDI BANDING 3 SUDIRMAN PARK APARTMENT KESIMPULAN ACTIVITIES Penghubungan satuansatuan lingkungan permukiman dengan jaringan transportasi menurut keperluan dengan Berada didekat pusat perbelanjaan dan Berada didekat pusat hiburan dan pusat kulinair Berada di kawasan perkantoran.5 Jakarta Selatan Pemukman di sekitarnya merupakan pemukiman mewah LOCATION tentang Perumahan dan Permukiman) . mudah di akses yang mudah di akses baik dengan kenadraan pribadi tetapi hanya kendaraan umum tertentu (taksi) yang diperbolehkan masuk dengan kendaraan umum akses kendaraan umum dan maupun pribadi kendaraan pribadi yang mudah BLOK PLAN kawasan lain yang memberikan berbagai pelayanan dan kesempatan kerja (sumber : pasal 18 ayat 3 no 4 tahun 1992 Podomoro City (central Park) Jl. Kemang Raya No. Kemang Raya No. 3 .5 Jakarta Barat Permukiman di sekitarnya merupakan pemukiman menengah ke atas dan ruko Jakarta Selatan Pemukman di sekitarnya merupakan pemukiman mewah Jl.

ELEMEN PERANCANGAN KALIMAT KUNCI KAIDAH PERANCANGAN STUDI BANDING 1 CENTRAL PARK APARTMENT STUDI BANDING 2 THE MANSION AT KEMANG STUDI BANDING 3 SUDIRMAN PARK APARTMENT KESIMPULAN Area bersama (public space) Pada hirarkinya public dalam apartemen yang merupakan kemilikan Pool area merupakan kepemilikan besama yang mengacu pada sistem khusus. massa dan bukaan yang Orientasi dalam bangunan apartemen lebih mengutamakan masalah Antara fasiltas penunjang dengan tower berada di kawasan yang sama Antara fasiltas penunjang dengan tower berada di kawasan yang sama Merupakan kawasa super block privasi. Walaupun bersifat public. Pool Area hanya dapat di akses oleh pemilik apartemen Podomoro Apartemen bersama sangat penting ACTIVITIES space harus dipertimbangkan untuk kebutuhan keluarga [3] memiliki fasilitas bersama untuk menunjang aktifitas berupa joging track yang dapat di gunakan oleh umum (selain pemilik apartemen) pengguna apartemen bisa berupa Pool. Garden. [3] . privasi dari kebisingan dan sumber api. dan view untuk kenyamanan ORGANIZATION berpengaruh pada cahaya area terbuka yang bersifat privasi. kebun. pool area hanya Begitu pula dengan Sudirman Park Apartment. atau sport area SITE DEVELOPMENT boleh di akses oleh pemilik apartemen) aspek yang harus dipenuhi dalam pengambangan kawasan yang berkaitan dengan organisasi. pemandangan.

dan view untuk kenyamanan ORGANIZATION berpengaruh pada cahaya area terbuka yang bersifat privasi. massa dan bukaan yang Orientasi dalam bangunan apartemen lebih mengutamakan masalah Antara fasiltas penunjang dengan tower berada di kawasan yang sama Antara fasiltas penunjang dengan tower berada di kawasan yang sama Merupakan kawasa super block privasi. Garden. privasi dari kebisingan dan sumber api.ELEMEN PERANCANGAN KALIMAT KUNCI KAIDAH PERANCANGAN STUDI BANDING 1 CENTRAL PARK APARTMENT STUDI BANDING 2 THE MANSION AT KEMANG STUDI BANDING 3 SUDIRMAN PARK APARTMENT KESIMPULAN Area bersama (public space) Pada hirarkinya public dalam apartemen yang merupakan kemilikan Area parkir yang di tunjukan dengan warna hijau terang menunjukan akses langsung dari gedung parkir ke Gedung parkir berada di podium sehingga memudahkan pengaksesan ke tower Area parkir yang di tunjukan dengan warna hijau terang menunjukan akses langsung dari gedung parkir ke apartemen (hijau gelap) bersama sangat penting untuk menunjang aktifitas pengguna apartemen bisa berupa Pool. atau sport area ACTIVITIES space harus dipertimbangkan untuk kebutuhan keluarga [3] SITE DEVELOPMENT apartemen (hijau gelap) aspek yang harus dipenuhi dalam pengambangan kawasan yang berkaitan dengan organisasi. kebun. [3] . pemandangan.

ELEMEN PERANCANGAN KALIMAT KUNCI KAIDAH PERANCANGAN STUDI BANDING 1 CENTRAL PARK APARTMENT STUDI BANDING 2 THE MANSION AT KEMANG STUDI BANDING 3 SUDIRMAN PARK APARTMENT KESIMPULAN Access QUALITIES Access Privacy Koneksi antara enterance dengan bagian servis harus berkaitan langsung. [4] Area service berada di samping atau belakang bangunan agar tidak terlihat Privacy apartemen yang terencana dan menyediakan privasi yang maksimum untuk menampung segala aktifitas dan membuat pergerakan antar ruang tercapai tanpa Terdapat pintu servis di sisi bangunan yang tidak terlihat dari sirkulasi utama sehingga tidak terjadi crossing dengan pengguna apartemen Terdapat pintu servis di sisi bangunan yang tidak terlihat dari sirkulasi utama sehingga tidak terjadi crossing dengan pengguna apartemen Terdapat pintu servis di sisi bangunan yang tidak terlihat dari sirkulasi utama sehingga tidak terjadi crossing dengan pengguna apartemen dari jalur sirkulasi utama sehingga tidak terjadi crossing dengan pengguna apartemen FUNCTIONAL PLANNING ada crossing. [4] Area parkir bisa berupa lahan terbuka ataupun berbentuk bangunan Pemanfaatan lahan dengan mengadaan Area parkir yang di tunjukan dengan warna hijau terang menunjukan akses langsung dari gedung parkir ke apartemen (hijau gelap) Gedung parkir berada di podium sehingga memudahkan pengaksesan ke tower Area parkir khusus pengguna apartemen berada di basement basement atau gedung parkir SUPPORT SERVICE dengan tingkat ke amanan yang terjaga dan memberikan akses yang mudah kedalam bangunan [6] .

pemakaian Setiap pemilik apartemen memiliki ha katas bagian Area bersama horizontal berupa pusat perniagaan. lift. tempat parkir). yang didasarkan kebutuhan. bersama sehingga tempatpool area. dan lain-lain Memanfaatkan lahan kosong seperti atap Selain sebagai penghijauan green space dapat di gunakan Green roof yang dapat di Roof Podium yang juga Hampir seluruh atap podium dijadikan green space yang merupakan area bersantai untuk perkantoran. hotel dan apartemen sebagai green space Pemanfaatan atap sebagai green space selain memberi kontribusi terhadap lingkungan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai ACTIVITIES sebagai tempat bersantai dan menikmati pemandangan [2] manfaatkan sebagai public dimanfaatkan sebagai green space space sebagai area bersantai . roof garden. Sedangkan yang Sedangkan yang horizontal Sedangkan yang horizontal atas luas atau nilai satuan horizontal adalah elevator. roof garden.saluran air hujan. dan lain-lain adalah elevator.ELEMEN PERANCANGAN KALIMAT KUNCI KAIDAH PERANCANGAN STUDI BANDING 1 CENTRAL PARK APARTMENT STUDI BANDING 2 THE MANSION AT KEMANG STUDI BANDING 3 SUDIRMAN PARK APARTMENT KESIMPULAN Pada apartemen juga ada hak atas bagian bersama (seperti fondasi. dan tanah berupa super block yang menyediakan berbagai aktifitas pemenuh berupa pusat perniagaan.saluran air hujan. rusun yang bersangkutan. dan gas). tangga darurat. Area bersama horizontal bersama dan hak benda SOCIAL FORCE jaringan listrik. hak benda bersama (seperti Area bersama horizontal bangunan sarana sosial. tangga darurat. dan lain-lain adalah elevator.saluran air hujan. tempat tersebut harus dapat di akses dengan mudah lobby. lobby. tangga. pool area. air. bersama. selasar dan lain-lain. SPATIAL QUALITY [6] tangga darurat. tempat ibadah. atap. selasar dan lain-lain.

Sisi panjang bangunan Bangunan pipih menghindari arah barat menyesuaikan iklim tropis Orientasi bangunan Bangunan pipih dan bagian Bangunan pipih tersusun sisi yang terpapar matahari (timur barat) merupakan bidang massiv untuk mengurangi panas berorientasi ke tenggara sehingga mengurangi bidang yang terpapar panas matahari Bangunan berbentuk U sehingga ruangyang berada di dalam tidak terpapar panas matahari terhadap iklim sangat penting agar nyaman dan mengurangi penggunaan energy buatan SITE CONDITION menghadap UtaraSelatan dengan toleransi perletakan kemiringan blok bangunan adalah sebesar 30o dari as Timur-Barat.ELEMEN PERANCANGAN KALIMAT KUNCI KAIDAH PERANCANGAN STUDI BANDING 1 CENTRAL PARK APARTMENT STUDI BANDING 2 THE MANSION AT KEMANG STUDI BANDING 3 SUDIRMAN PARK APARTMENT KESIMPULAN Karena lahan yang Bangunan High-rise apartemen biasanya berupa tower yang terbatas maka bangunan berkembang kearah vertikal sehingga jumlah lantai semakin banyak tan bangunan Apartemen (tower) Apartemen (tower) Apartemen (tower) cenderung ramping (mempertimbangkan KLB) ACTIVITIES memiliki ketinggian lantai rata-rata 20 atau lebih [1. [8] .4] disanggah dengan podium disanggah dengan podium disanggah dengan podium setinggi 16 lantai dan 38 setinggi 6 lantai dan 40 setinggi 3 lantai dan 54 lantai apartemen (3 tower) lantai apartemen (2 tower) lantai apartemen (2 tower) BUILDING FORMS Konsep perletakan blok bangunan searah dengan mata angin Timur-Barat.

[8] Lift berada di dalam core Lift berada di dalam core Lift berada di dalam core . bangunan tipe tower/point block menjadi lebih mahal karena tertuntut menjadi Agar tidak terjadi Terdapat 8 lift @tower Terdapat 4lift @tower Terdapat 4 lift @tower antrian panjang dalam mengakses ke tower.ELEMEN PERANCANGAN KALIMAT KUNCI KAIDAH PERANCANGAN Pola tata ruang dan tataletak furniture dalam sebuah ruangan STUDI BANDING 1 CENTRAL PARK APARTMENT STUDI BANDING 2 THE MANSION AT KEMANG STUDI BANDING 3 SUDIRMAN PARK APARTMENT KESIMPULAN AESTHETIC QUALITIES Comfort Pemilihan furniture akan mempengaruhi qualitas ruang Ruang Keluarga Ruang Keluarga Ruang Keluarga mempengaruhi kenyamanan dan keindahan sebuah ruangan.60/PRT/1992 [6] gempa Keadaan tapak yang berbeda-beda setiap bangunan membuat stuktur berfariasi Dari segi konstruksi. [2] ELEMEN PERANCANGAN KALIMAT KUNCI KAIDAH PERANCANGAN apartemen dibangun menggunakan struktur yang memperhitungkan segala STUDI BANDING 1 CENTRAL PARK APARTMENT STUDI BANDING 2 THE MANSION AT KEMANG STUDI BANDING 3 SUDIRMAN PARK APARTMENT KESIMPULAN STRUCTURAL SYSTEM CLIMATE keadaan cuaca dan kondisi alam yang berpotensi terjadi di lokasi tapak sesuai Pemanfaatan struktur tahan pasal 13 PerMen Pekerjaan Umum No. lift harus di sediakan cukup banyak SUPPORT SERVICE lebih tinggi (10 lantai ke atas) yang akhirnya membutuhkan sarana transportasi vertical selain tangga (lift) dan kebutuhan tiang pondasi (sub struktur) menjadi lebih dalam.

pemanfaatan kaca dalam pencayaan alami. penggunaan AC dan lampu untuk malam hari Penggunaan energy buatan tidak dapat dihindari tetapi dapat di kurangu dengan pemanfaatan energy alami Seluruh apartemen di Jakarta menggunakan penghawaan buatan berupa AC split yang di hitung energynya per unit ENERGY penggunaan Air Conditioner akan semakin tinggi dan mahal juga akan merusak lingkungan [1] Menggunakan Air Conditionair Menggunakan Air Conditionair Menggunakan Air Conditionair bangunan . pemanfaatan kaca dalam pencayaan alami. penggunaan AC dan lampu untuk malam hari Terdapat cukup bukaan untuk penghawaan alami. penggunaan AC dan lampu untuk malam hari Terdapat cukup bukaan untuk penghawaan alami. Semakin luas ruangan yang pemanfaatan kaca dalam terbentuk maka pencayaan alami.ELEMEN PERANCANGAN KALIMAT KUNCI KAIDAH PERANCANGAN STUDI BANDING 1 CENTRAL PARK APARTMENT STUDI BANDING 2 THE MANSION AT KEMANG STUDI BANDING 3 SUDIRMAN PARK APARTMENT KESIMPULAN pemilihan material yang Penggunaan steel frame & kaca akan menghemat energy pencayahaan buatan tetapi akan meningkatkan Konstruksi pored concrete + Konstruksi pored concrete + Konstruksi pored concrete + kaca kaca kaca pemakaian AC USED OF MATERIAL berqualitas akan mempengaruhi rasa dan kualitas ruang yang menghasilkan kenyamanan dan keindahan [9] ELEMEN PERANCANGAN KALIMAT KUNCI KAIDAH PERANCANGAN Pemanfaatan energy secara alami [6] STUDI BANDING 1 CENTRAL PARK APARTMENT STUDI BANDING 2 THE MANSION AT KEMANG STUDI BANDING 3 SUDIRMAN PARK APARTMENT KESIMPULAN ENVIRONMENTAL CONTROL SYSTEM POLICIES Pemanfaatan energy secara buatan sesuai pasal 7-12 PerMen Pekerjaan Umum No-60 PRT/1992 [6] Terdapat cukup bukaan untuk penghawaan alami.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->