BIODATA

Nama Status

: Achmad Febrianto : Mahasiswa IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Fakultas Tarbiyah Jurusan Tadris Bahasa Inggris(lampiran Kartu Tanda Mahasiswa) Semester VI : Jln. Soekarno – Hatta No. 71 Rt. 10 Kelurahan Thehok Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi Provinsi Jambi : 081311444073 : ahmadeinstein18@gmail.com

Alamat Nomor telpon (HP) Alamat E-mail

terumbu karang dan keragaman hayati semakin berkurang karena juga dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi ditambah lagi pencemaran laut oleh limbah industri.181 km. ikan. mutiara. Keadaan inilah yang sangat disayangkan seolah kita melalaikan potensi alam yang ada. sehingga disebut sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia. Banyak sekali kelalaian yang tanpa sadar telah merugikan dan merusak potensi laut.Negara Maritim Tahun lalu Indonesia menjadi tuan rumah World Ocean Conference. Indonesia sebagai Negara maritim dianugerahi kekayaan alam dan potensi yang sangat mendukung kehidupan mereka. mereka sangat bergantung pada kondisi laut. Budaya bahari telah melekat pada sebagian besar rakyat Indonesia. Negara maritim hanya menjadi kebanggaan tetapi minim pemanfaatan yang baik. Lautan Indonesia menyimpan beragam potensi laut yang sangat kaya: ikan. terumbu karang dan aneka ragam hayati lainnya dapat dimanfaatkan untuk masyarakat. tetapi kita melihat nelayan yang semakin terpuruk terlebih lagi rakyat yang hidup jauh diperbatasan laut dengan Negara lain. Potensi laut adalah kekayaan alam terbesar. Tetapi. keadaan Indonesia sebagai Negara maritim yang sangat kaya akan hasil laut. dan pihak-pihak yang mencari keuntungan dengan segala cara seperti pencurian hasil laut oleh Negara asing ataupun investor asing yang mengeruk potensi laut kita sebesar-besarnya. Beberapa permasalahan kelalaian atau kurangnya pengawasan seperti . Dari harian Kompas(15 Desember 2004). potensi lestari total ikan laut dunia berada di Indonesia. Manado dengan kekayaan baharinya menjadi pusat perhatian dunia karena Konferensi akbar tersebut. lain halnya beribu pulau membentang luas beberapa telah menjadi menjadi barang dagangan yang dijual untuk pihak asing demi kepentingan pribadi. Oleh karena itu. Indonesia tercatat memiliki lebih dari 17. .504 pulau yang disatukan oleh lautan membentang luas dari Sabang hingga Merauke dengan garis pantai 95. terlebih lagi potensi laut seperti. Indonesia dikenal dengan Negara maritim.

kerang mutiara dan biota laut yang bernilai ekonomis tinggi dengan potensi produksi 47 ton/tahun. baronang. Walaupun Indonesia adalah Negara dengan potensi alam melimpah. Ternyata pembangunan kurang dinikmati oleh mereka di daerah perbatasan tersebut. Kemiskinan karena tidak mampu memiliki perlengkapan menangkap ikan akibat rendahnya investasi dalam sektor perikanan sehingga Negara kita kalah bersaing dengan Negara lain. kakap.Kurang lebih 24 juta hektar perairan laut dangkal Indonesia cocok untuk usaha budidaya laut ikan terapu. Dan juga lahan pesisir yang sesuai untuk budidaya tambak ikan. . sehingga menyebabkan rentang kendali pemerintah. Pemerintah perlu merancang berbagai terobosan untuk mendayagunakan sumber daya kelautan secara optimal sebagai keunggulan kompetitif bangsa sehingga mengangkat kehidupan nelayan ke taraf yang lebih baik. Akan tetapi semua tindakan yang dilakukan terlihat belum maksimal. perlu kesadaran yang tinggi bahwa Negara Maritim merupakan lahan yang dominan untuk mensejahterakan rakyat jika dimanfaatkan dengan baik. Belum maksimalnya sektor industri kelautan sangat berdampak terhadap kehidupan nelayan yang masih miskin dan tertinggal dalam perkembangan teknologi kelautan. Wilayah perbatasan merupakan wilayah yang luas dengan penyebaran penduduk yang tidak merata. udang dan kepiting membuktikan kekayaan alam yang kita miliki bisa dimanfaatkan menjadi lahan yang produktif bagi masyarakat. Pembangunan wilayah perbatasan sebenarnya merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. ternyata masih banyak masyarakat kita yang belum sejahtera khususnya masyarakat yang hidup di daerah perbatasan laut dengan negara lain. Pemerintah seharusnya mulai memberikan perhatian dalam pemanfaatan kekayaan laut secara optimal dan terarah. Perbatasan mempunyai nilai strategis dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional seperti faktor pendorong bagi peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat sekitarnya.

mutiara. Masalah kekayaan alam yang hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi sungguh sangat disayangkan bahkan hingga timbul pencemaran akibat limbah industri akibat kurangnya kesadaran akan lingkungan. Ini semua mungkin saja dilakukan baik dari segi perdagangan hasil laut. Masih teringat klaim Malaysia terhadap beberapa pulau Indonesia akibat kuranganya perhatian pemerintah tehadap pulau-pulau Indonesia. terumbu karang dan keragaman hayati lambat laun akan terancam punah. kamis 27 agustus 2009 memberitakan beberapa pulau Indonesia ditawarkan dengan harga jutaan dollar yaitu pulau macaroni.news. maka akan membantu kesejahteraan rakyat. pulau kandui. Selain kurangnya pengawasan pemerintah terhadap pembangunan di daerah perbatasan.com. Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor ikan. Dengan keanekaragaman dan berlimpahnya kekayaan laut negeri ini. Kita seharunya mampu menjaga ribuan pulau sebagai wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia. Tahun lalu id. Seandainya kekakayaan alam ini benarbenar diberdayakan. muncul lagi permasalahan kepulauan kita yang terusik oleh kepentingan pribadi yaitu perdagangan pulau-pulau.yahoo. mengingatkan dan mengajak para pemimpin Negara kita agar menjaga kedaulatan Republik Indonesia. udang dan berbagai jenis hewan laut lainnya untuk dikirim ke luar negeri untuk diolah sebagai bahan . pulau siloinak. Sesungguhnya kedaulatan Republik Indonesia menjadi bagian yang penting untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.pengawasan dan pembinaan territorial sulit dilaksanakan dengan mantap dan efisien sehingga terjadi kesenjangan seperti keadaan sarana dan prasarana kurang mendapatkan perhatian pemerintah pusat sehingga menghambat perekonomian dan tidak adanya bimbingan dalam pengelolaan sumber daya alam kelautan. Jauh dari prasangka benar atau tidak pemberitaan dunia maya tersebut. Potensi kelautan seperti ikan.

terlihat mereka makin jaya meraup keuntungan karena dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal (UU PM) dikeluarkan demi memberikan fasilitas. Maka. Teripang dan akar kayu. Laporkan dan tindak lanjuti kerusakan agar tidak punah. Korea dan beberapa negara lain di benua asia dan bahkan sudah menembus benua amerika. tetapi memiliki kualitas internasional. diantaranya dari pencurian ikan. Dengan kekayaan alam melimpah telah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga keutuhannya karena banyak sekali orang-orang ingin mengambil keuntungan terhadap potensi ini. ikan-ikan Indonesia sudah banyak di kirim ke Jepang. apabila kita benar-benar seseorang yang mencintai tanah . Indonesia merupakan Negara maritim yang sangat kaya dan memiliki berbagai macam kekayaan alam yang sangat berlimpah. Dari hal tersebut. China. sehingga banyak negara asing yang menyukai mutu dari ikan-ikan dari laut Indonesia.makanan. kita dapat berpendapat bahwa kekayaan laut Indonesia tidak hanya indah. Maka dari sektor perdagangan yang terkelola dengan baik akan membantu mensejahterahkan rakyat. Berdasarkan catatan yang dilansir dari tim Gabungan TNI AL terdapat kerugian negara selama tahun 2009 mencapai sebesar 45 miliar rupiah. Jadi. Dari segi pengawasan investor asing pemerintah masih kurang tanggap. seharusnya dari dulu kita menjaga kekayaan alam kita sebelum terjadi kerugian sebesar ini. Kekayaan yang setiap saat dapat punah dan akan berdampak buruk bagi Negara dan masyarakat akibat kurangnya pengawasan dan pengelolaan sumber daya alam dengan baik. insentif dan kemudahan yang sangat luas kepada penanam modal dan dengan Peraturan Presiden RI Nomor 77 Tahun 2007 telah menyerahkan seluruh sumber daya ekonomi Indonesia untuk dikuasai secara mayoritas oleh modal asing. Kita sebagai generasi yang perduli terhadap kekayaan alam milik sendiri harus mampu menjaga dan melakukan pengawasan terhadap penggunaan SDA.

.air ini. salah satunya dengan cara menjaga kekayaan laut Indonesia dan tetap menjaga eksistensi Negara kita sebagai Negara maritim. mari kita bersama-sama memberikan kontribusi untuk tanah air kita.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful