PENGGUNAAN SATELIT DIDUNIA PERTELEVISAN INDONESIA DENGAN TEKNOLOGI SNG(SATELLITE NEWS GATHERING

)
JURNAL JARINGAN KOMPUTER

SUCI NUPLIANA 59061002011

PENGGUNAAN SATELIT DIDUNIA PERTELEVISAN INDONESIA DENGAN TEKNOLOGI SNG (SATELLITE NEWS GATHERING)
OLEH SUCI NUPLIANA (59061002011)

Abstraksi
Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui berapa besar peran satelit dalam dunia pertelevisian di Indonesia serta teknologi yang mendukung pengiriman paket data tersebut kesatelit. Dalam jurnal ini saya hanya memberikan informasi mengenai SNG (satelit News Gathering) dan sedikit informasi tentang satelit dan cara kerjanya. Disamping itu juga tujuan dari penulisan jurnal ini untuk tugas akhir semester dari matakuliah Jaringan Komputer.

PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Keunggulan media elektronik seperti televisi ketimbang media cetak memang terletak pada kemampuannya memberikan sajian paling aktual. Hal paling aktual itu sebagian besar bentuknya informasi alias berita. Masyarakat di

1 9

Teknologi yang berperan sangat penting dalam dunia pertelevisian adalah teknologi satelit. bahkan siaran yang diadakan secara langsung (Live) dan semuanya itu sangat tergantung dengan alat komunikasi yang kita gunakan. Stasiun televisi di Indonesia cukup banyak dan menyediakan macammacam program acara yang menarik. dua televisi kabel. 1 9 . 10 televisi swasta nasional. Tercatat saat ini Indonesia memiliki jumlah stasiun radio dan televisi terbesar kedua setelah Cina. Negeri ini punya satu televisi publik. Disamping itu juga. kuis berhadiah. Jasa ini biasanya disediakan dengan menggunakan kabel digital ataupun analog dan satelit. Indovison juga dikenal sebagai televisi berlangganan yang pertama kali menggunakan satelit penyiaran langsung (Direct Broadcast Satellite (DBS)). DiIndonesia terdapat televisi berlangganan. 19 April 2007). siaran televisi muncul pertama kali saat diadakannya Asian Games-4 atas dasar keinginan Presiden Soekarno agar peristiwa akbar tersebut dapat dinikmati lewat televisi. Perluasan dan diversifikasi bisnis media di Indonesia melesat dengan cepat. (Budi Putra dalam Tempo Interaktif. Di Indonesia Penyedia jasa Televisi berlangganan antara lain adalah Indovision. televisi ini sangat akrab dikehidupan kita sehari-hari untuk menonton acaraacara yang disiarkan oleh stasiun televisi mulai dari film. TVRI pun muncul sebagai jawaban atas keinginan tersebut dan bernaung di bawah lembaga Kementerian Penerangan sampai dengan berakhirnya Orde Baru. Di Indonesia sendiri. Pasca reformasi dunia pertelevisian menjadi gegap gempita saat regulasi penyiaran menjadi amat longgar. maka menjadikan satelit suatu transmisi yang digunakan oleh stasiun televisi untuk membantunya dalam menyiarkan acaranya kesemua masayarakat secara global.Indonesia hampir semuanya mengetahui televisi dan memilikinya sendiri. Satelit merupakan salah satu media transmisi yang digunakan dalam telekomunikasi baik itu transmisi video maupun percakapan telpon. 70 televisi swasta lokal. yakni jasa penyiaran televisi yang dilakukan khusus untuk pemirsa (penonton) yang bersedia membayar (berlangganan) secara berkala. Dengan teknologi pemrosesan digital berkecepatan tinggi untuk video menggunakan teknologi kompresi video digital (digital video compression). satu televisi satelit dan lebih dari 1.800 stasiun radio.

2. yakni penulis mendapatkan bahan dari berbagai literature yang berada di internet. Memberikan suatu gambaran bagaimana aliran data itu menglir dari stasiun televisi hingga sampai kerumah-rumah. DASAR TEORI a. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda. [http://www. Satelit Cakrawarta dikhususkan untuk kepentingan penyiaran televisi dan radio tidak bisa digunakan untuk kepentingan telekomunikasi. c.Di Indonesia satelit yang berada diatasnya adalah satelit palapa. Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Untuk memberikan suatu informasi tentang peranan penting satelit dalam dunia pertelevisian khususnya di Indonesia. b.wikipedia. yang sangat berpengaruh terhadap penyiaran acara ditelevisi Indonesia. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision. Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari penulisan jurnal ini adalah: 1. sedangkan satelit palapa memiliki kepentingan dalam hal komunikasi dan juga penyiaran televisi dan radio. Memberikan informasi teknologi yang berhubungan dengan pertelevisian di Indonesia. yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). tivi. teve atau tipi. Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah dengan cara literature. yaitu teknologi SNG (Satellite News Gathering) 3. kemudian menjadikannya suatu kesimpulan dan ditulis dalam jurnal ini. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal disebut dengan TV. Cakrawarta dan Indostar. karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia.org/televisi] 1 9 . Televisi Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar.

11 Januari 2006]. Sinyal yang beroperasi di dalamnya biasanya disiarkan dari suatu tempat yang tersentral (stasiun televisi) dan diterima oleh alat penerima seperti pesawat televisi ataupun stasiun relay yang digunakan oleh perusahaan televisi kabel [Microsoft Encarta.Televisi adalah suatu sistem di mana terjadi pengiriman dan penerimaan sinyal elektronik melalui kabel maupun fiber optik ataupun radiasi elektromagnet. [Lidya Sari. [Lidya Sari.[Lidya Sari.wikipedia. Sistem ini hadir untuk menggantikan sistem analog yang telah mandek perkembangannya. mengidentifikasi-teknologi] Televisi analog adalah televisi yang menggunakan sistem mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase dan/atau frekuensi dari sinyal.org/siaran+langsung] 1 9 . mengidentifikasiteknologi] Televisi satelit adalah televisi yang dipancarkan dengan cara yang mirip seperti komunikasi satelit. Siaran langsung bagi radio ataupun televisi adalah program yang disiarkan secara langsung atau pada waktu yang Nyata (real time) dan bukan direkam terlebih dahulu untuk kemudian disiarkan. melainkan lebih kepada sinyal yang ditransmisikan adalah sinyal digital atau mungkin yang lebih tepat adalah siaran digital [Khoirul Anwar dalam Berita Iptek. Istilah televisi digital bukan didasarkan pada pesawat televisinya yang digital. mengidentifikasi-teknologi] Televisi digital adalah standar baru transmisi gambar dan suara untuk dunia broadcast (penyiaran).2007]. serta bisa disamakan dengan televisi lokal dan televisi kabel. [www. Televisi kabel adalah sistem penyiaran acara televisi lewat frekuensi radio melalui serat optik atau kabel coaxial dan bukan lewat udara seperti siaran televisi biasa yang harus ditangkap antena.

Dia menemukan bahwa orbit dari planet dalam tata surya kita adalah berbentuk elips dan bukan lingkaran atau episiklus seperti yang semula dipercaya. Hal ini memungkinkan siaran radio dan televisi dapat diterima di mana saja sepanjang dapat ditangkap oleh antena stasiun bumi. Modul4 Satelit Komunikasi: Perabot Baru Masyarakat Modern] Suatu orbit adalah jalan yang dilalui oleh objek. Dalam komunikasi GEO ( merupakan sistem komunikasi satellite yang paling banyak) posisi satellite adalah sekitar 36. di dalam pengaruh dari gaya tertentu.php?kk=Satellite] Potensi satelit adalah untuk menerima dan memancarkan kembali sinyal siaran ke seluruh tempat yang dapat dijangkaunya. [ http://www.000 km diatas bumi.b.or. ditranslasikan frequensinya.id/info. [ http://www. diukur dalam satuan derajat. Orbit pertama kali dianalisa secara matematis oleh Johannes Kepler yang merumuskan hasil perhitungannya dalam hukum gerakan planet Kepler . manfaat yang utama dari adanya teknologi satelit adalah untuk keperluan penyiaran baik radio maupun televisi.org/satelit] Satelit Adalah alat elektronik yang mengorbit bumi yang mampu bertahan sendiri. [Zulkarimein Nasution.Bisa diartikan sebagai repeater yang berfungsi untuk menerima signal gelombang microwave dari stasiun bumi. Dengan kata lain. di sekitar objek lainnya.wikipedia.total.[Bob Foster] Orbital Slot adalah Lokasi spesifik dari suatu satellite pada titik yang tepat. Satelit Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu.total. Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan.id/info.php?kk=Orbital%20Slot] 1 9 . timur dan barat. kemudian diperkuat untuk dipancarkan kembali ke arah bumi sesuai dengan coveragenya yang merupakan lokasi stasiun bumi tujuan atau penerima.or. [http://www.

satelit] Satelite News Gathering (SNG) merupakan perangkat berteknologi canggih yang digunakan beberapa stasiun televisi Indonesia untuk proses siaran langsung televisi.Direct Broadcast Satellite disingkat dengan DBS. satelit] Satelit Direct to Home(DTH) Menggunakan teknologi Direct To Home (DTH) sebagai Infrastruktur TV link untuk mengirimkan berates-ratus program langsung kerumah-rumah melalui satelit. tidak termasuk broadcast televisi. dapat menyediakan layanan ntuk cakupan semua wilayah. satelit] DVB(Digital Video Broadcasting) merupakan salah satu sistem yang digunakan untuk mentransmisikan siaran TV digital hingga ke end-user. VSAT terdiri dari dua bagian. akses internet. Transceiver menerima dan mengirim sinyal ke transponder satelit di langit.php?kk=DBS] Fixed satellite service (FSS) menyediakan link untuk jaringan telepon dan juga untuk pentransmisian sinyal televisi ke perusahaan tv kabel. Contoh FSS. Sigital audio broadcasting (DAB) Keunggulannya yaitu.[ Dudy Effendi] VSAT kependekan dari Very Small Aperture Terminal. [Rahmi Nurazizah. PC misalnya. video conferencing. Satelit mengirim dan menerima sinyal dari sebuah ground station 1 9 . [http://www.or.id/info. suara dan sinyal video. [Rahmi Nurazizah. untuk kemudian didistribusikan melalui jaringan kabel. satelit new gathering (SNG). [Rahmi Nurazizah. sebuah transceiver yang ditempatkan di luar (out doors) yang dapat langsung terjangkau oleh satelit dan sebuah alat yang di tempatkan di dalam ruangan yang menghubungkan transceiver dengan alat komunikasi para pengguna.total. DTH ( Direct To Home ). Suatu layanan yang menggunakan satellite untuk memancarkan (broadcast) bermacam-macam channel dari program televisi agar langsung diterima melalui sebuah antenna dish kecil di bumi. frame relay. merupakan terminal yang digunakan dalam komunikasi data satelit. tidak tergantung pada jarak.

Masing-masing komputer pengguna terhubungkan oleh hub ke satelit. Bila pandangan antara satelit dan penerima di tanah tidak ada gangguan. setelah itu baru dikomunikasikan dengan komputer pengguna VSAT yang lain. pembuatan peta. Satelit pengamat Bumi adalah satelit yang dirancang khusus untuk mengamati Bumi dari orbit. meskipun beberapa tipe terbaru menggunakan satelit pengorbit Bumi rendah. membentuk sebuah topologi bintang (star topology).php? kk=V-Sat] Transmisi satelit memiliki dua keunggulan dibandingkan transmisi terestrial yang umumnya banyak dipakai. Kebanyakan satelit komunikasi menggunakan orbit geosinkron atau orbit geostasioner.id/info. meteorologi. Biayanya sama.or.total. [http://www. transmisinya harus terhubung dengan hub yang kemudian mentransmisikan kembali ke satelit.komputer yang berfungsi sebagai hub untuk sistem tersebut. Salah satu satelit navigasi yang sangat populer adalah GPS milik Amerika Serikat selain itu ada juga Glonass milik Rusia. 2.id/info. Hub tersebut mengatur keseluruhan operasional network. [http://www. baik itu dua ataupun duajuta sambungan (downlink) yang menerima informasi yang disiarkan.php?kk=satellite] Jenis-jenis satelit berdasarkan penggunaannya ada 9 yakni: Satelit astronomi adalah satelit yang digunakan untuk mengamati planet. bisa diperoleh 1 9 . seperti satelit reconnaissance tetapi ditujukan untuk penggunaan non-militer seperti pengamatan lingkungan. maka dengan sebuah alat penerima sinyal satelit (penerima GPS). Satelit navigasi adalah satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik dipermukaan bumi.total. Agar sebuah komputer pengguna dapat melakukan komunikasi dengan lainnya. Satelit komunikasi adalah satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro. dan objek angkasa lainnya yang jauh. Tidak memerlukan investasi prasarana kabel yang banyak. dll. galaksi. yaitu: 1.or.

[http://www. Stasiun angkasa adalah struktur buatan manusia yang dirancang sebagai tempat tinggal manusia di luar angkasa. atau bahkan tahunan. 2. Satelit Meteorologi 3. Satelit berdasarkan ketinggiannya terbagi atas: 1. Satelit mata-mata adalah satelit pengamat Bumi atau satelit komunikasi yang digunakan untuk tujuan militer atau mata-mata.org/satelit] Satelit buatan manusia oleh NASA dikelompokkan menjadi 4 yaitu: 1. Satelit komunikasi dan navigasi 2. Satelit cuaca adalah satelit yang diguanakan untuk mengamati cuaca dan iklim Bumi. Stasiun luar angkasa dibedakan dengan pesawat angkasa lainnya oleh ketiadaan propulsi pesawat angkasa utama atau fasilitas pendaratan. Stasiun angkasa dirancang untuk hidup jangka-menengah di orbit.data posisi di suatu tempat dengan ketelitian beberapa meter dalam waktu nyata. satelit nano (di bawah 10 kg). LEO): 300 . Klasifikasi baru dibuat untuk mengkategorikan satelit-satelit ini: satelit mini (500–200 kg). Satelit pengindraan jarak jauh 4. Satelit tenaga surya adalah satelit yang diusulkan dibuat di orbit Bumi tinggi yang menggunakan transmisi tenaga gelombang mikro untuk menyorotkan tenaga surya kepada antena sangat besar di Bumi yang dpaat digunakan untuk menggantikan sumber tenaga konvensional.36000 km. bulanan. MEO): 1500 . Orbit Rendah (Low Earth Orbit.1500km di atas permukaan bumi. Satelit Geologi Sedangkan untuk keperluan regulasi teknik internasional NASA membaginya menjadi 18 macam satelit. untuk periode mingguan. Dan kendaraan lain digunakan sebagai transportasi dari dan ke stasiun. Orbit Menengah (Medium Earth Orbit.wikipedia. satelit mikro (di bawah 200 kg). 1 9 . Satelit miniatur adalah satelit yang ringan dan kecil.

5. 3. 4. GEO): 35790 km di atas permukaan Bumi. Satellite dish (Out Door Unit) : komponen ini berbentuk seperti antenna parabola dengan diameter sekitar 60-180 centimeter.wikipedia. Smart card : berguna untuk mengakses sistem.org/wiki/satelit] Alat penangkap Sinyal satelit: 1. Orbit Sunsynchronous. 3. Orbit Geosinkron (Geosynchronous Orbit.wikipedia. [id. Satelit berdasarkan orbit khusus terbagi menjadi 3: 1. Orbit Molniya. Orbit Polar. 2. Decoder : Dekoder merupakan alat yang berfungsi mengakses layanan seperti penggantian channel. HEO): di atas 36000 km. Orbit Tinggi (High Earth Orbit. orbit satelit dengna inlklinasi dan tinggi tertentu yang selalu melinta ekuator pada jam lokal yang sama. [id. orbit satelit dengan perioda orbit 12 jam dan inklinasi sekitar 63° 2. GSO): sekitar 36000 km di atas permukaan Bumi. orbit satelit yang melintasi kutub.org/wiki/Televisi_berlangganan] Berikut adalah gambar dari Proses Pengelolaan Jaringan Telekomunikasi Satelit: 1 9 .3. Orbit Geostasioner (Geostationary Orbit.

Figure 1: Proses Pengelolaan Jaringan Komunikasi satelit di Indonesia 1 9 Tagihan Perminta .

Kemudian sejarah kedua mencatat. ditempatkan banyak stasiun radio pancar ulang diangkasa luar yang sering disebut dengan satelit komunikasi. Digital1. Secara garis besar bisa digambarkan sebagai berikut prinsip kerja dari setelit: 1 9 . Indovision. Lembaga Penyiaran Televisi Di Indonesia Lembaga penyiaran televisi Indonesia secara nasional antara lain adalah: AnTeve. Garuda TV Netherlands. setelah setahun sebelumnya Presiden Soekarno mengirimkan Telegram dari Wina untuk mendirikan Stasiun Televisi. RCTI. IM2 PayTV. TPI. MetroTV.PEMBAHASAN Sejarah Pertelevisian Indonesia Pertelevisian Indonesia diawali dengan berdirinya Televisi Republik Indonesia(TVRI) pada tahun 1962. TelkomVision. KabelVision. Swara Chanel. Lativi. Indosiar. pada tahun 1976 bulan Juli. Jogja Medianet. Lembaga diatas belum termasuk dengan siaran televisi berskala Penggunaan Satelit untuk Siaran (Broadcast) Setelah manusia merambah angkasa luar diawal tahun 60-an sampai sekarang. Presiden Soeharto memutuskan untuk meluncurkan satelit Palapa A-1. SCTV. TransTV. Satelit palapa A-1 tersebut digunakan juga untuk keperluan penyiaran acara televisi. GlobalTV. pada saat itu Indonesia adalah Negara Ke-lima yang memiliki satelit buatan untuk menghubungkan Indonesia sekurang-kurangnya dari Sabang-sampai Merauke. M2V MobileTV. QTV Network. Stasiun Televisi di Indonesia dibangun atas dasar ingin meliput acara ASEAN Games agar masyarakat bisa juga menyaksikan Pesta olah raga tersebut. Kebanyakan dari satelit tersebut diletakkan diketinggian ±36000 Km diatas permukaan bumi atau diletakkan pada orbit Geosinkron (Geo). Trans7. lokal. TVRI.

telemetry. Power Supply 4. Tracking.Segmen Angkasa terdiri atas: 1. SB Master. jaringan Prinsip kerja dari satelit hampir sama dengan suatu rangkaian repeater yaitu jenis ” RF Heterodyne Repeater ” SINYAL 6 GHZ. Kontrol temperatur 5.Figure 2: Prinsip Kerja Satelit . Struktur / bus 2. 2.Segmen Bumi . & command ( TT& C ) . dan 3. sistem populasi 7. yakni sebagai berikut: 1 9 . 1. User terminal. Kontrol attitude dan orbit 6. Playload 3.

1 9 .FILTER .SWTCH -PENGUAT 6 GHZ .Figure 3: Analogi Prinsip Kerja rangkaian Repeater Jenis "RF Heterodyne Repeater" Sinyal 6 GHZ PENGUA T MIXE R PENGUA T ANTEN A OSILATOR LOKAL ANTEN A SINYAL 6 GHZ .DITURUNKAN MENJADI 4 GHZ – HYBRID CIRCULATOR .PANCARAN KE BUMI Penguat akhir berfungsi menjumlahkan sinyal diatas menggambarkan frekuensi naik (up link) 6 GHz dan frekuensi turun untuk turun (down link) dipakai 4 GHz.PENGUAT AKHIR .FILTER .

dengan eksentrisitas orbital sama dengan nol. Ku. satelit yang beroperasi pada frekuensi Ka-Band(20-30GHz) akan dapat menyalurkan troughput dalam orde Gigabit perdetik. Orbit yang Digunakan Pada Satelit Untuk Siaran Televisi Orbit yang paling sering digunakan operator satelit buatan untuk penyiaran televisi dan komunikasi adalah orbit Geostasioner merupakan orbit geosinkron yang berada tepat diatas ekuator bumi yakni 0 ̊ lintang.Besarnya Loss antara satelit dan stasiun Bumi ( ~200 dB pada 6 GHz ) . objek yang berada di orbit geostasioner akan tampak diam (tidak bergerak) diangkasa karna periode objek tersebut mengelilingi bumu sama dengan periode rotasi bumi.. dan sebagainya. Sedangkan yang digunakan untuk siaran langsung adalah Ban Ku. Dari permukaan bumi.Sistem penerima di Bumi memerlukan penerima yang sangat peka. Di Indonesia satelit buatan tersebut diletakkan pada garis 0 ̊ lintang dan 105 ̊ bujur. JENIS BAN YANG TERDAPAT PADA SATELIT Satelit tersebut terbagi atas lingkup frekuensi sehingga terdapat beberapa jenis Ban C. tetapi untuk di daerah Indonesia karna 1 9 . Figure 4: Orbit Geostasioner Keuntungan dari orbit GEO itu sendiri adalah Bandwithnya lebar. Yang sering digunakan untuk pancaran siaran televisi Ban C. S. S dan Ku. Untuk peletakan satelitnya hanya dibedakan berdasarkan letaknya dibujur bumi.

0 – 27.0 27.memiliki curah hujan yang tinggi (beriklim tropis) maka.0 .0 12.3 0.3 – 1.0 40.0 8.0 VHF UHF L S C X Ku K Ka V W mm ?m Nama Table 1: Frekuensi Satelit Indonesia banyak menggunakan Ban C sebagai untuk penggunaan siaran (broadcast) televisi.0 – 12. tidak terlalu baik menggunakan Ban Ku.0. Umumnya polarisasi Pancaran vertical dan Horizontal atau bisa juga pancaran sirkuler yang terdapat dikiri dan dikanan. karna sangat rentan terhadap curah hujan yang tinggi.0 – 75. lebar tersebut dibagi dalam beberapa daerah dengan bandwith yang lebih kecil yang disebut dengan Transponder. kemudian.0 – 3000.1 .0 75. Berikut adalah gambaran dari C band Transponder: C Band Transponder Frequency allocation Vertical ODD Transponder center Frequency T 1 T 3 T 5 T7 T9 T T T15 T T T T23 Telemetr 1 9 .0 – 4.2.7-4.0 – 300.0 – 18.0 1.2 GHz dengan Bandwith 500 MHz. Ban C memakai frekuensi pancaran kebumi (down link) antara 3.0 – 110.0 110.0 2. Dengan teknik yang seperti ini diperoleh tambahan Bandwith sebesar 500MHz dengan keluaran 24 Transponder yang memiliki bandwith ±40 MHz.0 – 8.0 18. Sehingga bandwith 500MHz tersebut bisa digunakan bersama untuk 2 macam polarisasi pancaran tanpa saling mengganggu.0 4. Frekuensi kerja UHF keatas lazimya dipakai teknik polarisasi pancaran untuk memperoleh tempat yang lebih luas.0 – 40. RANGE FREKUENSI (GHz) 0.0 300.

untuk keperluan siaran televisi biasanya digunakan 1 transponder penuh.7GHz. menentukan jenis pre emphasisnya. 1 9 . Jika cara pembagian FDM yang dipakai maka saluran suara dan gambarnya dipisah menggunakan saluran SCPC (Single Channel Per Carrier) yang mirip dengan sistem V-Sat. Karena terdapat alasan ekonomi maka hanya digunakan setengah dari transponder yang ada atau menyewa sebuah transponder dan kemudian digunakan secara bersama dengan pembagian FDM (Frequency Division Multiplexing) ataupun TDM (Time Division Multiplexing) . Kemudian dimodulasikan secara FM ke frekuensi UPLINK sekitar 6GHz. Penggunaan Ban C untuk siaran Televisi Pertama-tama Stasiun televisi menyalurkan Isyarat (kode) programmnya tersebut ke stasiun bumi. lalu mengubahnya menjadi kode frekuensi Base Band transponder yang sesuai. Satelit menguatkan isyarat kode yang diterima dan mengubah frekuensinya ke frekuensi downlink 3. Seperti proses penambahan gelombang segitiga berdenyut ±30Hz bertujuan untuk mengurangi pada kode video(Teknik denyutan ini terhadap peralatan microwave gangguan terrestrial). Dan setelah itu dipancarkan ke satelit geosinkron. DiIndonesia sama halnya seperti dinegara luar. seterusnya dipancarkan ulang ke bumi.1 1 372 0 0 0 0 0 0 1 3 0 0 1 7 0 T 1 9 0 T 1 2 1 0 T 2 0 y dow n link 376 380 384 388 392 396 400 404 408 412 416 EVEN Transponder center Frequency T T Horizont al T 2 T 4 T 6 T8 T10 1 1 T16 T24 2 2 4 8 0 2 378 382 386 390 394 398 402 406 410 414 4180 3740 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 Efektivitas bandwith dari transponder adalah 36MHz sehingga ruang antara transponder tersebut menjadi 4MHz.

Tugas dari transmisi adalah menyampaikan kualitas video maupun audio dengan baik ke televisi yang ditonton oleh para pemirsa yang ada dirumah. Rangkaian suara yang me-demodulasi isyarat gelombang FM suara menjadi suara. kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu transmisi. Sebenarnya Tx hanya symbol teknis yang biasa digunakan untuk antenna pemancar/transmitter. lalu memodulasinya menjadi sebuah kode baseband yang kemudian disalurkan ke tiga unit rangkaian yaitu: 1. Televisi merupakan media audio-visual. yang berarti memiliki unsur gambar dan suara. Kode ini diperkuat oleh LNA (Low Noise Amplifier) dan disalurkan ke down converter yang mengubah frekuensinya menjadi lebih kecil. kode downlink dari satelit dikumpulkan oleh sebuah antenna parabola yang diberkas kearah sebiah antenna lain bernama feedhorn pada titik fokus. SNG (Satellite News Gathering) Sebelum membahas tentang SNG (Satellite NewsGathering). Pada generasi awal TVRO memakai 70 MHz selebar 36 MHz dan pada proses inilah dilakukan pula pemilihan transponder. Transmisi itu sendiri merupakan ujung tombak dan berperan penting dalam sebuah siaran broadcast. pemilih polarisasi video.Kemudian. low pass filter. Proses siaran yang sering terjadi adalah sebagai berikut: 1 9 . Transmisi sering disingkat dengan Tx. rangkai clamping yang memotong isyarat denyut gelombang segitiga dan akhirnya penguat akhir video. 2. jadi Tx itu bukan merupakan suatu singkatan. Bayangkan saja jika kita menonton TV tetapi gambar atau suaranya tidak bagus pasti tidak nyaman. Rangkaian pengolah video yang terdiri atas penguat video. 3. Rangkaian AFC untuk tegangan pemilih transponder. rangkaian deimphasis. Setelah proses tersebut terdapat lagi perangkat penerima yang berfungsi untuk menerima kode dari antenna.

Figure 5: Sistem Kerja SNG STUDIO 1 STUDIO 2 STUDIO N SIARAN VIA SATELIT MASTER EQUIPMEN T ROOM (MER) UPLIN K MASTER CONTROL ROOM (MCR) SATELI T INDONE SIA SIARAN VIA OB VAN 1 9 .

Orang pernah menyebutnya sebagai lampu senter. terdapat 3 macam sistem transmisi yang bisa digunakan yaitu: 1. meskipun sebenarnya SNG tidak selalu digunakan untuk kepentingan pemberitaan. yaitu transmisi yang menggunakan sinyal gelombang micro. SNG merupakan piranti (alat) untuk transmisi satelit yang portable. 3. yaitu transmisi dari studio ke stasiun relay diseluruh Indonesia. hal ini bisa terjadi jika keadaan cukup memungkinkan. yang langsung dari lokasi kejadian dan juga melalui OB Van (Outdoor Broadcast) van semuanya selalu melalui MCR(Master Control Room) sebelum dipancarkan kesatelit. Dimana SNG merupakan lampu senternya sedangkan satelit merupakan cerminnya. SNG (Satellite News Gathering) secara harfiah bisa diartikan sebagai pengumpul berita melalui satelit. biasanya ini digunakan apabial terdapat event dari lapangan ke studio. 2. yang berarti SNG lebih praktis untuk dibawa kemana-mana (mudah berpindah tempat/mobile). yaitu transmisi dari stasiun relay daerah ke televisi pemirsa yang ada dirumah. Di MCR gambar dipasang logo televisi tersebut. sampai materi yang ingin disampaikan ke pemirsa dirumah benar-benar siap on air. Dari MCR. Tidak hanya itu SNG ini juga mudah dalam hal proses install dan uninstall. kemudian materi tersebut dipantulkan oleh satelit ke perangkat penerimanya atau yang biasa disebut 1 9 . SNG memantulkan materi berita/suatu kejadian.Semua siaran yang ada baik itu dari studio yang hanya rekaman ulang(taping) ataupun acara langsung(live) yang ada di studio. materi tersebut menuju ke perangkat UPLINK untuk ditransmisikan melalu satelit ke stasiun relay yang berada diseluruh Indonesia. bisa juga untuk backup dari studio ke stasiun relay terdekat. Dalam siaran TV Broadcast. Transmisi tersetrial. Transmisi satelit. Transmisi microwave. lalu terdapat segmen iklan dan promo.

Figure 6: siaran dari luar studio menggunakan SNG Figure 7: Siaran Langsung dari tempat kejadian Siaran langsung dari lapangan seperti siaran langsung sepakbola. SNG kemudian mengirimkan sinyal lalu di uplink ke satelit lau dipantulkan kembali ke MCR(Master Control Room) lalu kemudian diproses dan siap untuk di 1 9 . SNG bisa digunakan untuk acara live dari luar studio.dengan Ground Segment yang kemudian akan diproses di Master Control Room (MCR).

sampai menemukan level kualitas yang maksimum. lalu diterima oleh stasiun relay di seluruh Indonesia kemudian baru di siarkan secara terrestrial ke televisi yang ada dirumah. BEDA SNG DAN OB VAN Kalau OB Van itu merupakan “Control Room Studio” yang portable sedangkan SNG merupakan Pernagkat Uplink yang portable. a. visual. Lalu output dari OB van ini adalah materi mentah yang belum siap On Air. Waktu acara live berlangsung crew tv biasanya mengarahkan parabola portable ke satelit yang dituju. Berikut ini merupakan gambar OB Van yang sering digunakan oleh Perusahaan televisi di Indonesia. dengan membedakan polarisasinya(hosrizontal maupun vertical).uplink kembali ke satelit. SCTV 1 9 . misalnya terdapat gambar yang patah-patah atau kotak-kotak seperti video yang rusak. dan live event pun sudah siap On Air. terdapat sebuah kanal frekuensi yang dapat digunakan dua kali. kemudian ditransmit. Materi mentah yang dimaksud tersebut adalah belum adanya logo stasiun televisinya. tinggal diseting perangkat sesuai frekuensi yang dituju. maupun Lighting bermuara di OB van. Selama On Air crew bagian transmisi akan memantau kualitas sinyal sesuai standar agar siaran tidak terganggu. Kemudian berkoordinasi dengan satelit provider untuk cross polarisasi (crospol). Crospol merupakan didalam transmisi satelit. Apabila dilokasi live dilapangan semua Output audio. Setelah crospol dan frekuensi yang akan digunakan telah diberikan oleh satelit provider. Crospol ini bertujuan agar frekuensi yang akan digunakan tidak mengganggu frekuensi dipolarisasi sebaliknya. Biasanya Gap minimal adalah 30dB (makin tinggi maka akan makin baik). Proses ini disebut dengan Pointing. karna semua pemasangan stasiun logo televisi tersebut tetap dilakukan di MCR. Didalam OB van itu biasanya dilengkapi dengan SNG.

Trans7 1 9 . RCTI c.b.

TransTV e. MetroTV 1 9 .d.

Perkembangan dunia telah menciptakan DSNG. Dan bisa dilakukan dimana saja. Komunikasi-komunikasi satelit diharapkan mampu menyediakan pelayanan global dan terpadu untuk setiap orang dan setiap Negara tidak hanya diIndonesia. Salah satunya teknologi Komunikasi satelit menyediakan pelayanan dalam dunia pertelevisian. karena merupakan piranti yang portable. Di Indonesia SNG digunakan oleh semua stasiun televisi swasta nasional untuk proses pemberitaan secara live dari lokasi kejadian. DSNG ini baru digunakan oleh perusahaan televisi di Eropa dan Amerika.KESIMPULAN Kemajuan teknologi komunikasi satelit menciptakan pelayananpelayanan komunikasi baru. 1 9 . yaitu pembaharuan dari SNG. Dengan menggunakan SNG komunikasi data yang mengalir bisa dilakukan secara digital. bentuknya jauh lebih kecil dari SNG dan belum digunakan oleh perusahaan televisi yang ada di Indonesia.

id/info. Pustaka UT: Yogyakarta. [Desember 2008] http://id.org/wiki/Siaran. http://www.htm[Desember 2008] 15. http://www.tripod. 3.php?kk=Geostationary%20Satellite [Desember 2008] 11. 4.wikipedia. http://www.com/sistel_service/Vsat_Future.read&id=MTI0[Desember 2008] 14. [desember 2008] http://id.blogspot. Sunardian. 2007.total. “SATELIT KOMUNIKASI: PERABOT BARU MASYARAKAT MODERN ”. 2007.DAFTAR PUSTAKA 1. http://majalah.geocities.org/wiki/Orbit_Geosinkron[Desember 2008] http://id.tempointeraktif.ohiou. Zulkarnaen.html[Desember 2008] 1 9 . http://yb0ah. Resist Yogyakarta.html[Desember 2008] 12.wikipedia. 7.or.ajiindonesia.or. 8.php?fa=article.library.htm l 13.total.ILT44684. 9.org/wiki/Orbit_Geostasioner [Desember 2008] http://www.php?kk=Hybrid%20Satellite [Desember 2008] 10. 6. 5. http://www.com/id/cetak/1983/09/03/ILT/mbm.html.wikipedia.19830903. Rahmi. “Satelit” Wirodono.or.id/info. http://aprilidyasari.id.com/homebrew/notes/shf/tvro4.total. Nasuton.edu/indopubs/1996/07/14/0030. Nurazizah.id/info.php?kk=Satellite [Desember 2008] http://www. 2.com/2008/07/mengidentifikasi-teknologi.org/index. “Matikan TV-mu Atau Hidupkan Pikiran Kritismu!”.