P. 1
Organ an Pada Ikan

Organ an Pada Ikan

|Views: 2,427|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Izmal Hasan on Jan 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

Organ pernapasan pada ikan (pisces)adalah insang dengan bentuk lembaran-lembaran merah muda dengan jumlah

5-7 lembar.Setiap lembar terdiri dari sepasang filamen.Pada permukaan filamen terdapat srtuktur yang letaknya saling sejajar yang di sebut lamela.Setiap lamela mengandung banyak pembuluh darah yang memungkinkan oksigen berdifusi masuk dan karbondioksida keluar dari insang. Pada ikan bertulang sejati (Osteichthyes),insang di lindungi oleh tutup insang(operkulum).Pernapasan pada ikan,di lakukan dua tahap,yaitu tahap pengambilan oksigen(inspirasi)dan tahap pelepasan mulut.Pada karbon dioksida(ekspirasi).Pada dioksida tahap inspirasi,oksigen di masukan ke dalam insang melalui rongga tahap ekspirasi,karbon di keluarkan melalui celah insang.Melalui celah ini air akan menyentuh lembar-lembar insang sehingga terjadilah pertukaran gas,ketika darah melepas karbon dioksida dan mengikat oksigan dari air.Beberapa ikan memiliki gelembung renang sebagai alat bantu pernapasan.Alat ini membantu pernapasan ikan dalam memperoleh dan menyimpan oksigen.Selain untuk menyimpan udara,gelembung berenang renang berperan sebagai alat hidrostatik,yaitu alat untuk mengetahui tekanan tempat ikan

Insang terletak pada bagian belakang kepala ikan. Perhatikan Gambar 1. Alat Pernapasan Ikan Pernahkah kamu melihat ikan di dalam kolam? Bagaimana cara ikan bernapas di dalam air? Ikan bernapas dengan insang. Lembaran insang berwarna merah karena mengandung pembuluh darah.1. Air. Pembuluh darah pun akan mengikat oksigen yang berasal dari air. air laut.4. Ikan yang hidup di air tawar. akan masuk melewati insang. maupun yang hidup di payau. Bagaimanakah proses pernapasan pada ikan? Ikan bernapas dengan cara membuka dan menutup insang. Insang terdiri atas lembar-lembar insang dan lengkung. terjadi pertukaran gas. . Pada saat air melewati lembaran insang. Lengkung insang berwarna putih dan berfungsi sebagai tempat melekatnya lembaran insang. yang banyak mengandung oksigen. semuanya bernapas dengan insang. Air yang masuk melalui mulut akan dikeluarkan melalui insang. Pada lembaran insang terjadi pertukaran udara. karbon dioksida akan keluar melalui pembuluh darah lembaran insang. Pada saat yang sama.

Sistem Pernapasan Pada Ikan Ikan hanya dapat hidup di air dan mempunyai alat pernapasan yang khusus. Proses pernapasan pada ikan adalah dengan cara membuka dan menutup mulut secara bergantian dengan membuka dan menutup tutup insang. Masing-masing mempunyai empat buah insang yang ditutup oleh tutup insang (operkulum).A. Ikan bertulang sejati misalnya ikan mas. air masuk ke dalam rongga mulut sedangkan tutup insang menutup. Pada beberapa jenis ikan. Insang mempunyai lembaran yang halus yang banyak mengandung kapiler darah sehingga berwarna merah. Pada waktu mulut membuka. Ikan bernapasa dengan insang yang terdapat pada sisi kanan dan kiri kepala. mempunyai tutup insang atau disebut operculum. Oksigen yang terlarut dalam air masuk berdifusi ke dalam pembuluh kapiler darah yang . B. Rongga labirin berguna untuk menyimpan udara sehingga ikan tersebut dapat hidup di lingkungan yang kurang oksigen. Ikan Ikan mas bernapas dengan insang yang terdapat pada sisi kiri dan kanan kepala. rongga insangnya meluas membentuk lipatan tidak teratur yang disebut labirin.

karbondioksida dikeluarkan. Proses pernapasan pada serangga terjadi sebagai berikut. Oksigen berdifusi ke dalam sel-sel tubuh. Serangga mempunyai sitem pernapasan yang disebut sistem trakea. Cabang kecil trakea yang menembus jaringan tubuh disebut trakeolus. Pada waktu tubuh serangga mengembang. maka tubuh serangga menjadi mengembang dan mengempis secara teratur. kemudian ke dalam trakeolus dan akhirnya masuk ke dalam sel-sel tubuh. Dengan adanya kontraksi otot-otot tubuh. Pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi pada lembaran insang. Bersamaan dengan keluarnya air melalui insang. Karbondioksida hasil pernapasan dikeluarkan melalui sistem trakea juga yang akhirnya dikeluarkan melalui stigma pada waktu tubuh serangga mengempis . selanjutnya masuk ke dalam trakea. Oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk oksidasi tidak diedarkan oleh darah tetapi diedarkan oleh trakea yang bercabang-cabang ke seluruh tubuh. Masuknya udara untuk pernapasan tidak melalui mulut melainkan melalui stigma (spirakel). tutup insang membuka dan air dari rongga mulut keluar melalui insang. Dan pada waktu menutup.terdapat dalam insang. udara masuk melalui stigma.

di darat bernafas dengan paruparu 3. Hampir semua amfibi memulai hidupnya di air kemudian mengalami perubahan bentuk (metamorfosis) untuk dapat hidup di darat. selain itu darah juga melepaskan karbondioksida dan uap air. betok.d. Ikan Ikan hidup di air rawa. Katak ± telur ± berudu ± katak berekor ± katak muda ± katak dewasa Berudu bernafas dengan insang Di air katak bernafas dengan kulit. Air yang dikeluarkan ini telah bercmpur dengan CO2 dan uap air yang dilepaskan darah Untuk ikan yang hidup di lumpur seperti ikan lele. menyimpan oksigen¶ 2. Insang berbentuk lembaran-lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap. membantu gerakan ikan naik turun e. Alat Pernapasan pada Ikan Insang dimiliki oleh jenis ikan (pisces). gabus. danau. sungai. . laut. kemudian menuju lembaran insang. misalnya katak. kolam. Amfibi Amfibi adalah hewan yang dapat hidup di air dan di darat. Ikan bernafas dengan insang Pernafasan ikan berlangsung 2 tahap : Ø Tahap I (Tahap Pemasukan) : pada tahap ini mulut ikan membuka dan tutup insang menutup sehingga air masuk rongga mulut. pada insangnya terdapat banyak lipatan yang disebut LABIRIN Ikan juga mempuyai gelembung renang yang berfungsi untuk : 1. Ø Tahap II (Tahap Pengeluaran) : mulut menutup dan tutup insang membuka sehingga air dari rongga mulut mengalir keluar melalui insang. Bagian terluar dare insang berhubungan dengan air. disinilah oksigen yang larut dalam air diambil oleh darah.

Hewan yang memiliki insang luar sepanjang hidupnya adalah salamander.sedangkan insang pada ikan bertulang rawan tidak ditutupi oleh operkulum. selain dengan labirin. Insang tidak saja berfungsi sebagai alat pernapasan tetapi dapat pula berfungsi sebagai alat ekskresi garam-garam. yakni inspirasi dan ekspirasi.sedangkan bagian dalam berhubungan erat dengan kapilerkapiler darah. . alat pertukaran ion. ikan mempunyai gelembung renang yang terletak di dekat punggung.dan tiap filamen mengandung banyak lapisan tipis (lamela). C02 yang dibawa oleh darah dari jaringan akan bermuara ke insang dan dari insang diekskresikan keluar tubuh. Pada fase inspirasi. Mekanisme pernapasan pada ikan melalui 2 tahap. Selain dimiliki oleh ikan. yaitu insang luar. Pada filamen terdapat pembuluh darah yang memiliki banyak kapiler sehingga memungkinkan OZ berdifusi masuk dan CO2 berdifusi keluar. 02 dari air masuk ke dalam insang kemudian 02 diikat oleh kapiler darah untuk dibawa ke jaringan-jaringan yang membutuhkan. dan osmoregulator. Labirin ini berfungsi menyimpan cadangan 02 sehingga ikan tahan pada kondisi yang kekurangan 02. penyaring makanan. insang juga dimiliki oleh katak pada fase berudu. Insang pada ikan bertulang sejati ditutupi oleh tutup insang yang disebut operkulum. Untuk menyimpan cadangan 02. Tiap lembaran insang terdiri dare sepasang filamen. Contoh ikan yang mempunyai labirin adalah: ikan gabus dan ikan lele. Sebaliknya pada fase ekspirasi. Beberapa jenis ikan mempunyai labirinyang merupakan perluasan ke atas dari insang dan membentuk lipatan-lipatan sehingga merupakan rongga-rongga tidak teratur.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->