agar makanan atau bahan pangan baik yang belum diolah maupun yang telah mengalami pengolahan. secara kuantitas maupun kualitas . dapat sampai ke tangan konsumen dengan ³selamat´.Pengemasan merupakan suatu cara atau perlakuan pengamanan terhadap makanan atau bahan pangan.

Bahan kemasan bisa dipilih mau yang berbahan plastik.Kemasan sangat mempengaruhi penampilan produk sehingga menarik konsumen. metalize atau kertas. Kemasan juga sangat penting dalam menjaga keawetan dan higienitas produk untuk dalam jangka waktu tertentu. Mesin pengemasan. yaitu: ‡Shrink Packaging Machine ‡Poshrink .

sehingga menguntungkan bagi bahan pangan. dan menguntungkan bagi manusia yang mengkonsumsi bahan pangan .Mengatur interaksi antara bahan pangan dengan lingkungan sekitar.

‡Mencegah rusaknya nutrisi/gizi bahan pangan. ‡Menambah estetika dan nilai jual bahan pangan . ‡Menjaga dan menjamin tingkat kesehatan bahan pangan. ‡Mendukung perkembangan makanan siap saji. ‡Menyelamatkan produksi bahan pangan yang berlimpah. ‡Memudahkan distribusi/ pengangkutan bahan pangan.‡Membuat umur simpan bahan pangan menjadi panjang.

. label halal yang dicantumkan dalam suatu produk pangan dalam kemasan harus didasarkan atas sertifikat halal yang dimiliki oleh produk yang bersangkutan dimana sertifikat halal tersebut dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang yaitu LPPOM MUI.Berdasarkan peraturan yang berlaku.

lihat apakah sudah memiliki nomor ML pada kemasannya.Cara memilih produk pangan dalam kemasan yang telah dijamin kehalalannya ‡ Jika produk pangan olahan tersebut dalam kemasannya telah mencantumkan nomor MD (nomor pendaftaran pada Badan POM yang menunjukkan produk diproduksi didalam negeri) maka lihat apakah ada label halalnya ‡ Untuk produk impor. . jika sudah perhatikan bahasa yang digunakan dalam kemasan.

dan bermakna. Tersembunyi sarana sebagai alat bantu pengolahan.LABEL HALAL PRODUK MAKANAN ‡ Label adalah untuk kepentingan konsumen dan harus cukup deskriptif. dan bahan yang terkait dari berbagai sumber ini lain masalah serius bagi Muslim konsumen. . Biasanya label bahan tidak mencantumkan asal bahan. pengangkut. anticaking agen. jelas.

memverifikasi bahan status halal. dalam banyak kasus. haram. filosofis. atau. Melalui label yang tepat. atau diragukan. atau kesehatan terkait.FUNGSI PELABELAN MAKANAN untuk memastikan bahwa konsumen menerima informasi yang memadai tentang produk makanan untuk membuat hak pribadi pilihan. dapat menghindari makanan yang mereka mungkin alergi. . konsumen dapat membuat perbandingan antara bersaing produk. apakah pilihan adalah ekonomi.