SUSIL A...

A. Tri Kaya Parisuddha
aTri kaya Parisuddha terdiri dari 3 kata,yaitu : 1).Tri : Tiga 2).Kaya : Gerak / usaha 3).Parisuddha : Kesucian aPengertian Tri Kaya Parisuddha : Tiga gerak atau perilaku yang suci. aBagian- bagiannya,yaitu : 1).Manacika  Berpikir yang baik & suci. Cth : -Tidak menginginkan sesuatu yang tidak halal. -Tidak mengingkari adanya hukum karma phala. 2).Wacika  Berkata yang baik & benar. Cth : -Tidak suka mencaci maki. -Tidak ingkar janji dan ucapan. 3).Kayika  Berbuat yang baik & suci. Cth : -Tidak membunuh makhluk hidup -Tidak melakukan kecurangan terhadap harta benda.

B. Catur Guru
Catur Guru terdiri dari 2 kata,yaitu : 1).Catur : empat 2).Guru : berat  Pengertian catur guru : Empat penuntun yang mengemban tugas berat namun sungguh mulia.  Selalu taat kepada Guru disebut Guru Susruca , sedangkan selalu menentang perintah Guru disebut Alpaka Guru.  Bagian- bagiannya,yaitu :

1).Guru Swadhyaya  Tuhan Sang Hyang Widhi
• Guru Swadhyaya disebut juga Guru Sejati karena Beliau-lah sumber dari semua sumber yang ada. • Beliau juga menguasai atas segala – galanya baik yang ada, yang akan ada maupun yang tiada. • Beberapa cara Berbakti kepada Guru Swaddhyaya : a) Selalu ingat setiap saat kepada Beliau b) Rajin melakukan persembahyangan c) Memuji kebesaran-Nya d) Menjaga kesucian Pura e) Mendalami ajaran Ketuhanan

Guru Pengajian  Guru di sekolahan • Disebut juga Guru Waktra • Mereka yang memberikan pendidikan atau ilmu pengetahuan terhadap seorang anak dari Taman Kanak – Kanak sampai Perguruan Tinggi. *Ilmu ini akan memberikan penerangan batin dan kebijaksanaan. • Beberapa cara berbakti kepada Guru Wisesa : a) Taat dengan peraturan pemerintah b) Dan berperan dalam menjaga keamanan c) Mencintai Tanah Air d) Membela negara dari segala ancaman e) Menghargai jasa para pahlawan .Guru Rupaka  Orang Tua ( Ayah dan Ibu ) • Disebut juga Guru Reka.yaitu : I.Guru Wisesa  Pemerintah di Negara kita • Mereka yang menjadi Guru Wisesa memiliki kekuatan dan kebijaksanaan dalam melaksanakan tata tertib yang mengatur kehidupan masyarakat. • Mereka sangat besar jasanya dalam melahirkan. Para Widya *Merupakan ilmu pengetahuan yang bersifat kerohanian. II. • Melatih anaknya dari tidak bisa apa – apa menjadi bisa. • Beberapa cara berbakti kepada Guru Rupaka : a) Menuruti segala nasihat orang tua b) Selalu membantu orang tua dalam melaksanakan pekerjaan c) Menjunjung tinggi kehormatan orang tua d) Memperhatikan kesehatan orang tua e) Melaksanakan Upacara Pitra Yajña 3). • Beberapa cara berbakti kepada Guru Pengajian : a) Menghormati guru di sekolah b) Melaksanakan segala nasehatnya c) Tidak mencaci maki guru di sekolah d) Selalu ingat walaupun sudah selesai dididik e) Rajin bersekolah dan tidak pernah bolos 4).Keterampilan. @Secara garis besar pengetahuan di bagi menjadi dua.dll.2).Olahraga.Alam. Apara Widya *Merupakan ilmu pengetahuanyang bersifat duniawi. • Tanpa adanya Guru Wisesa kehidupan tidak ada yang mengaturnya. memelihara dari sejak dalam kandungan sampai anaknya menjadi mandiri. perekonomian menjadi lumpuh dan keamananpun tak terjaga. *Seperti : Ilmu Pengetahuan Sosial.

Ripu : Musuh å Pengertian Sad Ripu : Enam musuh dalam diri manusia yang harus dikendalikan atau disingkirkan. dan alam. sesame manusia. 2). ‡ Arah / tujuan Tri Hita Karana : Mewujudkan kehidupan yang aman. † Beberapa cara yang ditempuh untuk mencapainya adalah : a) Bersembahyang 3x sehari b) Melaksanakan Upacara Yajna c) Melaksanakan Tirtha Yatra.yaitu : 1).Hita : Kesejahteraan 3). † Beberapa cara yang ditempuh untuk mencapainya adalah : a) Menjaga kebersihan lingkungan b) Menanam dan merawat tumbuh – tumbuhan c) Memelihara hewan dengan baik dilandasi dengan kasih sayang. Tri Hita Karana ‡ Tri Hita Karana terdiri dari 3 kata. † Merupakan † Beberapa cara yang ditempuh untuk mencapainya adalah : a) Saling menghormati dan menghargai b) Membantu kesusahan orang lain c) Selalu menebar kasih pada sesama. Parahyangan † Merupakan hubungan yang harmonis antara manusia dengan Sang Hyang Widhi.bagiannya. baik terhadap Tuhan. ‡ Bagian.Tri : Tiga 2). Pawongan hubungan yang harmonis antara manusia dengan sesama manusia.Sad : Enam 2). ‡ Arti penting ajaran Tri Hita Karana : Pedoman bagi setiap orang untuk bisa harmonis.C.yaitu : 1). . Palemahan † Merupakan hubungan yang harmonis antara manusia dengan alam linkungannya. 3).tentram dan bahagia. Sad Ripu å Sad Ripu terdiri dari 2 kata.yaitu : 1). D.Karana : Penyebab ‡ Pengertian Tri Hita Karana : Tiga macam hal yang menyebabkan kesejahteraan.

jengkel. dll. ¤ Sifat ini dapat dikendalikan dengan selalu sabar dan ingat kepada Tuhan.Lobha  Rakus ¤ Sifat ini tidak pernah merasa puas maka dari itu kita harus menyingkirkannya.Mada  Mabuk ¤ Penyebabnya karena minum – minuman keras ( yang beralkohol). 3). kecewa.yaitu : 1). ¤ Mengendalikannya dengan berdoa kepada Tuhan. Matsarya  Iri Hati ¤ Perasaan yang tidak senang melihat keberhasilan orang lain.å Bagian. ¤ Mengendalikannya harus pandai bersyukur. ¤ Mengendalikannya dengan menghindari MIRAS dan NARKOBA. perasaan 4).Krodha  Marah ¤ Penyebabnya yaitu karena tersinggung.bagiannya. obat – obatan terlarang. . 2). dan 5). capek. 6).Karma  Keinginan / Hawa Nafsu ¤ Sifat ini dapat dikendalikan.Moha  Kebingungan ¤ Penyebabnya yaitu karena kesusahan yang amat dalam dan tertekan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful