P. 1
Tugas - pemasaran jasa

Tugas - pemasaran jasa

|Views: 82|Likes:
Published by Didit

More info:

Published by: Didit on Jan 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/29/2011

pdf

text

original

TUGAS I

• Perusahaan Puri Group
Puri Group didirikan pertama kali pada tahun 1999 dengan outlet pertama yang berfokus di bidang Spa di Jl. Pangeran Jayakarta, Jakarta Barat. Dengan suksesnya outlet pertama tersebut, Puri Group selanjutnya mendirikan outletoutlet baru yang terkenal dengan berbagai macam nama seperti Delta, Galaxy, dan New PH. Di tahun mendatang, untuk mengulang kesuksesan selama ini Puri Group akan terus mendirikan outlet-outlet baru di berbagi kota di Indonesia dan akan meningkatkan pelayanan dengan berbagai macam fasilitas baru seperti Karaoke dan Executive Club. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Puri Group untuk menjadi One Stop Entertainment in Hospitality Industry yang berkualitas tinggi dan mengutamakan kepuasan pelanggan. Dalam membangun outletnya, Puri Group selalu mengacu pada konsep gaya hidup (lifestyle). Setiap outlet adalah tempat berkualitas tinggi dimana orang dapat relaksasi, menikmati berbagai macam jenis entertainment, menjamu tamu dan teman tanpa harus bersikap formal sehingga komunikasi menjadi lebih rileks dan lancar, dan tempat yang dapat dinikmati meskipun sendirian. Puri Group selalu mengutamakan kebersihan, kualitas servis, dan suasana atmosphere yang nyaman di setiap outletnya. Setiap outlet juga menyediakan berbagai macam makanan dan minuman untuk para tamu bersantap. Aspek-aspek inilah yang menjadikan outlet-outlet Puri Group istimewa dan unggul sehingga diminati banyak konsumen. Berikut ini contoh perusahaan puri group ; BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dengan menawarkan tarif Rp500 ribu -Rp800 ribu per orang, pengunjung akan mendapatkan kartu simpati perdana, satu pak Sampurna Mild, terompet, dan topi tahun baru, serta aneka door prize. n SAG/E-2 Menyambut Tahun Baru 2009, Grup Hotel Indra Puri Grup menggelar aneka paket menjelang tutup dan buka tahun, sekaligus memperkenalkan lokasi wisata out bound dan pemancingan di Tabek Indah, Hajimena, Lampung Selatan. Paket bertajuk Barbeque New Year Eve 2009 ini dibagi menjadi dua lokasi, yakni di Taman Rekreasi Tabek Indah & Cottage, serta di Balenso, Hotel Indra Puri, kata Ketua Panitia Kegiatan, Fidrian Indrawan, Selasa (10-11). Tahun ini, kami menyediakan paket khusus yang sekaligus memperkenalkan arena rekreasi di Tabek Indah. Menurut Fidrian, ada tiga kegiatan yang bisa dinikmati pengunjung di Taman Rekreasi Tabek Indah, yaitu kegiatan out bound dan lomba memancing, serta acara barbeque (BBQ) plus live music yang menampilkan Mouse Band asal Kota Bandung, Jawa Barat.

"Kebetulan arena out bound kita sudah rampung dan bisa digunakan, jadi arena ini bisa digunakan untuk mengisi perayaan tahun baru. selain itu, pengunjung disuguhi acara makan dan hiburan live music," kata Fidrian di dampingi GM Hotel Indra Puri M. Riswal, koordinator kegiatan out bound Toni, dan Humas Indra Puri Indrawansyah. Artinya, kata Riswal, konsumen atau pengunjung diberi kegiatan yang agak berbeda dari yang lainnya dalam mengisi pergantian tahun, meskipun acara musik dan dinner tetap ada. "Semacam one stop rekreasi lah," ujarnya. Untuk acara out bound, diadakan pada 31 Desember pukul 14.00--21.00, sedangkan lomba memancing dimulai pukul 17.00--21.00. Setelah itu pengunjung bisa menikmati acara BBQ dan menikmati musik. "Kami juga menggelar aneka hadiah dan door prize untuk setiap even kegiatan," kata ketua panitia. Arena out bound sendiri memang belum dibuka secara resmi karena masih menunggu penyelesaian kolam renang dan lima cottage yang ada. "Kami tidak ingin me-launching satu per satu, tapi nanti sekaligus, sekitar Maret 2009 semua fasilitas akan selesai," ujar Fidrian. Untuk paket lomba memancing plus BBQ dan live music per lapak (dua orang) dikenakan tarif Rp600 ribu dengan hadiah utama dua sepeda motor, sedangkan out bound dengan kapasitas 75 orang dikenakan biaya Rp125 ribu/orang. "Jika ada pengunjung yang ingin menikmati BBQ dan live music saja hanya dikenakan tarif Rp100 ribu sampai Rp150 ribu per kepala," kata Fidrian yang membatasi kapasitas pengunjung 250 seat. Khusus di Balenso, Hotel Indra Puri, acara tahun baru menyajikan BBQ dinner aneka rupa, minuman dan makanan ringan, serta live music dengan mendatangkan artis asal Kota Bandung, Mala.

Tugas II
Contoh – Contoh Perusahaan :
• High Contact …… 1. Restoran 2. Salon 3. Fotografi 4. Dokter 5. Sopir • Low Contact ……

1. Perusahaan Air Minum 2. PT. Telkom 3. Perusahaan Listrik 4. Pertamina 5. PT. Pos

TUGAS III
• Major Services Innovations :
Pada perusahaan puri group umumnya hanya berfokus di bidang spa, namun di tahun – tahun sekarang puri group juga telah menambah berbagai fasilitas seperti karaoke, bar, executive club, gymnastic dsb.

Major Process Innovations :
Proses perusahaan yang sukses dalam inovasi menentukan harga dan cara pembayaran adalah Citibank credit card, dimana mereka membuat sistem pembayaran yang simple untuk membeli barang elektronik dengan harga mahal dengan sistem cicilan.

Product Line Extensions :
Dulu sabun deterjen rinso hanya ada satu jenis, kemudian sekarang sudah ada berbagai jenis seperti rinso anti noda, rinso warna, rinso molto, dsb.

• Process Line Extensions :

Perusahaan ERAnet yang sekarang sudah dapat menjual HEPI dari PT Mobile-8 Telecom. Hepi adalah layanan telepon lokal tetap tanpa kabel dengan mobilitas terbatas atau FWA. Untuk sementara produk HEPI dapat dinikmati di 6 kota yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Banjarmasin.

• Suplementary Service Innovations :

Layanan tambahan telepon seluler atau mobile value – added services (VAS) adalah layanan diluar layanan dasar dari perusahaan telekomunikasi (komunikasi suara,voice ).layanan ini memanfaatkan kemampuan teknologi yang berkembang di teknologi seluler dan digunakan untuk membuat sumber penghasilan yang baru.

• Services Improvements :

Perusahaan Toyota dalam melakukan proses perubahan layanan. Misalnya pada bagian accounting. Selama bekerja selama 1 hari dan mengerjakan berbagai pekerjaan yang mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan. mungkin saja terlihat sibuk mengerjakan berbagai pekerjaan, tapi apakah hal tersebut bisa memuaskan customer. Mengapa customer masih menunggu sampai suatu voice selesai di proses ? Mungkin, waktu riil proses suatu invoice hanya 5-10 menit, namun customer harus menunggu hingga 1-2 jam karena invoice tersebut harus menunggu 30 menit untuk dicairkan brkas pendukungnya, 10 menit untuk proses dan pengecekan, 5 menit untuk print out, 30 menit untuk tanda tangan kepala bagian dan sisa waktunya berjalan mondar – mandir. Ada banyak pemborosan waktu yang mungkin dianggap sebagai sesuatu yang lumrah.

• Style Changes :

perubahan terakhir yang terjadi pada All New Accord. Pada Mei 2005, HPM melansir versi terakhir dengan perubahan-perubahan minimalis dan terkonsentrasi pada eksterior. Up-grade ini meliputi model kaca spion samping yang kini dilengkapi dengan lampu sein di samping itu, side sill garnis dibuat sewarna dengan bodi. Pada bonnet, tampilan head lamp diperbaharui dengan reflector yang memiliki model ekslusif. Tak lupa teknologi HID (high intensity discharge) ditambahkan guna meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara di malam hari. Intensitas cahayanya 2 kali lebih baik dari halogen biasa. Lainnya, kini All New Accord telah dilengkapi dengan fitur Security Sistem and Immobilizer Anti Theft System yaitu sistem komputer pada kunci yang mampu mencegah risiko pencurian mobil. Dan terakhir adalah cornering sensor 4 titik yang sangat membantu pengemudi saat parkir. All New Accord menampilkan perpaduan karakter elegan dan sporti. Desain ini dapat diterima oleh kalangan luas, tua maupun muda. Terbukti acungan jempol berkali-kali dilayangkan oleh para juri mengomentari penampilan eksterior yang mengedepankan aura kedinamisan. Beralih ke dalam kabin, komentar positif dilayangkan oleh juri menyimak desain interior yang selain nyaman memiliki nilai keeleganan dan tata letak dan fungsi fitur yang ergonomis dan user friendly. Posisi duduk penumpang depan dapat diatur senyaman mungkin. Sementara pada bagian belakang, memiliki ruang kaki yang lega. Pernakpernik barang bawaan kecil seperti minuman, makanan ringan, ponsel dan lainnya dapat disimpan di tempat penyimpanan yang terdapat pada beberapa titik. Untuk pemantauan kinerja mesin dan kelengkapannya dapat disimak dengan jelas melalui cluster meter berdesain besar.

Respon positif lainnya didapat melalui kinerja suspensi dan mesin. Stabilitas yang diberikan All New Accord patut diacungi jempol. Karakternya mampu mengakomodir beragam sisi pengendaraan, mantap dalam melakukan manuver di kecepatan tinggi dan masih nyaman ketika melewati jalan bergelombang dan ‘keriting’. Selama melakukan city orientation, gejala negatif berkendara seperti understeer memang terjadi namun dalam skala kecil saja. Untuk unjuk kerja mesin, power to weight ratio terasa sangat berimbang. Hal tersebut menghadirkan nilai positif, karena power terasa pada berbagai putaran, lowend hingga highend. Dengan seluruh respon positif tersebut memang pantas bila All New Accord akhirnya terpilih sebagai juara. Keunggulan lainnya terletak pada brand image yang cukup kuat dari Honda di pasar otomotif Indonesia dan value for money yang baik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->