P. 1
KLIPING OLAHRAGA

KLIPING OLAHRAGA

|Views: 43,032|Likes:
Published by RidLwan Insyaaff

More info:

Published by: RidLwan Insyaaff on Jan 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2013

pdf

text

original

KLIPING OLAHRAGA

Oleh : Nur Halimah Kelas : IX C

Jalan kaki merupakan olahraga murah tapi menyehatkan. Bahkan, bisa bikin langsing. Risiko cedera pun amat kecil. Banyak alasan seseorang melakukan latihan jalan kaki. Tahu atau tidak alasan sebenarnya, umumnya mereka menyatakan alasan kesehatan. Benar! Jalan kaki memang memberi manfaat kesehatan pada jantung, otot dan persendian, tulang, metabolisme, bobot badan, dan pikiran. Segudang manfaat Dengan jalan kaki teratur sistem dalam tubuh menjadi lebih baik dalam pengaturan gula darah. Karenanya, banyak penderita diabetes mellitus dapat mengurangi kebutuhan insulin bila mereka melakukan latihan jalan kaki. Jalan kaki pula yang merupakan olahraga ideal untuk menjaga bobot badan, karena dapat meningkatkan penggunaan kalori, mengendalikan nafsu makan, dan membakar lemak. Kalau jumlah kalori yang kita gunakan untuk jalan kaki sama dengan yang kita konsumsi, kita dapat memelihara bobot badan. Jika kalori yang terbakar lebih banyak dari yang kita konsumsi, kita bisa menurunkan bobot badan. Yang tak kalah pentingnya, jalan kaki dapat meningkatkan gambaran diri serta mengurangi depresi (susah berkepanjangan) dan kecemasan. Hasil penelitian menyatakan, nilai aerobik jalan kaki termasuk baik. Penelitian di Universitas Wake Forest Carolina Utara pada 1971 menunjukkan, terjadinya peningkatan 18% dalam konsumsi oksigen serta penurunan bobot badan dan lemak pria tengah baya yang melakukan program jalan kaki selama 20 minggu.

Sementara, penelitian di Universitas Massachusetts pada 1987 melaporkan, 67% pria dan 91% wanita yang diteliti dapat mencapai denyut nadi dalam zona latihannya pada waktu mereka jalan 1,6 km secepat-cepatnya dapat mereka lakukan. Penelitian menunjukkan pula bahwa pria dan wanita yang telah mencapai puncak kebugaran dapat memperoleh manfaat aerobik dari jalan kaki.

Pepatah yang sering menyebutkan bahwa jiwa yang sehat menuntun pada kesehatan fisik ternyata memang benar. Hasil penelitian yang dilakukan di University of Pittsburgh Medical Center mengungkapkan bahwa membentuk diri agar selalu bersikap optimis dan berpikir positif tak hanya membuat diri kita lebih semangat menjalani hidup. Rupanya hal ini juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh, terutama jantung. Sebaliknya, mereka yang selalu berpikiran negatif dan pesimis akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan mempercepat kematian. Demikian keterangan yang dikutip dari Medical News Today, Jumat (14/8/2009). "Penyebab utamanya kami tidak tahu pasti. Namun terbukti bahwa sikap kita sangat berpengaruh terhadap penyakit jantung dan kesehatan," kata Hilary A. Tindle yang memimpin penelitian ini. Dalam studi ini, Tindle dan timnya menganalisa perkembangan sebanyak 97.000 dari 162.000 wanita yang berada pada masa postmenopause. Sebelumnya mereka terlibat sebuah studi yang berlangsung selama 15 tahun. Ketika penelitian dimulai, tidak seorang pun dari mereka memiliki penyakit jantung. Mereka kemudian diminta melengkapi survei yang diancang untuk mengetahui tingkat optimisme, tingkat kebencian dan sikap pesimisme mereka.

Delapan tahun kemudian, diketahui bahwa hasilnya menelurkan kesimpulan, perempuan dengan skor paling tinggi dalam menunjukkan rasa optimisme mereka berisiko sembilan persen lebih kecil mengalami penyakit jantung. Selain itu mereka pun memiliki 14 persen risiko lebih kecil mengalami kematian akibat banyak hal dibandingkan perempuan dengan skor terendah. (srn) (14 Agustus 2009)

Menarik napas dalam-dalam, seperti yang lazim dilakukan pada olahraga pernapasan, sebenarnya merupakan suatu sarana yang membantu tubuh untuk mengubah udara yang dihirup menjadi energi. Aliran udara berenergi ini mampu menghasilkan tenaga dalam yang akan disebarkan ke seluruh bagian tubuh. Efeknya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketegangan otot di seluruh tubuh, menyegarkan kembali pikiran yang lelah, atau meringankan rasa sakit di bagian-bagian tubuh tertentu. Namun demikian, bukan berarti kondisi kesehatan yang menyeluruh hanya bergantung pada olahraga pernapasan saja. Anda tetap membutuhkan olahraga lain, yaitu olahraga aerobik intensitas sedang hingga tinggi. Sedangkan pada umumnya olahraga pernapasan termasuk dalam kategori aerobik low impact berintensitas rendah, sehingga sulit mencapai target heart rate yang diharapkan. Untuk menyiasatinya seperti dikutip tipssehat.com, disarankan untuk membuat variasi latihan olahraga setiap minggunya. Misalnya hari Senin berjalan kaki selama setengah jam, hari Rabu bersepeda setengah jam dan kemudian hari Sabtu olahraga pernapasan selama satu jam. Dengan begitu, Anda dapat memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk mencapai kesehatan jantung dan paru-paru maksimal. Bagi Anda yang aktif dalam kegiatan olahraga lain yang spesifik, seperti tenis atau joging, pernapasan dalam dapat meningkatkan stamina dan memperbaiki prestasi. Otot-otot dan susunan saraf menjadi lebih responsif, terkendali dan terkoordinasi dengan baik, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk melakukan gerakan-gerakan yang sulit sekalipun. Apalagi bagi Anda yang sering melakukan pekerjaan berat atau aktivitas yang padat setiap harinya, kegiatan seperti ini dapat merengganggkan otot saraf Anda sehingga otot tidak tegang dan dapat melakukan aktivitas dengan bik setiap hari. (cr1)........5 Februari 2009.

Sudah berolahraga dengan rutin? Jika Anda sudah melakukannya, pasti sudah banyak pula manfaat yang Anda rasakan selama ini. Baik yang dapat dirasakan secara langsung, maupun yang Anda alami dalam jenjang waktu tertentu. Semua manfaat tersebut, merefleksikan keseriusan dan usaha yang Anda lakukan dalam latihan rutin. Namun lebih dari itu, banyak hal yang sebetulnya bisa Anda dapatkan dengan berolahraga. Tidak hanya terwujud pada kesehatan fisik dan kesegaran mental, tapi aktivitas ini juga memberikan kebanggan atas apa yang Anda jalani dengan tekun. Misalnya, sebagai atlet yang memperoleh prestasi dalam kagiatan keolahragaan. Dengan demikian, timbul rasa senang dan tidak sedikit orang yang menjadikan olahraga sebagai hobby yang harus dipuaskan.

1.

Untuk Kesehatan. Sudah pasti jika olahraga yang kita lakukan dengan baik dan

benar dalam porsi dan prosedur latihan yang pas, baik yang secara langsung maupun tidak langsung, akan membawa hasil postif bagi kesehatan fisik juga psikis bagi pelakunya. Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak menimbun penyakit di kemudian hari akibat pola hidup yang tidak kita kontrol dan tidak diimbangi olahraga. Sesuai dengan anjuran para ahli, terlalu jarang bergerak tidak akan membuat tubuh kita merasa segar dan ini bisa berakibat pada labilnya keadaan struktur tulang.

Sejarah lompat jauh Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Olahraga lompat jauh dipertandingkan pada sekitar tahun 1869. Atletik modern biasanya diorganisir sekitar lari 400m di trek di hampir semua even yang ada. Acara lapangan (melompat dan melempar) biasanya memakai tempat didalam trek. Atletik termasuk didalam Olimpiade modern di tahun 1896 dan membentuk dasar-dasarnya kemudian Wanita pertamakali dibolehkan berpartisipasi di trek dan lapangan dalam event Olimpiade tahun 1928. Sebuah badan pengelola internasional dibentuk, IAAF dibentuk tahun 1912. IAAF menyelenggarakan beberapa kejuaraan dunia outdoor di tahun 1983. Ada beberapa pertandingan regional seperti kejuaraan Eropa, Pan-American Games dan Commonwealth Games. Sebagai tambahan ada sirkuit Liga Emas professional, diakumulasi dalam IAAF World Athletics Final dan kejuaraan dalam ruangan seperti World Indoor Championship. Olahraga tersebut memiliki profil tinggi selama kejuaraan besar, khususnya Olimpiade, tetapi yang lain kurang populer. AAU (Amateur Athletic Union) adalah badan pengelola di Amerika Serikat sampai runtuh dibawah tekanan profesionalisme pada akhir tahun 1970. Sebuah badan baru bernama The Athletic Congress (TAC) dibentuk, dan akhirnya dinamai USA Track and Field (USATF atau USA T&F). Sebuah tambahan, organisasi dengan struktural yang lebih kecil, Road Runner Club of America (RRCA) juga ada di USA untuk mempromosikan balap jalanan. Di masa modern, atlet sekarang bisa menerima uang dari balapan, mengakhiri sebutan “amatirisme” yang ada sebelumnya.

Kejuaraan bulutangkis telah usai, dari tiga finalis yang ditempatkan Indonesia di final kejuaraan yang digelar di Arrowhead Pond, Anaheim, California, Amerika Serikat ini akhirnya Indonesia berhasil meraih dua gelar dengan poin penuh. Juara Olimpiade Taufik Hidayat berhasil menundukkan pemain peringkat satu dunia asal Cina Lin Dan dan menyabet gelar juara tunggal putra dengan perhitungan poin 15-3, 15-7 dalam 36 menit. Putra Indonesia kembali menyuguhkan medali emas kategori ganda campuran yang diraih pasangan Nova Widianto dan Lilyana Natsir setelah menebas pasangan Cina Xie Zhongbo dan Zhang Yawen 13-15, 15-8, 15-2. Sebuah kemenangan pertama yang diraih pasangan peringkat empat dunia itu sekaligus gelar ganda campuran pertama setelah 25 tahun.

Sayang perjalanan Candra Wijaya dan Sigit Budiarto tak begitu mulus saat Tony Gunawan dan Howard Bach berhasil mengalahkannya dengan rubber set 11-15, 15-10, 11-15. Kemenangan ini adalah sebuah sejarah baru dalam lembaran olahraga bulutangkis mereka karena untuk pertamakalinya mereka merebut gelar dalam sebuah kejuaraan dunia, yang pertamakali diselenggarakan pada 1977.

Citius Altius Fortius. Lebih cepat, lebih tinggi, lebih jauh begito motto olimpiade modern. Setiap kali pesta olahraga akbar sedunia itu digelar, semua menunggu dengan tegang pecahnya rekor-rekor baru. Namun dalam beberapa dekade terakhir ini pemecahan rekor semakin sulit dilakukan. Dalam cabang olahraga klasik, seperti atletik, renang, lompat tinggi atau lompat jauh selisih waktu antara rekor lama dengan rekor baru, seringkali hanya seperseratus detik atau seperseratus sentimeter. Para ilmuwan selalu bertanya, seberapa cepat, tinggi dan kuat prestasi para atlit unggulan? Atau lebih umum lagi, dimana batas kemampuan manusia? Para pakar olahraga terus meneliti ambang batas ketahanan tubuh manusia, juga di kalangan bukan atlit unggulan.

Para peneliti di institut ilmu pengetahuan olahraga serta pusat penelitian olimpiade di Stuttgart, terus melakukan penelitian menyangkut batasan ketahanan tubuh manusia. Pertanyaan mendasarnya adalah, apakah terdapat batasan final kemampuan tubuh manusia? Dalam arti prestasi puncak sudah tidak bisa dilampaui lagi?

Untuk penelitian itu di aula institut untuk olahraga dan ilmu pengetahuan gerak badan di Stuttgart dipasang berbagai peralatan penelitian. Sosok peralatannya mirip gabungan alat penyiksaan dan kursi dokter gigi yang dilengkapi berbagai alat ukur. Disinilah aktivitas dan kemampuan olahragawan dipacu sekaligus diukur secara ilmiah. Antara lain diukur daya serta kekuatan otot bahu dan lengan, otot perut dan punggung serta otot paha dan pinggul. Para atlit melakukan gerakan menarik atau mengangkat, sit-up, melompat dan lain sebagainya. Untuk mengukur daya atau kekuatan lompatan, atlit melompat ke sebuah bidang di lantai yang telah dilengkapi berbagai sensor. Dengan begitu dapat diukur ketinggian atau jarak sebuah lompatan.

Tentu saja dalam latihan atau pertandingan olahraga prestasi atlit kadangkala mengalami cedera. Untuk itu dikembangkan metode untuk penyembuhannya secara efektif. Peneliti di institut olahraga Stuttgart, Dr.Dieter Bubeck menggambarkan : “Kasusnya adalah, dalam penelitian sebelumnya atlet ini melakukan test yang sulit dan mengalami cedera. Kedua otot bahunya harus dioperasi. Berdasarkan hasil penelitian, kami mengetahui bagaimana otot yang cedera itu harus dipulihkan. Dengan itu kami dapat memberikan saran optimal bagi pakar rehabilitasi.“

Olahraga memberikan manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita. Untuk sehat, kegiatan olahraga menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Olahraga juga sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. Yang tak kalah penting, olahraga juga bermanfaat untuk kecantikan. Dampak positif olahraga akan terlihat pada kulit Anda. Kulit yang sehat dan segar tentu akan menambah kecantikan. Kesehatan dan kecantikan kulit merupakan dambaan setiap wanita. Berbagai produk kecantikan digunakan agar membuat kulit sehat, cantik dan mulus. Beberapa wanita menyiasati keindahan kulitnya agar terlihat muda dengan menggunakan make up. Selain itu, pola makan sehat juga turut menunjang keindahan dan kesehatan kulit. Ada juga yang menggunakan cara-cara tradisional untuk keindahan dan kecantikan kulit, seperti menggunakan coklat ataupun strawberry. Namun dari berbagai cara dan metode untuk mempercantik kulit, jangan lupa berolahraga. Apa saja manfaat olahraga untuk kulit Anda? Membantu mengeluarkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh Asap rokok, polusi udara atau bahan kimia pada produk kecantikan berdampak buruk pada kulit kita. Radikal bebas akibat hal tersebut merusak kulit sehingga dapat menyebabkan keriput atau flek. Dengan berolahraga, racun yang ada dalam tubuh kita dapat dikeluarkan. Sirkulasi darah yang baik menyebabkan distribusi nutrisi untuk kulit diserap maksimal dan membantu mengeluarkan racun yang ada di kulit. Merangsang produksi kolagen Kolagen adalah zat pengisi sel kulit yang membuat kulit menjadi kenyal dan kencang. Seiring

bertambahnya usia, produksi kolagen semakin menurun dan berkurang yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan berkerut. Produksi kolagen dapat dipacu dengan melakukan olahraga rutin karena sel kulit akan mendapatkan oksigen dan distribusi nutrisi yang baik sehingga kulit akan bersinar dan lentur. Mencegah timbulnya jerawat Hal ini karena olahraga membantu mengontrol produksi hormon DHEA dan DHT yang memicu timbulnya jerawat. Penyebab lain jerawat adalah karena stres. Saat stres akan diproduksi hormon yang juga memicu jerawat. Tetapi, hasil penelitian membuktikan bahwa kebanyakan stres akan berkurang bila Anda berolahraga teratur sehingga jerawat tidak akan muncul. Mengurangi selulit Selulit terjadi akibat jalinan fibroblast tertarik dan membentuk kantung lemak. Selulit umumnya ada di bokong, paha belakang atau lengan dan membuat kulit menyerupai kulit jeruk. Kehadiran selulit akan mengganggu penampilan Anda. Saat berolahraga, tubuh mengalami proses pembentukan dan peregangan otot sehingga selulit yang ada dapat dihilangkan. (23 Februari 2009)

Olahraga TARUNG DERAJAT merupakan Seni Ilmu Beladiri karya cipta seorang putra bangsa Indonesia, yaitu Guru Haji Achmaad Dradjat atau yang lebih dikenal dengan nama julukan Aa Boxer. Daya cipta Olahraga Tarung Derajat adalah merupakan reaksi dan refleksi berbagai tekanan yang menyentuh pada Otot, Otak dan Nurani, seperti tindak kekerasan fisik, penganiayaan, perkelahian, pemerasan, penghinaan dan penguasaan hidup oleh

manusia yang tidak bermoral dan tidak bertanggung jawab dalam kehidupan seharihari. Dari renungan pengalaman itu, mencuat pemikiran, perasaan dan keyakinan bahwa pada setiap tindak kekerasan, penganiayaan, perkelahian serta ilmu pembelaan diri ada suatu tindak gerakan fisik yang serupa, yaitu memukul, menendang, menangkis, membanting, menghindar dlsb. Gerakan-gerakan tersebut sesungguhnya adalah hak alamiah yang dimiliki setiap manusia sebagai kelengkapan hidup bawaan lahir yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa kepada segenap mahluk hidup ciptaannya, misalnya Naluri, Insting, dan Garizah (suatu dorongan kuat yang tidak disadari untuk berbuat sesuatu dalam mempertahankan diri atau bertahan hidup). Fikiran, Rasa dan Keyakinan yang didasari oleh hikmah pengalaman diatas serta karena melekatnya hasil didikan Akhlak budipekerti dan Ajaran Agama yang diterapkan kedua orang tua dan tertanam secara terpelihara sejak masa kecil (hal tersebut adalah merupakan IMAJINASI), membangkitkan Tekad semangat serta Keinginan keras untuk menciptakan pola serta bentuk olah fisik yang tersendiri, khususnya didalam mengolah gerakan-gerakan pukulan, tendangan, tangkisan, hindaran, bantingan, kuncian, dan gerak bertahan menyerang lainnya yang Praktis dan Efektif dalam Mempertahankan dan Menahan Diri, dengan mengembangkan gerak-gerak Reflek alamiah secara Realistis dan Rasional (hal itu disebut KREATFITAS). Semua itu dilatih secara Keras, Ulet dan Berdisiplin, dilaksanakan dengan terus menerus dan berkesinambungan, menegakkan aturan dan menjalani hukuman latihan yang dibuat sendiri secara Konsisten, Dinamis dan penuh rasa tanggung jawab dengan segala resiko dan konsekwensinya. Proses penempaan fisik-mental dan pengembangan pola gerak seluruh anggota badan dan bagian-bagiannya yang alamiah, pencarian tempat-tempat alami dan arena lainnya yang cocok guna menempa diri serta penggalian Teknik, Taktik dan Strategi serta metoda beladiri yang Akurat dan Bermanfaat, dilakukan dalam menghadapi dan mengatasi sekaligus menjawab tantangan hidup ditengah kerasnya arena kehidupan serta mampu membentengi diri dari perbuatan hidup yang tidak bertanggung jawab dan merusak tatanan kemanusiaan. Hasil-hasil yang telah dikuasai secara bertahap namun pasti, dipraktekan dalam setiap kesempatan keseharian. Kemudian juga, diambil langkah-langkah tindakan strategis yang tersendiri dalam membandingkan dan mentandingkan dengan seni ilmu beladiri lain (itu adalah KEBERANIAN MORAL). Seluruh rangkaian proses Penempaan diri itu diarahkan pada terciptanya suatu Seni Ilmu Olahraga Beladiri yang memiliki ciri khas dan kemandirian tersendiri yang realistis dan rasional, yaitu Ilmu Bela Diri Reaksi Cepat dengan garakan yang Praktis dan Efektif.

Rasanya sudah biasa kalo guru olahraga senang dengan olahraga apa lagi berolahraga dengan cabang yang paling populer dan mendunia yaitu SEPAKBOLA. Tapi kali ini lebih dari bermain sepak bola, kali ini adalah pertama kalinya kita bermain bola bareng. Sebelumnya kita belum pernah maen bola bareng, walau mungkin ada yang sebagian sudah bermain bersama. Kami baru meninjak semester pertama di program Penjaskes S1 Kualifikasi Guru JPOK-FKIP-UNS, yang nota bene baru sekitar 5 bulan berteman akrab. Kesebalasan Gagak Sipat adalah lawan kami dalam laga uji coba yang dipersiapkan guna menghadapi PORANTING JPOK-FKIP-UNS. Awala permainan begitu berjalan dengan tempot lampat, bermain bola-bola pendek menjadi pemandangan yang sangat enak ditonton. Skill yang diatas rata-rata pun mulai ditunjukkan oleh teman-teman kuliah ini yang sebagian besar sudah mengajar menjadi guru olahraga diberbagai tingkat pendidikan. Walau baru pertama kalinya kami bermain tapi kekompakan terlihat dalam permainan ini. Komunikasi pun juga berjalan dengan lancar menambah kekompakan para pemain ditengah lapang. Tak ketinggalan juga aksi suporter dari sisi lapangan menambah semarak pertandingan ini. Awal babak pertama peluang demi peluang selalu didapat oleh tim kami, sebut saja Wahyu Dina “DP” dan Agus Wicaksono ” yang diplot sebagai striker belum mampu membobol gawang lawan sepanjang babak pertama. Baru pada babak kedua Wahyu Diana “DP” memcetak gol dengan memanfaatkan bola ribbon hasil tendangan bola mati dari Catur. Permainan kedua tim semakin memanas, dan akhirnya gawang lawanpun harus kebobolan lagi setelah Ari Prasetyo “guruolahraga.com” pemain yang masuk dibabak kedua ini mencetak gol ke gawang lawan. Sungguh sangat berarti olahraga bagi persahabatan, sarana kerjasama, dan saling menjaga sangat kental didalamnya. Dan alangkah senangnya aku dapat bermain bola dengan guru olahraga.

SMK Labor membangun. Itulah kata yang tepat diungkapkan. Terlihat dalam beberapa bulan ini, SMK Labor terus menggesa pembangunan sarana olahraga. Pembangunan sarana olahraga tersebut dikemas dalam satu paket di mana lapangan bola voli, basket, bulutangkis, sepakbola, dan takraw, di buat pada satu tempat

dengan metode buka-tutup, sehingga nantinya lapangan tersebut akan menjadi sebuah lapangan serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk setiap jenis kegiatan olahraga. Percepatan pembangunan sarana olahraga sangat perlu dilakukan; hal ini dikarenakan tuntutan kurikulum dibidang olahraga yang mengharuskan tersedianya sarana olahraga yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Disinggung dana pembangunan sarana olahraga tersebut, menurut bendahara SMK Labor; Yuli Wastuti, S.Pd., mengatakan bahwa dana berasal dari uang SPP siswa/i SMK Labor setiap bulannya, “Dana untuk pembangunan sarana olahraga ini berasal dari uang SPP siswa/i SMK Labor setiap bulanya”, ujarnya. Dengan adanya pembangunan dibidang olahraga ini diharapkan pembinaan siswa/i SMK Labor dapat dilakukan secara intensif agar kelak timbul bibit-bibit olahragawan unggul dari SMK Labor yang akan mengharumkan nama SMK Labor kelak. Serta adanya sarana olahraga tersebut kiranya dapat dimanfaatkan secara maksimal, tentunya partisipasi guru dan siswa sangat diharapakan agar sarana yang dibangun dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya dan seoptimal mungkin. (HT)

LARI JARAK PENDEK Pengertian umum Lari jarak pendek adalah lari yang menempuh jarak antara 50 m sampai dengan jarak 400 m. oleh karena itu kebutuhan utama untuk lari jarak pendek adalah kecepatan. Kecepatan dalam lari jarak pendek adalah hasil kontraksi yang kuat dan cepat dari otot-otot yang dirubah menjadi gerakan halus lancer dan efisien dan sangat dibutuhkan bagi pelari untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi. Seoarang pelari jarak pendek (sprinter) yang potensial bila dilihat dari komposisi atau susunan serabut otot persentase serabut otot cepat (fast twitch) lebih besar atau tinggi dengan kemampuan sampai 40 kali perdetik dalam vitro disbanding dengan serabut otot lambat (slow twitch) dengan kemampuan sampai 10kali perdetik dalam vitro. Oleh karena itu seorang pelari jarak pendek itu dilahirkan /bakat bukan dibuat. Suatu analisa structural prestasi lari jarak pendek dan kebutuhan latihan dan pembelajaran untuk memperbaiki harus dilihat sebagai suatu kombinasi yang kompleks dari proses-proses biomekanika, biomotor, dan energetic.

Lari jarak pendek bila dilihat dari tahap-tahap berlari terdiri dari beberapa tahap yaitu : tahap reaksi dan dorongan (reaction dan drive) tahap percepatan (acceleration) tahap tansisi/perobahan (transition) tahap kecepatan maksimum (speed maximum) tahap pemeliharaan kecepatan (maintenance speed) finish tujuan lari jarak pendek adlah untuk memaksimalkan kecepatan horizontal, yang dihasilkan dari dorongan badan ke depan. Kecepatan lari ditentukan oleh panjang langkah dan frekuensi langkah (jumlah langkah persatuan waktu). Oleh karena itu, seorang pelari jarak pendek harus dapat meningkatkan satu atau kedua-duanya. Urutan Gerak Keseluhan Urutan gerak dalam berlari bila dilihat dari tahap-tahapnya adalah tahap topang yang terdiri dari topang depan dan satu tahap dorong, serta tahap melayang yang terdiri dari tahap ayun ke depan dan satu tahap pemulihan atau recovery. Tahap Topang (support phase), pada tahap ini bertuuan untuk memperkecil penghambatan saat sentuh tanah dan memaksimalkan dorongan ke depan. Bila dilihat dari sifat-sifat teknisnya adalah mendarat pada telapak kaki (ballfoot). Tahap melayang (flaying phase), pada tahap ini bertujuan untuk memaksimalkan dorongan ke depan dan untuk mempersiapkan suatu penempatan kaki yang efektif saat sentuh tanah. Bila dilihat dari sifat-sifat teknis pada tahap ini adalah lutut kaki ayun bergerak ke depan dank e atas (untuk meneruskan dorongan dan menambah panjang langkah) Tahap – Tahap Pembelajaran Pembelajaran lari jarak pendek (sprint) terdiri dari beberapa tahapan, yaitu : Tahap Bermain (games) Tahap Teknik Dasar (Basic of Technic) Tahap Bermain Pada tahap ini bertujuan untuk mengenalkan masalah gerak (movement problem) lari jarak pendek langsung, dan cara lari jarak pendek yang benar ditinjau secara anatomis, memperbaiki sikap berlari jarak pendek serta meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa. Tujuan khusus dalam bermain lari jarak pendek adalah meningkatkan reaksi bergerak, kecepatan dan percepatan gerak siswa, serta koordinasi gerak siswa dalam berlari. Dalam bermain aa beberapa bentuk yang dapat diberikan, yaitu bentuk perorangan, kelompok kecil atau kelompok besar. Tahap Teknik Dasar (Basic of Technic) Tahap ini bertujuan untuk mempelajari dasar gerak lari jarak pendek yang sistematis. Adapun tahap-tahapnya sebagai berikut :

b.1. Latihan Dasar ABC Tahap ini bertujuan mengembangkan keterampilan dasar lari dan mengembangkan koordinasi gerak lari jarak pendek. Adapun latihannya adalah : Tumit menendang pantat (A) ; Gerak ankling (B); lutut diangkat tinggi (C) ; Lutut diangkat tinggi dan kaki diluruskan (D). b.2. Latihan Dasar Koordinasi ABC Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan keteramilan dan koordinasi lari cepat. b.3. Lari Cepat Dengan Tahanan Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan tahap dorong atau support phase dan kekuatan khusus. Pada tahap ini dapat menggunakan tahanan dari teman atau suatu alat penangan misalnya ban mobil atau beberapa ban motor, lakukan dngan tidak melebihi berat tahanan, serta guru memperhatikan kaki topang betul-betul lurus dan kontak dengan tanah sesingkat mungkin. b.4. Lari Mengejar Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan kecepatan reaksi dan percepatan lari. Latihan ni dapat menggunakan tomgkat atau tali sepanjang 1,5 m; mulailah dengan berlari pelan-pelan setelah teman pasangan di depan melepaskan tongkat atau tali siswa yang dibelakang mengejar sampai batas yang telah ditentukan. b.5. Lari Percepatan Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan lari percepatan dan keceatan maksimum. Buatlah tanda untuk menandai daerah 6 m, satu teman menunggu di ujung batas yang telah ditentukan, dan pelari yang dibelakang berlari optimum dan percepatlah berlari bila pelari yang dating mencapai daerah 6 m dan pelari yang di depan mulai berlari secepat mungkin bila pelari belakang telah menginjak garis 6 m dibelakangnya. b.6. Start Melayang Lari Sprint 20 m Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan kecepatan maksimum. Untuk melakukannya buatlah tanda 20 m dan gunakan awalan antara 20 sampai 30 m tetapi bias disesuaikan dengan keadaan lapangan antara 10 sampai 20 m, selanjutnya siswa berusahamelewati batas yang telah ditentukan dengan kecepatan maksimum.

BOLA TANGAN A. Sejarah bola tangan Masa Yunan Kono Olahraga bola tangan merupakan salah satu olahraga yang sampai saat ini dapat ditelusuri kebenaran sejarahnya dan telah berusia sangat tua. Sebuah fakta yang meyakiinkan telah menunjukkan bahwa seorang laki-laki akan senantiasa lebih mahir menggunakan tangan dari pada kakinya. Sebagaimana telah diklaim oleh sejarawan olahraga terkenal, bahwa ia memainkan bolatangan jauh lebih awal dari pada sepakbola. Permainan bolatangan yang dimainkan pada masa Yunani kuno merupakan sebuah isyarat terciptanya olahraga bolatangan modern. Dimana bentuk permainan dan peraturannya masih sangat berbeda. Permainan “urania” yang dimainkan oleh orang-orang Yunani kuna dan Harpaston yang dimainkan oleh orang-orang Romawi. Sebagaiman dalam “Fangballspiel” atau permainan “tangkap bola” yang diperkenalkan dalam sebuah lagu oleh seorang penulis puisi Jerman bernama Walther Von der Vogelwiede, dimana semua keterangan tersebut merupakan tanda-tanda pasti yang bias digambarkan sebagai bentuk kuno dari permainan bolatangan. Di Perancis, seorang yang bernama Rabelais menggambarkan bentuk permainan bolatangan dengan “mereka bermain bola tangan menggunakan telapak tangan mereka”. Lebih jauh lagi, pada tahun 1793 masyarakat Inuit yang hidup didataran hijau menggambarkan dan membuat ilustrasi permainan bola dengan menggunakan tangan. Pada tahun 1848 seorang administrasi olahraga Denmark memberikan izin untuk “permainan bolatangan” agar dimainkan di sekolah lanjutan di Ortup Denmark dan mendorong untuk segera menyertakan aturan dalam permainan bolatangan. B. Beberapa jenis tembakan dalam permainan bolatangan 1. Center Shot (tembakan tengah) · bagi yang menggunakan tangan kiri : kaki kanan didepan, tangan kanan : kaki kiri didepan · pada saat bersamaan tarik lengan di atas bahu sampai ke belakang · lengan bagian depan membentuk sudut 90 derajat dengan lengan atas · pinggang berputar ke samping bersama-sama dengan lengan lempar

· tangan dibelakang bola, jari-jari tangan di bentangkan dengan luwes · langkah ketiga dan terakhir saat ke depan harus lebar dan kuat · kaki menghadap ke arah gawang · tangan di belakang bola, namunbola jangan di tekan keras · ketika kaki yang lain meninggalkan lantai, lengan yang digunakan untuk melempar setinggi telinga. Center Shot When Running (tembakan tengah dengan berlari) Bola dipegang dengan kedua tangan Kaki kanan berada di udara ketika menangkap Bagi yang menggunakan tangan kanan: kaki kiri di depan, tangan kiri: kaki kanan di depan Pada langkah terakhir, bola di bawa setinggi bahu Langkah terakhir :lebar dan kuat Lengan ditarik kebelakang kemudian segera lepaskan ke depan dengan kuat Center Shot Hip Height (tembakan pinggang) Bola dipegang dengan kedua tangan Kaki kanan berada di udara ketika menangkap Bagi yang menggunakan tangan kanan: kaki kiri di depan, tangan kiri: kaki kanan di depan Pada langkah terakhir, bola dibawa setinggi bahu Langkah terakhir : lebar dan kuat Lengan ditarik ke belakang kemudian segera lepaskan ke depan dengan kuat. Flying shot (tembakan melayang) Selama lari ke depan, bawa bola setinggi bahu Langkah ketiga kuat dan lebar Di udara, pinggang sebaiknya ditarik kebelakang bersamaan dengan lengan lempar Tarik kedua kaki ke atas secara horizontal Pinggang tarik ke belakang Lengan mengikuti gerakan ke depan dengan kuat Mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan pemain dengan tangan kanan: meloncat dengan kaki kiri pemain dengan tangan kiri : meloncat dengan kaki kanan. Flaying Shot When Running (tembakan melayang dengan berlari) Selama lari ke depan, bawa bola setinggi bahu Lanhkah ketiga kuat dan lebar Di udara, pinggang sebaiknya ditarik ke belakang bersamaan dengan lengan lempar Tarik kedua kaki ke atas secara horizontal Pinggang tarik ke belakang Lengan mengikuti gerakan ke depan dengan kuat Mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan pemaqin dengan tangan kanan: meloncat dengan kaki kiri pemain dengan tangan kiri : meloncat dengan kaki kanan.

Dive shot (tembakan berbalik) Posisi awal tembakan ini ialah membelakangi gawang Loncat tumpuan dengan satu atau dua tangan Bengkokkan badan ke depan dengan pergelangan kaki, lutut dan dua pinggang, dan pandangan ke gawang Setelah melakukan tembakan, kedua lengan menyentuh lantai secara langsung Kedua kaki harus membentuk sudut 90 derajat Gelincirkan badan saat dada menyentuh lantai Dada, perut, dan kaki depan menggelincir ke lantai sambil kedua tangan mendorong badan ke atas menjauhi lantai

SEPAK BOLA Teknik Penguasaan Bola Yang penting dan harus selalu dilatih dalam permainan sepakbola adalah : Teknik menendang bola menendang bola dengan kaki muka penuh menendang bola dengan kaki muka bagian dalam menendang bola dengan kaki bagian dalam Menghentikan dan mengontrol bola menghentikan dan mengontrol bola dengan telapak kaki, untuk bola yang jatuh ke tanah. Menghentikan bola dengan kaki muka penuh, untuk bola yang masih melambung di udara Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam Menghentikan bola dengan perut Menghentikan dan mengontrol bola dengan dada Menghentikan bola dengan menggunakan kepala Menghentikan bola dengan menggunakan paha Teknik membawa atau menggiring bola (dribbling) menggiring bola dengan kaki muka penuh menggiring bola dengan kaki bagian dalam dari kura-kura tadi

menggiring bola dengan kaki bagian dalam atau bagian luar teknik gerakan Gerakan tipu yang terbaik adalah gerakan tipu badan (body playing) waktu kita menggiring bola. Karena gerak tipu yang kita kerjakan dengan badan sangat penting dan banyak digunakan dalam permainan, maka perlu latihan yang intensif. Gerak tipu dapat kita kerjakan dengan mengendalikan kepada ketepatan, kecepatan dan kelincahan bergerak untuk kita guanakan pada saat dan keadaan yang tepat serta menguntungkan.

Teknik menyundul bola Menyundul bola harus memakai dahi dan mata harus selalu terbuka (jangan sekali-kali mata tertutup). Biasanya digunakan untuk memberi umpan kepada teman atau untuk mencetak gol. Teknik melempar bola ke dalam Ketika bola meninggalkan lapangan permainan dinyatakan out, maka agar permainan dapat dilanjutkan seorang pemain melempar bola ke dalam lapangan kembali (melakukan throw in).

DASAR-DASAR PERMAINAN BOLA BASKET Untuk menjadi pemain yang baik perlu menguasai fumdamental (dasar-dasar teknik, taktik dan strategi) dari permainan bola basket ini. Dengan menguasai petunjuk serta mengenal lebih baik dasar-dasar permainan dan peraturan permainan yang berlaku di dunia internasional, diharapkan mutu permainan yang kita sajikan akan bertambah baik dan makin maju. Teknik dasar permainan bola basket terdiri dari beberapa macam cara : Cara melempar dan menangkap bola Macam-macam operan dengan dua tangan : 1. The two hand chest pass : operan setinggi dada/ tolakan dada 2. The over head pass : operan atas kepala 3. The bounce pass : operan pantulan 4. The under hand passa : operan ayunan bawah Macam-macam operan dengan satu tangan :

1. The side arm pass/the base ball pass : operan samping 2. The lop pass : operan lambung 3. The back pass : operan gaetan 4. The jump hand pass : operan lompat Lemparan tolakan dada dengan dua tangan Lemparan atau operan ini merupakan lemparan yang sangat banyak dilakukan dalam permainan. Lemparan ini sangat bermanfaatuntuk operan jarak pendek dengan perhitungan demi kecepatan dan kecermatan dan kawan penerima bola tidak dijaga dengan dekat. Jarak lemparan ini antara 5 sampai 7 meter. Lemparan samping Lemparan samping berguna untuk operan jarak sedang dan jarak kira-kira antara 8 sampai 20 meter, bisa dilakukan untuk serangan kilat. Lemparan di atas kepala dengan dua tangan Operan ini biasanya digunakan oleh pemain-pemain jangkung, untuk menggerakkan bola di atas sehingga melampui daya raih lawan. Operan ini juga sangat berguna untuk operan cepat, bila pengoper itu sebelumnya menerima bola di atas kepala. Lemparan bawah dengan dua dua tangan Lemparan atau operan ini sangat baik dilakukan untuk operan jarak dekat terutama sekali bila lawan melakukan penjagaan satu lawan satu. Lemparan kaitan Operan kaitan sebaiknya diajarkan setelah lemparan-lemparan yang lain dikuasai. Operan ini digunakan untuk dapat melindungi bola dan mengatasi jangkauan lawan terutama sekali bagi lemparan yang lebih pendek dari panjangnya. Ciri lemparan ini : bola dilemparkan di samping kanan/kiri, terletak di atas telinga kiri/kanan dan penerima ada di kiri kanan pelempar. Di samping operan-operan tersebut di atas, masih ada lagi macam-macam operan yang pada hakekatnya adalah merupakan kombinasi dari operan tersebut di atas. Menangkap Menangkap bola dapat dilakukan dengan satu tangan atau dengan dua tangan, baik dalam keadaan berhenti , berjalan maupun dalam keadaan berlari. Cara memantul-mantulkan bola Dribbling atau memantul-mantulkan bola (membawa bola) dapat dilakukan dengan sikap berhenti, berjalan atau berlari. Pelaksanaannya dapat dikerjakan dengan tangan kanan atau tangan kiri, seperti : 1. Dribble rendah 2. Dribble tinggi 3. Dribble lambat 4. Dribble cepat

Cara memasukkan bola atau menembak (shooting) Bila dilihat dari posisi badannya terhadap papan maka dapat dibedakan : 1. Menghadap papan (facing shoot) 2. Membelakngi papan (back up shoot) Sedang cara pelaksanaannya dapat dilakukan dengan sikap berhenti, memutar, melompat dan berlari. 3. Menghadap papan dengan sikap berhenti : a. tembakan dua tangan dari dada (two handed set shoot) b. tembakan dua tangan dari atas kepala (two handed over head set shoot) c. tembakan satu tangan (one hand set shoot) d. tembakan satu tangan dari atas kepala (one hand over head shoot) 4. Menghadap papan dengan sikap melompat a. tembakan lompat dengan dua tangan dari atas kepala (two hand overhead jump shoot) b. tembakan lompat dengan satulengan (one hand shoot) 5. Menghadap papan dengan sikap lari a. tembakan lari menyentuh/memantul papan dengan tangan kanan atau kiri (righ/left hand lay-up shoot). b. Tembakan lari menyentuk papan dengan dua tangan dari bawah (teo hand under hand layup shoot) c. Tembakan lari menyentuh papan dengan dua tangan bawah (two hand over head lay-up shoot) d. Tembakan lari menyentuh papan dengan satu tangan bawah (one hand under hand lay-up shoot) 6. Membelakangi papan dengan sikap berhenti a. tembakan memutar lurus di bawah keranjang (straight turn shoot under basket) b. tembakan melangkah di bawah keranjang (step bawah shoot under basket) c. tembakan gaetan (the hock shoot) d. tembakan ayunan di bawah keranjang dengan kedua tangan (two hand under hand sweep shoot) e. tembakan ayunan di bawah keranjang dengan satu tangan (one hand under hand sweep shoot) 7. Membelakangi papan dengan sikap melompat a. tembakan melompat di bawah keranjang (up and under shoot) b. tembakan melompat memutar dengan kedua tangan (one hand jump twist shoot) c. tembakan melompat memutar dengan satu tangan (one hand jump twist shoot) Cara berputar (Pivot) Memutar badan dengan salah satu kaki menjadi as/poros putaran (setelah kita menerima bola).

a. pivot kemudian dribble (membawa bola) b. pivot kemudianpassing (melempar bola) c. pivot kemudian shooting (menembakan bola) Olah kaki atau gerakan kaki (foot work) Yang dimaksud dengan olah kaki atau gerakan kaki ialah : Keterampilan penguasaan gerak kaki di dalam hal : a. dapat melakukan start dengan cepat dan berhenti dengan segera tanpa kehilangan keseimbangan b. cepat mengubah arahgerak baik dalam pertahanan maupun dalam penyerangan. Menggiring bola dapat dibagi dua : a. menggiring bola tinggi, gunannya untuk memperoleh posisi mendekati basket lawan. b. Menggiring bola rendah, gunanya untuk menyusup dan mengacaukan pertahanan lawan, dan menggiring bola dalam menghadapi lawan.

BOLA VOLI 1. SEJARAH PERMAINAN BOLA VOLI Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1985. ia adlah seorang Pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christian Association (YMCA di kota Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Nama permainan in semula disebut “Minonette” yang hamper serupa dengan permainan badminton. Jumlah pemain di sini tak terbatas sesuai dengan tujuan semula yakni untuk mengembangkan kesegaran jasmani para buruh di samping bersenam secara missal. William G. Morgan kemudian melanjutkan idenya untuk mengembangkan permainan tersebut agar mencapai cabang olahraga yang dipertandingkan. Nama permainan kemudian menjadi “volley ball yang artinya kurang lebih mem-volley bola berganti-ganti. Perkembangna permainan bola voli pada waktu itu di Amerika Serikat sangat

cepat berkat usaha William G. Morgan. Tahun 1922 YMCA berhasil mengadakan kejuaraan nasional bola voli di Negara Amerika Serikat. Pada saat perang dunia I tentara-tenatra sekutu menyebarluaskan permainan ini ke Negara –negara Asia dan Eropa terutama negarea Jepang, Cina, India, Filipina, Perancis, Rusia, Estonia, Latvia, Ceko-slovakia, Rumania, Yugoslavia dan Jerman. Dalam perang dunia II permainan ini tersebar luas di seluruh dunia terutama di Eropa dan Asia. Setelah perang dunia II prestasi dan popularitas bola voli di USA menurun, sedang di Negara lain terutama Eropa Timur dan Asia berkembang sangat cepat dan massal. Mengingat turnamen bola voli yang pertama (1947) di Polandia pesertanya cukup banyak, maka pada tahun 1948 I.V.B.F (international volley ball federation) didirikan yang beranggota 15 negara. Indonesia mengenal permainan bola voli sejak tahun 1982 pada zaman penjajahan Belanda. Guru-guru pendidikan jasmani didatangkan dari negeri Belanda untuk mengembangkan olahraga umumnya dan bola voli khususnya. Di samping guru-guru pendidikan jasmani, tentara Belanda banyak andilnya dalam pengembangan permainan bola voli di Indonesia, terutama dengan bermain di asrama-asrama, di lapangan terbuka dan mengadakan pertandingan antar kompeni-kompeni Belanda sendiri. Permainan bola voli di Indonesia sangat pesat di seluruh lapisan mayarakat, sehingga timbul klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. Dengan dasar itulah maka pada tanggal 22 januari 1955 PBVSI (persatuan bola voli seluruh indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang pertama. PBVSI sejak itu aktif mengembangkan kegiatan-kegiatan baik ke dalm maupun ke luar negeri sampai sekarang. Perkembangan permainan bola voli sangat menonjol saat menjelang Asian Games IV 1962 dan Ganefo I 1963 di Jakarta, baik untuk pria maupun untuk wanitanya. Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta tahun 1951. setelah tahun 1962 perkembangan bnola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan banyaknya klub-klub bola voli di seluruh pelosok tanah air. Hal ini terbukti pula dengan data-data peserta pertandingan dalam kejuaran nasional. PON dan pesta-pesta olahraga lain, di mana angka menunjukkan peningkatan jumlahnya. Boleh dikatakan sampai saat ini permainan bola voli di Indonesia menduduki tempat ketiga setelah sepak bola dan bulu tangkis. Untuk pertama kalinya dalam sejarah perbolavolian Indonesia, PBVSI telah dapat mengirimkan tim bola voli yunior Indonesia ke kejuaraan Dunia di Athena Yunani yang berlangsung dari tanggal 3-12 september 1989. tim bola voli yunior putra Indonesia ini dilatih oleh Yano Hadian dengan dibantu oleh trainer Kanwar, serta pelatih dari Jepang Hideto Nishioka, sedangkan pelatih fisik diserahkan kepada Engkos Kosasih dari bidang kepelatihan PKON (pusat kesehatan olahraga nasional) KANTOR MENPORA. Dalam kejuaraan dunia bola voli putra tersebut, sebagai juaranya adalah :

1. uni Sovyet 5. Kuba 2. Jepang 6. Yunani 3. Brazil 7. Polandia 4. Bulagaria Sedangkan Indonesia sendiri baru dapat menduduki urutan ke 15. Dalam periode di bawah pimpinan ketua Umum PBVSI Jendral (Pol) Drs. Mochamad Sanusi, perbolavolian makin meningkat baik dari jumlahnya perkumpulan yang ada maupun dari lancarnya system kompetisi yang berlangsung,; sampai dengan kegiatan yang dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri. 2. TEKNIK PERMAINAN BOLA VOLI Teknik adalah suatu proses melahirkan dan pembuktian dalam praktek dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam cabang permainan bola voli. Dalam mempertinggi prestasi bola voli, teknik ini erat hubungannya dengan kemampuan gerak, kondisi fisik, taktik dan mental. Teknik dasar bola voli harus harus betul-betul dikuasai terlebih dahulu guna dapat mengembangkan mutu prestasi permainan bola voli. Penguasaan teknk dasar permainan bola voli merupakan salah satu unsure yang ikut menentukan menang atau kalahnya suatu regu di dalam suatu pertandingan di samping unsureunsur kondisi fisik, taktik dan mental. Adapun teknik-teknik dasar permainan bola voli menurut sistematikanya adalah sebagai berikut : a. teknik dasar pasing atas b. teknik pasing bawah c. set-up/umpan d. smash : 1. normal smash 2. semi smash 3. push smash e. servis : 1. servis tangan bawah 2. servis tangan atas f. block/bendungan : 1. block tunggal 2. block berkawan

BATAM – Walikota Batam Ahmad Dahlan, dijadwalkan akan meresmikan salah satu Stadion Sepakbola di wilayah hinterland di Kota Batam pada Sabtu (11/07) besok. Stadion yang berlokasi di Belakang Padang tersebut juga diberi nama Stadion Hang Lekir, nama yang sangat melekat dengan sejarah dan merupakan tokoh Melayu sebagai upaya melestarikan nilai-nilai dan ketokohan pejuang dari bumi Melayu tersebut. Stadion yang juga akan digunakan dalam perlombaan resmi karena telah memiliki standar KONI tersebut memiliki luas 1800 m2 merupakan hibah dari masyarakat, dengan luas bangunan yang terdiri lapangan berumput 55 x 100 m2, lantai satu dengan luas 600 m2 dan lantai dua yang diperuntukkan untuk tribun yang dapat menampung 600 penonton. Fasilitas sarana olah raga seperti Sepak Bola , Lompat Jauh, Atletik, dan Lompat Tinggi dan lompat Jangkit telah siap untuk digunakan dalam menjaring bibit-bibit olahragawan baru dari Belakang Padang yang selama ini sarat dengan prestasi tersebut. Untuk fasilitas gedung sendiri terdapat gudang, ruang wartawan, ruang kepanitiaan, ruang keamanan, kamar ganti, kantor pengelola, mushola, kamar mandi, tiket box, ruang brifing atau pelatihan. Keberadaan air selain dari PDAM, Stadion Hang Lekir menggunakan tower air, sehingga tidak akan takut kehabisan air. Seluruh fasilitas yang sangat akomodatif tersebut dibangun untuk masyarakat Batam dengan sumber alokasi pembiayaan dari APBD Kota Batam tahun 2008 dan 2009 sebesar kurang lebih 7,5 Milyar yang dibangun oleh pihak ketiga sebagai pemenang tender yaitu PT Seranggong Karya. Akses menuju ke Stadion Hang Lekir juga sangat mudah, jika dari Batam melalui pelabuhan domestik Sekupang menuju ke Belakang Padang dengan menggunakan pancung yang memakan waktu sekitar 20 menit, setelah berada di pelantar dataran elang-lang laut Belakang Padang baru menuju ke Stadion Hang Lekir dengan Becak atau Ojek tepatnya berada di Kelurahan Sekanak Raya Belakang Padang sekitar 10 menit. Peresmian stadion tersebut juga akan dilanjutkan dengan pembukaan pelaksanaan Turnamen Sepak Bola Walikota Cup IX Usia 17 tahun kebawah dan Turnamen Sepak Bola Umum dalam rangka perayaan HUT RI ke-64 tahun 2009. Dengan 300 orang undangan, diantaranya Muspida Kota Batam, Anggota DPRD Kota Batam, Kepala SKPD di lingkungan Pemko Batam, Pengurus Koni Kota Batam, Tokoh Lembaga Adat Melayu/ masyarakat, Pengurus Pengcabor Kota Batam. Telah ada 16 tim yang sudah menyatakan kesiapan berasal dari hampir seluruh kecamatan di Kota Batam diantaranya Bintang Mas dari Sekupang, Maritim Square dari Batu Ampar, bahkan ada satu kecamatan yang mengirimkan dua timnya,. Wasit dalam turnamen ini berasal dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Batam. Dalam peresmian tersebut Ahmad Dahlan akan menandatangani prasasti peresmian Stadion Hang Lekir, serta memberikan tendangan bola kehormatan dalam pertandingan persahabatan. Kepala Bagian Humas, Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, M.Si, menambahkan selepas acara pokok, Wako Batam juga akan menerima bantuan sebanyak 1000 bola dari komunitas The

Batam Japan Club yang dalam beberapa tahun terakhir selalu rutin menyumbangkan hal yang sama dengan tujuan menumbuhkan semangat mencintai sepakbola serta menelosrkan etletatlet sepakbola secara alami, katanya. Acara kemudian ditutup dengan pertandingan persahabatan Sepak Bola Veteran Usia 41 Tahun ke atas antara Kesebelasan Pemko dengan kesebelasan tokoh masyarakat Belakang Padang.

Bola voli adalah salah satu permainan yang cukup memasyarakat di Indonesia setelah sepakbola. Salah satu alasannya adalah kemudahan dalam hal penyediaan sarana dan prasaranya. Tidak perlu lahan yang luas dan tidak perlu bola yg mahal2, jika kondisi mendesak pakai bola plastik pun jadi. Gak ada bola plastik? Ambil daun pisang yg sudah kering, untel-untel (bhs opo kuwi), ikat dan anyam melingkar dengan serat batang pisangnya, voli pun siap tuk di mulai… Okeeh, kali ini kartunmania menampilkan kartun voli tapi yg dilakukan di pantai. Anak cabang olahraga voli ini ternyata perkembangannya sangat pesat, kenapa? Ahh… gak tau lah, mungkin pakaiannya yg menarik (ups, bukannya tangannya bos?), atau lokasinya yg identik dengan pariwisata shg ndompleng industri ini

Olahraga adalah suatu gerakan yang dilakukan oleh tubuh manusia yang berfungsi untuk menyegarkan dan menyehatkan tubuh. olahraga dapat dilakukan sewaktu-waktu, namun lebih baik dilakukan pada pagi hari atau sore hari.

Sepakbola Online, Bandung – Menyusul akan dilakukannya renovasi Stadion Si Jalak Harupat Bandung, maka Persib Bandung diperkirakan akan melakoni laga kandang di home base-nya itu dalam satu kali pertandingan di putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010. Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung, Diar Irwana, renovasi Stadion Si Jalak Harupat tidak bisa ditunda lagi, mengingat pada Juli 2010 akan digelar Pekan Olahraga Daerah (Porda) XI Jawa Barat. Home base skuad Maung Bandung ini rencananya akan direnovasi mulai Maret tahun ini. Dengan adanya perbaikan stadion ini, diperkirakan Persib hanya bisa menjalani laga kandang satu kali di Stadion Si Jalak Harupat, ketika menjamu Persisam Putra Samarinda pada Sabtu, 20 Februari 2010. ”Batas waktu penyelesaian renovasi sampai Juni 2010. Jika renovasi stadion ini diundur, kemungkinan pengerjaannya tidak selesai tepat waktu,” kata Diar di Bandung. Sedianya, Stadion Si Jalak Harupat akan dijadikan lokasi pembukaan dan penutupan Porda XI Jawa Barat. “Hal inilah yang membuat kami merasa perlu melakukan renovasi terhadap stadion,” ucapnya.

Perbaikan stadion, kata Diar, akan difokuskan pada tribun barat dan timur. Selain itu, pengembang juga akan membenahi kamar ganti pemain dan drainase lapangan. Renovasi stadion ini diestimasikan menelan dana sebesar Rp4 miliar. Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana Pertandingan Persib, Budi Bram Rachman mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan stadion alternatif sebagai kandang sementara. “Kami belum memiliki alternatif lain untuk pertandingan kandang Persib. Kami masih berharap bisa bermain di Stadion Si Jalak Harupat,” katanya. (sat)

PAYAKUMBUHKOTA.GO.ID :-) Pekan olahraga seni pelajar melibatkan 1.425 atlet dan ratusan official, memenuhi lapangan GOR Kubu Gadang, Selasa (20/4). Atlet dari pelajar SD/SLTP/SLTA itu, menyatakan genderang perang dalam iven Popda, Pordini, S2ON, dan FL2SN yang dibidani Dinas Pendidikan Payakumbuh, selama sebelas hari ke depan, 20 April hingga 1 Mei 2010. Pembukaan iven tersebut, tak kalah dari pembukaan Porprop Sumatera Barat, ditandai dengan defile kontingen sekolah serta atraksi drum band dan pencak silat. Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Setdako Drs. Richard Moesa, membuka pekan olahraga pelajar ini, di hadapan Ketua Harian KONI Drs. Yunir Yalri, pimpinan SKPD, kepsek dan pembina olahraga Payakumbuh. Cabang yang dipertandingkan diantaranya bola voli, basket, tenis meja, bulu tangkis, catur, pencak silat, tenis, atletik, Jambore PTK-PNF, Soina Grahita dan PK-PML. Sekretaris Dinas Pendidikan Payakumbuh Drs. Azwardi dan panitia pelaksana Ruswan Atra, mengatakan, iven tersebut biasanya dilakukan terpisah. Tapi, tahun ini dilakukan serentak, agar lebih bersipongang di tengah masyarakat. Meski dukungan dana APBD terbatas, tidak mengurangi semangat jajaran Disdik menggelar iven ini lebih meriah. “Tidak rotan, akarpun jadi,” ucap Azwardi berfilsafah. Asisten I Richard Moesa dalam amanatnya, mengajak seluruh atlet peserta, menjunjung tinggi sportifitas olahraga dan berkompetisi secara sehat. Ajang ini, bukan sekedar memburu prestasi olahraga, tapi menciptakan semangat persatuan dan kesatuan seluruh pelajar di Payakumbuh. Membina olahraga, sebutnya, dilakukan pemerintah secara berjenjang dari usia dini di sekolah, hingga ke tengah masyarakat serta pembinaan prestasi melalui KONI. Karena itu, seluruh pemerhati olahraga, diharapkan menjadikan iven ini, sebagai ajang kebangkitan olahraga Payakumbuh ke depan. Usai pembukaan, Ketua KONI Payakumbuh Drs. Yunir Yalri didampingi Asisten I Richard Moesa, memasangkan jaket secara simbolis kepada salah seorang atlet, Juspita Gustia dari SMK 2 Payakumbuh. Pembukaan Popda juga ditandai pembacaan janji atlet.

olah raga dapat membuat badan kita sehat dan lebih bugar pastinya . olah raga dapat dilakukan dimana saja di kota di desa dan lain - lain.Olah raga di Indonesia bermacam - macam ada sepak bola,basket,teenis,bulu tangkis,renang dan lain - lain. Namun meskipun di indonesia banyak macam - macam olah raga masih ada juga orang Indonesia yang tidak sehat,itu dikarenakan kurangnya kesadaran tiap - tiap orang akan pentingnya olah raga bagi tubuh kita,dan banyaknya polusi udara yang di sebabkan oleh asap kendaraan bermotor,kegiatan rumah tangga,dan lain - lain. Oleh karena itu saya sebagai orang Indonesia menyarankan agar sebisa mungkin tiap seminggu sekali kita olah raga pagi.

Karate merupakan salah satu cabang olahraga yang telah lama dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat, namun sampai saat ini belum

banyak masyarakat yang antusias mengikuti. Selain menyehatkan badan dan menguatkan otot, olah raga ini juga dikenal mempunyai fungsi untuk beladiri. Untuk lebih mempopulerkan olahraga ini, Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) cabang Sragen akan menyelenggarakan latihan karate bersama (Gashuku) se Eks Karisidenan Surakarta, Minggu (24/2) di Alun-alun Sasono Langen Putro Sragen. Menurut rencana kegiatan ini akan dibuka oleh Bupati Sragen, H. Untung Wiyono. Kegiatan ini akan diikuti oleh 700 peserta dari beberapa cabang INKAI se Eks karesidenan Surakarta, anggota karateka dari jajaran TNI dan mahasiswa UNS. Tak hanya itu, Karateka dari INKAI cabang Semarang pun akan ikut meramaikan ajang ini. Dalam kegiatan ini juga akan ditampilkan demonstrasi teknik-teknik karate. Menurut Ketua Panitia Pelaksana Gashuku INKAI Sragen, Evei Supriyanto bahwa kegiatan ini bertujuan agar tercapainya kesamaan dan pemerataan teknik karate antara satu cabang INKAI dengan cabang yang lain. “Disamping itu juga untuk menjalin komunikasi yang baik antar pengurus dan anggota se Es Karisieenan Surakarta,” tambahnya. Evei berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat Sragen akan lebih mengenal dan tumbuh minat untuk mengikuti latihan, sehingga muncul bibit-bitit baru atlet karate. “Kedepan, INKAI Cabang Sragen diharapkan dapat menyumbang lebih banyak atlet karate berbrestasi bagi Kabupaten Sragen,” kata Evei.(p)

Jakarta : Menpora Andi Alifian Mallarangeng hari Jumat (9/7) siang, di Wisma Kemenpora melepas kontingen atlet pelajar peserta Pekan Olahraga Pelajar ke II ASEAN, yang akan berangkat ke Kuala Lumpur , Malaysia. Jumlah tim yang dikirim sebanyak 211 orang, terdiri dari 175 atlet dan 36 official, yang akan mengikuti 9 cabang olahraga dalam even yang berlangsung dari tanggal 12 s/d 21 Juli 2010. Menpora Andi Mallarangeng dalam amanahnya meminta kepada seluruh atlet untuk berjuang habis-habisan dengan semangat membara. “Soal kalah atau menang itu hal yang biasa, yang penting kalian telah berjuang pantang menyerah dengan semangat tinggi,” kata Menpora. "Saya tidak ingin lagi melihat ada atlet yang belum apa-apa mentalnya sudah jatuh, matanya menatap ke bawah, padahal sewaktu latihan luar biasa pukulannya," kata Andi.

Menpora juga meminta agar para atlet menyadari bahwa mereka adalah atlet-atlet pelajar yang terpilih menjadi duta untuk mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. "Indonesia di tingkat ASEAN adalah sebuah nama besar, bahkan di dunia. Rebut medali sebanyakbanyaknya, sehingga bisa memperbaiki peringkat dari sebelumnya,” ujar Menpora memberi semangat. Selain itu Menpora mengingatkan untuk tidak mengulangi kesalahan masa lalu yang mengabaikan pembinaan atlet usia dini, sehingga saat ini terasa minimnya atlet pelapis. “Usia dini harus kita dukung sepenuhnya, baik dari segi sarana, moril dan materi ,” tambahnya. Sementara itu Deputi V Kemenpora Tunas Dwidharto melaporkan, atlet pelajar yang akan berlaga di Pekan Olahraga Pelajar ASEAN ini berasal dari PPLP Ragunan, POPNAS, POPWIL serta pemanduan bakat . ” 75 persen dari PPLP Ragunan, selebihnya dari POPNAS, POPWIL dari seluruh Indonesia, yang diseleksi sejak tanggal 26 Juni hingga 10 juli ,” ujarnya. Pekan Olahraga Pelajar ASEAN pertama kali diadakan tahun 2009 di Thailand, diikuti delapan negara dan tuan rumah berhasil meraih juara umum, peringkat kedua Vietnam, sementara Indonesia harus puas di urutan ketiga. “Kali ini Malaysia tuan rumah, dan salah satu tujuan utama kegiatan ini adalah persahabatan sesama ASEAN selain juga sebagai ajang pembinaan atlet sejak dini,” ujarnya. Di Pekan Olahraga Pelajar ASEAN di Malaysia ini, Indonesia mengikuti 9 cabang olahraga dari 10 cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni bulutangkis, sepak takraw, senam, atletik, renang, golf, bola basket, bola voli dan hoki. (win)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->