BAB II KAJIAN TEORI HAN SINARADI 2.1.1.

Plasenta Plasenta adalah organ yang berbentuk vascular yang berkembang didalam uterus selama kehamilan. Merupakan penghubung antara kebutuhan janin calon bayi dengan ibunya. Karenanya plasenta merupakan bahan yang kandungan nutrisinya sangat kaya. Plasenta atau ari-ari ini merupakan organ manusia yang berfungsi sebagai media nutrisi untuk embrio yang ada dalam kandungan. Ia memiliki bobot seberat 600 gram berdiameter 16-18 cm, dan mengandung 200 ml darah yang mengisi jaringan seperti spon. Plasenta mengandung hormon yang dapat menstimulasi jaringan pertumbuhan yang kemudian di klaim mampu menghilangkan kerutan jika digunakan sebagai bahan kosmetika. Dalam bahan ini terdapat larutan amniotik dan kolagen. (file:///G:/metodelogi/kosmetika-berplasenta-plasenta-manusia.html). 2.1.2.Plasenta sebagai bahan kosmetik Penggunaan ekstrak uterus (plasenta) bukan 'barang' baru sebetulnya. Bahan itu dipakai sebagai salah satu ingredient dalam kosmetika pertama kali pada tahun 1940-an. Saat itu produsen mempromosikan produk yang mengandung plasenta tersebut sebagai suatu produk yang memiliki keunggulan, yaitu memberikan efek hormonal seperti menstimulasi pertumbuhan jaringan dan menghilangkan kerutan di wajah. Selama berfungsi sebagai sumber kehidupan, embrio plasenta kaya akan kandungan darah dan juga protein seperti albumin, hormon seperti estrogen dan substansi lain seperti asam deoxy ribonukleat dan asam ribonukleat. Semula plasenta memang digunakan dalam bidang farmasi, karena organ ini memiliki fungsi yang luas. Di antaranya adalah untuk menyembuhkan cacar bawaan, terapi kanker, kehilangan protein akut melalui luka bakar, infeksi bakteri yang berulang dan serius serta menginitis.

(file:///G:/metodelogi/284-haram-kosmetik-dari-sodium-heparin-dan-plasenta. Seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan kulit yang cantik dan menawan. Lepas dari manfaat dan mudhorot. Preparat kosmetik yang menggunakan plasenta atau turunannya tidak jelas sumber plasenta yang digunakan. tidak menutup kemungkinan masyarakat akan terjebak kepada produk-produk yang sebenarnya najis dan dilarang agama. Kosemtika itu dijual bebas dengan harga yang cukup mahal. perawatan kulit. apapun khasiatnya. Dengan demikian. sehingga menghasilkan fungsi kulit yang diingin kan. ekstrak plasenta merupakan sumber protein biologis yang bisa berasal dari hewan maupun manusia. dasar pijakan umat Islam adalah halal dan haram. plasenta mungkin memiliki khasiat-khasiat yang signifikan. Tetapi. apakah berasal dari plasenta manusia atau hewan. Harga mahal tidak terlalu masalah. produk-produk berplasenta akan semakin digemari.Ditinjau dari sudut farmasi dan kosmetik. Misalnya saja untuk lotion yang hanya berisi enam ampul dijual dengan harga Rp 60. kalau bahan itu tidak halal tetap saja haram.html) .000 per bungkus. Produk-produk yang juga mengandung ekstrak plasenta yang ditemukan di pasar antara lain sabun mandi. yaitu kulit muda belia. Tetapi tanpa informasi yang memadai kepada konsumen. Keduanya memiliki permasalahan yang sama ditinjau dari sudut kehalalan. Biasanya ia menjadi bahan baku krem regenerasi untuk memperbaiki elastisitas kulit dan mencegah degenerasi sel. plasenta diaplikasikan sebagai faktor eksogenik untuk menstimulir regenerasi sel. Harga ini sangat bervariasi di berbagai tempat penjualan. lotion.Dalam pembuatan kosmetik. dan juga bedak.

html) . SPF8 sunscreen .2. Plasenta Eye Gel. maka saat ini masih dibahas di Komisi Fatwa MUI. Plasenta Serum Gold : Klaim produk ini ditujukan sebagai serum anti aging. Plasenta Anti Wrinkle Cream. lanolin dan vitamin E untuk kesehatan kulit. Diperkaya dengan marine elastin dan kolagen. Sedang untuk plasenta yang berasal dari hewan halal. Selain mengandung plasenta juga mengandung marine kolagen.1. maka haram pula hukumnya. Produk ini membantu menstimulat pertumbuhan sel kulit. lanolin krem. Nature Beauty Souvenir Gift Set. Produk yang mengandung plasenta ini ditujukan untuk mengurangi kerutan disekitar mata. gel royal jelli 2. Plasenta (ovine) Cream. Kandungan produk ini adalah: plasenta krem. serta vitamin E. (file:///G:/metodelogi/kosmetika-berplasenta-plasenta-manusia. Plasenta (Ovine) Essence.Penggunaan Plasenta Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah membuat garis yang jelas: bila plasenta manusia yang digunakan. 6. Produk ini mengandung plasenta yang berasal dari kambing atau pun domba memiliki fungsi sebagai anti wrinkle. Dinyatakan juga sebagai plasenta serum. Produk ini diklaim kaya nutrisi (yang berasal dari plasenta) diperkaya dengan konditioner kulit alami yaitu Bee propolis. maka haram hukumnya. 3. 4. bagaimana jika plasenta berasal dari hewan? Bila plasenta itu berasal dari hewan yang diharamkan. disarikan dari Jurnal Halal LPPOM MUI Kosmetik Mengandung Plasenta 1.3. masker Lumpur. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful