P. 1
Laporan MANAJEMEN PEMASARAN

Laporan MANAJEMEN PEMASARAN

|Views: 636|Likes:

More info:

Published by: Ahmad Ichsan Sakhrul on Jan 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

MANAJEMEN PEMASARAN PEMASARAN LANGSUNG, TENAGA PENJUAL DAN MARKETING PUBLIC RELATIONS

Disusun oleh : Samuel Hermawan Gian Ramadhan Derry Herdian Ayu Listianti Fajarini Ahmad Ichsan Sakhrul ( 30209170 ) ( 30209 ) ( 30209 ) ( 30209266 ) ( 302091 74 )

Program Studi Teknik Komputer Politeknik Telkom Jl. Telekomunikasi No. 1 Ters. Buah Batu Bandung 40257 2010

Demikianlah sebagai pengantar kata.KATA PENGANTAR Dengan segala kerendahan hati penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan Tugas Makalah ini untuk memenuhi dalam bidang penilaian mata kuliah Manajemen Pemasaran yang berjudul Pemasaran Langsung. mudahan mendapat amal Bandung. isi dan lain sebagainya. Tenaga Penjual dan Marketing Public Relations . Mungkin dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan baik itu dari segi penulisan. dengan iringan serta harapan semoga tulisan sederhana ini dapat diterima dan bermanfaat bagi pembaca. Atas semua ini penulis mengucapkan ribuan terima kasih yang tidak terhingga. 2010 28 Oktober Penulis . semoga segala bantuan dari semua pihak mudah baik yang diberikan oleh Allah SWT. maka penulis sangat mengharapokan kritikan dan saran guna perbaikan untuk pembuatan makalah untuk hari yang akan datang.

DAFTAR ISI .

? 2.? 4. Untuk mengetahui Apa yang dimaksud pemasaran langsung dan bagaimana bentuk bentuknya. dan bagaimana tentang marketingnya. Apakah yang dimaksud marketing public relations. Apa manfaat dari pemasaran langsung. 3. baik dari segi produsen maupun dari segi konsumen. . Tujuan 1. teknologi dan informasi membawa pemasaran menuju pemasaran yang menuju pemasaran yang berbentuk pemasaran langsung. 2. Rumusan Masalah 1. Namun demikian perusahaan juga membutuhkan tenaga penjual sebagai ujung tombak untuk meraih pangsa pasar. Untuk mengetahui semua hal tentang tenaga penjualan. c. bagaimana tentang tenaga penjualnya.BAB I PENDAHULUAN a. Latar Belakang Era baru sekarang ini. Dari hal inilah. Untuk mengetahui manfaat dari pemasaran langsung. Apa yang dimaksud dengan tenaga penjualan dan seperti apakah tenaga penjualan itu. muncul keinginan dari penulis untuk mnyusun sebuah makalah yang berhubungan dengan hal tersebut. Apa yang dimaksud pemasaran langsung dan bagaimana bentuk bentuknya. Dimana akan menjelaskan tentang pemasaran langsung itu sendiri. Aktivitas dalam pemasaran langsung secara tidak langsung mendorong intensitas interaksi yang tinggi antara produsen dan konsumen. b. 3.? Dan bagaimana tugas-tugasnya.

Untuk mengetahui dan memahami tentang marketing public relations dan bagaimana tugas-tugasnya. Manfaat 1. 3. Dapat mengetahui bagaimana melakukan pengolahan terhadap tenaga penjualan agar mendapatkan keuntungan yang sebesarbesarnya.4. 2. d. Dapat menentukan pilihan tentang pasar langsung jenis apa yang akan digunakan dalam proses pemasaran. Dapat menentukan hubungan masyarakat yang dapat mendatangkan keuntungan dari kedua belah pihak. .

Pemasaran langsung menurut Direct Marketing menurut Principle of Advertising & IMC (Duncan 2002 : 573 ) adalah Ketika Perusahaan ingin menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan. Pemasaran langsung (direct marketing) menurut Marketing Strategy (Suyanto. database yang memicu proses komunikasi pemasaran menggunakan media untuk mendorong respon pelanggan. 2007: 219) merupakan sistem pemasaran yang menggunakan saluran langsung untuk mencapai konsumen dan menyerahkan barang dan jasa kepada konsumen tanpa melalui perantara pemasaran. Pemasaran Langsung 1.BAB II PEMBAHASAN A. kebanyakan tidak dalam pasar untuk produk atau tidak akan . Pengiklanan massal biasanya mencapai jumlah orang yang tidakspesifik. 1996: 53) adalah pemasaran yang menggunakan berbagai media iklan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Pengertian pemasaran langsung Pemasaran Langsung adalah komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama. Untuk menghasilkan tanggapan dan / atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.mereka menggunakan strategi komunikasi langsung dimana lebih bias berinteraksi. Sedangkan Pemasaran Principles of Marketing (Kotler langsung (direct marketing) menurut Gary Armstrong. biasanya menelepon konsumen untuk mendapat respon langsung.

The Offer Terdiri dari antara tangible dan intangible. serta berbelanja lewat komputer. garansi. Manfaat Pemasaran langsung . pemasaran langsung lewat radio dan televisi.membelinya dalam jangka waktu tertentu. Tanpa database tidak mungkin dikatakan yang mana bentuk penawaran yang lebih baik dari penawaran yang lain. an offer juga termasuk dalam bagian pembayaran. Disamping produk pada harga istimewa. Meredith Corporationdalam Tom Duncan (2002: 577. Database Targeting Database targeting berhubungan dengan kualitas costumernya dan prospek database. Respons Segala sesuatu yang dikatakan dalam menjawab pesan komunikasi marketing. termasuk pemasaran jarak jauh. Sarana pengiklanan langsung dipakai untuk memperoleh pesanan langsung segera dari konsumen yang ditargetkan. Walaupun pemasaran langsung pada awalnya dilakukan lewat pos dan katalog pesanan lewat pos. Adapun komponen komponen pemasaran langsung menurut Paul Kluding. c. d.580) adalah a. waktu pengantaran dan segala biaya yang dijanjikan. belakangan ini ada beberapa bentuk tambahan. Fullfilment Merupakan distribusi lain dariDirect marketing 2. b. yang dijanjikan oleh perusahaan dalam pertukaran uang atau sesuatu keinginan lain / hasrat perilaku.

dan bebas dari pertengkaran.  Dapat mengkhususkan dan menyesuaikan pesan sesuai kebutuhan kelompok sasaran. nyaman.  Memberikan pilihan barang lebih banyak.Manfaat dari pemasaran langsung dapat dilihat dari sudut pandang konsumen dan sudut pandang produsen.  Manfaat bagi konsumen :     Nyaman Mudah dan bersifat pribadi Akses dan pilihan produk (product access and selection) Interaktif dan segera  Manfaat bagi konsumen produk eceran:  Aktivitas berbelanja konsumen cukup dilakukan di rumah sehingga lebih menghemat waktu. karena dapat melakukan perbandingan dengan membuka-buka katalog dan layanan belanja on line. .  Dapat memesan barang untuk diri sendiri atau orang lain  Manfaat bagi konsumen produk industri:  Dapat mempelajari barang dengan seksama barang dan jasa yang tersedia tanpa harus menghabiskan waktu untuk bertemu dengan wiraniaga  Manfaat bagi penjual atau produsen:  Dapat membeli daftar alamat yang memuat nama dengan karakteristik yang spesifik.

 Bahan informasi yang pemasaran tinggi langsung bahan memiliki terrsebut keterbacaan karena dikirimkan pada calon pembeli yang jelas tengah berminat.  Menurunkan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi. Pemasaran catalog c. Pemasaran langsung dapat diatur agar dapat menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat.  Memungkinkan pengujian media dan pesan alternatif untuk mencari metode pencapaian tujuan yang paling efektif dalam segi biaya. Bentuk bentuk pemasaran langsung Bentuk bentuk pemasaran langsung adalah sebagai berikut : a. Telemarketing d.  Fleksibilitas 3. Pemasaran melalui kios .  Dapat mengukur tanggapan atas kampanye mereka untuk memutuskan menguntungkan.  Membuat tawaran dan strategi yang sulit dilihat oleh pesaing. Surat langsung b. Televise e. kampanye mana yang paling  Alat yg ampuh untuk pembentukan hubungan dengan konsumen.  Dapat ditentukan waktunya untuk menjangkau calon pelanggan.

B. Penjual solusi (solution vendor) Wiraniaga yang keahliannya ada dalam memecahkan masalah pelanggan. Penerima pesanan (order taker) Wiraniaga yang terutama bertindak sebagai penerima pesanan di perusahaan dapat pula sebagai wiraniaga yang berdiri dibelakang meja atau sebagai penerima pesanan di luar perusahaan. Pengirim (deliver) Wiraniaga yang tugas utamanya adalah mengirimkan produk. tenaga penjual dibagi kedalam beberapa hal berikut : 1. 6. 2. . Pencipta permintaan (demand creator) Wiraniaga yang mengandalkan metode-metode kreatif untuk menjual produk. Tenaga penjual (sales force) dibedakan menjadi beberapa jenis. 5. 4. 3. tetapi tugas utamanya adalah membangun good will sekaligus mendidik calon pembeli. Misionaris (missionary) Wiraniaga yang tidak diharapkan atau tidak diizinkan untuk menerima pesanan. Tenaga Penjual Tenaga penjual adalah tenaga-tenaga yang melaksanakan kegiatan pemasaran langsung. Teknisi (technician) Wiraniaga yang mempunyai tingkat pengetahuan teknisi yang tinggi bertugas sebagai konsultan untuk perusahaan klien. Dalam hal pelaksanaan pekerjaan. sering berkaitan dengan system produk dan jasa perusahaan tersebut.

2. 7. 4. Memutuskan pelanggan mana yang akan memperolah produk tidak mencukupi selama masa-masa kekurangan produk. 3. Mengumppulkan informasi. Marketing Public Relations Dalam bukunya The Marketer s Guide to Public Relations. Mencari calon pelanggan. Mengkomunikasikan informasi tentang produk dan jasa perusahaan tersebut. 6. merencanakan pembiayaan dan melakukan penigiriman. memberikan konsultasi masalah. Melakukan pencarian calon pembeli atau petunjuk. Memutuskan bagaimana mengalokasikan waktu mereka diantara calon dan pelanggan. C.Disamping bentuk ataupun jenis dari tenaga penjual. Menyediakan berbagai layanan kepada pelanggan. that encourage purchase and customer through credible . Thomas L Harris mengatakan : Marketing Public Relations is the process of planning and evaluating programs. Berkomunikasi. menjawab keberatankeberatan dan menutup penjualan. 5. Mengalokasikan. Menetapkan sasaran. Menjual. Tujuan -tujuan itu adalah sebagai berikut : 1. melakukan presentasi. Mendekati. Melakukan riset pasar dan melaksanakan tugas intelijen. terdapat juga tujuan-tujuan yang harus dicapai oleh tenaga penjual. memberikan bantuan teknis. Melayani.

Jelas. keingian dan kepentingan bagi para konsumennya. Secara umum dapat diartikan. marketing dalam Marketing Public Relations tidaklah dalam pengertian sempit. Marketing Public Relations adalah suatu proses perencanaan. 3. yakni : 1. Pull strategy Public relations memiliki dan harus mengembangkan kekuatan untuk menarik perhatian publik. Push strategy Public relations memiliki kekuatan untuk mendorong berhasilnya pemasaran. pelaksanaan dan pengevaluasian program program yang dapat merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi mengenai informasi yang dapat dipercaya dan melalui kesan .communicayion of information on impression that identify companies and their products with the needs concerns of customers . Pass strategy Public relations memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menciptakan opini publik yang menguntungkan. Dari pengertian-pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Marketing Public Relations merupakan perpaduan pelaksanaan program dan strategi pemasaran (marketing strategy implementation) dengan aktivitas program kerja public relations (work program of Public relations). 2. Tetapi berkaitan dengan aspek-aspek perluasan . Dalam pelaksanaannya terdapat tiga strategi penting.kesan positif yang ditimbulkan dan berkaitan dengan identitas perusahaan atau produknya sesuai dengan kebutuhan.

Komitmen terhadap pelayanan purna jual dan kepuasan pelanggan akan terpenuhi. maupun kualitas produk yang ditawarkan terhadap konsumennya. Dilihat dari segi pemasaran.pengaruh. maupun yang berkaitan dengan perluasan suatu pengaruh tertentu (makes an influence) dari suatu kekuatan lembaga atay terkait dengan citra dan identitas suatu perusahaan. Menciptakan produk yang sesuai dari hasil riset pasar tersebut. Menentukan harga produk yang rasional dan kompetitif. delivering and finally concumming it . dan edukatif. 5. yang mengacu kepada Marketing is the idea of satisfying the needs of customers by means of the product and the whole cluster of things associated with creating. Merencanakan dan melaksanakan kampanye promosi produk (pre-project selling) yang akan diluncurkan serta mampu bersaing di marketplace dan cukup menarik (eyes catching) baik segi kemasan. dapat diketahui peranan Marketing Public Relations. yaitu : 1. 4. Marketing Public Relations berperan sebagai salah satu cara mencapai tujuan pemasaran. Sementara itu dilihat dari segi komunikasi. informative. 3. Menentukan dan memilih target konsumen (target audience) . 2. baik segi perluasan pemasaran ( makes a marketing) atas suatu produk atau jasa. Mengadakan riset pasar. 6. Dari hal inilah. Marketing Public Relations berperan untuk : . persuasif. untuk mendapatkan informasi bisnis yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumennya. Pembagian peranannya sebagai berikut.

press release.1. . brosus). 2. sampai komunikasi elektronik melalui radio. Marketing Public Relations diwujudkan dengan berbagai program komunikasi seperti yang pernah dibahas sebelumnya. Membina hubungan positif antar karyawan (employee relations) dan antara karyawan dengan pimpinan atau sebaliknya. demi tercapainya saling pengertian bagi kedua belah pihak. Untuk merealisasi tujuan dan peranannya dengan baik. sehingga akan tumbuh corporate culture yang mengacu kepada disiplin dan motivasi kerja serta profesionalisme tinggi serta memiliki sense of belonging terhadap perusahaan dengan baik. Menumbuhkembangkan citra positif perusahaan (corporate image) terhadap publik eksternal atau masyarakat luas. komunikasi cetak (majalah. internet maupun televisi. Mulai dari komunikasi lisan tulisan.

Kesimpulan Saran .BAB III PENUTUP a. b.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->