Tugas Materi 1 Globalisasi Pertanyaan : 1. Apa itu Globalisasi? 2. Sebutkan Dampak positif globalisasi! 3.

Sebutkan dampak negatif globalisasi! 4. Sebutkan kiat menangkal dampak negatif globalisasi! 5. Sebutkan kiat mendorong potensi nasional untuk dapat bersaing di tingkat internasional!

Jawaban : 1. Kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekadar definisi kerja (working definition), sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan koeksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Dan Globalisasi juga merupakan suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata, sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol. Globalisasi merupakan perkembangan kontemporer yang mempunyai pengaruh dalam mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Globalisasi akan membawa perspektif baru tentang konsep ³Dunia Tanpa Batas´ yang saat ini diterima sebagai realitas masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya dan membayar perubahan baru. Sehingga menyebabkan transfer informasi dan komunikasi menjadi lebih cepat.

Dampak Negatif Globalisasi y Pengangguran Meningkat Hal ini terjadi karena banyak perusahaan yang telah mengganti tenaga manusia dengan tenaga mesin . Dampak Positif Globalisasi y Pola Hidup yang serba cepat Teknologi memberikan kemudahan bagi manusia. 3. y Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Melimpah Dengan adanya perkembangan tekhnologi masyarakat dapat dengan mudah mengolah sumber daya alam yang ada seperti emas. yang terjelma didalam kesadaran orang.perak. Emanuel Ritcher Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia. y Pesatnya Perkembangan Informasi dan Transformasi Manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dengan adanya perkembangan informasi sangat banyak. Contohnya dengan adanya makanan siap saji. 2. Princenton N.Globalisasi menurut para ahli : 1. misalnya dengan adanya internet kita dapat mencari ilmu pengetahuan secara gratis. 2.contohnya dengan adanya pesawat terbang. perkembangan teknologi transformasi yang semakin mudah.dll 3. Malcom Waters Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting.batu bara. Lyman Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan. Selain itu.

y Beralihnya Masyarakat Agraris Menjadi Masyarakat Industri Modern Saat ini banyak perusahaan industri bermunculan membuat masyarakat yang dahulu merupakan petani berganti pekerjaan menjadi buruh y Gaya Hidup Kebarat-baratan Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua. yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalm menghadapi dan mengatasi segala tantangan. yang langsung maupun tidak langsung membahayakan integeritas. transparasi. dan lain-lain. Ketahanan nasional adalah kondisi dinamik suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan. dan ganggyan. baik dalam maupun luar negri.ekonomi. Kiat dalam menangkal globalisasi dipandang dari segi politik. y Kesenjangan Sosial Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi danglobalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. 4. c. . Melaksanakan sistem pemerintahan yang baik(good governance) dengan prinsip partisipasi. kehidupan bebas remaja. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial. Mengadakan Politik luar negri bebas aktif. b. rule of low. identitas. Mengefektifkan Demokrasi dalam sistem politik di indonesia yang berintikan kebebasan mengemukakan pendapat . serta efektif dan efisien. ancaman. kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mengejar tujuan nasional.sosial-budaya adalah sebagai berikut :  Bidang Politik a. Kiat Menangkal Dampak Negatif Globalisasi Hal yang diperlukan dalam menangkal derasnya dampak negatif dari globalisasi adalah dengan meningkatkan kondisi ketahanan nasional yang ada. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada. responsif. hambatan. y Pola Hidup Konsumtif Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah.

Memiliki jiwa patriot demi mengharumkan nama Indonesia. Menyusun kode etik profesi yang sesuai dengan karakter dan budaya bangsa. yaitu kompetensi dan komitmen melalui demokratisasi pendidikan. Bidang Ekonomi a.  Bidang Sosial-Budaya a. c. Meningkatkan sumber daya manusia. c. Menjaga kestabilan ekonomi makro dengan menstabilkan nilai tukar rupiah dan suku bunga. 5. . Kiat Mendorong Potensi Nasional untuk Dapat Bersaing di Tingkat Internasional y y y y Meningkatkan jiwa cinta akan tanah air Indonesia. dan lain-lain). b. pasar modal. Memotivasi diri untuk menjadi yang terbaik. Menyediakan lembaga-lembaga ekonomi yang modern (perbankan. Meningkatkan Penguasaan ilmu dan teknologi serta mengaplikasikannya dalam kehidupan masyarakat. b. Memiliki rasa optimisme yang tinggi. Mengeksploitasi suber daya alam secara proposional.

Dari kerukunan antar umat beragama akan terbentuk kehidupan masyarakat yang harmonis sehingga indonesia dapat menjadi lebih baik lagi. saya akan berusaha untuk mempertahankan toleransi beragama yang ada agar tidak terjadi perpecahan yang diakibatkan karena konflik antar agama. Oleh karena itu.Tugas no.2 Membangun negara berkeadaban Soal Bagaimana Anda sebagai seorang muslim mengembangkan negara Indonesia menjadi lebih baik ? Jawaban : Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Sebagai seorang muslim yang cinta akan tanah air. Setelah saya menjadi dokter nanti.saya akan berkontribusi untuk mengembangkan indonesia dalam bidang kesehatan dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada rakyat indonesia yang miskin dan meningkatkan gizi rakyat indonesia. Dimulai dari umat antar agama yang rukun dan menjaga kerukunannya akan menjadikan Indonesia menjadi lebih baik yang dimulai dari segi umat beragama dan pasti akan berlanjut kepada segi-segi yang lain. . saya sebagai muslim ingin mengembangkan dan meningkatkan rasa kesolidaritasan antar umat beragama untuk mencapai Indonesia yang lebih baik dari segi apapun.sehingga angka kematian di indonesia dapat menurun.hal yang saya dapat lakukan untuk mengembangkan negara indonesia menjadi lebih baik adalah dengan cara menuntut ilmu dengan bersungguh-sungguh sehingga dapat menjadi yang terbaik dan dapat bersaing di kancah internasional dengan untuk mengharumkan Indonesia dan umat muslim di mata dunia dalam bidang ilmu pengetahuan. Selain itu sebagai seorang mahasiswa kedokteran yang muslim . Indonesia bukanlah negara Islam. Uniknya.

dan pemilihan ketua daerah? 6. berbangsa. Sebutkan dan diskusikan enam norma masyarakat demokratis dan 3 unsur penopang demokrasi? 4. misalnya dalam pemilihan ketua kelas. dan apa yang harus saudara lakukan jika saudara menjumpai prinsip-prinsip dan parameter demokrasi belum sempurna! 7. Saya akan mencoba memahamkan kepada masyarakat luas. jika tidak.3 Demokrasi Soal 1. Apakah Indonesia memiliki masa depan demokrasi? Jika ya jelaskan. anggota senat.Tugas no. 2. Bagaimana sikap dan perilaku demokratis dipraktikkan di lingkungan saudara . Apa yang harus saudara lakukan untuk menjadikan demokrasi sebagai pandangan dan komitmen bersama semua warga negara Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? 3. atau sebaliknya? Diskusikan hubungan Islam dan demikrasi dalam konteks Indonesia Jawab 1. jika tidak apa yang harus anda lakukan dan apa akibatnya jika demokrasi tidak dipraktikkan di Indonesia? 8. baik dalam interaksi sesama komponen maasyarakat maupun antara masyarakat dengan negara.sebagai warga negara yang baik apa yang harus saudara lakukan? 5. Apakah saudara menjumpai faktor-faktor pendukung demokrasi di lingkungan tempat saudara tinggal? Jika ya sebutkan dan diskusikan. dan bernegara untuk kepentingan rakyat umum yang . Diskusikan dan sebutkan budaya dan nilai Islam yang selaras dengan demokrasi atau sebaliknya! 9. Apa sesungguhnya makna demokrasi bagi Indonesia yang majemuk? 2. Apakah Islam sejalan dengan prinsip-prinsip demokrasi. Demokrasi adalah prinsip dasar tata kehidupan masyarakat sipil(civil society). Kapan sebuah negara dikatakan demokratis? Diskusikan. bahwa demokrasi sebagai pandangan dan tatanan serta komitmen dalam kehidupan bersama dalam bermasyarakat.

budaya. Ya. (4) norma kejujuran dalam kemufakatan. Posisi penting masyarakat madani dalam pembangunan demokrasi adalah adanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintah. persamaan hak. Hal lainnya yang menunjang kebebasan berekspresi dan berorganisasi adalah dukungan pemerintah terhadap kebebasan pers yang bertanggung jawab. (5) kebebasan nurani. o Masyarakat madani atau civil society adalah masyarakat dengan ciri ciri yang - terbuka. . Enam norma atau unsur pokok yang dibutuhkan oleh tatanan masyarakat yang demokratis: (1) kesadaran dan pluralisme.Hasil diskusi : o Negara hukum (rechtsstaat atau the rule of law) memiliki pengertian bahwa negara memberikan perlindungan hukum bagi warga negara melalui pelembagaan peradilan yang bebas dan tidak memihak serta menjamin Hak Asasi Manusia (HAM). (2) masyarakat madani. antar suku. (6) trial dan error (percobaan dan salah) dalam berdemokrasi. o Aliansi kelompok strategis yang terdiri dari partai politik. tata cara demokrasi haruslah sejalan dengan tujuan demokrasi tersebut. (2) musyawarah. dan pencapaiannya sampai menjadi hal yang mufakat dan disetujui oleh semua anggota.harus dijadikan landasan utama dalam sebuah kebijakan sebuah pemerintahan yang demokratis. seperti dengan terciptanya kesadaran dan pluralisme antar umat beragama. dan kewajiban. . . (3) aliansi kelompok strategis. bebas dari dominasi dan tekanan negara. . seperti : pemilihan ketua RT dan RW. egaliter. 3. 4.Hasil diskusi : Bahwasannya untuk mencapai negara yang demokratis membutuhkan tatanan masyarakat yang demokratis pula. Adanya musyawarah untuk menuju mufakat. dan percobaan-percobaan dan kesediaan semua pihak untuk menerima kemungkinan ketidaktepatan atau kesalahan dalam praktik demokrasi. dan lain sebagainya. (3) cara haruslah sejalan dengan tujuan. kelompok gerakan dan kelompok penekan atau kelompok kepentingan termasuk di dalamnya pers yang bebas dan bertanggung jawab. adanya musyawarah dalam setiap hal yang akan diputuskan. integerasi dengan sikap percaya pada itikad baik orang dan kelompok lain (truts attitude).Unsur-unsur penting penopang tegaknya demokrasi antara lain : (1) negara hukum. kejujuran dalam setiap yang telah menjadi mufakat.

o Negara menjamin persamaan kedudukan di depan hukum. o Adanya kedaulatan rakyat. dan pemilihan kepala daerah. Seperti dalam pemilihan ketua kelas. Segala upaya untuk memperbaiki lingkungan dan upaya menuju kemajuan yang melibatkan semua kalangan masyarakat.Demokrasi terpimpin o Demokrasi Pancasila : . adalah program-program pengembangan masyarakat dan lingkungan. o Pemilihan umum yang bebas.Demokrasi liberal . dan adil. Terlebih lagi kalau sudah menyangkut dana yang diambil dari masyarakat (iuran masyarakat). o Pemakuan negara terhadap hak-hak politik. baik perencanaan maupun pelaksanaan haruslah merupakan hasil dari musyawarah masyarakat. jujur. dan tidak membuat onar. o Pengawasan (kontrol) dari rakyat terhadap pemerintah. . o Pemerintahan berdasarkan konstitusi. dengan adanya perwujudan demokrasi di Indonesia.5. o Pemerintah memberikan kebebasan segala tindakannya dinilai. 7. Dan yang saya lakukan untuk menyempurnakan prinsip-prinsip dan parameter demokrasi yang belum sempurna adalah sebagai masyarakat yang membantu pemerintah mensukseskan program-program pemerintah tersebut untuk menuju demokrasi yang sempurna. Oleh karena itu. Negara diakatakan sebagai negara demokrasi apabila : o Negara menjamin penuh hak asasi setiap warga berdasarkan hukum yang berlaku. Ya. yaitu : o Orde Lama : .Masa Reformasi 8. Selain itu kita perlu mengembangkan pergaulan dengan tetangga dan masyarakat sesuai norma lingkungan.Orde Baru . Semua itu harus dimusyawarahkan bersama agar tidak terjadi kesalahpahaman di antara anggota masyarakat sehingga tujuannya dapat tercapai dengan maksimal. anggota senat. tetapi juga karena adanya konsep ijtihad dan ijma¶(konsensus). Budaya Islam yang selaras dengan demokrasi antara lain :  Prinsip syura (musyawarah). 6. Sikap dan prilaku demokrasi yang di praktikkan di lingkungan masyarakat adalah kepentingan bersama yang perlu di musyawarahkan.

Sementara k esabaran mereka selayaknya diaktualitasasikan dengan cara bersabar untuk menjadi figur teladan bagi pengikutnya dalam bersikap dan bertindak. Kesungguhan dan kesabaran dari kalangan pemimp muslim Indonesia in untuk membangun demokrasi di negeri ini dapat di uji melalui kesungguhan mereka untuk tidak menggunakan otoritas keagamaan yang mereka miliki untuk kepentingan sesaat yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan urusan agama. .  Islam berbeda dengan demokrasi jika demokrasi didefinisikan secara prosedural seperti dipahami dan dipraktikkan oleh negara-negara Barat. khususnya kalangan pemimpin mereka.  Islam adalah sistem nilai yang membenarkan dan mendukung sistem politik demokrasi seperti yang dipraktikkan negara-negara maju. Islam tidak sejalan dengan demokrasi karena adanya perbedaan prinsip -prinsip antara Islam dan demokrasi. Dalam konteks Indonesia. tampaknya kesabaran dan kesungguhan yang diharapkan kedua pakar Islam tersebut semestinya dihayati oleh umat Islam. 9. Islam sebagai sistem pendukung dan yang membenarkan sistem politik demokrasi. terdapat tiga pandangan tentang Islam dan demokrasi :  Islam dan demokrasi adalah dua sistem politik yang berbeda.

dan yang tidak tertulis adalah konvensi.menjamin hak-hak rakyat yang diperintah. Peraturan yang tertulis disebut Undang -undang. .Tugas 4 Konstitusi Soal Apa yang anda ketahui mengenai konstitusi? Jawab Konstitusi adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan baik secara tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara-cara bagaimana suatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu masyarakat. Tujuan konstitusi adalah membatasi tindakan sewenang-wenang pemerintah.dan menetapkan pelaksanaan kekuasaan yang berdaulat. Fungsi konstitusi adalah sebagai dokumen nasional dan alat untuk membentuk sistem politik dan sistem hukum negaranya.

ekonomi.dalam suasana demokratis. Penetapan kebijakan yang terkait dengan pencerahan kehidupan e. Good governence adalah pelaksanaan politik.responsif terhadap kebutuhan rakyat.yaitu : a.atau kedudukan b. Penetapan posisi. Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa sesuai dengan cita good governance.serta transparan. Kebijakan strategis untuk pencerahan kehidupan masyarakat .seluruh mekanisme pengelolaan negara harus dilakukan secara terbuka. Mekanisme pengelolaan negara yang harus dilakukan secara transparan. Bagaimana implementasinya? Jawab : 1.akuntabel. Apa yang anda pahami tentang good governence ? 2. Moralitas para penjabat dan aparatur pelayanan publik g.dan administrasi dalam mengelola masalah-masalah bangsa. Pelaksanaan kewenangan tersebut dapat dikatakan baik jika dilakukan dengan efektif dan efisien. Pemberian penghargaan d. 2.jabatan. Kesehatan f. Keamanan dan ketertiban h. Kekayaan penjabat publik c.Tugas 5 Good Governence 1.

demokrasi. 6 Masyarakat madani Apa dan bagaimana peran utama masyarakat madani dalam membangun negara indonesia yang lebih baik? Jawab : Masyarakat madani merupakan seistem sosial yang berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. dan meluruskan perjuangan HAM. Peran utama masyarakat madani untuk membangun bangsa Indonesia adalah dengan ditandainya karakteristik masyarakat madani yang bersifat membangun bangsa. Pemerintahan mendatang memberikan peran yang nyata bagi mereka dalam menjalankan fungsi pendidikan politik yang berperadaban. Elemen-elemen masyarakat madani yang lain perlu mengedepankan kejujuran dalam memerankan fungsi kontrol sosial. yang dimaksud dengan kemitraan disini adalah saling memberikan masukan dan saling mengontrol secara konstruktif. diantaranya wilayah publik yang bebas (free public sphere). LSM. dan keadilan sosial. maupun kelompok-kelompok kepentingan lainnya. Pos-pos sosial yang belum terambah oleh negara bisa diisi oleh elemen-elemen civil society. Masyarakat madani menempati posisi komplementer (pelengkap). Strategi pensejahteraan rakyat dan pengembangan negara indonesia yang dilakukan oleh elemen masyarakat madani melalui optimalisasi perannya juga dapat dilakukan dengan membangun kemitraan. yaitu menjaga agar penyelenggaraan negara tetap dalam koridor hukum. Sehingga masyarakat madani harus selalu menjaga kemurnian cita -cita perjuangan reformasi.Tugas no. apabila kita lihat lebih jauh sebenarnya kita juga tidak akan menemukan sekat permanen antara pemerintah dan . Masyarakat madani merupakan elemen penting dalam membuka era reformasi. bebas KKN. Baik ormas. kemajemukan(pluralisme). punya peluang yang sama untuk mengisi pos-pos tersebut. salah satunya adalah dengan negara sebagai pemegang otoritas yang paling formal (jelas) disebutkan dalam konstitusi . suplemen (penambah) dan counter balancing (lawan/penyeimbang) terhadap negara. toleransi.Masyarakat madani merupakan elemen penting dalam menjaga cita-cita reformasi. pers.

masyarakat madani. . LSM. pemerintah terkadang perlu untuk masuk sampai jauh ke dalam arena masyarakat atau kadang-kadang mundur dari arena itu tergantung konteksnya sehingga dalam mobilitasnya membutuhkan mitra kerja dari masyarakat madani baik mereka yang aktif di lingkungan akademisi. LSM dan organisasi lainnya (elemen masyarakat madani) ke dalam lingkungan pemerintah untuk menggantikan orang-orang yang memang dianggap tidak layak dan cukup memiliki kapabilitas dalam melakukan fungsi-fungsi pelayanan kepada masyarakat . atau tokoh masyarakat. berikutnya juga tidak tertutup kemungkinan terjadinya intersep orang-orang yang berasal dari institusi kampus.

Ade Syukron. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) DEMOKRASI.html.dkk. Diakses 21 November 2010 .Daftar Pustaka 1.Adizjayaton Yusuf. Dampak Globalisasi.Prenada Media Group.blogspot.HAK ASASI MANUISA.Jakarta.com/2009/01/dampak globalisasi. DAN MSYARAKAT MADANI. Hanas. http://bukucatatan-part1.2008 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful