P. 1
RPP Kelas 9 Semester 1

RPP Kelas 9 Semester 1

|Views: 1,388|Likes:
Published by mtsnkadugede

More info:

Published by: mtsnkadugede on Jan 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

Sections

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 1 HIBURAN DAN MEDIA MASA Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator : : : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain. 6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen. (1) Siswa mampu menentukan bagian-bagian cerpen dengan panduan tahap-tahap dalam alur; (2) Siswa mampu menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya. : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

Alokasi Waktu

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menceritakan kembali isi cerpen sesuai dengan alur aslinya 2. Materi Pembelajaran a. Unsur intrinsik cerpen; b. Membaca cerpen dengan apresiasi dan improvisasi. 3. Metode Pembelajaran a. Pemodelan b. Inkuiri c. Demonstrasi 4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1) Siswa mendengarkan pemodelan membaca cerpen 2) Siswa membaca cerpen b. Kegiatan inti 1) Siswa mengidentifikasi pengalaman masing-masing 2) Siswa mendiskusikan isi cerpen mengapresiasi dan mengalisis alur cerpen; 3) Siswa membacakan isi cerpen berdasarkan apresiasi improvisasi dan berdasarkan alur asli cerpennya; 4) Siswa dan guru menyepakati format penilaian bercerita. c. Kegiatan Akhir 1). Siswa dan guru melakukan refleksi Pertemuan Kedua a. Kegiatan awal 1) Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan yang lalu b. Kegiatan inti 1) Siswa membacakan hasil diskusi dengan kelompoknya 2) Kelompok lain memberikan penilaian pekejaan kelompok lain c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi 5. Sumber belajar a. buku teks b. media cetak c. perpustakaan

MKKS SMP

halaman 1 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

6. Penilaian a. Teknik : tes unjuk kerja b. Bentuk isntrumens : uji petik kerja prosedur dan produk c. Soal/instrumen : … 1. Tentukan alur cerpen yang telah dibaca oleh temanmu Pedoman Penskoran No 1 2 Kegiatan Siswa menuliskan alur dalam cerpen yang dibacakan Siswa tidak menuliskan alur dari cerpen yang dibacakan Skor 2 0

2.

Tentukan isi cerpen yang dibacakan oleh kelompok lain Pedoman Penskoran No 1 2 Kegiatan Siswa menuliskan isi dalam cerpen yang dibacakan Siswa tidak menuliskan isi dari cerpen yang dibacakan Skor 2 0

Nilai akhir =

Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (4)

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

………………. NIP.

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 2 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 1 HIBURAN DAN MEDIA MASA Sekolah Mata Pelajaran Kelas /Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMP : Bahasa Indonesia : IX / 1 : 5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair. : 5.1 Menemukan tema syair yang diperdengarkan. ( 1 ) Mampu meneukan tema syair berdasarkan inti pengangkapan syair.. ( 2 ) Mampu menangkap pesan syair dengan bukti yang meyakinkan.. : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Alokasi Waktu

i. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan. ii. Materi Pembelajaran Tema dan pesan syair iii. Metode Pembelajaran 1. 2. 3. 4. Pemodelan Inkuiri Diskusi Tanya jawab. iv. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1). Siswa mendengarkan pembacaan syair dari kaset atau dari model. 2). Guru mengingatkan siswa tentang bentuk karya sastra khususnya puisi lama. b. Kegiatan Inti 1). Siswa mendengarkan kembali pembacaan syair dari teman satu kelompok yang berjudul “ Syair Siti Marhumah yang saleh “ . 2). Siswa berdiskusi tentang tema dari syair yang diperdengarkan. 3). Siswa dari setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya didepan kelas. 4). Siswa dari kelompok lain memberikan penilaian atau tanggannya. c. Kegiatan Akhir 1). Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar. 2). Guru menugasi siswa untuk menemukan tema syair dari judul yang lainnya. Pertemuan Kedua a. Kegiatan awal 1). Siswa mendengarkan pembacaan syair dari kaset atau dari model. b. Kegiatan Inti 1). Siswa mendengarkan kembali pembacaan syair dari teman satu kelompok yang berjudul “ Syair Siti Marhumah yang saleh “ . 2). Siswa berdiskusi tentang pesan dari syair yang diperdengarkan . 3). Siswa dari setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya didepan kelas.
MKKS SMP halaman 3 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

4). Siswa dari kelompok lain memberikan tanggapan. c. Kegiatan Akhir 1). Guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi. 2). Guru menugasi siswa untuk menemukan pesan syair dari judul syair yang lainnya v. Sumber Belajar a. Buku kumpulan syair. vi. Penilaian b. Teknik : Tes tulis c. Bentuk instrumen : Tes uraian d. Soal /Instrumen : Tentukan tema dan pesan dari syair yang diperdengarkan berikut !

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

………………. NIP.

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 4 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 1 HIBURAN DAN MEDIA MASA Sekolah Mata Pelajaran Kelas /Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMP : Bahasa Indonesia : IX/1 : 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai. : 3.1 membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif. a. Mampu mendata fakta yang ada dalam teks. b. Mampu mendata opini yang ada dalam teks. c. Mampu membedakan fakta dan opini. : 2 X 40 menit ( 1 pertemuan)

Alokasi Waktu

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat mendata fakta dan opini dalam teks. 2. Materi Pembelajaran Fakta dan opini 3. Metode Pembelajaran 1. diskusi 2. penugasan a. 4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kegiatan awal 1). Siswa mengkliping beberapa iklan yang memuat fakta dan opini. 2). Siswa dan guru bertanya jawab tentang fakta dan opini.

b. Kegiatan Inti 1). Mencermati iklan. 2). Mendiskusikan fakta dan opini yang terdapat dalam iklan. 3). Mendiskusikan pengungkapan yang berupa fakta dan opini dalam iklan. 4). Membedakan fakta dan opini dalam teks iklan. c. Kegiatan Akhir 1). Siswa dan guru melakukan refleksi. 5. Sumber Belajar a. Guntingan /kliping iklan di surat kabar 6. Penilaian a. Teknik : Penugasan. b. Bentuk instrumen : Rubrik c. Soal /Instrumen : 1. Tulislah pernyataan yang merupakan fakta dan opini, kemudian bedakan antara fakta dan opini dalam suatu teks ! .... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah
MKKS SMP

Guru Mata Pelajaran

halaman 5 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

………………. NIP.

………………….. NIP. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 1 HIBURAN DAN MEDIA MASA : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 4 Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi dan karangan. : 4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas. : (1) Siswa mampu menentukan objek yang akan diiklankan; (2) Siswa mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan iklan baris; (3) Siswa mampu menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas; (4) Siswa mampu menyunting iklan baris. : 4 x 40 menit ( 2 kali pertemuan)

Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator

Alokasi Waktu

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas 2. Materi Pembelajaran a. Penulisan iklan baris b. Menyunting iklan baris 3. Metode Pembelajaran a. Inkuiri b. Untuk kerja 4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan pertama a. Kegiatan awal 1) Siswa mencermati kliping iklan baris 2) Siswa dan guru bertanya jawab isi iklan baris b. Kegiatan inti 1) Siswa menyunting iklan baris 2) Siswa menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan iklan 3) Siswa menulis iklan barus dengan bahasa yang singkat 4) Siswa menyunting iklan yuang dibuat sendiri 5) Siswa dan guru menyepakati rubrik penilaian c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi 5. Sumber Belajar a. Koran b. Nara sumber c. Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia 6. Penilaian a. Teknik : Tes unjuk kerja b. teknik : Uji petik kerja, prosedur dan produk c. soal/instrumen : ….

MKKS SMP

halaman 6 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

1. Identifikasilah isi iklan baris klipingmu! Pedoman Penskoran No Aspek 1 Siswa membuat kliping iklan baris 2 Siswa mengidentifikasi isi iklan baris 3 Siswa tidak mengidentifikasi isi iklan baris Jumlah 2. Bagaimana cara menyingkat isi iklan baris Pedoman Penskoran No Aspek 1 Siswa dapat menyingkat kliping iklan baris 2 Siswa tidak mengidentifikasi isi iklan baris Jumlah

Skor 2 2 0 4

Skor 2 0 2

3. Buatlah contoh iklan baris, dengan tahap-tahap sebagai berikut : tentukan objek yang akan diiklankan, kemudian tulislah iklan baris dengan bahasa yang baik Pedoman Penskoran No Aspek Skor 1 Siswa membuat iklan baris dengan bahasa yang baik 2 2 Siswa membuat iklan baris bahasa tidak baik 2 3 Siswa tidak membuat iklan baris 0 Jumlah 4

Skor maksimal No. 1) = 4 No. 2) = 2 No. 3) = 4 Jumlah 10 Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (10)

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

………………. NIP.
MKKS SMP

………………….. NIP.
halaman 7 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 2 RAGAM BUDAYA Sekolah Mata Pelajaran Kelas /Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : Indikator : SMP ............. : Bahasa Indonesia : IX/1 : 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/ siaran radio :1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif bebrapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio (1) Mampu menetukan tema dialog interaktif (2) Mampu menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis. : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Alokasi Waktu A.

Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menentukan tema dialog interaktif. 2. Siswa dapat menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis. Materi Pembelajaran Dialog interaksi Metode Pembelajaran 1. Pemodelan 2. Inkuiri 3. Demonstrasi Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1) Guru menanyakan pada siswa tentang drama radio yang didengarkan. b. Kegiatan Inti 1). Siswa mendengarkan wawancara nara sumber. 2). Siswa mengidentifikasi pokok-pokok wawancara. 3). Siswa mendiskusikan tema wawancara. 4). Siswa melaporkan hasil diskusi secara lisan. 5). Siswa menyimpilkan hasil diskusi. 6). Guru memberikan penegasan hasil diskusi. c. Kegiatan Akhir 1). Guru dan siswa melakukan refleksi. Pertemuan Kedua a. Kegiatan awal 1). Guru bertanya kepada siswa tentang tokoh-tokoh drama yang didengar atau dilihat di TV. b. Kegiatan Inti 1). Siswa mendengarkan rekaman dialog. 2). Siswa mendiskusikan pokok-pokok dialog pada rekaman yang didengarkan. 3). Siswa melaporkan hasil diskusi secara lisan. 4). Siswa menyimpilkan hasil diskusi. 5). Guru memberikan penegasan hasil diskusi para siswa. c. Kegiatan Akhir 1). Guru dan siswa melakukan refleksi.

B. C.

D.

MKKS SMP

halaman 8 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

E.

Sumber Belajar a. Naskah-naskah drama b. Rekaman dialog Penilaian` a. Teknik : Penugasan. b. Bentuk instrumen : Rubrik c. Soal /Instrumen : 1. Tentukan tema dialog interaktif yang akan diperdengarkan atau didemontrasikan ini ! 2. Simpulkan isi dialog yang kamu dengar !

F.

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

………………. NIP.

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 9 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 2 RAGAM BUDAYA Sekolah Mata Pelajaran Kelas /Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMP ............. : Bahasa Indonesia : IX/1 : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan : 2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santai. a. Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya. b. Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang santun. : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Alokasi Waktu A.

Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menentukan kekurangan dan keunggulan karya. 2. Siswa dapat memberikan kritik dan saran dengan bahasa yang lugas dan santun. Materi Pembelajaran Kritik dan saran Metode Pembelajaran 1. Pemodelan 2. Inkuiri 3. Demonstrasi Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1). Guru membacakan sebuah cerita ringan. 2). Guru bertanya tentang menarik dan tidaknya cerita. b. Kegiatan Inti 1). Mengamati karya seni. 2). Mendata kekurangan dan kelebihan atau keunggulan karya seni atau produk. 3). Mendiskusikan kekurangan dan keunggulan karya seni atau produk. 4). Menyampaikan hasil diskusi. 5). Siswa menyimpulkan hasil diskusi. 6). Guru memberikan penegasan hasil diskusi. c. Kegiatan Akhir 1). Guru dan siswa melakukan diskusi. Pertemuan Kedua b. Kegiatan awal 1). Guru membacakan sebuah cerita ringan. 2). Guru bertanya tentang kekurangan dan keunggulan cerita. b. Kegiatan Inti 1). Mengamati karya seni atau produk. 2). Mengamati pemodelan dalam mengkritik dan memuji karya seni. 3). Mendiskusikan kelugasan dan kesantunan pengungkapan yang dilakukan oleh model.

B. C.

D.

MKKS SMP

halaman 10 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

4). Mengkritik dan memuji karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun. c. Kegiatan Akhir 1). Guru dan siswa melakukan refleksi. E. Sumber Belajar a. Buku-buku fiksi b. Cerpen di koran / majalah. Penilaian a. Teknik : Penugasan. b. Bentuk instrumen : Rubrik c. Soal /Instrumen : 1. Sebutkan keunggulan yang dimiliki cerpen yang kalian baca. 2. Sebutkan kekurangan yang dimiliki cerpen yang kalian baca. Penskoran 2

F.

Rubrik No 1 2 Keterangan : 3 = Tepat sekali 2 = Terdapat beberapa yang tidak sesuai 1 = Tidak sesuai dengan cerpen Aspek yang dinilai 3 1

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

………………. NIP.

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 11 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 2 RAGAM BUDAYA Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 7. Memahami wacana sastra /syair jenis syair syair melalui kegiatan mendengarkan syair. : 7.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan. : (1) Siswa mampu menemukan tema syair berdasarkan inti pengungkapan syair (2) Siswa mempu mengungkapkan pesan syair dengan bukti yangmeyakinkan. : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

Alokasi Waktu

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat mengungkapkan tema dan pesan syair yang diperdengarkan. 2. Materi Pembelajaran a. Mengungkapkan tema syair b. Mengungkapkan pesan syair Metode Pembelajaran a. Pemodelan b. Inkuiri 4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran a. Kegiatan awal 1) Siswa mendengarkan pembacaan syair 2) Guru bertanya kesan mereka terhadap pembacaan syair itu 3) Siswa dibagi dalam kelompok. b. Kegiatan inti 1) Salah satu siswa dalam kelompok membacakan syair 2) Siswa mendiskusikan isi dari syair, menyimpulkan syair tersebut. 3) Siswa mendiskusikan pesan-pesan yang tersurat/tersirat pada syair c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi 2) Siswa mengumpulkant tugas merangkum hasil diskusi. 5. Sumber Belajar a. Buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia b. Buku kumpulan Syair Penilaian a. Teknik : Penugasan b. Bentuk Instrumen : Tugas Proyek c. Soal/Instrumen :… 1. 2. Tulislah syair yang diperdengarkan tulislah pesan syair yang diperdengarkan

3.

6.

MKKS SMP

halaman 12 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

Rubrik Penilaian Aspek 1. 2. Tema syair pesan-pesan syair 1 2 3 4 Ket

Skor maksimal No. 1 =4 No. 2 =4 Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (8)

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

………………. NIP.

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 13 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 2 RAGAM BUDAYA Sekolah Mata Pelajaran Kelas /Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMP : Bahasa Indonesia : IX/1 : 7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek. : 7.1. Menganalis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen. (1) Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan cerpen. (2) Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa. (3) Mampu menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat diteladani. : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Alokasi Waktu

A. Tujuan Pembelajaran 1). Siswa dapat menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam sebuah cerpen yang dibaca. 2). Siswa dapat membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa. 3). Siswa dapat menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa. B. Materi Pembelajaran Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen C. Metode Pembelajaran 1. Diskusi 2. Inkuiri 3. Penugasan D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1). Guru menyampaikan sebuah cerita pendek. 2). Guru dan siswa bertanya jawab tentang cerpen tersebut. b. Kegiatan Inti 1). Siswa membaca buku kumpulan cerpen atau cerpen-cerpen yang sudah disiapkan guru. 2). Siswa berdiskusi untuk menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif dan negatif dalam cerpen yang dibaca. 3). Siswa membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa. c. Kegiatan Akhir 1). Siswa dan guru melakukan refleksi. Pertemuan Kedua a. Kegiatan awal 1). Guru menyampaikan sebuah cerita pendek . 2). Guru dan siswa bertanya jawab tentang cerpen tersebut.
MKKS SMP halaman 14 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

b. Kegiatan Inti 1). Siswa membaca buku kumpulan cerpen. 2). Siswa mendiskusikan tentang nilai-nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa. 3). Siswa menyampaikan hasil diskusi secara lisan. 4). Siswa menyimpulkan hasil diskusi . 5). Guru memberikan penegasan hasil diskusi. c. Kegiatan Akhir 1). Guru dan siswa melakukan refleksi. E. Sumber Belajar a. Buku kumpulan cerita pendek. F. Penilaian a. Teknik : Penugasan. b. Bentukinstrumen : Rubrik c. Soal /Instrumen : 1. tulislah nilai kehidupan yang positif ! 2. tulislah nilai kehidupan yang negatif ! 3. bandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan kalian ! 4. simpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan ! Rubrik Penskoran No Aspek yang dinilai 4 3 2 1 1 Nilai yang positif 2 3 4 Simpulan nilai kehidupan Keterangan : 4 = Sangat baik / sangat tepat / sangat sesuai / runtut 3 = Baik / Tepat / sesuai / runtut 2 = Kurang baik / kurang tepat / kurang sesuai / kurang runtut 1 = Tidak baik / tidak tepat / Tidak sesuai / tidak runtut .... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Nilai yang negatif Perbandingan nilai kehidupan

………………. NIP.

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 15 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

MKKS SMP

halaman 16 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 4 Menulis Sekolah Mata Pelajaran Kelas /Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMP : Bahasa Indonesia : IX/1 : 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris dan karangan. : 4.3. Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana. (4) Mampu mengidentifikasikan kesalahan berbahasa yang ada dalam karangan. (5) Mampu memperbaiki kesalahan berbahasa yang ada dalam karangan. (6) Mampu menyusun kembali karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraph, dan kebulatan wacana. : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Alokasi Waktu

A. Tujuan Pembelajaran 1). Siswa dapat menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana. B. Materi Pembelajaran Hasil karangan sendiri C. Metode Pembelajaran 1. Tanta jawab 2. Inkuiri 3. Penugasan 4. Diskusi 5. Refleksi D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 a. Kegiatan awal 1). Siswa bertanya jawab dengan guru tentang kesalahan penulisan dalam buku tersebut. 2). Siswa berdiskusi dengan guru akibat dari kesalahan penulisan dalam teks. b. Kegiatan Inti 1). Siswa mencermati kembali cerpen “ Hanya Karena Cerita Itu “ untuk mengidentifikasi kesalahan yang ada. 2). Siswa berpasangan untuk mendiskusikan kesalahan yang terjadi dalam cerpen yang berjudul “ Hanya Karena Cerita Itu “ . 3). Siswa menyunting teks “ Hanya Karena Cerita Itu “ secara keseluruhan dan menuliskan hasilnya pada format yang disediakan. Pertemuan 2 1. Siswa mengidentifikasi seluruh kesalahan , kemudian menulis teks tersebut secara keseluruhan dengan perbaikan.
MKKS SMP halaman 17 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

2. Siswa saling menukar pekerjaan untuk memberikan penilaian. c. Kegiatan Akhir Siswa bersama guru mengadakan releksi terhadap proses dan hasil belajar. E. Sumber Belajar a. Cerpen “ Hanya Karena Cerita Itu “ karya R.F Dhona b. Aktif Berbahasa Indonesia IX / I halaman 61-62 F. Penilaian a. Teknik : Tes Unjuk Kerja b. Bentuk Instrumen : Tes Identifikasi c. Soal /Instrumen : 1. Tugas kelompok : Identifikasikanlah kesalahan berbahasa dalam cerpen “ Hanya Karena Cerita Itu “ Rubrik Penilaian No 1 2 Aspek yang dinilai Ejaan Pilihan Kata Ketidaktepatan Perbaikan

Setiap jawaban betul mendapat skor 1 2. Perbaikilah kesalahan berbahasa yang ada dengn mendiskusikannya bersama anggota kelompokmu! 3. Tugas individu : Suntinglah teks Cerpen “ Hanya Karena Cerita Itu” lalu susunlah kembali! Rubrik penilaian : a. Ketepatan dalam memperbaiki kesalahan. b. Kerapian penulisan hasil suntingan.

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

………………. NIP.
MKKS SMP

………………….. NIP.
halaman 18 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 2 RAGAM BUDAYA Sekolah Mata Pelajaran Kelas /Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMP : Bahasa Indonesia : IX/1 : 8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan , dan pengalaman dalam cerita pendek. : 8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca. (1) Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur dalm cerpen. (2) Mampu menegmbangkan ideide pokok menjadi cerita pendek. (3) Mampu menyunting cerita pendek. : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Alokasi Waktu

A. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca. B. Materi Pembelajaran Cerita pendek C. Metode Pembelajaran 1. Penugasan 2. Inkuiri D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1). Guru memberikan informasi tentang cerita pendek. b. Kegiatan Inti 1). Siswa memilih cerita pendek yang disukai. 2). Siswa membaca cerpen yang disukai. 3). Siswa menentukan ide-ide poko cerpen yang telah dibaca. c. Kegiatan Akhir 1). Guru dan siswa melakukan refleksi. Pertemuan Kedua a. Kegiatan awal Guru meminta siswa untuk mengembangkan ide-ide pokok dalam cerpen. b. Kegiatan Inti 1). Siswa berdiskusi menemukan ide-ide pokok dalam cerpen. 2). Siswa berdiskusi cara menyunting cerita pendek. 3). Siswa mendiskusikan isi cerita yang merupakan tahap alur. c. Kegiatan Akhir 1). Guru dan siswa melakukan refleksi.
MKKS SMP halaman 19 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

E. Sumber Belajar a. Buku kumpulan cerpen. b. Cerpen dari majalah/ surat kabar. F. Penilaian a. Teknik : Penugasan. b. Bentuk instrumen : tes tulis c. Soal /Instrumen : 1.Tulislah ide-ide pokok cerpen yang sudah kamu baca sesuai dengan alurnya ! 2.kembangkan ide-ide pokok itu menjadi cerpen lagi dengan kalimatmu sendiri ! 3.suntinglah cerpenmu itu !

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

………………. NIP.

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 20 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 3 PERISTIWA Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 3 Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan memindai. : 3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai. : (1) Siswa mampu menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks; (2) Siswa mampu menemukan informasi dengan panduan indeks. dengan alur aslinya. : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

Alokasi Waktu

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat memahami ragam bahasa tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai. 2. Materi Pembelajaran Ragam bahasa tulis a. Menemukan kata dalam buku b. Cara menemukan informasi c. Membacakan wacana 3. Metode Pembelajaran a. Tanya jawab b. Inkuiri c. Refleksi 4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran a. Kegiatan awal 1) Siswa mencermati wacana tulis; 2) Siswa dan guru bertanya jawab tenang isi wacana; 3) Siswa mengidentifikasi isi wacana. b. Kegiatan inti 1) Siswa memilih wacana 2) Siswa membacakan isi wacana 3) Siswa mendiskusikan isi wacana 4) Siswa mengidentifikasikan pokok-pokok wacana yang menarik; 5) Siswa dan guru mengyepakati format penilaian; 6) Siswa dan guru menilai siswa yang membaca 7) Siswa dang guru menentukan tiga pembaca terbaik; 8) Tiga pembaca terbaik mendapat hadiah. c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru menyimpulkan cara membaca yang baik; 2) Siswa dan guru melakukan refleksi. 5. Sumber belajar a. Teks bacaan b. buku Siswa c. Buku yang berindeks 6. Penilaian a. Teknik : Observasi, tes tulis b. bentuk : lembar observasi, uraian c. soal/instrumen : …….
MKKS SMP halaman 21 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

1. Pedoman penskoran 2. tersedia Pedoman penskoran 3. pargraf Pedoman penskoran -

Temukan secara cepat dan tepat kata x dalam buku …. Kegiatan siswa menemukan lebih dari 5 kata siswa menemukan 1-4 kata siswa tidak menemukan apa-apa Skor 2 1 0

Tuliskan informasi mengenai kata itu dalam selembar kertas yang Kegiatan siswa yang menuliskan informasi siswa tidak dapat menuliskan apa-apa Skor 1 0

Susunlah identifikasi p okok-pokok wacana yang menarik dari tiap-tiap Kegiatan siswa menyusun pokok-pokok wacana secara urut siswa menyusun pokok-pokok wacana tidak urut siswa tidak menuliskan apa-apa Skor 2 1 0

4. Bacakanlah wacana tulis itu berdasarkan kaidah bahasa yang baik Rubrik penilaian membaca (perlu disepakati dulu oleh guru dan siswa ) Berilah cek (v) pada kolom nilai 1,2,3, atau 4 dengan ketentuan 1= kurang, 2 = sedang, 3 = baik, 4 = sangat baik Nama siswa = …… Tanggal = …… Judul wacana = …… No Aspek Deskriptor 1 2 3 4 1 Pelafalan  Pelafalan kata secara jelas dan tepat 2 Jeda dan  Pengaturan jeda, tinggi intonasi rendah nada, keras lambar suara, dan waktu yang diperluakan untuk membaca  Gerak bola mata soal 3 Pandangan membaca danlingkungan , mata dan pengulangan kata yang dibaca regresi Skor maksimal No. 1) = 2 No. 2) = 1 No. 3) = 2 No. 4) = 20 Jumlah = 25 Penghitungan akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut : Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (25)

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP.
MKKS SMP

Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.
halaman 22 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 3 PERISTIWA Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 2. Mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan. : 2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas. : (1) Siswa mampu mendiskreditkan pristiwa yang jelas.; (2) Siswa mampu melaporkan berbagai peristiwa dengan kalimat yang jelas. : 6 x 40 menit ( 3 kali pertemuan)

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas. 2. Materi pembelajaran Menyampaikan laporan a. Mengidentifikasi peristiwa b. Cara menyampaikan laporan 3. Metode Pembelajaran a. Tanya jawab b. Inkuiri c. penugasan 4. langkah-langkah kegiatanpembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1) Siswa dan guru bertanya jawab tentang ciri laporan dan konteks penyampaian laporan 2) Siswa mencermati contoh laporan perjalanan b. Kegiatan inti 1) Siswa mengidentifikasi laporan 2) Siswa mengusun rencana laporan perjalanan 3) Siswa mendisikusikan laporan perjalanan yang dianggap paling menarik 4) Siswa mengidentifikasi pokok-pokok laporan yang menarik 5) Soswa dan guru menyepakati format penilaian penyampaian laporan. c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi Pertemuan Kedua a. Kegiatan awal 1) Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan sebelumnya; 2) Siswa membuat kelompok. b. Kegiatan inti 1) Siswa berlatih menyampaikan laporan 2) Siswa menyampaikan laporan 3) Bebrapa siswa dang uru menilai; 4) Secara bergantian siswa yang lain memberi komentar terhadap laporan yang telah disampaikan. c. Kegiatan akhir 1) Guru dan siswa melakukan refleksi
MKKS SMP halaman 23 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

Pertemuan Ketiga a. Kegiatan awal 1) Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan sebelumnya; 2) Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya. b. Kegiatan inti 1) Siswa menyampaikan laporan 2) Siswa dangurumenilai dan memberi komentar 3) Siswa dan guru menentukan tiga pelapor terbaik; 4) Tiga terbaik mendapat hadiah. c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru menyimpulkan lcara melaporkan yang baik 2) Siswa dan guru melakukan refleksi 3) Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya. 5. Sumber Belajar a. Contoh laporan perjalanan b. Buku siswa 6. Penilaian a. Teknik : Tes unjuk kerja b. Bentuk instrumens : Uji petik kerja peroduk c. Soal/Instrumen 1. Sampaikan secaralisan laporan itu dengan menggunakan kalimat yang jelas! Rubrik penilaian berbicara (perlu disekati dulu oleh guru dan siswa) Brilah tanda (v) pada kolom nilai1,2,3, atau 4 dengan ketentuan1 = kurang, 2 = sedang, 3 = baik, 4 = sangat baik Nama siswa = …… Tanggal = …… Judul laporan = …… No Aspek Deskriptor 1 2 3 4 1 Kelengkapan  Apakah isi laporan dan urutan isi yang disampaikan utuh dan lengkap (dari awal samapai akhir/tidak meloncatloncat) 2 Penampilan  Apakah penyampaian laporan dilakukan dengan ktenang danpenuh percaya diri 3 Kelancaran  Apakah penyampaian lancar dan tidak banyak kesalahan pelafalan Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (25) .... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP.
MKKS SMP

Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.
halaman 24 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 3 PERISTIWA Sekolah : SMP Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : IX/1 Standar Kompetensi : 5 Memahami wacana sastra /syair melalui kegiatan membaca syair. Kopetensi Dasar : 5.2 menyimpulkan urut-urutan syair yang diperdengarkan. Indikator : (1) Siswa mampu menganalisis syarat-syarat syair; (2) Siswa mampu menganalisis syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur syair. Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan) 1. 2. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan Materi Pembelajaran Mendengarkan syair a. Menganalisis syair Metode Pembelajaran b. Inkuiri c. Tanya jawab d. Refleksi 4. langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama b. Kegiatan awal 1) Siswa mendengarkan syair 2) Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi syair c. Kegiatan inti 1) Siswa mendiskusikan syair yang telah diperdengarkan 2) Siswa menulis syair yang didengar 3) Setiap kelompok menceritakan isi syair yang didengar 4) Guru dan siswa mendiskuiskan perbedaan dan persamaan yang ada dari beberapa kelompok d. Kegiatan akhir 1) Guru dan siswa menyimpulkan isi syair 2) Guru dan siswa melakukan refleksi 5. a. b. c. d. e. 6. Sumber Belajar VCD Buku kumpulan syair Buku paket siswa Nara sumber Buku referensi

3.

Penilaian a. Teknik : Tes tulis b. Bentuk Instrumen : Tes uraian c. soal/Instrumen : …… 1. Bualtah sebuah syair yang bertemakan tentang laur dan uraikan unsur intriksiknya. 2. Bacalah di muka kelas! Rubrik penilaiannya (perlu disepakati antara guru dan siswa)

MKKS SMP

halaman 25 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

Rubrik penilaian berbicara (perlu disekati dulu oleh guru dan siswa) Brilah tanda (v) pada kolom nilai1,2,3, atau 4 dengan ketentuan1 = kurang, 2 = sedang, 3 = baik, 4 = sangat baik Nama siswa = …… Tanggal = …… Judul syair = …… No Aspek Deskriptor 1 2 3 4 1 Kesesuaian isi  Isi syair sesuai dngan tema yang ditentukan 2 Kesesuaian  Visualisasi mendukung visualisasi isi syair 3 Pelafalan  Pelafalan secara jelas dan tepat 4 Jeda dan  Pengaturan jeda, tinggi intonasi rendah nada, keras lembut suara, dan cepat lambat 5 Gerak/mimik  Kesesuaian antara ekspresi wajah gerak, sikap dan ucapan 6 Gaya bahasa  Pilihan kata yang digunakan Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (30) .... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP. Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 26 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 4 Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 4 Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan. : 4.2 Meresensi buku pengetahuan. : (1) Siswa mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta menunjukkan kelebihan dan isi buku serta menunjukkan kelebihan serta kekurangannya. (2) Siswa mampu merangkum isi buku (3) siswa mampu menulis pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku. (4) Siswa mampu menyunting resensi. : 6 x 40 menit (3 x pertemuan)

Alokasi Waktu

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat meresensi buku pengetahuan dengan tepat. 2. Materi Pembelajaran Meresensi buku pengetahuan a. Bentuk fisik dan isi buku b. Merangkum isi buku/teknik membuat rangkuman isi buku c. Tanggapan pribadi terhadap isi buku d. Praktik menyunting buku. 3. Metode Pembelajaran a. Pemodelan b. Tanya jawab c. Inkuiri d. Demonstrasi 4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1) Siswa diajak mengidentifikasi buku pengetahuan; 2) Guru bertanya jawab tentang identitas buku pengetahuan; 3) Siswa berkelompok. b. Kegiatan inti 1) Siswa menerima buku pengetahuan; 2) Secara berkelompok mengidentifikasi buku pengetahuan; 3) Secara berkelompok merangkum isi buku pengetahuan; 4) Siswa memberi tanggapan pribadi tentang isi buku pengetahuan yang telah dirangkum secara singkat; 5) Siswa dan guru menyusun rubrik penilaian; 6) Siswa secara berkelompok menulis resensi buku pengetahuan dipandu oleh guru. c. Kegiatan Akhir 1). Siswa dan guru melakukan refleksi 2). Siswa secara berkelompok mendapat tugas untuk membuat resensi buku pengetahuan. Pertemuan Kedua a. Kegiatan awal 1) Siswa dan guru bertanya jawab kembali tentang hasil resensi buku pengetahuan.
MKKS SMP halaman 27 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

b. Kegiatan inti 1) Siswa mendiskusikan hasil tugas rumahnya dengan bimbingan guru; 2) Siswa menyempurnakan tugas rumah secara berkelompok dengan sempurna. c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi. Pertemuan ketiga a. Kegiatan awal Siswa dan guru bertanya jawab kembali tentang hasil resensi buku pengetahuan. b. Kegiatan inti 1) Siswa memprbaiki resensi buku pengetahuan berdasarkan hasil suntingan temannya; 2) Siswa secara berkelompok menilai hasil kerja teman dengan rubrik yang telah disepakati kemudian menyuntingnya. 3) Siswa dan guru memilih tiga resensi buku pengetahuan yang terbaik 4) Siswa memajang resensi terbaik dari masing-masing kelompok di papan pajang kelas; 5) Tulisan/hasil resensi terbaik diberi pengharaan c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi 5. Sumber Belajar a. Buku pengetahuan populer b. Buku bahasa Indonesia 6. Penilaian a. Teknik b. Bentuk isntrumens c. Soal/instrumen : Penugasan : Tugas proyek : …

1. Buatlah sebuah resensi buku pengetahuan di perpustakaan sekolah dengan pedoman perkoran : Pedoman penskoran No Hal yang perlu diobservasi Skor 1 2 3 Mengidentifikasi fisik buku Hasil resensi buku pengetahuan Pendapat pribadi terhadap buku yang dirangkum 3 5 2

2. Suntinglah resensi yang telah kau buat berdasarkan hasil penilaian temannmu, guru, dan berdasarkan pendapatmu! Pedoman Penskoran No Aspek Deskriptor Jml yang dibutuhkan Skor 1 Ejaan dan Pembetulan 2 • Semua kesalahan tanda baca ejaan / tanda dibetulkan/tidak ada kesalahan baca 1 • Sebagian kesalahan dibetulkan 0 • Kesalahan tidak dibetulkan 2 Isi resensi Kesesuai isi yang dibaca • Semua tulisan sesuai dengan buku yang dibaca • Sebagian tidak sesuai dengan buku • Sebagian besar tidak sesuai 3 2 1 0

MKKS SMP

halaman 28 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

dengan buku • Semua tidak sesuai dengan buku 3 Sistematika Penyajian penulisan resensi • Urut-urutan sesuai • Urut-urutan tidak sesuai 1 0

Skor maksimal No. 1) = 10 No. 2) = 10 Jumlah = 20 Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (20)

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP. Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 29 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 4 Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator : : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk yang lain 6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun. : (1) Siswa mampu menentukan suasana puisi (2) Siswa mempu menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi (3) Siswa mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun. : 6 x 40 menit (3 x pertemuan)

Alokasi Waktu

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi puisi dengan berpedoman pada kesesuaian isi dan suasana/irama yang dibangun. 2. Materi Pembelajaran a. Menentukan suasana puisi b. Menghubungkan suasana puisi dengan irama musikaliasasi puisi c. Menyanyikan sebuah puisi. 3. a. b. c. d. Metode Pembelajaran Pemodelan Tanya jawab Inkuiri Demonstrasi

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Petemuan pertama a. Kegiatan awal 1) Siswa diajak mencermati sebuah puisi yang akan dimusikalisasi 2) Siswa dan guru bertanya jawab tentang suasana puisi b. Kegiatan inti 1) Siswa menerima contoh sebuah puisi dari guru 2) Secara berkelompok , siswa menentukan suasana puisi dengan secermatcermatnya. 3) Guru dan siswa menyusun rubrik penilaian 4) Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas lewat juru bicara yang telah dipilihnya. 5) Kelompok lain memberi tanggapan, kemudian memberi penilaian atas hasil diskusi berdasarkan rubrik penilaian yang telah disepakati. c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi 2) Siswa mendapatkan tugas dari guru tentang menghubungkan suasana puisi dengan irama puisi. Pertemuan kedua a. Kegiatan awal 1) Siswa dan guru bertanya jawab tentang menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi yang telah ditugaskan guru. 2) Beberapa siswa membacakan tugas yang telah diberikan guru.
MKKS SMP halaman 30 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

b. Kegiatan inti 1) Siswa secara berkelompok mendiskusikan irama musikalisasi puisi dengan memperhatikan suasana puisi 2) Siswa dan guru menyusun rubrik penilaian 3) Dengan diwakili seorang, masing-masing kelompok membacakan puisi dengan musikaliasasi dengan irama musikalisasi puisi 4) Kelompok lain memberi penilaian terhadap musikalisasi puisi yang telah ditentukan sesuai dengan rubrik penilaian. c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi 2) Guru memberi tugas mencari sebuah puisi kemudian menentukan musikalisasi puisi yang sesuai dengan suasana puisi Pertemuan ketiga a. Kegiatan awal 1) Siswa bertanya jawab tentang tugas yang telah diberikan oleh guru 2) Beberapa siswa diminta membacakan puisi dengn musikalisasi yang ditentukan oleh siswa b. Kegiatan inti 1) Siswa menentukan suasana puisi yang telah diberikan oleh guru 2) Siswa menentukan musikalisasi puisi dengan memperhatikan suasana puisi 3) Guru dan siswa meneyusun rubrik penilaian 4) Siswa secara bergilir membacakan puisi dengan musikalisasi yang ditentukan c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi 5. Sumber Belajar a. Naskah puisi b. Materi bahasa Indonesia 6. Penilaian a. Teknik b. Bentuk Instrumen c. Soal/Instrumen Puisi : Serumpun Bambu Serumpun bambu di tepi kolam Melambai saya, menjatuhkan bayang Di lengkung angin tanduk bermuram Tak ketentuan daunnya melayang Di rumpun bambu kaki belukar Mengintai pucuk tebungkus salut Kepada ibunya diminta kabar Konon kabar dunia sudi menyambut? Di pinggir kolam ia beriak Pucuk tanggalkan bungkus semula Di sisi ibunya beriang teriak Barulah pagi kau senjakala Syamsu menyingsing hari pun petang Tunduklah bambu di pinggir kolam Setelah sehari senasib ditentang Ah, apakah guna melihat alam?
MKKS SMP halaman 31 dari 54

: Penugasan : Tugas Proyek :…

Model KTSP SMP Kab. ....

1.

Bagaimanakah suasana puisi di atas? Rubrik penilaian No Deskriptor 1 Sesuai dengan tema puisi 2 Kurang sesuai dengan tema puisi 3 Tidak sesuai dengan tema 4 Tidak ada jawaban

Skor 3 2 1 0

Skor maksimal 3

2.

Jelaskan apa hubungan antara suasanapuisi yang anda tentukan denganmusikalisasi yang telah ditentukan! Pedoman penilaian No 1 2 3 Deskriptor Jawaban tepat Jawaban kurang tepat Jawaban kosong Skor 2 1 0 Skor maksimal 2

3.

puisi di atas tentukanmusikalisasinya Pedoman penilaian No 1 2 3 Deskriptor Musikalisasi puisi sesuai dengan tema dan suasana Musikalisasi agak sesuai dengan tema dan suasana Musikalisasi tidak sesuai dengan tema dan suasana Tidak menjawab Skor 3 2 1 0 Skor maksimal 3

Skor maksimal No. 1 =3 No. 2 =2 No. 3 =3 Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (8) .... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP. Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 32 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 4 Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerpen. : 7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen. : (1) Siswa mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan cerpen. (2) Siswa mempu membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa (3) siswa mampu menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

Alokasi Waktu

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menganlisis nilai-nilai kehidupan pada sebuah cerpen 2. Materi Pembelajaran a. Menentukan nilai positif dan negatif cerpen b. Membandingkan nilai-nilai kehidupan dalam cerpen dengan kehidupan siswa c. Menyimpulkan nilai-nilai kehidupan pada sebuah cerpen 3. a. b. c. d. Metode Pembelajaran Pemodelan Tanya jawab Inkuiri Demonstrasi

4. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan pertama a. Kegiatan awal 1) Siswa dan guru bertanya jawab tentang nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam sebuah cerpen 2) Siswa mencari beberapa contoh cerpen yang dikenalnya. b. Kegiatan inti 1) Siswa menerima contoh sbuah cerita pendek 2) Secara berkelompok, siswa menentukan nilai-nilai positif maupn negatif sebuah cerpen. 3) Guru dan siswa menyusun rubrik penilaian 4) Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas lewat juru bicara yang telah dipilihnya 5) Kelompok lain memberi tanggapan, kemudian memberi penilaian atas hasil diskusi berdasrkan rubrik penilaian yang telah disepakati c. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi 2) Siswa mendapatkan tugas dari guru untuk menentukan nilai-nilai positif dan negatif dalam cerpen selanjutnya membandingkan nilai-nilai kehidupan itu dengan kehidupan siswa sendiri. Pertemuan kedua a. kegiatan awal 1) Siswa dang uru bertanya jawab tentang nilai-nilai kehidupan pada sebuah cerpen 2) Membandingkan nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam cerpen dengan kehidupan sehari-hari siswa
MKKS SMP halaman 33 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

b. kegiatan inti 1) Siswa secara berkelompok mendiskusikan nilai-nilai kehidupan pada cerpen 2) Siswa secara berkelompok dengan bimbingan guru membandingkan nilai-nilai kehdiapn dalam cerpen dengan kehidupan sehari-hari 3) Siswa secara berkelompok menyimpulkan nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam sebuah cerpen 4) Siswa dan guru menyusun rubrik penilaian 5) Dengan diwakili juru bicara, masing-masing kelompok membacakan hasil diskusinya 6) Kelompok lain memberi penilaian terhadap musikalisasi puisi yang telah ditentukan sesuai dengan rubrik penilaian c. kegiatan akhir 1) Siswa dn guru melakukan refleksi 5. Sumber Belajar a. Wacana Cerpen b. Materi Bahasa Indonesia 6. Penilaian a. Teknik : Penugasan b. Bentuk Instrumen : Tugas proyek c. Soal/Instrumen : …… cerpen : Sungai ………………………………………………………………………………………………………… 1. Tentukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif yang terdapat dalam cerpen tersebut! Pedoman penilaian No Deskriptor Skor Skor maks 1 Sesuai dengan isi cerpen 3 3 2 Kurang sesuai dengan isi cerpen 2 3 Tidak sesuai dengan isi cerpen 1 4 Tidak ada jawaban 0 2. Jelaskan pendapatmu, bagaimana persanaanmu bila Anda sebagai Sersan Kasim Pedoman penilaian No Deskriptor Skor Skor maks 1 Jawaban tepat 2 2 2 Jawaban kurang tepat 1 3 Tidak ada jawaban 0 3. Sebutkan nilai-nilai positif dalam cerpen yang bisa Anda teladani Pedoman penilaian No Deskriptor Skor Skor maks 1 Jawaban tepat 2 2 2 Jawaban kurang tepat 1 3 Tidak ada jawaban 0 Skor maksimal No. 1 =3 No. 2 =2 No. 3 =2 Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (7)

Mengetahui Kepala Sekolah
MKKS SMP

.... , ………………….. Guru Mata Pelajaran

halaman 34 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

………………. NIP.

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 35 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 5 Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek. : 8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami. : (1) Siswa mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami; (2) Siswa mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih; (3) Siswa mampu menemukan alur cerita; (4) Siswa mampu menulis cerita pendek dari peristiwa yang dialami (5) Siswa mampu menyunting cerita pendek. : 6 x 40 menit (3 x pertemuan)

Alokasi Waktu

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menulis cerita pendek dari peristiwa yang pernah dialami. 2. a. b. c. d. e. Materi Pembelajaran Mendata cerita yang dialami Menentukan konflik yang dialami Menentukan alur cerita Menulis cerpen dari peristiwa yang dialami Menyunting cerpen Metode Pembelajaran

3. a. Inkuiri b. Demonstrasi c. refleksi

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1) Siswa bercerertia pengalaman yang pernah dialami; 2) Siswa dan guru bertanya jawab tentang pengalaman yang dialami; 3) Siswa mendata peristiwa yang mengesankan yang pernah dialami. b. Kegiatan inti 1) Siswa memilih peristiwa yang paling mengesankan; 2) Siswa mendiskusikan pengalaman yang mengesankan untuk ditentukan sebagai bahan cerita; 3) Siswa mengidentifikasi pokok-pokok pengalaman yang paling mengesankan; 4) Siswa menyusun pokok-pokok pengalaman yang paling mengesankan; 5) Siswa berlatih menceritakan kembali pengalaman sesuai dengan pokokpokok pengalaman yang disusunnya. 6) Siswa menceritakan pengalaman masing-amsing secara individu. c. Kegiatan Akhir Siswa dan guru melakukan refleksi Pertemuan Kedua a. Kegiatan awal 1) Siswa dan guru bertanya jawa tentang kegiatan bercerita sebelumnya; 2) Siswa membentuk kemlompok
MKKS SMP halaman 36 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

Kegiatan inti 1) Siswa menceritakan pengalaman secara individu; 2) Siswa yang lain mengamati sambil menentukan konflik cerita 3) Masing-masing kelompok merangkai peristiwa menjadi alur/ kerangka cerita; 4) Siswa dan guru menyusun format penilaian c. Kegiatan Akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi 2) Siswa dn guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu, Pertemuan Ketiga a. Kegiatan awal 1) Siswa dan guru bertanya jawa tentang kegiatan bercerita sebelumnya; 2) Siswa membentuk kelompok sesuai kelompok kegiatan yang lalu b. Kegiatan inti 1) Siswa mengembangkan alur/kerangka cerita menjadi cerita secara kelompok; 2) Siswa menyunting cerpen karya sendiri dan teman; 3) Siswa dan guru menentukan 3 cerpen yang terbaik. c. Kegiatan Akhir 1) Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara bercerita yang baik; 2) Siswa dan guru melakukan refleksi 3) Siswa dan guru merencang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu 5. Sumber Belajar a. Bagan identifikasi pengalaman. b. VCD c. Buku pelajaran bahasa Indonesia 6. Penilaian a. Teknik : Tes unjuk kerja b. Bentuk instrumen : uji petik kerja produk dan produk c. Soal/Instrumen : .. 1. Identifikasikan minimal tiga pengalamanmu yang paling mengesankan ! Pedoman Penskoran No Kegiatan 1 Siswa menuliskan 3 pengalaman atau lebih 2 Siswa menuliskan 1-2 pengalaman 3 Siswa tidak menuliskan apa-apa

b.

Skor 2 1 0

2. Tentukan satu pengalaman yang kamu anggap paling mengesankan dari daftar yang telah kamu buat untuk diceritakan. Pedoman Penskoran No Kegiatan Skor 1 Siswa menuliskan 1 pengalaman atau lebih 1 2 Siswa tidak menuliskan apa-apa 0 3. Susunlah pokok-pokok cerita pengalaman yang paling mengesankan itu dengan rruntut Pedoman Penskoran No Kegiatan Skor 1 Siswa pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesakan dengan runtut 2
MKKS SMP halaman 37 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

2 3

Siswa menyusun pokok cerita pengalaman yang mengesankan tidak tuntur Siswa tidak menulis apa-apa

1 0

4. Ceritakan secara lisan pengalaman yang mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita yang telah kamu susun dengan pilihan kata yang tepat. Pedoman Penskoran No Kegiatan Skor 1 Siswa cerita pengalaman yang mengesakan dengan pilihan kata yang 2 2 tepat Siswa cerita pengalaman yang mengesakan dengan pilihan kata yang 1 3 tidak tepat Siswa tidak menulis apa-apa 0 Rubrik penilaian membaca (perlu disepakati dulu oleh guru dan siswa ) Berilah cek (v) pada kolom nilai 1,2,3, atau 4 dengan ketentuan 1= kurang, 2 = sedang, 3 = baik, 4 = sangat baik Nama siswa = …… Tanggal = …… Judul wacana = …… No 1 2 3 Aspek Kesesuian isi Pelafalan Jeda dan intonasi Gerak /mimik Deskriptor Isi cerita sesuai dengan pokokpokok cerita yang disusun Visualisasi mendukung isi cerita Pelafalan jelas dan tepat Jeda, tinggi rendah naa, keras lemah suara dan cepat lambat cerita. Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan 1 2 3 4

4

Skor maksimal No. 1) = 2 No. 2) = 2 No. 3) = 2 No. 4) = 2 Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (8) .... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP. Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 38 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 5 Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 4 Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris resensi dan karangan : 4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf dan kebulatan wacana. : (1) Siswa mampu menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana. (2) Siswa mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf dan kebulatan wacana. : 6 x 40 menit (3 x pertemuan)

Alokasi Waktu

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menyunting karangan dengan berpedoman ejaan, tanda baca pilihan kata, keefetkifan kalimat, keterpaduan paragraf dan kebulatan wacana. 2. Materi Pembelajaran Membaca teks karangan b. Menemukan kesalahan ejaan dan memperbaiki kesalahan c. Pilihan kata d. Keefektifan kalimat e. Keterpaduan paragraf f. Kebulatan wacana 3. Metode Pembelajaran a. Inkuiri b. Pemodelan c. refleksi 4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1. Siswa membaca teks karangan. 2. Siswa dan guru bertanya jawab isi karangan. 3. Siswa mengidentifikasi isi karangan. b. Kegiatan inti 1. Siswa mengidentifikasi kesalahan dan memperbaiki isi karangan. 2. Siswa mendiskusikan kesalahan ejaan. 3. Siswa menentukan bentuk yang benar. c. Kegiatan Akhir 1. Siswa dan guru melakukan refleksi; Pertemuan Kedua a.Kegiatan awal 1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan membaca teks karangan 2. Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya. b.Kegiatan inti 1. Siswa membuat kalimat dengan ejaan yang benar; 2. Siswa membuat kalimat dengan pilihan kata sesuai dan benar 3. Siswa membuat karangan yang isinya terpadu dan relefan serta keutuhan isinya.
MKKS SMP halaman 39 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

c.Kegiatan Akhir 1. Siswa dan guru melakukan refleksi 2. siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu. Pertemuan Ketiga 1. Kegiatan awal 1. Siswa dan guru bertanya jawab dkegiatan belajar sebelumnya; 2. Siswa mengejakan tugas secara kelompok; 2. Kegiatan inti 1. Siswa membuat teks karangan denganmemperhatikan ejaan, pilihan kata serta kebulatan wacana.. 2. Siswa membacakan teks untuk unjuk kerja di depan kelas. 3. Siswa menilai hasil temannya secara kelompok. 3.Kegiatan Akhir 2. Siswa dan guru melakukan refleksi; 3. Siswa dan guru merencakan pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu. 5. Sumber Belajar a. Buku pelajaran bahasa Indonesia b. VCD c. Nara sumber 6. Penilaian a. Teknik b. Bentuk instrumen c. Soal/Instrumen No 1 Isi a. Relevansi (kesesuaian informasi yang tertulis dengan yang dibaca. b. isi) 2 a. 4 b. MKKS SMP

: Tes unjuk kerja : uji petik kerja dan produk : .. Aspek yang dinilai Skor

sesuai tidak sesuai Kejelasan isi (pemenggalan tepat sehingga memperjelas jelas cukup kurang tidak jelas Intonasi terdapat variasi irama dan tekanan irama monoton Pelafalan tidak terdapat kesalahan pelafalan terdapat 1-2 kesalahan terdapat banyak kesalahan

2 0 3 2 1 0 2 0 3 2 1 3 2 1 3 2 1

Intonasi pelafalan dan powan 3

halaman 40 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

Kelancaran Penampilan berita dan menarik Jumlah Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (26) Jika seluruh gerakant ubuh mendukung isi Gerak tubuh tidak sesuai Gerak tubuh mengganggu isi berita 26 tidak tersenat-sendat adanya pengulangan pembacaan terdapat banyak pengulangan bacaan

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP. Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 41 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 5 Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu : : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio 1.2 Mengomentari pendapat nara sumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio : (1) Siswa mampu mendata pendapat tiap-tiap nara sumber; (2) Siswa mampu mengomentari pendapat nara sumber dengan alasan yang meyakinkan. : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat mengomentari pendapat narasumber dalam dialog informatif pada tayangan televisi/radio. 2. Materi Pembelajaran Mendengarkan wawancara: a. Mendata pendapat nara sumber b. Mengomentari pendapat nara sumber. 3. Metode Pembelajaran a. Pemodelan b. Inkuiri c. Demonstrasi 4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1) Siswa mencermati wawancara dari nara sumber; 2) Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi wawancara; 3) Siswa mengidentifikasi makna berwawancara. b. Kegiatan inti 1) Siswa mengidentifikasi wawancara nara sumber; 2) Siswa mendiskusikan hasil wawancara; 3) Siswa mengomentari hasil wawancara. c. Kegiatan Akhir Siswa dan guru melakukan refleksi Kegiatan Kedua b. Kegiatan awal 1) Siswa dan guru bertanya jawab tentang wawancara; 2) Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya. c. Kegiatan inti 1) Siswa memberi komentar terhadap hasil wawancara; 2) Secara bergantian siswa menilai temannya yang tampil dan memberi komentar d. Kegiatan akhir 1) Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan hasil wawancara yang baik; 2) Siswa dan guru melakukan refleksi; 3) Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu. 5. Sumber belajar a. VCD rekaman wawancara b. Teks wawancara
MKKS SMP halaman 42 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

6. Penilaian a. Teknik b. Bentuk instrumen c. Soal/Instrumen

: Observasi : lembar observasi : ..

Tuliskan kembali pokok-pokok pikiran nara sumber 1) Lembar Observasi No Kegiatan 1 Siswa menuliskan 3 pemikiran atau lebih 2 Siswa menuliskan 1-2 pemikiran 3 Siswa tidak menuliskan Berilah komentar terhadap pendapat nara sumber 2) Pedoman Penskoran Kegiatan Observasi Siswa memberi satu komentar yang baik Siswa tidak memberi komentar apa-apa Buatlah pertanyaan yang sesuaidengan tema wawancara 3) Pedoman Penskoran No Aspek Diskriptor 1 Kesesuaian Pertanyaan sesuai dengan isi pertanyaan wawancara 2 Banyaknya Siswa mampu membuat pertanyaan peranyaan lebih dari tiga Skor maksimal No. 1) = 2 No. 2) = 1 No. 3) = 8 Jumlah 11 Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (11)

Skor 2 1 0

Skor 1 0

1

2

3

4

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP. Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 43 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 10.1 Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kopetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu : : : : SMP Bahasa Indonesia IX/1 10. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai : 10.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiaan membaca intensif. : (1) Siswa mampu mendata fakta yang ada dalam teks; (2) Siswa mampu mendata opini yang ada dalam teks; (3) Siswa dapat membedakan fakta dan opini. : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

1. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menyebutkan contoh kalimat klan yang mengandung fakta dan pendapat dari iklan 2. Materi Pembelajaran a. Mengkliping bentuk iklan majalah dan koran b. Menganalisis /mendientifikasi kalimat-kalimat iklan c. Mebedakan kalimat fakta dan opini pada iklan 3. Metode Pembelajaran a. Pemodelan b. Inkuirisi c. Diskusi 4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran a. Kegiatan awal 1) Siswa mencermati kliping iklan dan mengidentifikasi bentuk iklan;

b. Kegiatan inti 1) Siswa dan guru bertanya jawab tentang kalimat iklan. 2) siswa berdiskusi isi kalimat iklan tentang keobjektifan dan kebernarannya. 3) Siswa berdiskusi segi menarik dan tidaknya kalimat itu apakah mempengaruhi pembaca. 4) Siswa menyebutkan ciri-ciri yang menandai kalimat yang mengandung kebenaran 5) Siswa menyebutkan ciri-ciri yang menandai kalimat yang mempengaruhi pembaca c. Kegiatan Akhir 1) Siswa dan guru melakukan refleksi 2) Siswa dapat menyimpulkan ciri kalimat fakta dan kalimat opini pada iklan 5. Sumber Belajar d. Koran dan majalah pada bagian iklan; e. Baliho dan papan iklan 6. Penilaian a. Teknik b. Bentuk instrumen c. Soal/Instrumen : Tes unjuk kerja : uji petik kerja produk dan produk : ..

MKKS SMP

halaman 44 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

1. Identifikasikan bentuk iklan yang sudah anda kumpulkan! Pedoman Penskoran No Kegiatan 1 Siswa menuliskan klasifikasi iklan niaga 2 Siswa menuliskan klasifikasi iklan layanan masyarakat, 3 Siswa menuliskan klasifikasi iklan pengumuman, 4 Siswa menuliskan klasifikasi iklan penawaran Jumlah 2. Tuliskan kalimat iklan yang berbentuk kalimat fakta. Rubrik Penilaian No 1 Siswa menuliskan 1 kalimat 2 Siswa menuliskan 2 kalimat 3 Siswa menuliskan 3 kalimat 4 Siswa menuliskan 4 kalimat Kegiatan Skor 1 2 3 4 4 Skor 1 1 1 1 4

Jumlah 3. Tuliskan kalimat iklan yang berbentuk kalimat opini Rubrik Penilaian No 1 Siswa menuliskan 1 kalimat 2 Siswa menuliskan 2 kalimat 3 Siswa menuliskan 3 kalimat 4 Siswa menuliskan 4 kalimat Kegiatan

Jumlah 4. Tuliskan ciri-ciri yang menandai pada kalimat fak di iklan tersebut Rubrik Penilaian No 1. 2 3 4 Kegiatan Siswa menuliskan 1 kalimat Siswa menuliskan 2 kalimat Siswa menuliskan 3 kalimat Siswa menuliskan 4 kalimat Jumlah 5. Tuliskan ciri-ciri yang mamndai padakalimat opini di iklan tersebut. Rubrik Penilaian No 1 2 3 4 Kegiatan Siswa menuliskan 1 kalimat Siswa menuliskan 2 kalimat Siswa menuliskan 3 kalimat Siswa menuliskan 4 kalimat Jumlah

Skor 1 2 3 4 4

Skor 1 2 3 4 4

Skor 1 2 3 4 4

MKKS SMP

halaman 45 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

6. Keaktifan siswa dan kelengkapan kliping. Rubrik Penilaian No 1 2 Kegiatan Siswa aktif Siswa tidak aktif Jumlah Skor maksimal No. 1) = 4 No. 2) = 4 No. 3) = 4 No. 4) = 4 No. 5) = 4 No. 6) = 1 Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100) Skor maksimum (21) Skor 1 0 1

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP. Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 46 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 5 Sekolah Mata Pelajaran Kelas /Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu A. : SMP ............. : Bahasa Indonesia : IX/1 : 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/ siaran radio : 1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio : 1.2.1.Mampu mendata pendapat tiap narasumber 1.2.2.Mampu mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan : 2 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mendata pendapat tiap narasumber. 2. Siswa dapat mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang meyakinkan. Materi Pembelajaran Dialog interaktif Metode Pembelajaran 1. Pemodelan 2. Inkuiri 3. Demonstrasi Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1). Siswa mendengarkan dialog interaktif yang disuarakan atau diperagakan. b. Kegiatan Inti 1). Siswa dibentuk kelompok belajar, tiap kelompok 4-6 siswa. 2). Siswa mendata dari dialog yang didengarkan. 3). Siswa mendiskusikan isi pendapat yang telah didata. 4). Siswa menyampaikan komentar atau pendapat dari hasil kerja kelompok tentang isi dialog interaktif. 5). Guru memberikan penegasan dan komentar dari hasil laporan tiap-tiap kelompok. c. Kegiatan Akhir 1). Guru dan siswa melakukan refleksi.

B. C.

D.

E.

Sumber Belajar a. Kaset yang berisi rekaman dialog interaktif. b. Pemodelan siswa untuk melakukan dialog interaktif. Penilaian a. Teknik : Penugasan. b. Bentuk instrumen : Rubrik c. Soal /Instrumen : 1. Tulislah kembali pokok-pokok pemikiran narasumber ! 2. Berilah komentar terhadap pendapat narasumber

F.

MKKS SMP

halaman 47 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

Rubrik No 1 2 Aspek yang dinilai Ketepatan dalam menyampaikan ide pokok 3 Penskoran 2 1

Kejelasan atau keruntutan dalam menyampaikan komentar Keterangan : 3 = Tepat sekali 2 = Terdapat beberapa yang tidak sesuai 1 = Tidak sesuai dengan isi narasumber .... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP. Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 48 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 4 Sekolah : SMP ............. Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas /Semester : IX / 1 Standar : 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, Kompetensi iklan baris , meresensi, dan karangan. Kompetensi Dasar : 4.2. Meresensi buku pengetahuan Indikator (1) Mampu mengidentifikasi bentuk fiksi dan isi buku serta menunjukkan kelebihan dan kekurangannya. (2) Mampu merangkum isi buku. (3) Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku. (4) Mampu meresensi buku pengetahuan . (5) Mampu menyunting resensi. Alokasi Waktu : 8 X 40 menit ( 2 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran 1). Siswa dapat meresensi buku pengetahuan. 2). Siswa dapat menyunting resensi. Materi Pembelajaran Buku pengetahuan Metode Pembelajaran 1. Penugasan 2. Inkuiri 3. Tanya jawab Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1). Siswa mengingat pengalamannya tentang hal-hal yang menarik atau hal yang penting dari buku. 2). Guru mengajak siswa untuk mencari informasi yang menarik atau penting dari buku. b. Kegiatan Inti 1). Siswa menentukan buku pengetahuan yang akan dibaca. 2). Secara kelompok siswa mencermati dan membaca buku pengetahuan. 3). Secara kelompok mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku. 4). Salah satu siswa dari kelompok melaporkan hasil diskusi tentang identifikasi bentuk fisik dan isi buku. c. Kegiatan Akhir 1). Siswa dan guru melakukan refleksi. Pertemuan Kedua a. Kegiatan awal 1). Siswa mengingat kembali tentang identifikasi bentuk fisik dan isi buku. b. Kegiatan Inti 1). Siswa berdiskusi untuk menentukan kelebihan dan kekurangan buku. 2). Secara berkelompok siswa menyusun rangkuman tentang isi buku. 3). Siswa menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan terhadap buku. 4). Siswa menyampaikan pendapatnya terhadap isi buku didepan kelas. 5). Siswa lain menanggapi pendapat temannya.
MKKS SMP halaman 49 dari 54

B. C.

D.

Model KTSP SMP Kab. ....

c. Kegiatan Akhir 1). Siswa dan guru melakukan refleksi. Pertemuan ketiga a. Kegiatan awal Siswa mengingat kembali pengalamannya tentang hal-hal yang sudah dipelajari. b. Kegiatan inti 1). Siswa secara kelompok meresensi buku pengetahuan. 2). Salah satu siswa dari kelompok pertama melaporkan hasil diskusinya didepan kelas. 3). Siswa kelompok lain memberikan tanggapannya. Pertemuan keempat a. Kegiatan awal Guru mengajak siswa melihat kembali hasil resensi buku pada pertemuan yang lampau. b. Kegiatan inti 1). Guru membagikan selebaran hasil resensi buku dari satu kelompok ke kelompok lain. 2). Siswa secara kelompok menyunting resensi buku yang berkaitan dengan ketepatan ejaan, tanda baca, dan pilihan katanya. 3). Secara berkelompok siswa menyunting resensi buku yang berkaitan dengan keefektifan kalimat dan ketepatan paragraf. 4). Siswa dari salah satu kelompok melaporkan hasil diskusi didepan kelas. 5). Siswa dari kelompok lain menanggapinya. E. F. Sumber Belajar a. Buku pengetahuan . Penilaian a. Teknik : Penugasan. b. Bentuk instrumen : Rubrik c. Soal /Instrumen : 1. bacalah buku pengetahuan kemudian tentukanlah salah satu buku untuk diresensi !

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP. Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 50 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 5 Sekolah Mata Pelajaran Kelas /Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : SMP ............. : Bahasa Indonesia : IX/ 1 : 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, iklan baris , meresensi, dan karangan. : 4.3 menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan , tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan karangan. ( 1 ).Mampu menemukan kesalahan penggunaan ejaan , tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan karangan. ( 2 ) Mampu memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan ,tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan karangan : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Indikator

Alokasi Waktu A.

Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, ketepatan paragraf dan kebulatan wacana. Materi Pembelajaran Teks karangan Metode Pembelajaran 1. Diskusi 2. Inkuiri 3. Penugasan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a.

B. C.

D.

Kegiatan awal 1). Guru mengajak siswa untuk memahami istilah menyunting. a. Kegiatan Inti 1). Siswa membaca teks karangan. 2). Siswa menandai kesalahan pemakaian ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf dan kebulatan wacana dari teks karangan yang dibacanya. b. Kegiatan Akhir 1). Siswa dan guru melakukan refleksi. Pertemuan Kedua a. Kegiatan awal 1). Guru membagi siswa secara berkelompok untuk mendiskusikan aspek-aspek bahasa yang disunting. b. Kegiatan Inti 1). Siswa mendaftar kesalahan-kesalahan aspek bahasa yang ditemukan dalam teks karangan. 2). Siswa menentukan bentuk yang benar.

MKKS SMP

halaman 51 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

3). Siswa memperbaiki kesalahan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf dan kebulatan wacana dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar. c. Kegiatan Akhir 1). Siswa dan guru melakukan refleksi. E. F. Sumber Belajar a. Media cetak , buku teks. Penilaian a. Teknik : Penugasan. b. Bentuk instrumen : Rubrik dokumen hasil suntingan awal (draf 1) dan yang sudah diperbaiki berdasarkan masukan teman dan guru. c. Soal /Instrumen : suntinglah teks berikut dengan memperhatikan kaidah-kaidah penyuntingan ! kumpulkan suntinganmu pada pertemuan yang berikutnya !

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP. Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 52 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNIT : 5 Sekolah Mata Pelajaran Kelas /Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMP ............. : Bahasa Indonesia : IX/1 : 8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan , dan pengalaman dalam cerita pendek. : 8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami. (1) Mampu mendata peristiwa yang pernah dialami. (2) Mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih. (3) Mampu menetukan alur cerita. (4) Mampu menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami. (5) Mampu menyunting karangan sendiri atau karangan teman. : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan)

Alokasi Waktu

A. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat menulis cerita pendek dari peristiwa yang pernah dialami. B. Materi Pembelajaran Cerita pendek C. Metode Pembelajaran 1. Penugasan 2. Inkuiri 3. Diskusi D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama a. Kegiatan awal 1). Siswa mendata ciri-ciri cerpen. 2). Siswa dan guru bertanya jawab tentang cerpen. b. Kegiatan Inti 1). Mendata peristiwa yang mengesankan yang pernah dialami. 2). Memilih peristiwa yang paling mengesankan. 3). Menentukan konflik cerita. 4). Merangkai peristiwa menjadi alur. c. Kegiatan Akhir 1). Siswa dan guru melakukan refleksi. Pertemuan Kedua a. Kegiatan awal Guru dan siswa mengingat kembali hal-hal yang sudah dilakukan pada pertemuan yang pertama. b. Kegiatan Inti 1). Mengembangkan alur menjadi cerpen. 2). Menyunting cerpen karya sendiri. c. Kegiatan Akhir 1). Guru dan siswa melakukan refleksi.
MKKS SMP halaman 53 dari 54

Model KTSP SMP Kab. ....

E. Sumber Belajar a. Pengalaman pribadi. b. cerpen dalam majalah/ surat kabar. F. Penilaian a. Teknik : Tes unjuk kerja / portofolio b. Bentuk instrumen : uji petik kerja proses dan produk / dokumen cerpen siswa. c. Soal /Instrumen : Tulislah cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah kamu alami dengan langkah : 1. Datalah peristiwa yang pernah kamu alami. 2. Pilihlah satu peristiwa yang berkonflik. 3. Tentukan alur cerita. 4. Kembangkan alur cerita menjadi sebuah cerpen. 5. Menyunting cerpen.

.... , ………………….. Mengetahui Kepala Sekolah ………………. NIP. Guru Mata Pelajaran

………………….. NIP.

MKKS SMP

halaman 54 dari 54

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->