MODUL PRAKTIKUM PERANCANGAN BASIS DATA

Disusun Oleh : Team Penyusun Modul

BINA SARANA INFORMATIKA JAKARTA 2009

Membuat Basis Data dan Mendesain tabel di Microsoft Access 1.1. Pendahuluan Pengertian Basis data Basis Data (Data Base) dapat dibayangkan sebagai sebuah lemari arsip. Jika kita memiliki sebuah lemari arsip dan berwenang untuk mengelolanya.atau kumpulan informasi yang

terorganisasi dan disajikan untuk tujuan khusus.Prinsip utama basis data adalah pengaturan data/arsip.sedangkan tujuan utamanya adalah kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan data/arsip.Sedangkan sistem basis data merupakan perpaduan antara basis data dan sistem manajemen basis data (DBMS).DBMS adalah software yang menangani semua akses ke basis data Contoh dari DBMS yaitu Microsoft SQL, Server2000,Oracle,Mysql,Interbase,Paradox,Microsoft Access ,dan lain-lain.

Komponen-komponen basis data antara lain : 1.Entitas Entitas digunakan untuk menerapkan integritas pada tingkat Entity(Tabel),agar setiap Instances (Record/Baris) pada suatu Entity bersifat Unique yang disebut sebagai Primary Key sehingga dapat dibedakan antara yang satu dengan yang lain. Contoh :
a. Semua pelanggan,atau pelanggan saja dengan entitas adi,ryan,endah dan seterusnya b. Semua Mobil atau mobil apa saja dengan entitas mobil kijang,Starlett dan lain-lain

2.Atribut Setiap Entitas pasti memiliki Atribut yang mendeskripsikan karakteristik dari Entitas tersebut.penentuan/pemilihan atribut-atribut yang relevan bagi sebuah entitas merupakan hal penting lainnya dalam pembentukan model data.Penetapan atribut bagi sebuah entitas umumnya memang didasarkan pada fakta yang ada.tetapi tidak selalu seperti itu.istilah atribut sebenarnya identik dengan pemakaian kolom data. Contoh : a.Entitas pelanggan atributnya kd_pelanggan,nm_pelanggan,alamat,notelpon

2

1.2.Normalisasi Dalam perancangan sebuah basis data perlu dilakukan secara cermat agar dihasilkan data yang kompak dan efisien dalam penggunaan ruang penyimpanan,cepat dalam pengaksesan dan mudah dalam manipulasi data.Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam merancang basis data seperti ini adalah dengan melakukan normalisasi. Normalisasi adalah proses penyusunan tabel-tabel yang tidak redudan(dobel),yang dapat menyebabkan anomali pada saat terjadi operasi manipulasi data seperti tambah,ubah,dan hapus.Anomali yaitu proses basis data yang memberikan efek samping yang tidak diharapkan (misalnya menyebabkan ketidakkonsistenan data atau membuat sesuatu data menjadi hilang ketika data lain dihapus). Bentuk-bentuk normalisasi a.Bentuk tidak normal bentuk ini merupakan kumpulan data yang akan direkam ,tidak ada keharusan mengikuti format tertentu,dapat saja tidak lengkap dan terduplikasi.data dikumpulkan apa adanya sesuai keadaannya. b.Bentuk normal tahap pertama (1st Normal Form) sebuah table disebut 1NF jika : tidak ada baris yang duplikat dalam tabel tersebut masing-masing cell bernilai tunggal c.Bentuk normal tahap kedua (2nd normal form) Bentuk Normal Kedua(2NF) terpenuhi jika pada sebuah tabl semua atribut yang tidak termasuk dalam primary key memiliki ketergantungan fungsional pada primary key secara utuh. d.Bentuk normal tahap ketiga Menghilangkan anomali-anomali hasil dari ketergantungan fungsional e.Bentuk Normal tahap keempat f.BCNF(Boyce code Normal Form)

3

4

5

Normal 3(3nf) Supplier Kd_supp* Nm_supp transaksi No_fak* Tgl J_tempo Tot Kd_supp** barang Kd_brg* Nm_brg Hrg detail Qty Jml No_fak** Kd_brg** 6 .

Membuat Basis Data Di access 1. Access 2. Microsoft SQL Server. Microsoft Jet Database Engine. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.4. dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Oracle Database. Mengaktifkan Ms.1. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine. Susunan/ hierarki pada access character Field Record File Database 1. Access Klik menu Start  all program  Ms. Office  Ms.3 Implementasi Perancangan Basis data Mengenal Lingkungan Kerja Ms. Access 2003 Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data dengan model relasional. atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access. Membuat Database Klik file  New  Pilih pada task pane  Blank Database Tampil Jendela File New Database Ketikan nama database Klik Tombol Create Kemudian tampil Jendela Database 7 .

Macros Merupakan objek yang digunakan untuk mengoptimasi sekaligus menghemat waktu yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi database.Objects yang berada pada jendela database yaitu sebagai berikut : Tables Merupakan objek utama dalam sebuah file database sekaligus objek pertama yang harus dibuat karena didalam tabel inilah seluruh data-data yang dibutuhkan disimpan Queries Merupakan objek yang berfungsi untuk menampilkan. mengubah dan menganalisa data. yang tersusun dalam sebuah daftar. Pages Page merupakan objek yang digunakan untuk mengakses data diweb secara langsung (online). Dengan kata lain Macro adalah kumpulan beberapa perintah. Modules Merupakan objek yang digunakan untuk menuliskan kode program atau prosedur yang dapat digunakan untuk progaram aplikasi. Forms Merupakan objek yang digunakan untuk menampilkan data yang tersimpan dalam tabel (untuk pembuatan user interface) Reports Merupakan objek yang digunakan untuk merangkum dan mencetak data atau suatu laporan secara efektif. 8 .

dengan contoh pengisian sebagai berikut : Kode_barang Nama_barang Satuan Harga B001 NESCAFE CREAM ISI 30 PACK 24000 Lanjutkan pengisian hingga 10 record Tabel : karyawan Field Name Data Type size Keterangan NIK Text 9 Primary Key Nama_karyawan Text 30 Bagian Text 10 Isikan data sebanyak 5 record. Membuat Tabel  Klik tab tables pada objects  create table in design view  Double klik create table in design view lalu buatlah tabel sesuai dengan struktur tabelnya  data pada tabel  save tabel : file  save  ketik nama tabel contoh:barang Latihan 1: Aktifkan database koperasi. kemudian buatlah tabel-tabel dengan struktur dibawah ini: Tabel : barang Field Name Data Type size Keterangan Kode_barang Text 4 Primary Key Nama_barang Text 30 Satuan Text 8 Harga currency Isikan data sebanyak 10 record. dengan contoh pengisian sebagai berikut : No_fak Tgl_fak Nik F0001 21 Juli 2009 200803666 F0002 21 Juli 2009 200803724 F0003 22 Juli 2009 200803667 9 . dengan contoh pengisian sebagai berikut : NIK Nama_karyawan Bagian 200803666 DENIS AFRIADI PERSONALIA 200803724 APRIANA ADMIN Lanjutkan pengisian hingga 5 record Tabel : Header_penjualan Field Name Data Type No_fak Text Tgl_fak Date / Time NIK Text size Keterangan 5 Primary Key 9 Foreign Key Isikan data sebanyak 5 record. Praktikum : Buatlah database dengan nama Koperasi 3.

disarankan setelah pembuatan relation ship 4. Membuat Relasi Tabel Untuk membuat relasi tabel : Klik menu Tool  Relationship Kemudian tampil jendela show table Kemudian sorot nama tabel dan add satu-persatu tabel dan susun seperti dibawah ini: jumlah 10 .Membuat Indexes(foreign key) Tabel : Detail_penjualan Field Name Data Type No_fak Text Kode_barang Text Jumlah Integer size Keterangan 5 Foreign Key 4 Foreign Key Isikan data sebanyak 5 record. dengan contoh pengisian sebagai berikut : No_fak Kode_barang Jumlah F0001 B001 2 F0001 B003 1 F0002 B004 5 F0003 B002 5 *catatan => untuk pengisian data .

Cascade Deleted Related Record  Klik Create  Lanjutkan langkah pembuatan hingga terbentuk relasi seperti dibawah ini 11 .Membuat garis relasi antar tabel:  Tarik garis diagonal dari field kode_barang(primary key) ke field kode_barang yang ada pada detail_penjualan  Hingga tampil jendela edit relationships  Cheklist Enforce Referential Intergity. Cascade Update Related Fields.

Query juga dapat digunakan untuk bekerja dengan data lebih dari dua tabel dengan mudah Langkah Membuat Query  Klik tab Queries pada objects  Double klik create query in Design View  Tampil jendela show table  Sorot nama tabel kemudian klik add hingga tampil seperti di bawah ini: 12 .4. menyunting atau menganalisa suatu data dengan memberikan baris-baris perintah tertentu. Membuat Query Query adalah suatu objek database yang dapat digunakan untuk menampilkan. Pada aplikasi ini sudah dilengkapi dengan Structured Query Language (SQL) yang menjadi standar bahasa dalam mengolah database Dengan SQL kita dapat mempersingkat penulisan listing program yang panjang karena pada setiap perintahnya dapat mencakup banyak perintah sekaligus.

kode_barang)="B001")). Datasheet View : untuk menampilkan data hasil query 3. Contoh : menampilkan data barang dengan kode barang “B003” Kemudian jalankan query melalui tampilan datasheet dan jalankan melalui SQL View untuk melihat sintaks SQL yang terbentuk Berikut sintaks SQL yang ditampilkan SELECT barang. Design View : untuk menampilkan desain tabel query 2. barang.nama_barang FROM barang WHERE (((barang. 13 . (dengan kata lain perintah SELECT * digunakan untuk menapilkan seluruh data pada tabel sedangkan FROM barang digunakan untuk memperjelas data dari tabel mana yang akan di pakai atau ditampilkan). Keterangan Field : nama field yang ingin ditampilkan Table : Nama tabel dari field tersebut Sort : Mengurutkan data hasil query Show : Mengatur field ditampilkan atau tidak Criteria : Syarat dari data yang ingin ditampilkan  Jika ingin menggunakan seluruh field dalam tabel tersebut maka kita hanya klik dan drop tanda * pada tabel barang kedalam baris field  Terdapat tiga pilihan pada toolbar view antara lain: 1. sebagai berikut: Field Sumber Tabel Kode_barang barang Nama_barang barang Jalankan query dengan mengklik tanda seru ! pada icon toolbar Jika ingin menampilkan salah satu data barang saja. sebelum menjalankan kita dapat mengetik kode yang ingin ditampilkan pada baris criteria pada kolom kode_barang. Pembuatan Query Buatlah query.kode_barang. SQL View : untuk membuat query dengan script SQL Contoh : SELECT * FROM barang.

Perintah yang digunakan diantaranya: CREATE.Namun karena di access perintah DDL ini dapat digunakan dalam mendefinisikan tabel saja. ALTER. buatlah Query dari tabel Header_penjualan dan tabel karyawan dengan menggunakan sintaks SQL melalui SQL View pada tab query Field Sumber Tabel Nik Nama_karyawan Bagian No_fak Tgl_fak Header_penjualan karyawan karyawan Header_penjualan Header_penjualan Tampilkan data pembelian karyawan dengan NIK 200803666 dengan perintah select Simpan dengan nama query_dt_beli_karyawan Latihan 2: Buatlah query dari tabel barang dan detail_penjualan Field Sumber Tabel No_fak Kode_barang Nama_barang Satuan Harga Jumlah Total Diskon Bonus detail_penjualan detail_penjualan barang barang barang Detail_jual Total:[harga]*[jumlah] ekspresi ekspresi Diskon Jika total pembelian > 50000 mendapat diskon 5% dari total Jika total pembelian >100000 mendapat diskon 10% dari total Selain dari itu tidak mendapat diskon Bonus Jika total pembelian > 100000 mendapat bonus 1pcs Sunlight 400ml Selain dari itu tidak mendapat bonus Query DDL (Data Definition Language) Data Definition Language (DDL) merupakan sub bahasa SQL yang berfungsi mendefinisikan database dan tabel.Latihan 1: Buka database koperasi. dan DROP. Dengan menggunakan ketiga perintah tersebut kita sudah dapat membangun struktur data dengan lengkap. CREATE Create digunakan untuk membuat tabel 14 .

Primarykey(NIM)) Keterangan : NIM text(8) not null primary key pada field NIM dan NAMA data tidak boleh kosong (not null) dan field NIM juga merupakan kunci utama (primary key) Kemudian untuk menjalankannya kita dapat mengklik run/tanda seru dari icon toolbar. TGL_LAHIR date. ALAMAT text(50)) Create Table mahasiswa ( NIM text(8) not null. tipe(panjang)) Latihan CREATE Membuat tabel Mahasiswa dengan mengetikan script SQL berikut pada SQL View di Query Create Table mahasiswa ( NIM text(8) not null primary key. TGL_LAHIR date. BU : Alter Table nama_tabel [spesifikasi perubahan] Latihan ALTER Menambahkan field Jenis_kelamin pada tabel mahasiswa Sintaks SQL: ALTER TABLE mahasiswa ADD Jenis_kel text(1) 15 . NAMA text(30) not null. Untuk melihatnya pada objects klik tab tables dan double klik nama tabel mahasiswa ALTER Alter digunakan untuk merubah.BU : Create Table Kolom_1 Kolom_2 Kolon_n nama_tabel ( tipe(panjang). tipe(panjang). NAMA text(30) not null. menambah(ADD). menghapus(DROP) struktur tabel. ALAMAT text(50).

Menambahkan Primary key pada field NIM di tabel mahasiswa Sintaks SQL: ALTER TABLE mahasiswa2 ADD constraint NIM Primary Key(NIM) Keterangan: Pemakaian Constraint Merubah ukuran dan tipe dari field NIM pada tabel mahasiswa Sintaks SQL: ALTER TABLE mahasiswa ALTER column NIM Number Menghapus field Jenis kelamin dari tabel mahasiswa Sintaks SQL: ALTER TABLE mahasiswa DROP column Jenis_kel DROP Drop digunakan untuk menghapus tabel BU : Drop TABLE nama tabel Menghapus tabel MHS Sintaks SQL: Drop table mahasiswa Query DML (Data Manipulation Language) Data Manipulation Language (DDL) merupakan sub bahasa SQL yang berfungsi memanipulasi data yanga ada di dalam basisdata atau database. SELECT. UPDATE. Perintah yang termasuk didalam DML adalah INSERT. dan DELETE INSERT 16 .

”APRIANA”. BU : SELECT nama field1. BU : INSERT INTO nama_tabel (nama field1.Berfungsi untuk menyisipkan. namafield2….. value2.valuen) Atau INSERT INTO nama_tabel VALUES (value1.namafield n) VALUES (value1. atau menyimpan data dari luar sistem kedalam database.valuen) Sintaks SQL: INSERT INTO mahasiswa VALUE(“12029256”.….) Lanjutkan pengisian hingga 5 record pada tabel mahasiswa SELECT Perintah select berfungsi untuk membentuk tabel baru dengan cara mengcopy (backup) seluruh data dari tabel aktif.…. memasukkan. namafield2….namafield n INTO nama_tabel_baru FROM nama_tabel_aktif Atau SELECT * INTO nama_tabel_baru FROM nama_tabel_aktif Sintaks SQL: SELECT * INTO mahasiswa_baru From mahasiswa UPDATE 17 . ”17/01/1985”.”LEBAK BULUS”.. value2.

73” WHERE NIM=”12029256” DELETE Berfungsi untuk menghapus satu atau beberapa record dari suatu tabel.field n=value n WHERE kriteria Sintaks SQL: UPDATE mahasiswa SET nama=”Pondok Pinang No.Perintah update berfungsi untuk mengubah satu atau lebih data field yang terdapat pada satu atau lebih record. field1=value1.… . BU : UPDATE nama_tabel SET field=value WHERE kriteria Atau UPDATE nama_tabel SET field1=value1. BU : DELETE * From nama_tabel WHERE kriteria Sintaks SQL: DELETE * From mahasiswa WHERE NIM=”12029256” 18 .

pilih kembali tables/query  pilih tabel karyawan 5. pindahkan semua field ke bagian selected field dengan mengklik >> 4. Pada tab objects klik Form 2. pindahkan field nama karyawan dan bagian 19 .Form dan SubForm Buatlah Form Data Barang dengan tampilan sebagai berikut : Pembuatan Form Penjualan 1. Double klik Create form by using wizard hingga tampil jendela wizard 3.

langkahnya sbb: 20 . hapus textbok NIK dan buatlah combobox wizard. Masuk ke mode design. Klik Next 2X pilih columnar Klik Next 2X hingga tampil textbox untuk pengisian Klik Finish dan tampil form 9. title 8.6. 7.

Lakukan Penambahan SubForm dan Command Button Wizard hingga tampilan menjadi : 21 .

Pembuatan Query Faktur Dengan Tampilan Faktur sebagai berikut: 22 .

multi user serta menggunkan perintah standar sql (struktur query language ).Pertemuan 9 MySql 1. Tujuan awal diciptakannya MySQL yaitu untuk mengembangkan aplikasi web yang akan digunakan oleh salah satu klien MySQL AB. artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa membeli atau membayar lisensinya. dan Allan Larson pada tahun 1995. MySQL merupakan hasil ciptaan dari Michael “Monty” Widenius. David Axmark. Perbedaan antara mysql dan sql adalah Mysql adalah program database sever sedangkan Sql adalah bahasa yang digunakan didalamnya 23 . Mereka lalu mendirikan perusahaan bernama MySQlL AB di Swedia. Mysql merupakan sebuah database server yang free. Database Mysql.biasa kita baca mai-eski-el merupakan perangkat lunak database yang berbentuk database relasional atau dalam bahaa basisdata sering kita sebut dengan Relation database Management system (RDBMS) yang menggunkan suatu bahasa permintaan bernama sql.1 Pengenalan MySql dan Lingkungan Kerja Mysql adalah sebuah program database server yang mampu menerima dan mengirimkan datanya dengan sangat cepat.

MySQL (versi 5.1).18) dan PHP (versi 4. accessories kemudian pilih command prompt. sehingga masing-masing software tersebut akan disimpan pada direktori khusus. Untuk MySQL ada pada direktori C:apachemysql. Paket PHPTriad biasanya di-instal pada direktori atau folder C:Apache. Sedangkan untuk file-file eksekusinya (file biner) ada di direktori C:apachemysqlbin. Untuk dapat menggunakan mysql terlebih dahulu aktifkan dengan cara sebagai berikut : 1.2 Kelebihan MySql Mysql adalah sebuah database server.3.1.3 Penggunaan MySql dengan command prompt Dalam modul ini menggunakan paket program PHPTriad . Karena PHPTriad merupakan kumpulan paket dari Apache (versi 1.23).. dengan sistem operasi Windows XP. 1. Kemudian pada command prompt tersebut ketikan perintah sebagai berikut: C:\User\.dengan flatform Windows . Selanjutnya akan tampil jendela sebagai berikut: 2. all programs.0.yang open source dapat berjalan pada os manapun.maupun linux. Pilih menu Start.1.>cd C:\ C:>cd apache\mysql\bin 24 .dapat juga berperan sebagai client sehingga disebut database client/server.

dengan demikian computer kita tersebut telah menjalankan fungsinya sebagai mysql server dan dapat melayani lebih dari satu koneksi. bukalah sebuah jendela system prompt ( atau DOS prompt) yang baru.disingkat mysqld (pada saat ini komputer kita bertindak seolah-olah sebagai sebuah server). C:\apachemysqlbin>mysqld Bila perintah ini berjalan dengan baik. maka pada layar akan tampil ucapan selamat datang dari mysql: 25 . jika anda menutuo jendela tersebut. maka program MySql server akan dihentikan juga oleh system.maka pada layar akan ditampilkan pesan: mysqld: ready for connections Perhatikan pada „connections‟ dengan bentuk jamak. C:\>cd apache2triad C:\apache2triad>cd mysql C:\apache2triad\mysql>cd bin C:\apache2triad\mysql\bin> Kemudian jalankan program mysql client dengan mengetikkan mysql pada command prompt C:\apache2triad\mysql\bin>mysql Bila perintah tersebut berhasil. Dan masuklah ke direktori c:\apachemysqlbin. Jangan tutup jendela tersebut.Jalankan dahulu program MySql Server atau MySql Daemon -. Kemudian.

pemberitahuan tentang penulisan perinth MySql yang(tidak) selalu diakhiri dengna symbol.Anda sekarang sudah berhasil menjalankan mysql dan berhasil masuk kedalam system mysql. Pesan terebut berisi ucapan selamat datang.4 Pengantar Sintak Dasar MySQL merupakan bahasa pemograman database di mana penulisan sintaknya tidak serumit bahasa pemograman lainnya seperti java. Versi MySql yang kita gunakan(3. 1. Perhatikan contoh di bawah ini : Contoh di atas menunjukkan bahwa dengan menggunakan sintak show databases. Satu hal yang perlu diingat bahwa setiap penulisan script MySQL di Dos-Prompt harus selalu diakhiri dengan tanda titik koma (.4) dan connection id berupa nomor urut kita masuk ke server. berarti kita dapat menampilkan seluruh nama 26 . Untuk dapat menampilkan apa saja nama database yang telah ada maupun yang akan kita buat. C++ dan sebagainya.). gunakan sintak : Mysql> show databases. Di dalam source MySQL yang telah terinstal secara default telah terisi sebuah database yang bernama mysql dan information_schema .

Sintak untuk bisa masuk kedalam salah satu system database tersebut adalah : Mysql>use nama_database. Sintak untuk menampilkan seluruh table yang telah ada di dalam database mysql adalah : mysql>show tables. dan keluar kalimat database change. Perhatikan gambar di bawah ini : Dengan mengetikkan sintak use mysql. berarti kita telah masuk ke dalam database mysql yang telah ada. Di setiap database tentu ada terdapat beberapa table yang menjadi komponen dasar sebuah database.database yang telah ada. perhatikan gambar di bawah : 27 .

Isi dalam kolom tersebut seperti : Localhost merupakan nama komputer kita sendiri apabila komputer tersebut kita jadikan server. Didalam database tersebut ada table columns_priv (columns_privilege). memberi fasilitas 28 . Maka akan tampil suatu kolom-kolom dan baris-baris yang telah ada seperti gambar di bawah ini: Dari gambar di atas akan terlihat kolom host. karena table-table yang telah ada dan table yang dibutuhkan sebagian besar telah terpenuhi. tables_privilege. Database mysql ini biasanya sering digunakan bagi webmaster sebagai tempat penyimpanan data. db. host. Fungsi tiap table tersebut akan kita bahas di bawah ini.Dari gambar di atas. dan user di mana tiap tablenya memiliki fungsi tertentu yang dapat diakses oleh tiap user. maka gunakan sintak sebagai berikut : msql>select*from user. Untuk bisa melihat isi seluruhnya dari salah satu table sepeti user. user dan password yang telah terisi. Sedangkan root adalah nama user yang berhak penuh untuk mengatur database yang telah ada seperti menambah user. kita dapat melihat bahwa di dalam database mysql sudah ada beberapa table yang telah default dari mysql-nya sendiri.

bahkan juga root bisa membuat database baru yang dapat digunakan kapanpun. 29 .kepada user lain agar user lain dapat akses ke database tersebut. Kolom password yang terisi oleh kombinasi hasil k\angka dan huruf yang telah di atas yaitu 1fb744464c9bba54 pada sintak terdahulu merupakan password terenkripsi yaitu dengan menambahkan sintak password di depan kata password itu sendiri.

bila kita lihat dalam mysql database hanyalah semacam direktori saja .berbeda jika dibandingkan dengan program database yang berbentuk visual seperti access ataupun paradox. disebut data dictionary (kamus data) atau data directory. 2.1 Penggunaan Data Definition Language(DDL) Membuat Database Baru Database adalah sebuah media utama yang harus dibuat dalam membangun sebuah basis data agar nantinya dapat diletakkan beberapa tabel dengan field-fieldnya . Untuk menciptkan database baru pada mysql syntak penulisannya adalah sebagai berikut : Create database nama_database. 30 . File ini yang dikonsultasi sebelum data yang sebenarnya dibaca atau dimodifikasi oleh system basis data.dalam direktori data semua sub direktori yang ada didalamnya disebut database.Pertemuan 10 Data Definition Language(DDL) 1. 2. Hasil kompilasi DDL berupa tabel-tabel yang disimpan dalam sebuah file. Kamus data adalah sebuah file yang berisi metadata. Contoh : Create database perpustakaan. Pada mysql database akan disimpan dan dikumpulkan pada sebuah direktori khusus yang bernama data. Data Definition Language (DDL) Skema basis data dispesifikasikan oleh sekumpulan definisi dengan sebuah bahasa khusus yang disebut data-definition language (DDL).berikut tampilan struktur diektori mysql.

gunakan perintah drop Syntak Drop database nama_database. Contoh : Drop database perpustakaan. Maka akan tampil gambar sebagai berikut : 31 .Kemudian ketikan perintah Show databases. Untuk melihat apakah database perpustakaan sudah dibuat Untuk menghilangkan database atau menghapusnya. Kemudian lihat. gunakan perintah Show databases.

Contoh: Kita akan membuat tabel anggota dengan struktur tabel sebagai berikut: Nama Field Id_anggota Nama Alamat Notelp Tgl_lahir Type Text Text Text Number Date/time Size 4 15 20 Keterangan Primary key Berdasarkan struktur tabel diatas.. fieldn type(lenght). Setelah masuk kedalam database..Latihan 1 : Buat database dengan nama perpustakaan 2.. sehingga pembuatan tabel dilakukan setelah database dibuat... Syntax penulisannya adalah : Use nama_database.perintah yang digunakan adalah seperti berikut: 32 .2 Membuat tabel pada mysql Tabel adalah obyek utama yang harus ada pada sebuah basisdata karena didalamnya semua data akan disimpan. perintah yang digunakan adalah create table dengan syntax sebagai berikut : Create table nama_tabel(field1 type(lenght).perintah yang digunakan adalah use. Tabel terletak pada sebuah database. anda Telah diijinkan melakukan operasi-operasi menyangkut tabel dan isinya.... field2 type(lenght). Untuk membuat tabel kita harus terlebih dahulu mengaktifkan database.))...(... Contoh Use perpustakaan. Untuk membuat sebuah tabel....

3 Untuk menghapus tabel gunakan perintah berikut Syntax Drop table nama_tabel. Untuk melihat tabel Desc anggota. ->alamat varchar(20). Kemudian untuk melihat table.Mysql>crete table anggota(id_anggota char(4). ->notelp varchar(12).gunakan perintah Show tables. Contoh Drop table anggota. ->tgl_lahir date). ->nama varchar(15). Untuk melihat field yang terdapat pada Tabel anggota 2. 33 .

kita dapat mendeklarasikan sebuah kolom sebagai kunci primer atau primary key. ->nama varchar(15) not null.2. primary key(id_anggota)).kita pasti akan menemui sebuah record yang datanya tidak boleh sama dengan record yang lain. Syntax penulisannya adalah : Mysql>create table anggota(id_anggota char(4) not null. ->notelp varchar(12) null. Contoh: Mysql > alter table anggota ->drop primary key. Contoh: Mysql > alter anggota >add primary key(id_anggota). Sedangkan bila kita ingin membuat primary key pada suatu tabel yang sudah terbentuk. ->alamat varchar(20) not null. perintah query yang harus diberikan adalah : Mysql > alter nama_table > add primary key(nama_colom yang dijadikan sebagai kunci). Dalam membuat kunci primer syaratnya adalah kolom tersebut tidak boleh kosong atau diset dengan nilai not null. 34 .4 Membuat kunci primer Dalam membuat sebuah database. Menghapus primary key Mysql > alter table nama_tabel >drop primary key.agar data tidak sama kita dapat membuat sebuah kolom data dengan isi yang berbeda dengan kolom lain . ->tgl_lahir date.

3 4 5 Menambah kolom unik Menghapus index Mengubah nama kolom pada tabel Menghapus kolom /field Membuat validasi Alter table nama_tabel Add index(nama_field). Alter table anggota Add jk char(1)..enum(„data1‟. ->alamat varchar(20) not ->null. atau Alter table anggota Add jk char(1) After nama. crete table anggota(id_anggota char(4) ->not null. Alter table nama_tabel alter_spesifikasi kondisi. Alter table anggota drop jk. ->jk enum(„p‟. Alter table nama_tabel drop index(nama_field).. Alter table anggota Change nama nama_anggota type (lenght). 35 .. Alter anggota Add index(nama).kolom_2 type(lenght).Manipulasi tabel No Keterangan 1 Mengganti nama tabel 2 Perubahan field tabel Perintah Rename table tabel_lama to tabel_baru. Alter anggota drop index(nama). Alter table nama_tabel Change kolom_lama kolom_baru type (lenght). create table nama_tabel(kolom_1 type(lenght). ->tgl_lahir date.‟data2‟)).‟L‟) primary key(id_anggota)). ->nama varchar(15) not null. ->notelp varchar(12) null.kolom_n type(lenght). Alter table nama_tabel drop nama_field. 6 7 Contoh Rename table anggota to anggota baru.

rubah nama tabel pinjam dengan pinjam buku 5.ganti nama field judul pada tabel buku dengan judul buku panjang data 25 3.Latihan 2 Buat 2 tabel didalam database perpustakaan dengan struktur tabel sebagai berikut : Tabel buku Nama Field Type Size Keterangan Id_buku Char 4 Primary key Judul varchar 15 Pengarang Varchar 15 Thn_terbit Date Jenis_buku Varchar 10 Status Varchar 10 Tabel pinjam Nama Field No_pinjam Id_anggota Id_buku Tgl_pinjam Tgl_kembali Type Char Char Char Date Date Size 4 4 4 Keterangan Primary key 2.buat field unik untuk kolom pengarang pada tabel buku 36 .buat validasi pada field status dengan ada dan tidak ada 4.

Beberapa manfaat atau kegunaan dari DLL diantaranya adalah sebagai berikut : 1. mengubah dan menghapus data dalam basis data. Sedangkan DML sendiri menurut jenisnya dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu procedural dan non procedural. Penyisipan informasi baru ke basis data 3. pengubahan data. Data Manipulation Language (DML) DML atau Data manipulation Language merupakan perintah-perintah yang berfungsi untuk melakukan manipulasi data ataupun objek-objek yang ada didalam table. Penghapusan informasi dari basis data 4. Definisi lainnya tentang DML adalah Perintah-perintah untuk memanipulasi data pada basis data.Pertemuan 11 Data Manipulation Language(DML) 1. Bentuk manipulasi yang dapat dilakukan oleh DML diantaranya adalah untuk keperluan pencarian kembali data lama. misalnya perintah untuk memilih data (query). dll. Pengambilan informasi yang disimpan dalam basis data 2. penyisipan data baru. Modifikasi informasi yang disimpan dalam basis data 5. Query adalah perintah yang ditulis untuk mengambil informasi. 37 . Bagian dari DML yang menangani pengambilan informasi ini disebut bahasa query. penghapusan data. menyisipkan.

alamat. Berikut ini contoh-contoh penulisan perintah INSERT dalam proses penambahan data kedalam ta bel anggota.‟jln.bekasi kaum‟. Penggunaan Data Manipulation Language(DML) Perintah insert Perintah INSERT digunakan untuk menambahkan data baru kedalam tabel.notelp.2.‟sari hartini‟. Perintah Select Berfungsi untuk menapilkan data yang terdapat didalam databases atau table Sintaks sederhana dari perintah SELECT tampak seperti berikut ini: Select *from nama_table. INSERT memiliki dua buah format penulisan.jk) >values(„A001‟. 38 . Mysql >Insert into anggota (id_anggota. Mysql > select * from anggota.nama_anggota.‟p‟).‟021 98082049‟.‟1984-0424‟.tgl_lahir.

Contoh: delete anggota where id_anggota=‟a001′. Perintah Delete Berfungsi untuk menghapus sejumlah data yang ada didalam table yang telah dibuat. 39 . Syntax: delete table_name where column_name=column_content. alamat=‟pondok ungu‟ where id_anggota=‟a001‟.Syntax: update table_name set column1_name=column1_content where column2_name=column2_content.Perintah Update Berfungsi untuk melakukan perubahan terhadap sejumlah data yang ada didalam table yang telah dibuat. Contoh: Mysql > update anggota >set nama_anggota=‟derry‟.

1. Membuat dan drop database. ekspor data ke dalam berbagai format dan tersedia dalam 50 bahasa. mengatur kunci pada field. Mengaktifkan Phpmyadmin Pilih browser yang sudah tersedia(Internet Explorer. mengatur hak.Pertemuan 12 PhpMyAdmin PhpMyAdmin adalah alat yang ditulis dalam PHP yang ditujukan untuk menangani administrasi MySQL melalui web. jalankan SQL pernyataan apapun. membuat / drop / merubah tabel.Mozzila Firefox) Kemudian ketikan localhost/phpmyadmin pada address bar - Masukkan username root dan passwordnya password. kemudian akan tampil seperti di bawah ini 40 . menghapus / mengedit / menambahkan kolom.

2. kemudian klik create Ketikkan nama database disini Klik Create 41 . Membuat Database Ketikkan nama database pada textbox create new database. IDE Phpmyadmin Database Menu MySql Address bar Menu phpmyadmin 3.

4. Menghapus database Pilih menu database pada tampilan Home Phpmyadmin - Pilih Database Checklist pada kolom Checklist pada database yang akan dihapus kemudian pilih drop Checklist database Klik Drop 42 .

Membuat Tabel Ketikkan nama table pada textbox name.Pertemuan 13 Tabel 1. kemudian ketikkan jumlah field yang akan dibuat pada table tersebut setelah itu klik go untuk memulai pengetikan struktur datanya. Ketikkan Nama Tabel Ketikkan jumlah field Klik Go - Setelah tampil layar seperti dibawah ini masukkan struktur data untuk table anggota 43 .

Tabel Anggota Field Id_anggota Nama Alamat Notelp Tgl_lahir Type Varchar Varchar Varchar Varchar date Length/Values 4 20 30 13 Keterangan Primary key Setelah kita masukkan field-field yang dibutuhkan kemudian klik save - Primary Klik Key Save Apabila telah sukses maka akan tampil tampilan seperti dibawah ini 44 .

type varchar dan length 20 Klik Save .2. pilih at end of table. Mengelola Tabel a. at beginning of table atau after dari field yang sudah ada setelah itu klik go Textbox Jumlah Klik field Posisi field yang Go ditambah . tambahkan field dengan nama field tempat_lahir. Menambah field klik menu structure masukkan jumlah field yang ingin ditambah.masukkan nama field yang ditambah kemudian klik save.maka apabila telah di klik save akan tampil seperti dibawah ini 45 .

setelah klik drop maka akan tampil pertanyaan.b. kemudian klik drop checklis t akan tampil pesan sukses Klik Drop . Merubah Field checklist field yang ingin dirubaha. Kemudian c. Menghapus Field checklist field yang ingin dihapus. pilih yes. kemudian klik change Checklist Field Klik Change 46 .

rubahlah id_anggota menjadi kode. kemudian isikan 2 record.klik database perpustakaan. Menambah isi table . setelah itu klik go Klik Go 47 .. setelah itu klik save d. kemudian checklist table yang ingin kita isikan data setelah itu klik insert Checklist Field Klik Insert .akan tampil layar seperti dbawah ini.

e. kemudian masukkan kode yang ingin dicari Klik Go - Masukkan Kode Maka akan tampil seperti dibawah ini Klik Go 48 . Mencari data klik search pada menu.

Penggunaan perintah select Menampilkan seluruh isi table Sebelum menggunakan perintah select terlebih dahulu kita pilih menu sql untuk menggunakan perintah tersebut. Kemudian ketikkan perintah sebgai berikut: Select*from anggota Klik Go maka akan tampil seperti dibawah ini 49 .Pertemuan 14 Menampilkan Isi Tabel a.

- Menampilkan data sesuai dengan kode yang dicari (a001). caranya sama dengan mengklik menu sql kemudian ketikkan perintah sebagai berikut: Select*from anggota where kode=‟a001‟ Maka akan tampil seperti dibawah ini 50 .

Kereta : 999 Coach No. KA : 999 Train No Lewat : xxxxxxxxx Via 51 .Pertemuan 15 Review PT KERETA API (PERSERO) Nama : xxxxxxxxx Name Tanggal Berangkat : dd-mm-yy Departure Date Nama KA The Name Of Train Jadwal Berangkat : 99:99 Departure Time Kelas : xxxxxxxx Class Penumpang : Passanger Dewasa : 999 Anak : 999 Child Total : (Rp) Total 999999999 Jumlah : Amount 999 No. Harga : (Rp) Price 999999999 Jadwal Tiba : 99:99 Arrival Time Nomor Tempat Duduk : 999 Seat Number Bea Pesan : (Rp) Resevation 99999999 Jumlah : (Rp) Amount 999999999 : xxxxxxxxx No.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful