P. 1
Modul Animasi Multimedia

Modul Animasi Multimedia

|Views: 1,291|Likes:
Published by antiwithsmile

More info:

Published by: antiwithsmile on Jan 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2013

pdf

text

original

MODUL PEMBELAJARAN

MULTIMEDIA

Oleh: Randikha Dewantoro, Skom

. sehingga dapat saling bergerak mandiri. sesuai dengan teori yang disebut dengan “persistance of vision” Jenis-jenis Animasi 1) Animasi Cel • Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahuntahun awal animasi. dari fotografi atau dari gambar lukisan. animasi merancu pada teknik dimana setiap frame dalam film dibuat secara terpisah. Pada video atau film. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah. Ketika frame-frame tersebut digabungkan. misalnya antara obyek dengan latar belakangnya. maka terdapat ilusi perubahan gambar. Frame bisa dihasilkan dari komputer. • • • Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate) Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (handdrawnanimation) Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal.1) Animasi Animasi adalah “Sebuah Ilusi Gerak” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan.

serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik agar tidak terjadi jitter. seperti misalnya: burung terbang. 4) Animasi Path Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya. 3) Animasi Sprite Pada animasi sprite. • Animasi Cel disebut juga Animasi Tradisional dimana terdapat beberapa langkah pembuatannya: 2) Animasi Frame Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana. maka langkah pertama dia akan menggambar latar belakang. dan akhirnya karakter ketika kaki dilangkahkan.• Misalnya seorang animator akan membuat animasi orang berjalan. persawat terbang. ataupun logo yang berputar. Dalam animasi sprite yang dapat kita edit adalah animasi dari layar yang mengandung sprite. bola memantul. Pada kebanyakan animasi . Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api. Dalam sebuah film. burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu. Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbedabeda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak. gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam. planet yang berotasi. kemudian membuat lembaran yang berisi karakter ketika kaki diangkat. kita tidak dapat mengedit bagian dalam yang ditampilkan oleh layar untuk masing-masing frame seperti pada animasi frame. Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri.

Visual efek dapat dibuat dengan cara: . Apapun jenis animasinya. orientasi dan fokus kamera . yang penting adalah memberikan efek “hidup” (visual efek) pada gambar atau obyek. posisi. Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited. danpanjang.Perubahan cahaya. Contoh film kartun yang dibuat dengan Maya Unlimited adalah Toy Story dan Monster Inc.Update dynamics. dan tekstur) . 7) Animasi Character Animasi karakter biasanya terdapat di film kartun. tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya. 5) Animasi Spline Spline adalah representasi matematis dari kurva. warna.Motion dynamics. struktur. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva. efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk. Animasi vektor mirip dengan animasi sprite. . efek yang disebabkan perubahan posisi terhadap waktu. 6) Animasi Vektor Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal. Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaan. arah.path dilakukan juga efek looping yangmembuat gerakan path terjadi secara terus menerus.

kemudian di sisi penerima baru ditampilkan Ukuran file lebih kecil. Symbolic Representation Obyek animasi (misal bola) direpresentasikan bersamaan dengan perintah operasinya (bola digelindingkan).Proses Animasi Transmisi Animasi 1. namun waktu mendisplay lebih cepat Flash dan Animasi Web .Waktu transmisi lebih lama. 2. Pixmap Representation Pixmap ditransmisikan semua dan ditampilkan di sisi penerima. tetapi waktu untuk mendisplay akan lebih lama karena harus ada scan-converting telebih dahulu di sisi penerima.

Format yang paling populer untuk animasi web adalah SHOCKWAVE FLASH (SWF).Animasi dapat ditambahkan ke dalam halaman web dalam bentukn animasi GIF atau video embedded. sehingga dimungkingkan untuk membuat animasi yang interaktif dan membuat aplikasi web dengan userinterface berupa Flash. layer…) Symbol dan Tweening Objek dapat disimpan pada library dalam bentuk khusus. import dari aplikasi lain (BMP. sehingga dapat dipergunakan ulang. Flash mendukung scripting language. Layer dapat dipergunakan untuk mengorganisasikan elemen frame (layer background. Animasi SWF memerlukan bandwidth yang lebih rendah dibandingkan video dan format bitmap. biasanya di-generate menggunakan Macromedia Flash. animasi text (outline font). dengan menambahkan key frames pada timeline secara sekuensial. yang berupa animasi vektor. yangdinamakan symbol. Harga yang harus dibayar dengan bandwidth yang lebih rendah ini adalah animasi vekor tidak sepenuhnya didukung / dapat ditampilkan dibandingkan dengan bitmap (perlu plug in khusus) Flash lebih dari sekedar program animasi. yang disebut Action Script. Timeline dan Stage Animasi yang dibuat di Flash diorganisasikan dengan timeline (representasi grafik yang terdiri dari kumpulan frame). Objek dapat dibuat dengan menggunakan drawingtool (hampir sama dengan Illustrator dan Corel). PNG. fasilitas auto-trace). Beberapa instancesymbol . Animasi dapat dibuat pada single frame pada suatu waktu. layer awan. JPG. Stage adalah sub-window di mana frame dibuat dengan menggambarkan objek. layer tanaman.

Tiga macam symbol di dalam Flash : 1.orientasi). Perubahan bentuk suatu objek menjadi bentuk baru. Graphic symbol. Faktor yang membuat animasi 3D lebih sulit : · Harus memvisualisasikan bentuk 3 dimensi. rotasi. · Kemampuan processing untuk proses render objek 3D · Perlu cukup dana. Dipergunakan untuk motion tweening. Symbol dapat ditransformasi (ukuran.dapat ditempatkan pada stage. Motion tweening? Gerakan gambar ditentukan terlebih dahulu dengan membuat motion path. tapi lebih sulit untuk dikerjakan. Shape tweening? Dikenal dengan nama morphing. Button symbol. Dipergunakan untuk membuat bagian interaktif. kesabaran dan latihan . Tween motion dapat dibuat dengan beberapa cara. Movie clip symbol. dan bahkan bentuk. Hasil tweening dapat dilihat pada timeline berupa tanda panah pada awal danakhir keyframe yang dipilih. 3. Dengan merubah angka bisa merubah posisi objek. Simply reusable vector objects. 2. Properties 3D model didefinisikan dengan angka-angka. Animasi 3 Dimensi Animasi 3D mudah untuk di deskripsikan. Animasi yang dapat ditambahkan ke dalam movie utama. karakteristik permukaan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->