Apakah yang dimaksud dengan molekul?

Molekul adalah bagian terkecil dan tidak terpecah dari suatu senyawa kimia murni yang masih mempertahankan sifat kimia dan fisika yang unik. Suatu molekul terdiri dari dua atau lebih atom yang terikat satu sama lain. Sebagai contoh, molekul air merupakan kombinasi dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen. Suatu molekul dituliskan dalam rumus kimia. Rumus kimia suatu molekul tersebut menunjukkan banyak jenis dan jumlah atom yang menyusun molekul tersebut.

Molekul dan Rumus Kimianya: RAHASIA MOLEKUL AIR
Posted on Sabtu, 21 April 2007 by faiq Pengantar: Sebetulnya sudah lama saya dapatkan artikel ini dari seorang kawan di milis PPI UTM. Dan pagi ini ketika saya bongkar-bongkar arsip lama, saya dapatkan kembali artikel tersebut. Bagi yang sudah pernah baca di situs atau blog lain, maaf-maaf aja ya«., namanya juga bongkar-bongkar arsip lama«.. ²-ooOOOoo²-

³«.. Dan Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup«..´ (Q.S. Al Anbiya:30) Dalam kitab-kitab tafsir klasik, ayat tadi diartikan bahwa tanpa air semua akan mati kehausan. Tetapi di Jepang, Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama dengan tekun melakukan penelitian tentang perilaku air. Air murni dari mata air di Pulau Honshu didoakan secara agama Shinto, lalu didinginkan sampai -5oC di laboratorium, lantas difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi.

Barangkali temuan ini bisa menjelaskan. ³Arigato (terima kasih dalam bahasa Jepang)´ di depan botol air tadi. Barangsiapa minum supaya kenyang. Prancis. atau paling sedikit kita anggap sekadar sugesti. Tubuh manusia memang 75% terdiri atas air. Selanjutnya ditunjukkan kata ³setan´. Dan ketika dicoba dibacakan doa Islam. Darah 82% air. Ketika musik heavy metal diperdengarkan. dan ia kemudian diundang ke Markas Besar PBB di New York untuk mempresentasikan temuannya pada bulan Maret 2005 lalu. Berlin. Otak 74. Air putih galon di rumah. pesan tadi akan dilaksanakan tubuh tanpa kita sadari. dan agar suami yang meminum tetap setia. dia akan kenyang. ³Zamzam lima syuriba lahu´. Subhanallah. Rasulullah saw. Barangsiapa minum untuk menyembuhkan sakit. tetapi ternyata molekul air itu menangkap pesan doa kesembuhan. Percobaan diulangi dengan membacakan kata.5% air. ³Arigato´. Subhanallah « Pantaslah air zamzam begitu berkhasiat karena dia menyimpan pesan doa jutaan manusia selama ribuan tahun sejak Nabi Ibrahim a. bisa setiap hari didoakan dengan khusyu kepada Allah. kenapa air putih yang didoakan bisa menyembuhkan si sakit. bersabda. Masaru Emoto menguraikan bahwa air bersifat bisa merekam pesan. seperti pita magnetik atau compact disk. Dalam bukunya The Hidden Message in Water. Dr. lalu vibrasinya merambat kepada molekul air lain yang ada di tubuh si sakit. Diputarkan musik Symphony Mozart. Kristal membentuk dengan keindahan yang sama. agar anak yang meminumnya saleh. insya Allah semua penduduk yang meminumnya akan menjadi baik dan tidak beringas. Ketika 500 orang berkonsentrasi memusatkan pesan ³peace´ di depan sebotol air. Air bisa mentransfer pesan tadi melalui molekul air yang lain. dan bisa ³mengerti´ pesan. menyimpannya. Tulang yang keras pun mengandung 22% air. Kristal kembali membentuk sangat indah. kristal muncul berbentuk bunga. Dengan izin Allah.s. Semakin kuat konsentrasi pemberi pesan. sehat. Dr. semakin dalam pesan tercetak di air. ³Air zamzam akan melaksanakan pesan dan niat yang meminumnya´. Palestina. Emoto akhirnya berkeliling dunia melakukan percobaan dengan air di Swiss. Ternyata air bisa ³mendengar´ katakata. . Air tadi akan berproses di tubuh meneruskan pesan kepada air di otak dan pembuluh darah. kristal hancur. kristal air tadi mengembang bercabang-cabang dengan indahnya. dan cerdas. Bila air minum di suatu kota didoakan dengan serius untuk kesalehan. bisa ³membaca´ tulisan. kristal berbentuk buruk. Dulu ini kita anggap musyrik. kristal bersegi enam dengan lima cabang daun muncul berkilauan.Ternyata molekul air membentuk kristal segi enam yang indah. dia akan sembuh. Lalu dicoba dengan menghadapkan tulisan huruf Jepang.

Seorang ilmuwan Jepang telah merintis.Bila kita renungkan berpuluh ayat Al Quran tentang air. struktur molekul Ditulis oleh Jim Clark pada 28-10-2007 Halaman ini menggambarkan bagaimana sifat fisik suatu zat memiliki struktur molekul yang bervariasi dengan dayatarik antarmolekul ± ikatan hidrogen dan gaya van der Waals. molekul. b. Perbedaan ini dapat kamu lihat pada molekul unsur H2 dan molekul senyawa H2O. Molekul yang terbentuk dari satu jenis atom dinamakan molekul unsur. Astaghfirullah. Contoh molekul unsur lainnya adalah Cl2. dan sifat-sifat aneh lagi yang menunggu disingkap manusia. yaitu air yang mempunyai rumus kimia H2O. daya ekam. kita selalu berinteraksi dengan molekul unsur dan molekul senyawa. Contohnya ketika bernapas. Mati pun wajib dimandikan. Kita buang secara mubazir. yaitu oksigen. Tidak ada agama lain yang mengharuskan (baca: mewajibkan) memandikan jenazah. Rumus kimia oksigen adalah O2. a. kelarutan. Habis bercampur. Molekul senyawa dan rumus kimianya Molekul unsur dan molekul senyawa dapat dibedakan berdasarkan jumlah jenis atom penyusunnya. I2. Dia menyimpan kekuatan. Kita masih perlakukan air tanpa respek. Air tersusun atas dua atom H dan satu atom O. dan P4. suami istri wajib mandi. Bahwa air tidak sekadar benda mati. bahkan kita cemari. polietena. iodium. Kata Kunci: es. . kita menghirup molekul unsur oksigen (O2) dan melepaskan molekul senyawa karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dalam bentuk uap air. daya penyembuh. Shalat wajib perlu air wudlu 5 kali sehari. Molekul Unsur Oksigen terbentuk dari dua atom yang sama. Dalam kehidupan sehari-hari. Molekul Senyawa Molekul yang tersusun atas lebih dari satu jenis atom dinamakan molekul senyawa. polimer. Br2. Islam adalah agama yang paling melekat dengan air. Tetapi kita belum melakukan zikir air. sifat fisik. Contoh molekul senyawa. Ilmuwan muslim harus melanjutkan kajian kehidupan ini berdasarkan Al Quran dan hadis. kita akan tersentak bahwa Allah rupanya selalu menarik perhatian kita kepada air.

Ukuran titik leleh dan titik didih akan tergantung pada kekuatan gaya antarmolekul. seperti gas mulia) sampai jumlah yang sangat banyak (seperti pada polimer. tidak larut dalam air? Metana sendiri tidak masalah. NH3. karena gayatarik antar-molekul terhitung lemah. Hal ini membutuhkan sejumlah energi. Kenapa amonia.Sifat fisik substansi molekuler Molekul terdiri dari sejumlah atom yang bergabung melalui ikatan kovalen. Molekul yang berukuran lebih besar memungkinkan dayatarik van der Waals yang lebih besar pula ± dan molekul tersebut akan lebih membutuhkan lebih banyak banyak energi untuk pemutusan ikatannya. dan atom tersebut berkisar dari jumlah yang sangat sedikit(dari atom tunggal. Jika metana dilarutkan. dan karena itu molekulnya terpisah ± air tidak dibutuhkan untuk mengambil sebagian metana dari bagian yang lain. Kenapa metana. Titik leleh dan titik didih Substansi molekuler cenderung untuk menjadi gas. Metana adalah suatu gas. Kelautan dalam air Kebanyakan substansi molekuler tidak larut dalam (atau hanya sangat sedikit larut) dalam air. Kemudahan ini tidak menguntungkan secara energetik untuk pencampuran metana dan air. protein atau bahkan DNA). Kehadiran ikatan hidrogen akan meningkatkan titik leleh dan titik didih. Ikatan kovalen yang mengikat molekul secara bersamaan dengan sangat kuat. Substansi molekuler yang dapat larut setelah bereaksi dengan air. metana memiliki gaya untuk menarik molekul air dan karena itu memutuskan ikatan hidrogen. larut dalam air? . cairan atau padatan yang bertitik leleh rendah. Masalahnya adalah ikatan hidrogen antara molekul air. Daya tarik yang memungkinkan antara molekul metana dan molekul air lebih lemah dibandingkan gaya van der Waals ± dan tidak cukup energi yang dapat dilepaskan ketika gaya van der Waals terbentuk. Sifat fisik suatu zat ditentukan oleh gaya antarmolekul ± gaya tarik antara suatu molekul dengan tetangganya ± dayatarik van der Waals atau ikatan hidrogen. CH4. tetapi hal itu tidak berhubungan dengan sifat fisik suatu zat. atau yang lainnya dapat membentuk ikatan hidrogen dengan air. Anda tidak harus memutus ikatan kovalen yang ada untuk melelehkan atau mendidihkan sebuah zat molekuler.

Daya hantar listrik Substansi molekuler tidak akan dapat menghantarkan listrik. Panah dua arah menunjukkan bahwa reaksi tidak berkesudahan. Kebanyakan substansi molekuler yang lain larut dengan bebas pada air karena substansi molekuler tersebut dapat membentuk ikatan hidrogen dengan molekul air termasuk etanol (alkohol) dan sukrosa (gula). Meskipun dayatarik tersebut akan diganggu ketika keduanya bercampur. Kelarutan dalam pelarut organik Substansi molekuler acapkali larut dalam pelarut organik ± yang berbentuk molekul. ikatan tersebut dapat digantikan oleh ikatan yang setara antara molekul air dan molekul metana. Beberapa contoh tersendiri Iodium. Seperti pada kasus dimana elektron dapat terdelokalisasi pada molekul tertentu. Iodium sedikit. . sedikit larut dalam air. Sebagian amonia juga bereaksi dengan air untuk menghasilkan ion amonium dan ion hidroksida. B.Pt: 184°C. Ketika ikatan hidrogen antara molekul air putus. Kelarutan amonia terutama tergantung pada ikatan hidrogen dan bukan pada reaksi. tidak terdapat kontak yang cukup antar molekul untuk memperbolehkan elektron untuk bergerak di seluruh bagian cairan atau padatan. Antara zat terlarut (zat yang larut) dan pelarut keduanya memiliki molekul-molekul yang tertarik satu sama lain melalui gaya van der Waals. Kristalinitas memberikan susunan molekul yang teratur. Titik leleh: 114°C. Pada tiap waktu hanya sekitar 1% amonia yang dapat bereaksi untuk membentuk ion amonium. tetapi larut dengan sangat leluasa dalam pelarut organik.Amonia memiliki kemampuan untuk membentuk ikatan hidrogen. dayatarik digantikan oleh dayatarik yang lain yang sama antara dua molekul yang berbeda. I2 Iodium merupakan padatan kristalin abu tua dengan uap ungu. Karena itu Iodium merupakan padatan bertitik leleh rendah.

Terdapat sedikit perbedaan sususun molekul air pada es. Ini adalah salah satunya. Satu molekul yang ditengah bersekutu dengan yang diseberangnya. atau "es Ic". saling bersentuhan satu sama lain. tentu saja. dan kamu dapat memikirkan atom pada dua molekul yang terpisah hanya saling menyentuh satu sama lain.Strukturnya digambarkan sebagai kubus terpusat permukaan ± ini adalah kubus molekul iodium dengan molekul yang lain berada pada pusat tiap muka. Molekul air tersusun seperti pada struktur intan. Semua diagram menunjukkan sudut pandang ³mengambang´ tentang kristal. Pengukuran jarak antar atom pusat pada kristal menunjukan dua harga yang berbeda: Atom-atom iodium pada tiap molekul tertarik berdekatan secara bersamaan melalui ikatan kovalen. perhatikan dengan hati-hati urutan diagram yang menunjukkan setiap lapisannya. semua molekul di sebelah kiri dan kanan bersekutu dengan cara yang sama. tetapi bukan yang biasanya ± saya tidak dapat menggambarkannya dengan cara lain supaya dapat dimengerti! Satu-satunya yang berikut dikenal dengan "es kubik". Molekul iodium. Dengan catatan bahwa seiring kamu melihatnya menurun pada kubus. Jika silabus pengajaran dan ujian akhir yang kamu ikuti mengharuskan untuk mengingatnya. Es Es adalah contoh yang baik padatan yang berikatan hidrogen. Dayatarik van der Waals antara molekul-molekulnya lebih lemah. . Orientasi molekul iodium dengan struktur ini sungguh sulit untuk digambarkan (apalagi diingat!).

Molekul tertarik satu sama lain pada padatan melalui gaya dispersi van der Waals. Es kubik hanya stabil pada suhu dibawah -80°C. Molekul Poli(etena) terbentuk melalui penggabungan molekul etena pada untai atom karbon yang berikatan secara kovalen dengan menarik hidrogen. Sisa ikatan hidrogen yang kaku tetap ada pada cairan air yang sangat dingin. struktur menjadi rusak dan molekul cenderung untuk menempati ruang kosong tersebut. Dalam hal ini es merupakan padatan yang luar biasa ± kebanyakan padatan menunjukkan kenaikan volum pada saat pelelehan. struktur heksagonal. . Es yang biasa memiliki struktur yang berbeda. Ketika air membeku. garis menunjukkan ikatan hidrogen. Disebut dengan "es Ih". Hal tersebut adalah sifat normal yang terjadi pada cairan selama dipanaskan. Pasangan elektron mandiri yang mana atom hidrogen tertarik padanya disimpan di sebelah kiri untuk lebih jelas. Kerapatan air meningkat dari 0°C sampai 4°C sebagai akibat dari molekul terbebas dari struktur terbuka dan mengambil ruangan yang kosong. Kerapatan luar biasa yang merupakan sifat dari air Gaya ikatan hidrogen yang terjadi pada es strukturnya lebih terbuka ± jika kamu membuat modelnya. kamu akan menemukan sejumlah ruang kosong yang signifikan. Hal ini berarti bahwa air yang terbentuk mengambil jarak yang sempit dibandingkan dengan jarak es semula. pergerakan termal dari molekul menyebabkan molekul tersebut untuk bergerak menjauh dan kerapatannya menjadi turun. Pada diagram. Setelah 4°C.Ini hanya sebagian kecil dari sebuah struktur yang memiliki jumlah molekul yang sangat banyak dalam bentuk tiga dimensi. terjadi kebaliknya ± terjadi ekspansi sebagai pembentukan ikatan hidrogen. Ketika es meleleh. Kebanyakan dari cairan saling kontak ketika terjadi proses pembekuan. Polimer Ikatan pada polimer PPolimer seperti poly(etena) ± biasa disebut politena ± berada pada bentuk molekul yang sangat panjang. dan tidak menghilang sampai suhu 4°C. juga mengandung untai karbon yang menarik hidrogen. Untai tersebut dapat becabang sepanjang rantai utama.

Karena molekul berdekatan satu sama lain. atau mangkok atau ember. Cari Artik .Pengontrolan kondisi pada saat etena terpolimerisasi. Polietena dengan kerapatan rendah Polietena dengan kerapatan rendah memiliki cabang pendek di sepanjang untai. Kerapatannya lebih rendah. Polietena dengan kerapatan rendah digunakan untuk sesuatu seperti kantong plastik. gaya dispersi menjadi lebih efektif. memungkinkan untuk mengontrol jumlah cabang untuk menghasilkan dua tipe polietena yang berbeda. Sedikit cabang mengakibatkan molekul untuk saling mendekat satu sama lain pada bentuk yang teratur seperti yang sering dijumpai ada bentuk kristalin. Cabang tersebut menghalangi untai tersesun dengan rapi dan rapat. Polietena dengan kerapatan tinggi Polietena dengan kerapatan tinggi memiliki rantai yang tidak bercabang. dan karenanya plastik relatif lebih kuat dan memiliki titik leleh yang lebih tinggi dibanding polietena dengan kerapatan rendah. dan tentunya menyebabkan ruang yang kosong pada susunan strukturnya. Polietena dengan kerapatan tinggi digunakan untuk wadah barang-barang kimia rumah tangga seperti cairan pencuci. Sebagai hasilnya gaya dispersi berkurang dan kekuatan plastik lebih lemah dan titik leleh lebih rendah. sebagai contoh.