LARI JARAK MENENGAH

Pengertian Lari Jarak Menengah
Lari jarak menengah menempuh jarak 800 m dan 1500 m. Start yang digunakan untuk lari jarak menengah nomor 800 m adalah start jongkok, sedangkan untuk jarak 1500 m menggunakan start berdiri. Pada lari 800 m masing ±masing pelari berlari di lintasannya sendiri, setelah melewati satu tikungan

pertama barulah pelari±pelari itu boleh masuk ke dalam lintasan pertama. Hal yang perlu diperhatikan pada lari jarak menengah adalah penyesuaian antara kecepatan dan kekuatan / stamina dari masing ±masing pelari.

Gerak lari jarak menengah (800 m- 1500 m) dan sedikit berbeda dengan gerakan lari jarak pendek. Terletak pada cara kaki menapak. Lari jarak menengah, kaki menapak ball hell-ball, ialah menapakkan pada ujung kaki tumit dan menolak dengan ujung kaki. Start dilakukan dengan cara berdiri.

Yang perlu diperhatikan pada lari jarak menengah
Badan harus selalu rileks atau santai.
Lengan diayun dan tidak terlalu tinggi seperti pada lari jarak pendek Badan condong ke depan kia-kira 15º dari garis vertical.

J

J

J

J Panjang langkah tetap dan lebar tekanan pada ayunan paha ke depan, panjang langkah harus sesuai dengan panjang tungkai. Angkat lutut cukup tinggi (tidak setinggi lari jarak pendek).

Ayunkan kedua lengan untuk mengimbangi gerak kaki 5. badan condong ke depan. Aba ±aba ³ siap ³ Mengambil sikap kaki kiridi depan dan kaki kanan di belakang. Teknik Gerakan lari Jarak Menengah Teknik gerakan lari jarak menengah meliputi : 1. Mengayunkan lutut kedepan tidak setinggi pinggul 6. Sudut lengan kanan usahakan lebih besar daripada lengan kiri . Pada waktu menggerakkan tungkai bawah dari belakang ke depan tidak terlalu tinggi Teknik Lari Jarak Menengah Saat Melewati Tikungan Teknik lari jarak menengah saat melewati tikungan adalah : 1. Pendaratan pada tumit dan menolak dengan ujung kaki 4. 3. Posisi kepala dan badan tidak terlalu condong. kepala juga miring ke kiri 3. Aba ±aba ³ bersedia´ Dengan sikap tenang tetapi menyakinkan melangkah maju ke depan. 2. sikap badan seperti sikap orang berlari 2.Teknik Start Berdiri untuk Lari Jarak Menengah ( 1. berdiri tegak di belakang garis start.500 m ) Teknik Start Berdiri untuk Lari Jarak Menengah adalah : 1. Aba ±aba ³ ya ³ Mulai berlari dengan kecepatan yang tidak maksimal melainkan cukup setengah atau tiga perempat dari kecepatan maksimal. Putarkan keduan bahu ke kiri. Sudut lengan antara 100 ±110 derajat 3. Usahakan berlari sedekat mungkin dengan garis lintasan sebelah kiri 2. tidak menginjak garis start.

Belari menempuh jarak 2000 m. atau 2000 m dengan kecepatan ±1/2 dari kecepatan lari 800m. memantapkan gaya dan . 1. Latihan ini dimaksudkan untuk memelihara stamina. dengan kecepatan sprint. c. Latihan ini bertujuan untuk menyesuaikan diri dengan lapangan. Lari Jarak Menengah 800 m a.600 m. dan organ tubuh lainnya. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan. Berlari jarak pendek 100 m sampai 400 m. b. memantapkan gaya dan irama lari. dan 3000 m dengan kecepatan ± 1/2 darii kecepatan waktu lari 1500 m. b. Berlari menempuh jarak 1. Latihan ini berguna untuk memngkatkan stamina. menguatkan otot-otot dan organ-organ tubuh lainnya.lari jarak pendek sama dengan petunjuk (pedoman) latihan interval dan latihan lari yang diulang-ulang (repetition running). 1.200 m dengan kecepatan ± 3/4 dari kecepatan lari 800 meter dan dilakukan 2 kali seminggu. .C. 2. Berlari menempuh jarak 2000 m sampai 3000 m dengan kecepatan lebih lambat dan kecepatan Iari 1500 m. serta menyelaraskan pernapasan dengan gerakan kaki dan tangan. Latihan ini bertujuan untuk menyesuaikan diri pada lapangan. Berlari dengan menempuh jarak 1.200 m sampai dengan 2. dapat dilakukan dengan jarak yang lebih jauh atau sama dengan jumlah ulangan yang lebih banyak.000 m sampai 1.200 m. Berlari menempuh jarak 1. menguatkan otot. d. Bentuk-Bentuk Latihan Lari Jarak Menengah Materi yang dibicarakan dalam lari jarak menengah atau . 2400 m. Lari Jarak Menengah 1500 m a. Latihan ini bertujuan meningkatkan kecepatan.000 m dengan kecepatan yang lebih lambat dari kecepatan lari 800 m.

Lari dengan kecepatan dan jarak yang bervariasi Gerakan ini memperlancar ketahanan organ-organ tubuh dan bagian-bagian tubuh yang lain. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan. yaitu 100 m dan 400 m dengan kecepatan sprint.irama lari. tanpa adanya perubahan kecepatan langkah secara tiba-tiba. Lari secara terus menerus Latihan ini memperbaiki keadaan tetap (misalnya. Berlari menempuh jarak 2000 m sampai 2400 m. yang diutamakan Iari dengan kecepatan lambat. dapat dilakukan dengan langkah-Iangkah yang sedang. Iari dipercepat (25 50 m). jarak ± 5 sampai20 km. c. Latihan ini bertujuan untuk memelihara stamina.Fartlek . dengan kecepatan ± 3/4 dan kecepatan Iari 1500 meter dan dilakukan 2 kali seminggu. serta menyelaraskan pernapasan dengan gerakan kaki dan tangan. pengambilan zat asam selama latihan berlangsung). Walaupun demikian. keseimbangan antara pengeluaran tenaga. yaitu kira-kira 10 12 km. lari cepat (100 150 m). Lari dengan variasi yang berganti-ganti ini diselingi dengan jalan sewaktu-waktu. Latihan sebaiknya dilakukan di tanah lapang yang sangat bervariasi. b. . dan lari naik turun (46 80 m). lari-Iari yang bervariasi sebaiknya diperpanjang pada kecepatan yang sedang (200 600 m). Cara Melakukan Lari 1500 m dengan . d. Latihan ini dilakukan di atas tanah yang tidak terlalu bergelombang. a. Berlari jarak pendek. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful