P. 1
AD-ART

AD-ART

|Views: 79|Likes:
Published by Supri Ady

More info:

Published by: Supri Ady on Jan 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/01/2012

pdf

text

original

ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA

FORUM SILATURRAHIM ALUMNI SMAN KABUH

maka kami alumni SMA Negeri Kabuh menghimpun diri dalam suatu wadah untuk membantu siswa SMA Kabuh dalam mempersiapkan dirinya menuju kejenjang selanjutnya.ANGGARAN DASAR FLISKA MUKADDIMAH Kemajuan teknologi dan informasi begitu pesat. Sarana informasi yang tepat akan membantu memudahkan kita dalam melangkah kedepan. Tantangan jaman menuntut kita untuk bersaing dengan yang lain. Masa SMA merupakan gerbang menuju kehidupan selanjutnya. Atas dasar itulah dengan rahmat ALLAH SWT. dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sebagai berikut : BAB I NAMA Pasal 1 Organisasi ini bernama Forum Silaturahim Alumni SMA Kabuh dan selanjutnya disingkat menjadi FLISKA BAB II WAKTU PENDIRIAN Pasal 2 Organisasi ini didirikan pada tanggal 3 Oktober 2008 di Jombang untuk jangka waktu yang tidak ditentukan BAB III TEMPAT KEDUDUKAN . Dan untuk mencapainya diperlukan persiapan yang matang dan pengalaman di berbagai hal.

Merekatkan ukhuwah sesama alumni SMA N Kabuh 2. Menjadi sarana penghubung antara alumni-alumni SMA N Kabuh . Menjalin komunikasi yang baik dengan pihak lembaga SMA N Kabuh 3. Kabupaten Jombang.Pasal 3 Organisasi ini berkedudukan dan berpusat di Kecamatan Kabuh. MISI Pasal 6 1. Membina Alumni SMA N Kabuh yang sedang melanjutkan studi di perguruan tinggi dan yang bekerja. intelektual dan spiritual. Jawa Timur BAB IV AZAS Pasal 4 Organisasi ini berazaskan Pancasila BAB V VISI Pasal 5 Menjadi wadah merekatkan ukhuwah dalam upaya menciptakan alumni SMA N Kabuh yang berkualitas dalam segi moral. BAB VI TUJUAN Pasal 7 Tujuan dari organisasi ini adalah : 1.

Menjadi perantara atau pusat informasi bagi siwa SMA NEGERI Kabuh dengan dunia perkuliahan ataupun dunia kerja 3. organisasi ini melakukan usaha-usaha : 1. Membantu pelaksanaan segala bentuk kegiatan eksternal sekolah BAB VII USAHA Pasal 8 Untuk mencapai visi. Melakukan sharing. Keanggotaan organisasi ini terdiri dari anggota biasa.2. Menjalin komunikasi dan jaringan dengan alumni SMA Kabuh BAB VIII KEANGGOTAAN Pasal 9 1. Menjadi sarana atau tempat sharing tentang masalah-masalah yang dialami siswa terkait dengan kegiatan eksternal siswa serta pilihan-plihan tentang dunia perkuliahan ataupun dunia kerja. baik tentang dunia kerja maupun pendidikan yang lebih tinggi. Mengupdate informasi-informasi yang dibutuhkan. misi dan tujuan. Syarat dan hal lain tentang keanggotaan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga. Menjadi pemateri ataupun pelatih saat ada kegiatan-kegiatan (jika diperlukan) 4. . anggota luar biasa dan anggota kehormatan 2. 2. 4. baik dengan siswa ataupun Waka kesiswaan mengenai kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah secara continue 3.

musyawarah kerja. serta hasil usaha yang halal. BAB XI KEUANGAN Pasal 12 Keuangan organisasi adalah seluruh dana yang diperoleh dari modal pokok atau uang pangkal. bendahara. Ketua dan anggota pengurus organisasi dipilih dan disusun berdasarkan hasil kongres. BAB XII . Masa kepengurusan organisasi ditetapkan tiap periode selama 3 tahun dan setelahnya dapat dipilih kembali 3. sah dan tidak bertentangan dengan azas dan tujuan organisasi. wakil ketua. sumbangan yang tidak mengikat. BAB X MUSYAWARAH Pasal 11 Musyawarah dan rapat pengurus terutama terdiri atas kongres. Kepengurusan Organisasi sekurang-kurangnya terdiri dari unsutr ketua. 2. sekretaris.BAB IX KEPENGURUSAN Pasal 10 1. dan rapat bulanan. iuran anggota. dan divisi.

Ketentuan lain yang belum dicantumkan dalam Anggaran Dasar ini akan diatur lebih lanjut dalam Anggaran Rumah Tangga. BAB XIV KETENTUAN PENUTUUP Pasal 15 1. 3. 2.30 WIB . Anggaran Dasar ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. organisasi harus menyelesaikan urusan piutang dam hal khusus lainnya. DITETAPKAN DI: JOMBANG PUKUL : 09. 2. Pembubaran Organisasi dapat dilakukan oleh kongres yang dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah pengurus dan disetujui oleh sekurangkurangnya 2/3 dari jumlah pengurus yang hadir.PERUBAHAN Pasal 13 Anggaan Dasar Organisasi ini dapat diubah dan ditinjau kembali melalui kongres BAB XIII PEMBUBARAN Pasal 14 1. Keputusan tentang pembubaran organisasi diberitahukan kepada instansi yang terkait selambat-lambatnya 2 bulan setelah pembubaran. Segera setelah pembubaran.

SUPRIADI Ketua Umum TITIS KRISTIATNTI Sekretaris Umum .

Pasal 2 Status Status keangggotaan organisasi terdiri atas : 1. Anggota biasa yaitu alumni yang telah terdaftar sebagai anggota 2. Lulusan SMA Negeri Kabuh 3.ANGGARAN RUMAH TANGGA BAB I KEANGGOTAAN Pasal 1 Sifat keanggotaan organisasi bersifat perorangan dan terbuka. satu hak suara. Warga Negara Indonesia 2. Anggota luar biasa yaitu alumni yang belum memenuhi persyaratn sebagai anggota biasa 3. Pasal 3 Syarat Syarat anggota biasa adalah: 1. serta memilih dan dipilih . Mengisi formulir dan surat pernyataan mematuhi AD dan ART Pasal 4 Hak dan Kewajiban 1. Setiap anggota biasa mempunyai hak bicara. Menyetujui dan bersedia mentaati AD/ART dan atau peraturan serta ketentuan lain Organisasi ini 4. Anggota kehormatan yaitu mereka yang telah berjasa pada organisasi dan disepakati dalam kongres.

Setiap anggota biasa berhak berpartisipasi dalam musyawarah dan rapat sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga 4. Pasal 6 Pemberhentian 1.2. c. 5. Pertimbangan dan penjatuhan sanksi dilakukan setelah kesempatan membela diri di dalam rapat yang khusus dilaksanakan untuk keperluan itu. Sanksi bagi anggota dan pengurus yang melanggat AD/ART. Setiap anggota berhak untuk meminta dan memperoleh bahan informasi tentang organisasi dan pelayanan lainnya. aturan dan ketentuan lain organisasi ini dengan mencemarkan dan merusak nama baik organisasi dapat berupa a. Setiap anggota berhak dan berkewajiban memelihara dan menjaga nama baik organisasi. Setiap anggota biasa nerkewajiban membayar uang pangkal dan iuran anggota yang besarnya ditetapkan oleh kongres 3. Pasal 5 Sanksi 1. . Keanggotaan dapat berakhir atau hilang karena yang bersangkutan : a. Meninggal dunia Berhenti atas permintaan sendiriatau mengundurkan diri secara tertulis dengan pertimbangan dan alas an yang diajukan sendiri melalui pengurus c. 2. setelah mendapat teguran lisan 2 (dua) kali Diberhentikan dan dicabut hak keanggotaan dan atau berturut-turut. b. b. Dinon aktifkan atau diberhentikan sementara. kepengurusannya setelah mendapat peringatan tertulis sebanyak 2 (dua) kali berturut-turut. Teguran lisan Peringatan tertulis.

Anggota biasa yang masih dinonaktifkan atau telah diberhentikan secara tetap tidak diperbolehkan katif dalam kepengurusan dan kegiatan organisasi. 2. BAB II ORGANISASI Pasal 8 Struktur 1.d. Anggota pengurus dapat merangkap jabatan lain dalam bagian struktur organisasi sepanjang sesuai dengan persyaratan. Struktur dan mekanisme kerja organisasi secara lengkap akan ditetapkan lebih lanjut dalam aturan dan ketentuan lain yang tersendiri berdasarkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga. bendahara. Anggota biasa yang telah mendaftar memiliki kartu tanda anggota yang dikeluarkan oleh pengurus pusat. Organisasi membuka kesempatan bagi semua alumni SMA Kabuh untuk menjadi anggota. Diberhentikan secara tetap oleh pengurus melalui rapat yang khusus dilaksanakan untuk keperluan itu. 2. 2. Pendaftaran calon anggota biasa dilakukan dengan mendaftarkan diri melalui pengurus 3. Pasal 9 Jabatan 1. Srtuktur organisasi sekurang-kurangnya terdiri atas seorang ketua. criteria dan mekanisme pemilihan berdasarkan hasil kongres. kecuali karena sesuatu hal atau pertimbangan yang bersifat yang luar biasa berdasarkan keputusan pengurus. serta dilengkapi dengan divisi. sekretaris. . BAB 7 Pendaftaran 1.

Kongres organisasi dilaksanakan setiap 3 (tiga) tahun sekali. Rapat pengurus sekurang-kurangnya dilaksanakan 3 (tiga) kali dalam setahun. 3. Rapat harian tim kerja atau panitia pelaksana kegiatan diselenggarakan sesuai kebutuhan.2. dengan dihadiri oleh pengurus. mekanisme kerja dan jabatan pengurus akan diatur secara lebih lanjut dalam aturan dan ketentuan organisasilainnya berdasarkan hasil kongres. 2. Kongres organisasi dilaksanakan setiap 3 (tiga) tahun sekali. BAB III MUSYAWARAH DAN RAPAT Pasal 11 1. dengan dihadiri oleh pengurus. Pasal 12 Keadaan Luar Biasa 1. . anggota dan undangan lainnya. Pasal 10 Wewenang. c. Masa jabatan tiap pengurus sesuai dengan masa kepengurusan yang ditetapkan selama 3 (tiga) tahun 3. Jabatan pengurus dapat berakhir atau hilang apabila yang besangkutan : a. menjalankan tugas dan fungsi menurut struktur organisasi. Tugas dan Fungsi Kepengurusan organisasi inimempunyai wewengan. b. Telah habis masa kepengurusannya Berhenti atau mengundurkan diri atas permintaan sendiri Diberhentikan karena melanggar Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga. anggota dan undangan lainnya.

Apabila syarat quorum tidak dipenuhi. . Menerima dan mengesahkan laporan pelaksanaan kebijakan dan laporan keuangan pengurus. Merumuskan dan menetapkan kebijakan dan pokok-pokok program oraganisasi 4. Mengangkat dan mengukuhkan anggota biasa. Mengesahkan pengurus 3. maka keputusan dapat diambil berdasarkan perhitungan jumlah suara terbanyak sesuai ketentuan tentang hak suara. luarbiasa dan kehormatan 6. Apabila aklamasi tidak tercapai.2. Memilih ketua pengurus dan menyusun kepengurusan pusat 5. Pasal 13 Wewenang Kongres 1. Pasal 15 Keputusan 1. maka musyawarah/rapat pengurus dinyatakan sah setelah ditunda selama 1 x 24 jam dan telah ada pimpinan sidang yang telah ditunjuk pada sedikitnya 5 orang pengurus. Mengadakan peninjauan kembali dan perubahan AD/ART organisasi Pasal 14 Quorum 1. 2. Keputusan dalam setiap musyawarah diambil secara mufakat 2. Dalam keadan luar biasa dapat diadakan Kongres Luar Biasa (KLB) atas usulan tertulis oleh sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah pengurus dan disetujui oleh 2/3 dari jumlah pengurus. Setiap musyawarah atau rapat organisasi dinyatakan sah untuk dilaksanakan dan mencapai syarat quorum apabila dihadiri oleh sekurangkurangnya 2/3 dari jumlah pengurus 2.

Segera setelah pembubaran. organisasi harus menyelesaikan urusan piutang dam hal khusus lainnya. Dua Persegi keteraturan 3. 2. Keputusan tentang pembubaran organisasi diberitahukan kepada instansi yang terkait selambat-lambatnya 2 bulan setelah pembubaran.BAB IV ATRIBUT Pasal 16 Logo Atribut organisasi terdiri atas lambang yang memiliki arti sebagai berikut: 1. lima lidi terikat kejayaan : melambangkan perekatan ukhuwah 4. 3. . Pembubaran Organisasi dapat dilakukan oleh kongres yang dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah pengurus dan disetujui oleh sekurangkurangnya 2/3 dari jumlah pengurus yang hadir. Background putih: melambangkan kesucian dan kutulusan niat 2. warna hijau dan emas : melambangkan kemakmuran dan : melambangkan kedinamisan dalam BAB V PEMBUBARAN Pasal 17 Pembubaran organisasi 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->