P. 1
Makalah PKN

Makalah PKN

|Views: 588|Likes:
Published by Amber Laan DeZzu

More info:

Published by: Amber Laan DeZzu on Jan 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/27/2013

pdf

text

original

KATA PENGANTAR Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata ala, karena berkat rahmat-Nya

kami dapat menyelesaikan makalah hak dan kewajiban warga Negara. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas s mata kuliahpendidikan kewarganegaraan. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi kita dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Surakarta, 24 November 2010

TIM PENULIS

.

Rakyat lebih merupakan konsep politis. petunjuk dari sebuah kota. Menurut UUD 1945. bawahan atau kaula. Sedangkan seorang asing hanya mempunyai hubungan selama dia bertempat tinggal di wilayah Negara tersebut. karena mungkin seorang asing. orang setanah air. sesama warga negara . Penduduk adalah orang-orang yang bertempat tinggal di suatu wilayah negara dalam kurun waktu tertentu. misalnya dalam pasal 29 (2) disebutkan ³ Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Warga negara artinya warga atau anggota dari organisasi yg bernama negara Ada istilah rakyat.´ Di bagian lain UUD 1945 menyabutkan hak-hak khusus untuk warganegara. Dalam hubungan internasional di setiap wilayah Negara selalu ada warga Negara dan orang asing yabg semuanya disebut penduduk. sesama penduduk. penduduk dan warga negara. yang memiliki hubungan yang berbeda dengan Negara. misalnya dalam pasal 27 (2) yang menyebutkan ³Tiap-tiap warganegara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan´ dan pasal 31 (1) yang menyebutkan ³Tiap-tiap warganegara berhak mendapatkan pengajaran. Warga negara adalah warga suatu Negara yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan (Penjelasan UUD 1945 Psl 26). Setiap warganegara adalah penduduk belum tentu warganegara. Rakyat menunjuk pada orang-orang yang berada dibawah satu pemerintahan dan tunduk pada pemerintahan itu. PENGERTIAN WARGA NEGARA Warga negara merupakan terjemahan kata citizens (bhs Inggris) yang mempunyai arti .´ . anggota atau warga dari suatu organisasi atau perkumpulan. Negara melindungi segenap penduduk. warganegara. Setiap warganegara mempunyai hubungan yang tak terputus meskipun dia bertampat tinggal di luar negeri. Penduduk suatu Negara mencakup warganegara dan orang asing.HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA 1. Istilah rakyat umumnya dilawankan dengan penguasa. Warga mengandung arti peserta.

Asas-asas tersebut adalah: asas iussoli. Namun dalam dinamika pergaulan antar bangsa sering terjadi perkawinan campuran yang melibatkan status kewarganegaraan yang berbeda-beda antara pasangan suami dan isteri. Seseorang adalah warga negara A karena ia lahir di negara A (yuridiksi negera A). sehingga siapa saja yang dilahirkan di negara-negara tersebut. Karena itulah banyak negara telah meninggalkan asas ini. ASAS-ASAS KEWARGANEGARAAN (civic principles) Dalam berbagai literatur dan praktek diberbagai negara paling tidak terdapat 3 asas kewarganegaraan. dan asas campuran. secara otomatis diakui sebagai warga negara. Dengan semakin mudahnya sarana transportasi dan tingginya mobilisasi antar negara. Berdasarkan prinsip µius soli¶. misalnya karena sedang mengikuti pendidikan dan sebagainya. sering terjadi warganegara Indonesia yang sedang bermukim di negara-negara di luar negeri. dianut prinsip µius sanguinis¶ yaitu asas kewarganegaraan yang mendasarkan diri pada faktor pertalian seseorang dengan status orangtua yang berhubungan darah dengannya. Seorang anak berkewarganegaraan A. maka status anaknya diakui oleh Pemerintah Amerika Serikat sebagai warga negara Amerika Serikat.2. asas ius sanguinis. Penggunaan asas ini akan terasa sekali manfatnya pada negara yang saling bertetangga dekat. secara hukum dianggap memiliki status kewarganegaraan dari negara tempat kelahirannya itu. Negara Amerika Serikat dan kebanyakan negara di Eropa termasuk menganut prinsip kewarganegaraan berdasarkan kelahiran ini. Berbeda dengan prinsip kelahiran diatas. menyebabkan asas ini menjadi bermasalah. padahal kedua orangtuanya berkewarganegaraan Indonesia. dimanapun anak itu dilahirkan. maka secara otomatis anak tersebut memiliki kewarganegaraan sesuai dengan kewarganegaraa orang tuanya. karana dimanapun seorang anak dilahirkan. melahirkan anak. Oleh karena itu. Yang dimaksud asas iussoli adalah (asas daerah kelahiran) adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan tempat kelahirannya. seseorang yang dilahirkan di dalam wilayah hukum suatu negara. di beberapa negara. Dengan . Banyak anak-anak yang dilahirkan di negara yang menganut asas ini menjadi terputus hubungannya dengan negara kewarganegaraan orang tuanya. Namun dari ketiga asas tersebut asas ius sanguinis dan iussoli-lah yang merupakan asas utama dalam masalah penentuan kewarganegaraan. karena orang tuanya juga berkewarganegaraan A.

di negara A dianut asas ius soli sedangkan di negara B menganut asas ius sanguinis.12 Tahun 2006 merupakan hak setiap negara untuk menentukan asas mana yang hendak dipakai dalam kebijakan kewarganegaraannya untuk menentukan siapa warga negara dan siapa yang bukan warga negaranya. Asas yang dipakai bersifat campuran. Dalam hal demikian. yaitu keadaan dwi-kewarganegaraan. sebagaimana terurai dalam pasal-pasal dan ditegaskan dalam Penjelasan umumnya. yang ditoleransi biasanya adalah keadaan bipatride. 2006. yaitu kewarganegaraan A dan kewarganegaraan B. jika Mr. ada pula negara yang akhirnya menganut asas kedua-duanya. .X akan memiliki double kewarganegaraan. maka akibatnya anak Mr. melahirkan anak mereka di negara B yang menganut asas iussoli. Mr. yaitu keadaan tanpa kewarganegaraan sama sekali. X. Sistim yang terakhir inilah yang biasa dinamakan sebagai asas campuran. bukan berdasarkan negara tempat kelahiran. Bahkan dalam perkembangannya di kemudian hari. X adalah warga negara A yang menganut asas ius sanguinis. Asas ius sanguinis (law of the blood) adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan keturunan. timbul pula kebutuhan baru berdasarkan pengalaman di berbagai negara bahwa kedua asas tersebut harus diubah dengan asas yang lain atau harus diterapkan secara bersamaan untuk mencegah kemungkinan terjadinya keadaan doublecitizenship atau dwikewarganegaraan (bipatride) atau sebaliknya sama sekali berstatus tanpa kewarganegaraan (apatride) (Jimly A.12 Tahun 2006 dianut beberapa asas. Dengan mnculnya masalah tersebut. Meskipun demikian penggunaan asas yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya kemungkinan akan menimbulkan conflict of law. maka akibatnya anak Mr. atau sebaliknya. Sebagai contoh. Dalam UU No. dalam praktik. karena pertimbangan lebih menguntungkan bagi kepentingan negara yang bersangkutan.terjadinya perkawinan campuran tersebut kemungkinan besar akan menimbulkan persoalan berkenaan dengan status kewarganegaraan dari anak-anak mereka. Asas-asas tersebut adalah sebagai berikut: 1. atau sebaliknya menyebabkan terjadinya apatride. Hal itu tentu akan menimbulkan persoalan bipatride atau dwi-kewarganegaraan.X tidak memiliki kewarganegaraan sama sekali (apatride).137-138). Sistem ini juga yang sekarang dianut oleh UU No. warga negara A yang menganut asas iussoli melahirkan anak mereka di negara B yang menganut asas ius sanguinis. Ataupun sebaliknya. Misalnya. sehingga dapat menyebabkan terjadinya apatride atau bipatride.

Asas kepentingan nasional adalah asas yang menentukan bahwa peraturan kewarganegaraan mengutamakan kepentingan nasional Indonesia. Asas kewarganegaraan tunggal adalah asas yang menentukan satu kewarganegaraan bagi setiap orang. Asas kewarganegaraan ganda terbatas adalah asas yang menentukan kewarganegaraan ganda bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang ini. 3. tetapi juga disertai substansi dan syarat-syarat permohonan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 2. Selain asas tersebut di atas.12 Tahun 2006 pada dasarnya tidak mengenal kewarganegaraan ganda (bipatride) ataupun tanpa kewarganegaraan (apatride). Kewarganegaraan ganda yang diberikan kepada anak dalam Undang-Undang Kewarganegaraan merupakan suatu pengecualian. Asas kebenaran substantif adalah prosedur pewarganegaraan seseorang tidak hanya bersifat administratif. 4. yaitu sebagai berikut (Penjelasan umum): 1.2. Dalam UU No. beberapa asas khusus juga menjadi dasar penyusunan Undang-Undang tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. 3. yang bertekad mempertahankan kedaulatannya sebagai negara kesatuan yang memiliki cita-cita dan tujuannya sendiri. Asas perlindungan maksimum adalah asas yang menentukan bahwa pemerintah wajib memberikan perlidungan penuh kepada setiap Warga Negara Indonesia dalam keadaan apapun baik di dalam maupun di luar negeri. 4. Asas ius soli (law of the soil) secara terbatas adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan negara tempat kelahiran. Asas persamaan di dalam hukum dan pemerintahan adalah asas yang menentukan bahwa setiap Warga Negara Indonesia mendapatkan perlakuan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan. . yang diberlakukan terbatas bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang ini.

ras. Asas pengakuan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia adalah asas yang dalam segala hal ikhwal yang berhubungan dengan warga negara harus menjamin. yaitu (i) status kewarganegaraan dengan kelahiran di wilayah hukum Indonesia. Adalah cara perolehan kewarganegaraan berdasarkan kelahiran. . dan memuliakan hak asasi manusia pada umumnya dan hak warga negara pada khususnya. agama. biasanya cara memperoleh status kewarganegaraan hanya terdiri atas dua cara. Asas keterbukaan adalah asas yang menentukan bahwa dalam segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara harus dilakukan secara terbuka. Di India misalnya telah dikembangkan 5 prakti tersebut sejak tahun 1950.5. Siapa saja yang lahir dalam wilayah hukum suatu negara. atau (ii) dengan cara pewarganegaraan atau naturalisasi (naturalization). maka yang bersangkutan secara langsung mendapatkan status kewarganegaraan. 8. kecuali apabila yang bersangkutan ternyata menolak atau mengajukan. bahkan di Inggris seperti dikemukakan oleh Bradley dan Ewing. Dalam praktek ketatanegaraan di berbagai negara paling tidak terdapat 5 cara untuk memperoleh kewarganegaraan. yang menganut prinsip µius soli¶ sebagaimana dikemukakan di atas. 6. terdapat 9 (sembilan) kategori kewarganegaraan yang dikenal di Inggris (Jimly Assiddiqie. 2006. melindungi.146).135 sebenarnya. Adapun 5 (lima) prosedur atau metode perolehan status kewarganegaraan yang dikenal dalam prakti tersebut adalah: 1) Citizenship by birth. Asas nondiskriminatif adalah asas yang tidak membedakan perlakuan dalam segala hal ikhwal yang berhubungan dengan warga negara atas dasar suku. Asas-asas Kewarganegaraan Dalam berbagai literatur hukum di Indonesia selama ini. Asas publisitas adalah asas yang menentukan bahwa seseorang yang memperoleh atau kehilangan Kewarganegaraan Republik Indonesia diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia agar masyarakat mengetahuinya. 3.134 berdasarkan Act of 1981 yang beberapa kali sudah direvisi atau diubah. 7. jenis kelamin dan gender. golongan.

Adalah perolehan kewarganegaraan bagi mereka yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu dianggap cukup dilakukan melalui prosedur administrasi pendaftaran yang lebih sederhana dibandingkan dengan metode naturalisasi yang lebih rumit. jika orangtuanya menghendaki anaknya tetap berkewarganegaraan Indonesia. Dalam buku Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara II.146). melahirkan anak. dan hukum kewarganegaraan Indonesia pada pokoknya menganut asas ini. apabila pada waktu yang bersangkutan dilahirkan. 3) Citizenship by naturalisation. Misalnya. keluarga Indonesia yang berada di Amerika Serikat yang menganut prinsi µius soli¶. 4) Citizenship by registration. maka prosesnya cukup melalui registrasi saja. (ii) citizenship by naturalization. di mana seseorang yang lahir di luar wilayah suatu negara dianggap sebagai warga negara karena keturunan. 5) Citizenship by incorporation of territo yaitu proses pewarganegaraan karena terjadinya perluasan wilayah negara. Jimly Assiddiqie menyatakan bahwa cara perolehan kewarganegaraan dapat terjadi melalui tiga cara. ketika Timor Timur menjadi wilayah negara Republik Indonesia. maka proses pewarganegaraan warga Timor Timur itu dilakukan melalui prosedur yang khusus ini. maka menurut hukum Amerika Serikat anak tersebut memperoleh status sebagai warga negara AS. dan (iii) citizenship by registration. 2006. Proses perolehan kewarganegaraan melalui proses registrasi ini hendaknya dikemudian dari dapat lebih dikembangkan untuk mengatasi . Adalah pewarganegaraan orang asing melalui permohonan menjadi warga negara setelah memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan.2) Citizenship by descent. Misalnya. Akan tetapi. Adalah cara perolehan kewarganegaraan berdasarkan keturunan. yaitu (i) citizenship by birth. Asas yang dipakai di sini adalah ius sanguinis. Hal ini juga dapat ditemukan dalam RUU KewargaNegaraan Republik Indonesia yang saat ini telah disetujui dalam pembahasan di DPR (Jimly Assiddiqie. kedua orang tuanya adalah warga negara dari negara tersebut.

Terdapat tiga kemungkinan cara kehilangan kewarganegaraan tersebut.151): . telah berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin. dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. sehat jasmani dan rohani. dan membayar uang pewarganegaraan ke Kas Negara. misalnya seorang warga negara yang karena beberapa hal harus kehilangan kewarganegaraanya. Di samping perolehan kewarganegaraan tersebut. f jika dengan memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia.rumitnya prosedur yang harus ditempuh oleh orang asing memiliki kekhususan. Dalam kondisi tersebut seharusnya prosedur untuk memperoleh kewarganegaraanya kembali dapat dilakukan dengan prosedur yang lebih mudah bila dibandingkan dengan naturalisasi dari orang asing. tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 1 (satu) tahun atau lebih. c. pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima ) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh puluh) tahun tidak berturut-turut. yaitu (Jimly Assiddiqie. e. 2006. Menurut Pasal 9 UU Kewerganegaraan RIpermohonan pewarganegaraan dapat diajukan oleh pemohon jika memenuhi persyaratan sebagai berikut: a. d. mempunyai pekerjaan dan/atau berpenghasilan tetap. h. Permohonan pewarganegaraan diajukan di Indonesia oleh pemohon secara tertulis dalam bahasa Indonesia di atas kertas bermeterai cukup kepada Presiden melalui Menteri. g. seorang warga negara juga memiliki kemungkinan kehilangan kewarganegaraannya. b. tidak menjadi berkewarganegaraan ganda.

karena yang bersangkutan memperoleh kewarganegaraan dari negara lain. 7) tidak diwajibkan tetapi turut serta dalam pemilihan sesuatu yang besifat ketatanegaraan untuk suatu negara asing. 6) secara sukarela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut. Termination. atau pemecatan dari status kewarganegaraan berdasarkan perintah pejabat yang berwenang karena terbukti adanya kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan dalam cara perolehan status kewarganegaraan atau apabila orang yang bersangkutan terbukti tidak setia atau berkhianat kepada negara dan undangundang dasar. tidak menolak atau tidak melepaskan kewarganegaraan lain. 3) dinyatakan hilang kewarganegaraannya oleh Presiden atas permohonannya sendiri. dan dengan dinyatakan hilang kewarganegaraan RI tidak menjadi tanpa kewarganegaraan.1. 3. 4) masuk kedalam dinas tentara asing tanpa izin terlebih dahulu dari Presiden. . Menurut ketentuan Pasal 23 UU Kewarganegaraan disebutkan bahwa seorang WNI kehilangan kewarganegaraannya jika yang bersangkutan: 1) 2) memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauannya sendiri.(tidak berlaku bagi mereka yang mengikuti program pendidikan dinegara lain yang mengharuskan wajib militer). yang bersangkutan sudah berusia 18 tahun atau sudah kawin. bertempat tinggal di luarnegeri. yang jabatan dalam dinas semacam itu di Indonesia sesuai peraturan perundang-undangan hanya dapat dijabat oleh WNI. 2. yaitu tindakan sukarela seseorang untuk menanggalkan salah satu dari dua atau lebih status kewarganegaraan yang diperolehnya dari dua negara atau lebih. 5) secara sukarela masuk dalam dinas negara asing. pencabutan. Renunciation. sedangkan orang yang bersangkutan mendapat kesempatan untuk itu. yaitu penghentian status kewarga-Negaraan sebagai tindakan hukum. yaitu suatu penghentian secara paksa. Deprivation.

atau 9) bertempat tinggal di luar wilayah negara Republik Indonesia selama 5 (lima) tahun terus menerus bukan dalam rangka dinas negara. tanpa alasan yang sah dan dengan sengaja tidak menyatakan keinginannya untuk tetap menjadi WNI sebelum jangka waktu 5 tahun itu berakhir. dapat memperoleh status WNI melalui proses memperoleh kembali kewarganegaraan tersendiri. Susunan dan kedudukan TNI & kepolisian Indonesia. Keanggotaan TNI dan Tugasnya .´ . Seseorang yang kehilangan kewarganegaraan RI dapat memperoleh kembali kewarganegaraannya melalui proses pewarganegaraan. sepanjang yang bersangkutan tidak menjadi tanpa kewarganegaraan. Khusus bagi mereka yang kehilangan kewarganegaraan RI akibat perkawinan atau karena tinggal lebih dari 5 tahun secara terus menerus di luar negeri. Usaha pertahanan dan keamanan rakyat. Kehilangan kewarganegaraan Indonesia dapat terjadi pula akibat perkawinan dikarenakan bekerjanya hukum kewarganegaraan negara pasangannya tersebut. jika ingin tetap berkewarganegaraan Indonesia. Hak dan Kewajiban warga negara diatur dalam undang -undang sbb: y Pasal 27 ayat 1-3 ³Mengatur tentang Kedudukan warga negara .´ y y Pasal 28 ayat A ± J ´Mengatur tentang segala bentuk Hak Asasi Manusia. Bagi mereka. dan setiap 5 tahun berikutnya yang bersangkutan tidak mengajukan pernyataan ingin tetap menjadi WNI kepada Perwakilan RI yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal yang bersangkutan padahal Perwakilan RI tersebut telah memberitahukan secara tertulis kepada yang bersangkutan.´ y Pasal 30 ayat 1-5 ³Mengatur tentang Kewajiban membela negara .mempunyai paspor atau surat bersifat paspor dari negara asing atau surat yang dapat diartikan sebagai tanda kewarganegaraan yang masih berlaku dari negaralain atas namanya.´ Pasal 29 ayat 2 ³Mengatur tentang kebebasan atau hak untuk memeluk agama (kepercayaan ). dapat mengajukan pernyataan tertulis kepada Pejabat atau Perwakilan RI kecuali berakibat berkewarganegaraan ganda. Kepolisian Indonesia dan tugasnya . Penghidupan dan pembelaan terhadap negara.

dan Peran pemerintah dalam bidang Pendidikan dan kebudayaan.menyeluruh. mencegah perkelahian antar perorangan sampai dengan antar kelompok.terpadu.dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air serta kesadaran hidup berbangsa dan bernegara. yakni siskamling. Wujud dari usaha bela negara adalah kesiapan dan kerelaan setiap warganegara untuk berkorban demi mempertahankan kemerdekaan.Pemanfaatan SDA . b. kewajiban belajar .´ y Pasal 33 ayat 1-5 ³Mengatur tentang pengertian perekonomian .sikap dan tindakan warga negara yang teratur. Beberapa contoh bela negara dalam kehidupan nyata. melestarikan budaya Indonesia dan tampil sebagai anak bangsa sayang berprestasi baik nasional maupun internasional. bahwa usaha bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara. meningkatkan hasil pertanian sehingga dapat mencukupi ketersediaan pangan daerah dan nasional. serta nilai-nilai pancasila dan UUD 1945. Pengertian Pembelaan Negara atau bela negara adalah tekad.Sistem pendidikan Nasional . Asas Demokrasi dalam Pembelaan Negara Berdasarkan pasal 27 ayat (3) dalam perubahan kedua UUD 1945. mencegah bahaya narkoba.´ y Pasal 34 ayat 1-4 ³Mengatur tentang Perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara.y Pasal 31 ayat 1-5 ³Mengatur tentang Hak untuk mendapat pendidikan yang layak . Adanya asas demokrasi dalam pembelaan negara yang mencakup dua arti : Pertama. dan Prinsip Perekonomian Nasional. bahwa setiap warganegara turut serta dalam . kedaulatan negara. menjaga kebersihan.´ HAK DAN KEWAJIBAN BELA NEGARA a. cinta produksi dalam negeri agar dapat meningkatkan hasil eksport. persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. keutuhan wilayah nusantara dan yuridiksi nasional.

Mengutip . Kedua.menentukan kebijakan tentang pembelaan negara melalui lembaga-lembaga perwakilan sesuai dengan UUD 1945 dan perundang-undangan yang berlaku. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 menyatakan hak dan kewajiban setiap warga negara untuk ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Ayat (2) menyatakan bahwa pengaturannya lebih lanjut dilakukan dengan undang-undang. Perkembangan dan kemajuan IPTEK di bidang persenjataan Kemungkinan timbulnya bencana perang d. Keadaan penduduk (demografis) yang besar 4. Budaya Bela Negara Masih ada persepsi bahwa bela negara adalah tugas TNI dan POLRI. Motivasi dalam Pembelaan Negara Usaha pembelaan negara bertumpu pada kesadaran setiap warga negara akan hak dan kewajibannya. Dalam hal ini ada berapa dasar pemikiran yang dapat dijadikan sebagai bahan motivasi setiap warga negara untuk ikut serta membela negara Indonesia. Kesadarannya demikian perlu ditumbuhkan melalui proses motivasi untuk mencintai tanah air dan untuk ikut serta dalam pembelaan negara. 1. Dengan demikian perlu upaya sosialisasi kepada masyarakat luas. Kekayaan sumber daya alam 5. sesuai dengan kemampuan dan profesinya masing-masing. sedangkan pengertian bela negara merupakan tekad. sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh rasa kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD ¶45 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. c. Bela negara merupakan kegiatan yang dilahirkan oleh setiap warga negara sebagai penunaian hak dan kewajiban dalam rangka penyelenggaraan pertahanan negara. bahwa setiap warga negara harus turut serta dan setiap usaha pembelaan negara. Kedudukan wilayah geografis Nusantara yang strategis 3. Pengalaman sejarah perjuangan RI 2.

mencintai tanah air (bersifat psikologis). Agenda budaya bela negara sesungguhnya merupakan agenda seluruh bangsa. karena kaum muda merupakan pelaku budaya pada masa mendatang. sehingga menciptakan pikiran. Gandi misalnya. Dalam proses budaya bela negara hendaknya memperhatikan generasi muda sehingga proses pembudayaan tumbuh dengan baik. Pemberdayaan ini tentu saja diimbangi dengan keteladanan sikap moral dan rasa kebanggaan nasional. Masyarakat yang mempunyai kemampuan bela negara adalah memiliki kemampuan kesadaran melaksanakan hak dan kewajiban dalam berbagai kegiatan sebagai makhluk sosial dan sebagai warga negara. menjadi seorang besar oleh karena ia mempunyai kepercayaan yang kuat tentang arti hidup bangsanya. stabilitas negara (bersifat security) dan loyalitas terhadap bangsa dan negara (bersifat dedikatif). Budaya nasionalisme merupakan produk peradaban umat manusia. Bela Negara diperdayakan sebagai pemberian kekuatan dan daya kemampuan kepada masyarakat untuk dapat melaksanakan bela negara. Penanaman semangat bela negara merupakan suatu proses perubahan perilaku sesuai dengan pranata sosial maka perlu dilakukan pembinaan yang berkesinambungan.Muhammad Azhar. Peradaban atau ³Civilization´ yang diartikan sebagai pertumbuhan manusia dalam penguasaan pengetahuan dan kecakapan yang mendorongnya untuk mencapai perilaku yang lebih luhur. perbuatan dan cita-cita untuk perjuangan bagi bangsanya. Peradaban Telah kita sepakati bahwa budaya adalah hasil budidaya manusia yang dikaruniai Tuhan dengan kemampuan cipta rasa dan karsa. Berbicara tentang budaya (kebudayaan) tidak dapat lepas dari peradaban. bahwa bela negara seperti membela tanah air (bersifat geografis). Pembudayaan bela negara dangan memberikan pengertian. pemahaman mengenai bela negara agar menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Kehidupan yang beradab adalah kehidupan yang hanya terdapat di dalam kehidupan manusia yang tidak terjadi dengan .

moral dan idiologis. 2001) menyebutkan bahwa kita perlu membangun dan memelihara apa yang disebut dengan ³social capital´ yang positif untuk pengembangan bangsa ini. kesengajaan. Namun demikian kesatuan dapat diwujudkan. kebersamaan dan komitmen yang didasarkan atas nilai-nilai luhur. Mengingat wawasan kebangsaan bermuatan nilai-nilai dan cara pandang terhadap dunia sekelilingnya. apa yang pernah dikemukakan oleh Alex Suseno bahwa budaya bela negara muaranya nanti pada kualitas manusia Indonesia yang patriotik religius dan religius patriotik. Sejak itulah manusia Indonesia dapat hidup lebih tinggi sebagai sebuah kesatuan bangsa. Wawasan kebangsaan Bagaimanakah mengenai konsep wawasan kebangsaan serta langkah apa yang harus kita lakukan? Francis Fukuyama (pada Komaruddin Hidayat dalam Seminar Reorientasi Wawasan Kebangsaan di era demokrasi. satu idiologi. Bahwa Indonesia sebenarnya memiliki semua syarat dan sifat untuk tidak bersatu. Selama lebih dari setengah abad sejak kemerdekaan. sesungguhnya kita telah memiliki ³social capital´ yang amat berharga yang terdapat pada budaya dan agama. Hal itu karena sebuah keberhasilan perjuangan. Social Capital yang dimaksud adalah nilai-nilai tradisi dan cita-cita social yang telah tumbuh yang kita sepakati sangat positif nilainya untuk masa depan bangsa dan asset pengembangan peradaban sebuah bangsa. Dengan demikian. Peradaban harus didesain dengan kesadaran. Guna mendukung pengembangan budaya dan agama tadi seyogyanya diberi format atau bingkai institusi yang mendukungnya dalam kontek kemoderenan. Sehingga khasanah ajaran etika dan agama dari berbagai daerah yang begitu mulia memperoleh wadah dan pengembangan dalam sebuah sistim politik yang demokratis dan accountable. . terlihat oleh peradaban yang dilandasi dengan nilai-nilai sepiritual. yang kita kenal hanya satu bangsa.sendirinya.

Bangsa yang manakah? Setiap Warga Negara Indonesia. .Tentu saja statemen di atas menjadikan wawasan kebangsaan yang bermuatan budaya bela negara dalam perwujudan watak patriotik religius dan religius patriotik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->