B. BOLA VOLY 1. Pola Penyerangan dan Pola Pertahanan a .

Pola Penyerangan Pola penyerangan adalah suatu siasat yang dipergunakan dalam suatu pertandingan untuk mencari kemenangan secara sportif. Bentuk taktik penyerangan maupun pertahanan mencakup taktik individu maupun kelompok. Taktik penyerangan diartikan sebagai siasat yang mengharuskan regu lawan bertindak menuruti regu yang menjalankan penyerangan. Prinsip penyerangan adalah usaha untuk mematikan bola dilapangan lawan dengan jalan apapun yang diperkenankan dalam peraturan permainan. Langkah-langkah menyusun suatu pola penyerangan adalah sebagai berikut: y Menaganalisis situasi pertandingan sesuai dengan kondisi lawan dan alam sekitar. y Proses pemecahan mental dalam suatu taktik yang akan dikerjakan. y Tindakan gerakan secara otomatis terhadap hasil keputusan yang diambil. y Adaptasi dengan lingkungan sekitar. y Survey pertandingan tentang system yang digunakan. 1) Melindungi Penyerang (cover) Cover adalah suatu proses serangan dari pemain penyerang yang melambung kembali dari block (block) bendungan pihaklawan harus diterima oleh pemain seregunya yang bersama-sama telah mempersiapkan diri untuk membela dan membentuk pertahanan. Tujuan dari mengcover penyerang adalah mengcover seluruh lapangan terhadap segala bola yang dilambungkan kembali dari block pihak lawan. Jarak antara kelompok-kelompok yang berkumpul disekitar penyerangan bergantung dari: y Lambungan pss dari setter (pengumpan) y Kualitas block pihak lawan y Arah lajunya yang dipukul oleh penyerang

1) Pola Bendungan Berteman Seorang pemain dapat digolongkan sebagai pemain defensive yang baik. Jenis-jenis pertahanan yang paling penting adalah harus menerima bola dengan kedua belah lengan pada posisi berdiri. dengan harapan regu lawan membuat kesalahan dari penyerangannya. . Seorang pemain yang pandai melakukan smash atau dengan istilah asing disubut smasher harus memiliki kegesitan. dan mempunyai kemampuan memukulbola dengan keras. Ada empat jenis smash. Pertahanan mencakup 2 aspek. yaitu: menerima smash lawan dan melindungi dengan block. antara lain: y Frontal smash (smash depan) y Frontal smash dengan twist (smash depan dengan memutar) y Samsh dari pergelangan tangan y Dump (smash pura-pura) Dalam melakukan smash ada 4 tahap gerakan yangharus diperhatikan antara lain. pandaimelompat.2) Teknik-teknik Penyerangan Smash merupakan suatu keahlian yangpenting untuk mendapatkan angka. sebagai berikut: y Tahap pertama : run-up (lari menghampiri) y Tahap kedua: take-off (melompat) y Tahap ketiga: hit (memukul) y Tahap keempat: landing (mendarat) b . jika mampu bertahan dan mengimbangi smash-smash pihak lawan. Taktik bertahan harus mempunyai prinsipagar dengan pertahan itu regunya dapat menyerangkembali regu lawan. Pola Pertahanan Pola pertahanan mempunyai arti bahwa pemain bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan.

b) Bendungan Dua Pemain Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan dengan ketepatan sasaran. 5) Berumur antara 20 ± 40 tahun. 6) Mempunyai dedikasi yang baik.keras dan menungkik. . Syarat-Syarat Menjadi Wasit Bola Voli 1) Seorang wasit harus berbadan sehat danmemiliki fisik yang normal. cermat dan kuat. 2. 7) Harus menjadi anggota salah satu perkumpulan bola voli. sehingga pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu teman melakukan block. c) Bendungan Tiga Pemain Block jenis ini digunakan jika menghadapi lawan yang tangguh memainkan penyerangan dengan samsh-smash yang tajam. Block yang sering digunakan dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut: a) Bendungan Satu Pemain Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat. Perwasitan Dalam Bola Voli a . sehingga pihak bertahan masih mempunyai kesempatan untuk membantu teman melakukan block. 2) Mempunyai bakat untuk menjadi seorang wasit.2) Taktil-Taktik Bendungan (block) Block dansistem pertahanan harusmampubekerja sama dengan baik jikaingin mengalahkan penyerangan yang mematikan daripihak lawan. Sehingga diharapkan dengan adanya block yang banyak penyerangan dapat digagalkan. 4) Berpendidikan serendah-rendahnya lulusan SMA. 3) Senang terhadap permainan bola voli.

Pakian Wasit 1) Bercelana putih. y Seorang wasit tidak berhak memimpin pertandingan di atas klasifikasi sertifikat yang dimilikinya. dan Wewenang Wasit 1) Tugas seorang wasit bola voli adalah sebagai berikut: y Memimpin pertandingan agar dapat berjalan dengan lancer. 3) Sepatu karet putih 4) Mamakai badge wasit yang sesuai dengan klasifikasinya. 2) Baju kaos putih polos berkrah. 2) Kewajiban dan Wewenang Wasit: y Wasit berkewajiban memimpin pertandinagn bola voli baik ditingkat cabang. y Mengawasipemenasan kedua regu. c . y Meningkatkan mutu perwasitan di masyarakat di Indonesia pada umumnya. nasional maupun tingkat Internasional. y Melakukan undian untuk menentukan hak servis pertama dan penempatan lapangan. daerah. Tugas. y Meningkatkan keterampilan dan kemampuan serta pengetahuan tentang perwasitan bola voli. Kewajiban. 3) Tanggung Jawab Wasit 1 a) Sebelum Pertandingan y Memeriksa keadaan lapangan permainan dan perlengkapan pertandingan. pada khususnya dan .b . y Menyebar luaskan peraturan permainan bola voli di masyarakat.

y Mengawasi jumlah time-out. Hakim garis bertanggungjawab memberikan isyarat mengenai yang menjadi wewenangnya.b) Selama Pertandingan y Berhak untuk menentukan kesalahan yang terjadi selama permainan.block). y Menetapkan diperlukannya atau tidaknya lapangan dibersihkan. passing. mewakilinya serta menkalankan tugas wsit I pada keadaan yang memaksa. dan mengawasi jangka waktu pelaksanaannya. 5) Hakim Garis (linesmen) Tugas hakim garis dalam permainan bola voli adalah mengawasi masuk tidaknya alur bola selama pertandingan berlangsung. Isyarat-Isyarat Tangan Wasit dan Pembantunya . y Mengawasi perilaku pemain di bands cadangan. c) Sesudah Pertandingan y Wasit mengesahkan skor dengan menandatangani daftar skor hasil permainan. missal (servis. yaitu tidak memihak sebelah dan dapat menyelesaikan jika ada masalah selama pertandingan. smash. sedangkan pada pertandingan Nasional diperkenankan menggunakan 2 hakim garis. y Harus dapat memimpin jalannya pertandingan dengan baik (netral). Pada pertandingan Internasional diwajibkan ada 4 hakim garis. 4) Tugas Wasit II Wasit II merupakan pembantuwasit I dan dapat menggantikannya. y Menolak pengajuan time-out yang tidak sesuai. d . Tugas wasit II adalah sebagai berikut: y Mengawasi posisi pemain selama pertandingan berlangsung.

82 mbar atau hPa). Antena ini akan menjadi pembatas gerakan bola yang menyamping atau melebar.26-4. 294. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.61 psi. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0. Net tersebut dipasang pada ketinggian 2.325 kg/cm2 (4. Pada setiap ujung atas tiang biasanya akan dipasang sebuah antena.3-318.26-4.24 meter. sedangkan ukuran lebarnya adalah 9 meter.325 kg/cm2 (4. dengan berat 260 hingga 280 gram. sedangkan pada kelas putri biasanya menggunakan net dengan ketinggian 2.30 hingga 0. 294.3-318.43 meter atau 2. Panjangan lapangan tersebut kemudian dibagi dua dan dipisahkan dengan sebuah net yang dipasang pada dua buah tiang. dengan berat 260 hingga 280 gram.y y Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm. y y y . Standar ukuran panjang lapangan bola voli adalah 18 meter. Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm.43 meter biasa digunakan dalam pertandingan bola voli putra.82 mbar atau hPa).61 psi. Ukuran 2.30 hingga 0. Net yang memiliki lebar satu meter tersebut dipasang melebar di tengah lapangan.24 meter.

Tepatnya. yaitu bola basket. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. Dan menurut penjelasannya pada saat itu. YMCA (Young Men¶s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda. menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861. Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. dan meninggal pada tahun 1942. Dalam kesempatan tersebut. Dr. di Holyoke. Massachusetts (Amerika Serikat). seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Sama halnya dengan James Naismith. permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Inggris oleh George William. Morgan dilahirkan di Lockport.Sejarah Pada awal penemuannya. Dalam kesempatan itu. dan meninggal pada tanggal 28 November 1939). Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Pada awalnya. Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu. Pada awal tahun 1896 tersebut. baseball. dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). tenis. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA. Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada pada tahun 1896. olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. William G. Tidak ada batasan jumlah . Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 diLondon. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA. sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket. William G. William G. New York pada tahun 1870.

dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi. .