Pengertian Jaringan Internet.

Teknologi berkembang pesat sehingga ada sebuah slogan yang mengatakan "Dunia di Gemgaman Tangan Anda", salah satu teknologi yang sungguh fenomenal adalah Internet, sebuah Jaringan yang begitu kompleks namun sungguh mengagumkan maka kita sebut sebagai Jaringan Internet. Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia. Internet dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Department of Defense USA) membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) dengan tujuan untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada dibeberapa universitas melakukan riset militer, terutama untuk membangun jaringan komunikasi komputer yang mampu bertahan terhadap serangan nuklir. Jaringan ini berkembang terus, semakin banyak komputer yang terlibat, dan riset disisi pengembangan perangkat lunak juga berkembang. Pada bulan Mei tahun 1974, Vinton G.Cerf dari Stanford University dan Robert E.Kahn dari Departemen Pertahanan USA, mempublikasi sebuah paper di IEEE Transaction on Communication berjudul “A Protocol for Packet Network Intercommunication”, konsep ini kemudian populer sebagai protokol TCP/IP, ketika ARPANET meng-adopsi protokol menjadi protokol standard untuk ARPANET pada tahun 1983. Pihak universitas terutama University of California at Berkeley kemudian membangun sistem operasi Berkeley Software Distribution Unix) atau BSD UNIX (dikenal dengan nama Free BSD Unix) dan pihak departemen pertahanan membiayai Bolt Baranek dan Newman (BBN) untuk meng-implementasi protokol TCP/IP pada BSD Unix untuk diterapkan pada ARPANET, dengan demikian cikal-bakal internet terbentuk.

Pada penghujung tahun 1983, jaringan ARPANET dibagi dua menjadi DARPANET (Defence ARPANET) dan MILNET (MILitary NETwork). Pada tahun 1985 dibentuklah jaringan NFSNET (National Science Foundation NETwork) untuk menghubungkan supercomputer yang ada diberbagai universitas di Amerika dan disambungkan dengan ARPANET. Jaringan NSFNET dikembangkan terus oleh periset perguruan tinggi. Pada tahun 1988 jaringan backbone internet ini hanya berkapasitas 56 Kbps. Walaupun pada tahun 1990 secara resmi ARPANET ditutup, namun jaringan internet yang telah terbentuk diteruskan oleh pihak universitas di Amerika dan memasukkan jaringan universitas di benua Amerika (Kanada dan Amerika Selatan) serta jaringan di Eropa menjadi bagian dari internet. Pada tahun 1992 jaringan backbone ditingkatkan ke T3 dengan kecepatan 45 Mbps, dan disekitar tahun 1995 ditingkatkan lagi menjadi OC-3 pada kecepatan 155 Mbps. Kini backbone internet berkecepatan tinggi dalam order Gbps. Topologi internet pada dasarnya adalah mesh-topology, menghubungkan banyak jenis jaringan melalui sistem packet-switching, kalaupun bisa dikatakan yang menjadi pusat-nya adalah beberapa NAP (Network Access Point) yang ada di San Fransisco (Pacific Bell), di Chicago (Ameritech), New Jersey (Sprint), dan Merit Access Exchange (MAE) di San Fransisco (MAE West) dan Washington, D.C (MAE East) yang ditangani oleh MFS Datanet. Walaupun tidak ada organisasi yang memiliki internet, namun ada banyak organisasi yang memelihara jaringan ini melalui penetapan standarisasi protokol, aturan-aturan, serta metoda akses. Internet Engineering Task Force (IETF) menangani masalah-masalah teknis yang timbul di internet, seperti masalah pada protokol, arsitektur dan pengoperasian internet. Internet Research Task Force (IRTF) menangani riset teknis, seperti sistem pengalamatan dan rekayasa lainnya. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengatur pembagian alamat IP (IP#) ke berbagai negara dan organisasi. Internet Society (ISOC) menangani masalah administrasi dan struktur organisasi internet. Badan usaha komersil kemudian menyediakan layanan akses dengan menyediakan koneksi dari komputer pengguna ke internet, dan badan ini disebut sebagai penyedia akses internet atau ISP. Beberapa ISP terkenal di dunia adalah America On Line (AOL), Australia OnLine, CompuServe, GEnie, dan Prodigy. Di Indonesia ada TelkomNet, IndosatNet, Wasantara Net, InterNux, dan sebagainya. ISP

GAMBAR: Koneksi ke Internet Secara logis jaringan internet dibagi kedalam beberapa domain.net = penyedia akses jaringan .168. atau koneksi ADSL melalui telepon.com = organisasi komersil . Protokol koneksi yang digunakan adalah SLIP (Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point Protocol). Tipe domain standar antara lain: .ac = institusi akademik .25).10.edu = institusi pendidikan di Amerika . misalnya: .org = organisasi non-profit Disamping itu domain juga dibagi berdasarkan negara. koneksi wireless melalui antena WLAN.menyediakan koneksi dial-up melalui modem-telepon. dimana koneksi SLIP biasanya lebih lambat dari PPP.gov = institusi pemerintah .mil = organisasi militer . yang menurut standar IPv4 (Internet Protocol version 4) di-identifikasi melalui nomer IP 32 bit atau 4 angka biner yang dipisahkan dengan titik (seperti 192.

au .jp = Australia = Kanada = Indonesia = Jepang . instalasi serta perlengkapan yang digunakan juga lebih sedikit dan "invisible". Pada jaringan ini setiap komputer dapat mengakses data dari komputer lain.my = Malaysia . LAN yang menggunakan teknologi wireless biasa disebut wireless LAN.th = Thailand LAN. Selain itu komputer yang terhubung dalam LAN juga dapat menjalankan hardware seperti printer dari komputer lain . Wireless LAN juga mempunyai beberapa keunggulan antara lain lebih fleksibel sehingga komputer yang terhubung wireless LAN dapat dipindahkan ke tempat lain yang masih dalam jangkauan. karena harga hardware untuk wireless LAN lebih mahal. wilayah yang tercakup dalam jaringan terbatas pada . Pada umumnya wireless LAN lebih mahal dibanding dengan LAN yang menggunakan kabel. di tempat kos. di warnet.MAN. LAN terdiri dari beberapa komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Komputer di dalam LAN terhubung melelui ethernet atau dapat juga dengan wireless teknologi yang berkecepatan antara 10-10000 Mbps. chating dengan pemilik komputer lain. Jumlah komputer yang terhubung pada LAN relatif kecil. Wireless LAN digunakan hanya jika pada tempat tersebut tidak memungkinkan dipasang kabel. Akan tetapi wireless LAN juga mampunyai kekurangan antara lain keamanan dari jaringan kurang. misalnya komputer-komputer di rumah.WAN JARINGAN LAN LAN adalah singkatan dari Lokal Area Network. Setiap komputer yang terhubung pada LAN mempunyai IP address yang berbeda.id . dan di beberapa tempat lain yang mana komputer yang termasuk di dalam LAN berada dalam satu bangunan.ca . main game bareng.sw = Swedia ..

maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem JARINGAN MAN MAN atau Metropolitan area network adalah jaringan yang lebih luas daripada LAN.Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing) 2. MAN juga memiliki wireless MAN dengan kekurangan dan kelebihan yang relatif sama.wilayah yang dapat dijangkau oleh gelombang radio dari wireless LAN.Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing) 3. Sama seperti LAN. Keuntungan Jaringan LAN 1.File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol 5. beberapa LAN menjadi satu jaringan dapat juga disebut MAN. kecepatan transfer data pada wireless LAN juga lebih lambat daripada LAN dengan kabel. JARINGAN WAN WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan . Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali 7. sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan. Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat 6. File-file data dapat disimpan pada server. Bila salah satu client/server terhubung dengan modem. yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin 4. MAN terdapat di dalam satu kampus atau dalam satu wilayah yang agak luas(dapat juga satu kota). MAN biasanya tidak dimiliki oleh satu organisasi saja.

dari/ke kantor pusat dan kantor cabang. Kecepatan transfer data Local Metropolitan Wide Area Area Area Network Network Network . untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara. Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan. GAMBAR : JARINGAN WAN PERBEDAAN LAN. Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos.Internet. Jangkauannya 2. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada. Keuntungan Jaringan WAN 1. pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat 3. MAN DAN WAN LAN: MAN: WAN: Yang Membedakannya: 1. maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang 2.

Misalkan : LAN memiliki batasan area 2 KM tetapi mempunyai kecepatan transfer sampa 2 MBPS. sedangkan WAN memiliki jangakauan sampai beribu” KM tetapi mempunya kecepatan transfer sampai 64kbps . Akses Internet melalui: Wireless LAN (WLAN) / Leased line Implementasi untuk: • • • • SOHO = Small Office Home Office atau UKM = Usaha Kecil Menengah Kantor Cabang Sekolah Warung Internet atau Game Online Aplikasi untuk: • • • • • Browsing Internet Chatting Download / Upload VoIP = Voice Over Internet Protocol Game online Keterangan: . Contoh Desain Jaringan Internet untuk Pelanggan ISP Contoh 1.

Jaringan Internet Sederhana menggunakan WLAN .<!–[if !vml]–> Gambar 1.Jika diperlukan adanya server yang dapat diakses dari Internet yang terpisah dengan PC Router dapat menggunakan teknik Port Forwarding.

1 IP Public sebagai gateway dari server yang ada. Akses Internet melalui: Wireless LAN (WLAN) Implementasi untuk: • • • • SOHO = Small Office Home Office atau UKM = Usaha Kecil Menengah Kantor Cabang Sekolah Warung Internet atau Game Online Aplikasi untuk: • • • • • Browsing Internet Chatting Download / Upload VoIP = Voice Over Internet Protocol Game online Keterangan: • • • Terdapat DMZ = De Military Zone untuk sistem keamanan Server Dapat menambahkan 1 Server yang dapat diakses dari Internet Membutuhkan 4 IP Public = 1 IP Public untuk server yang dapat diakses langsung dari Internet.Contoh 2. Jaringan Internet dengan DMZ menggunakan WLAN . 1 IP Public sebagai Broadcast Address. 1 IP Public sebagai Network Address.<!– [if !vml]–> <!–[endif]–> Gambar 2.

Contoh 3. Akses Internet melalui: Wireless LAN (WLAN) Implementasi untuk: • • • Perusahaan menengah Kantor Pusat Kampus Aplikasi untuk: • • • • • Browsing Internet Chatting Download / Upload VoIP = Voice Over Internet Protocol Application Server Keterangan: • Memerlukan alokasi /29 dengan 8 IP Public = 5 IP Public untuk server yang dapat diakses langsung dari Internet. 1 IP Public sebagai gateway dari server .

1 IP Public sebagai Network Address. • • Memiliki Netname sendiri yang dapat di whois dari Internet. <!–[if !vml]–> Gambar 3.yang ada. Jaringan Internet dengan alokasi /29 menggunakan WLAN . Membutuhkan Network/System Administrator. 1 IP Public sebagai Broadcast Address.

Akses Internet melalui: ADSL Implementasi untuk: • • • • SOHO = Small Office Home Office atau UKM = Usaha Kecil Menengah Kantor Cabang Sekolah Warung Internet atau Game Online Aplikasi untuk: • • • • • Browsing Internet Chatting Download / Upload VoIP = Voice Over Internet Protocol Game online Keterangan: • Jika diperlukan adanya server yang dapat diakses dari Internet yang terpisah dengan PC Router dapat menggunakan teknik Port Forwarding.<!–[if !vml]–> <!–[endif]–> . tetapi perlu diketahui teknologi ADSL tidak cocok untuk menempatkan web server di dalam jaringan karena sifatnya yang Asymmetric dimana Downstream biasanya besar tetapi Upstreamkecil.Contoh 4.

Jaringan Internet Sederhana Menggunakan ADSL menggunakan modem eksternal Contoh 5. tetapi perlu diketahui teknologi ADSL tidak cocok untuk menempatkan web server di dalam jaringan karena sifatnya yang Asymmetric dimana Downstream iasanya .Gambar 4. Akses Internet melalui: ADSL Implementasi untuk: • • • • SOHO = Small Office Home Office atau UKM = Usaha Kecil Menengah Kantor Cabang Sekolah Warung Internet atau Game Online Aplikasi untuk: • • • • • Browsing Internet Chatting Download / Upload VoIP = Voice Over Internet Protocol Game online Keterangan: • Jika diperlukan adanya server yang dapat diakses dari Internet yang terpisah dengan PC Router dapat menggunakan teknik Port Forwarding.

besar tetapi Upstream kecil.<!–[if !vml]– .

Jaringan Internet Sederhana Menggunakan ADSL menggunakan modem internal/USB Contoh 6.Gambar 5. Akses Internet melalui: ADSL Implementasi untuk: • • • SOHO = Small Office Home Office atau UKM = Usaha Kecil Menengah Kantor Cabang Personal Aplikasi untuk: • • • • • Browsing Internet Chatting Download / Upload VoIP = Voice Over Internet Protocol Game online .

Jaringan Internet Personal menggunakan ADSL .<!–[if !vml]–> <!–[endif]–> Gambar 6.

Contoh 7. ADSL. . Leased Line dll. Fiber Optic. Implementasi untuk: • • APARTEMENT Gedung Perkantoran Aplikasi untuk: • • • • • Browsing Internet Chatting Download / Upload VoIP = Voice Over Internet Protocol Game Online Keterangan: • Akses Internet melalui infrastruktur kabel telepon gedung . Akses Internet melalui: Wireless LAN (WLAN). dimana Internet di tumpangkan pada kabel telepon yang ada di Apartment atau gedung perkantoran. • Pelanggan cukup menggunakan Home PNA Adaptor atau ADSL modem biasa sebagai pengganti modem.

Jaringan Internet menggunakan Home PNA .Gambar 7.

Akhir kata.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi segala usaha kita. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan kepada pembaca tentang Jaringan Komputer. Denpasar. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. karena dengan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.28 Agustus 2010 Ridwan Aji Firmanto . penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Amin. Makalah ini berisi beberapa informasi tentang Jaringan Komputer yang kami harapkan dapat memberikan informasi kepada para pembaca tentang teknologi Jaringan Komputer. oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

JARINGAN INTERNET Ridwan Aji Firmanto XI IPA 1 32 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful