WISATA KE PULAU BALI

Dajukan guna memenuhi syarat mengikuti UN tahun 2009/2010 Oleh; -Rian Dwi Rutianto IX D 21 -Rudiyanto IX D 23

Pemerintah Kabupaten Semarang Dinas Pendidikan SMP Negeri 1Pabelan 2009/2010

i

S.MM NIP: 19621203 198403 2002 Sri kusumo utami NIP: 19570510 197903 2003 ii . Februari 2009 Mengtahui Kepala sekolah Pembimbing. Endah Ekowati.Pd.Pengesahan Karya tulis yang berjudul wisata ke pulau bali Telah sahkan di SMP Negei 1 Pabelan Pada tanggal 9-13 Desember 2009 Pabelan.

Jalani hidup dengan usaha dan berdoa Kegagalan adalah awal dari keberhasilan Gunakanlah waktu yang ada semaksimal mungkin Tak ada kata berhenti unuk berkreasi Jujur apa adanya iii . 4. 3.MOTTO 1. 5. 2.

6. Ibu Kepala SMP N 1 Pabelan Ibu Guru pembimbing Seluruh bapak dan Ibu Guru SMP N 1 Pabelan Orang tua Teman-teman kelan IX D Seluruh Siswa SMP N 1 Pabelan iv . 5. 3.PERSEMBAHAN Karya tulis ini saya persembahkan kepada: 1. 4. 2.

Ibu Endah Ekowati selaku kepala SMP N 1 Pabelan yang telah menyutujui program study wisata dan telah memberikan izin kepada penulis untuk mengikutinya.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya. Bapak Priyo Hadi Hartono selaku wali kelas yang telah memberikan pengarahan dan dukungan selama penulisan karya tulis ini. Teman. Dlam melaksanakan studi wisata sampai penulisan karya tulis initelah banyak membantu dan memberi dorongansehingga dapat berjalan lancar.sehingga dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan baik dan tidak ada halangan suatu apapun. 5. Pabelan. Penulis sadar penulisan ini tidak luput dari kekurangan dan ketidak sempurnaan. Semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu dalam penulisan karya tulis ini. 4.teman kelas 9 khususnya 9d yang telah memberikan semangat satu sama lain. untuk itu saran dan kritikan yang membangun penulis harapan demi sempurnanya karya tulis ini. Penulis berharap semoga karya tulis ini dapat berguna bagi kita semua. Kedua orang tua kami yang telah mendukung baik secara moral maupun moril 2. Febuari 2010 Penulis . 3. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1.

3 Perumusan Masalah……………………………………………………..2 Tujuan…………….…………………………………………………….3 Vi .iii Persembahan……………………………………………………………….vi Bab I Pendahuluan………………………………………………………….1 1.1 1..1 1..4 Metode Perolehan Data………………………………………………….....1 Latar belakang………………………………………………………….iv Kata Pengantar………………………………………………………………v Daftar isi……………………………………………………………………..ii Motto……………………………………………………………………….…………………………………………i Halaman Pengesahan……………………………………………………….Daftar Isi Halaman Judul…………………….2 1..

Danau Bedugul 2.Sangeh 5.2. Wisata Belanja 1.Cah Ayu 2.3.1.Joger Vii .Garuda Wisnu Kencana (GWK) 2.Tanjung Benoa 4.Sukowati 3. Wisata Alam 1.Pantai Kuta 3.Pantai Sanur 6.Bab II Pembahasan 2.Bali Clasic Centre (BCC) 2.Tanah Lot 2. Wisata Alam 1.

Pembangunannya dimulai pada tahun 1997 dan di perkirakan selesai pada tahun 2010. dan pasirnya berwarna putih.GWK Garuda Wisnu Kencana berlokasi di bukit Unggasan. Menurut perhitungan I Nyoman Nuarta jika patung it selesai dapat menjadi patung trtinggi di dunia. Jimbaran Bali. Pantai kuta memiliki ombak yang terlalu besar. .BAB II Pembahasan A. Disekitar GWK masih terdapat bukit kapur yang rencananya akan di pahat cerita Ramayana dan Mahbrata. Yang membutnya yaitu I Nyoman Nuarta yang merupakan dosen arsitektur di Bandung.Pantai kuta Pantai kuta merupakan sa satu pantai di bali yang sangat terkenal.Pemilihan Dewa Wisnu yang mitologi umat Hindu merupakan Dewa Pelindung berdasarkan pada cerita “Adi Parwa” dalam Maha Brata. Wisata yang di kunjungi 1. 2. Banyak wisatawan luar negeri maupun wisatawan domestik yng berkunjung kesana.

souvenir.00 untuk setiap orang.kita akan dibawa ketengah-tengah laut.arak Bali.dengan harga yang relatif murah dan berkualitas yang cukup bagus.35.Sukawati Sukawati merupakan pasar terbesar di Pulau Bali. Selain melihat penyu kita juga dapat bermain jetsky dan banana boat. Di tengah laut kita dapat melihat ikan-ikan kecil.000. 5. karena disana banyak ditemui barang-barang yang harganya murah dan bervariasi. 4.burung. .Cah Ayu Cah ayu merupakan tempat perbelajaan yang menjual aneka makanan khas Bali seperti: kacang asin. Dengan menyewa perahu Rp.ular.dan masih banyak lagi.Tanjung benua Tanjung Benua terdapat merupakan salah satu tempat wisata air yang dapat menghubungkan empat wisata melalui perairan dengan menyewakan perahu yang disediakan untuk dapat pergi ke Teluk Penyu. Harga sewanya sekitar Rp. Disana banyak terdapat penyu. Oleh karena itu setiap rombongan yang melakukan wisata ke Bali pasti tidak akan lupa mengunjungi tempat tersebut.300.50.00. Setelah itu perahu akan menuju ke Teluk Penyu.00 sampal Rp.dan hewan-hewan lainnya.brem Bali.000.3.000.dodol khas Bali.

7. Kita juga bisa melihat hotel terbesar di Pulau Bali yaitu “Grand Bali Beach Hotel”. 9.Pantai Sanur Disini kita dapat melihat matahari terbit. .6.Barong Dance Tempat ini terletak dijalan SMK Batu Gianyar 1 80582 Bali. Tetapi walau kelihatannya kera-kera disana liarkan. Di Pantai Sanurkita bisa berenang dengan senang karena disana ombaknya tidak terlalu besar.Sangeh Sangeh merupakan hutan yang dihuni banyak kera. Danau Bedugul juga menyediakan fasilitas waterspot antara lain : memancing. pemandanganya sangat bagus. 8. Jetsky dan lainlain.Danau Bedugul Danau Bedugul adalah salah satu danau yang sangat indah di Pulau Bali. Disana ada dua jenis pasir yaitu pasir hitam dan putih. dan terdapat batu-batu besar. Barong Dance ini menceritakan tentang “kebijakan” melawan “kebijakan” Barong merupakan makhluk mithologi yang melukiskan “kebijakan” dan Pangda adalah yang maha dahsyat yamg menggambarkan “kebatilan” dalam pertarungan ini tidak ada satupun yang menang atau kalah.Danau Bedugul juga disebut Danau Barata. akan tetapi kera disana sudah jinak jadi jangan terlalu khawatir bila memasuki kawasan Hutan Wisata Sangeh.

2. supaya tidak rusak. . 3. sebaiknya dilaksanakan pad hari libur. Pulau Bali dengan segala keindahan membuat kita lupa akan segalanya. Pulau Bali salah satu Pulau yang kaya akan keindahan alamnya yang harus dijaga dan di lestarikan. 2.1 Kesimpulan Dari pengamatan yang penulis lakukan selama di Pulau Bali. Kita harus menjaga dan melestarikan obyek-obyek wisata di Pulau Bali. Sebaiknya pada sat berwisata lokasinya ditambah agar menambah wawasan dan menikmati keindahan. Apabila tahun depan akan berwisata ke Pulau Bali lagi. 3. Keadaan dan keindahan yang asri.BAB III PENUTUP 3.2 Saran Dari uraian diatas penulis dapat menarik beberapa saran antara lain: 1. maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1.

Daftar Pustaka Mungin .dkk.2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang. Panduan Penulisan Karya Ilmiah Samarang : UNNES Suharso. Widya Karya. . 2005.