P. 1
Rial Aditya - Budidaya Jamur Tiram Putih

Rial Aditya - Budidaya Jamur Tiram Putih

|Views: 110|Likes:
Published by trasloy

More info:

Published by: trasloy on Jan 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/03/2011

pdf

text

original

PENGANTAR BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus

)

Indonesia merupakan negara agraris dengan kekayaan alam yang begitu besar terutama tanaman pertanian yang sangat beragam. Kondisi ini selayaknya membuka mata kita betapa besarnya peluang usaha yang dapat kita upayakan di bidang ini. Didorong pula dengan adanya krisis global saat ini, bidang pertanian memberikan peluang yang sangat baik untuk menghasilkan wirausahawan – wirausahawan baru yang sejatinya dapat menekan angka pengangguran dengan terbukanya lapangan kerja baru. Lebih dari itu citacita untuk mewujudkan masyarakat mandiri menjadi hal yang sangat mungkin untuk dicapai. Salah satu usaha pertanian saat ini yang sangat prospektif dan potensial yaitu usaha budidaya jamur tiram (Pleurotus ostreatus). Beberapa pertimbangannya antara lain :
1. Daya

serap

pasar

sangat

tinggi

dan

semakin

meningkat
2. Bahan baku

mudah diperoleh dan murah

3. Kebutuhan skill tidak begitu 4. Belum banyaknya petani jamur tiram

RIAL ADITYA PENDAHULUAN

5. Tidak memerlukan lahan yang luas 6. Jamur tiram merupakan pangan alternatif yang lezat, sehat dan bergizi tinggi.

Author : Rial Aditya / Organic Mycosoft – Ganesha (OMG)

Page 1

thiamin. Ukuran dan warna tudungnya pun bervariasi. Tangkai tudungnya menyerupai cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung dan berwarna putih hingga krem.001 mm). Jamur tiram yang tumbuh di daerah dingin biasanya tudungnya lebih tebal dibandingkan dengan yang tumbuh di suhu yang lebih panas.dibudidayakan ialah jamur tiram putih. 72% lemak dalam Page 2 Author : Rial Aditya / Organic Mycosoft – Ganesha (OMG) . sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus. Klasifikasi jamur tiram sebagai berikut : Kerajaan Filum Kelas Ordo Famili Genus Spesies : Fungi : Basidiomycota : Homobasidiomycetes : Agaricales : Tricholomataceae : Pleurotus : Pleurotus ostreatus http://id.5 µm (µm = 0. memiliki ciri warna tudungnya putih susu sampai putih kekuningan dengan garis tengah 5-25 cm. dan jamur tiram coklat.wikipedia. besi. karbohidrat. jamur tiram merah jambu. Spora jamur tiram berbentuk elips dengan ukuran 9 x 4. tergantung dari jenisnya. lemak. Tubuh buah memiliki batang yang berada di pinggir (bahasa Latin: pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus). Jamur tiram termasuk organisme yang bersifat saprofit yaitu hidup pada bahan organik yang sudah mati seperti kayu lapuk. jamur tiram kelabu. dan riboflavin yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jamur kayu lainnya sehingga sangat baik untuk dikonsumsi manusia. Jamur tiram yang dikenal paling enak dan paling disukai masyarakat sehingga paling banyak memiliki kandungan nutrisi seperti protein. fosfor. Jamur tiram putih SEKILAS TENTANG JAMUR TIRAM Jamur tiram dikenal pula dengan nama populer Oyster Mushroom dan nama ilmiah Pleurotus ostreatus.org/wiki/Jamur_tiram Kandungan Nutrisi Jamur Tiram Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur kayu yang Ada beberapa jenis jamur tiram yaitu jamur tiram putih.

0 gram maka kandungan gizi jamur masih lebih lengkap. daging sapi. hipertensi. threonin. Selain itu jamur tiram juga dapat menyembuhkan mellitus. lemak 25 gram namun karbohidrat 0.1 0. bayam.5 1.8 Niacin Sumber FAO 1992 Bila dibandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18. kentang.31 0. Jamur tiram juga bermanfaat dalam pengobatan seperti menurunkan kolesterol darah.9 4. serta mencegah penyakit tumor atau kanker.7 0. sekaligus memperlancar buang air besar. influenza.8 3.2 gram.41 32.41 3. histidin dan fenil alanin. Kandungan nutrisi dalam setiap 100 gram jamur tiram sebagai berikut : kandungan Protein Serat Lemak Abu Karbohidra t Kalori Kalsium Zat besi Fosfor Vitamin B1 Vitamin B2 Dalam gram 13.64 5 Vitamin C 7. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak. mencegah penyakit diabetes mempercepat pengeringan luka pada permukaan tubuh.12 0. Jamur tiram mengandung 9 macam asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia yaitu lisin. buncis dll. Konsumsi jamur tiram selama 3 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 40%. leusin. isoleusin.6 61. valin. Selain itu Jamur tiram memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan dengan bahan makanan lain seperti jamur merang. jamur kuping. kelenjar gondok. sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya. menambah vitalitas dan daya tahan tubuh. Author : Rial Aditya / Organic Mycosoft – Ganesha (OMG) Page 3 . kubis. metionin. seledri.jamur tiram merupakan asam lemak tidak jenuh. Jamur tiram memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi tetapi rendah lemak. triptofan.

Jamur mengubah selulosa menjadi polisakarida yang bebas kolesterol sehingga orang yang mengkonsumsinya terhindar dari resiko terkena serangan stroke. Author : Rial Aditya / Organic Mycosoft – Ganesha (OMG) Page 4 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->