December 4

2010
TUGAS MATA KULIAH ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI Wiwin Gusnia - 2009320110

M Amin) 2.Utrecht) y Hukum adalah kumpulan peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi-sanksi dan tulisan hkum adalah mengadakan ketertiban dalam pergaulan manusia.1. KUHP Perdata & KUHP Perdata&KUHDagang) b) Hukum tidak tertulis yaitu hukum adat dan hukm kebiasaan. y Doktrin Adalah pendapat sarjana hukum terkemuka 4. yaitu hukum yang mengatur hubungan antara orang yang satu dengan orang yang lain dengan menitik beratkan kepada kepentingan perorangan (Hukum Perdata dan hukum dagang) b) Hukum publik yaitu hukum yang mengatur hubungan antara Negara dan alat-alat perlengkapan Negara dengan warganya dengan menitikberatkan kepada kepentingan umum (huum pidana dab HTUN) 5. Sebutkan pengertian subyek hukum menurut van aple doren? Subjek hukum adalah segala sesuatu yang mempunyai kewenangan hukum yaitu kecakapan untuk menjadi pendukung hak (Van Apeldoorn) . Apakah tujuan hukum? Tujuan hukum untuk menjamin kepastian hukm dan keadilan dalam masyarakat. y Hukum menurut isinya : a) Hukum privat . Sebutkan sumber ± sumber hukum? y Undang ± undang Adalah peraturan Negara yang dibentuk oleh perlengkapan Negara yang berwenang dan mengikat masyarakat. Apakah yang dimaksud dengan hukum? y Hukum adalah kumpulan kaidah-kaidah atau norma-norma (Perintah-perintah/laranganlarangan) yang mengatur tata tertib dalam masyarakat dan seharusnya ditaati oleh masyarakat ybs karena pelanggaran atas petunjuk hidup tsb dapat menimbulkan tindakan dai pemerintah (E. Jelaskan penggolongan hukum menurut bentuk dan isinya? y Hukum menurut bentuknya : a) Hukum tertulis adalah hukum yang telah dikodifikasikan (KUHP Pidana. y Kebiasaan Adalah perbuatan manusia mengenai hal tertentu yang dilakukan berulang-ulang y Yurispundensi Adalah keputusan pengadilan atau keputusan hakim yang terdahulu y Traktat Adalah perjanjian yang diadakan oleh dua Negara atau lebih. sehingga keamanan dan ketertiban terpelihara (S. y Perjanjian Adalah suatu peristiwa dimana dua orang atau lebih saling berjanji untuk melakukan atau tidak melakukan perbuatan tertentu. 3.

Sebutkan syarat-syarat sahnya perkawinan? y Dilakukan menurut masing-masing agama dan kepercayaannya. y Hukum perdata eropa. Hak guna bangunan . berikut atau tidak berikut benda-benda lain yang merupakan satu kesatuan dengan tanah untuk pelunasan utang tertentu memberikan kedudukan yang diutamakan kepada kreditur tertentu terhadap kreditur lainnya y Obyek hak tanggungan : a. Sebutkan 3 hukum perdata yang berlaku di Indonesia? y Hukum perdata adat. y Hukm perdata yang bersifat nasional. yaitu ketentuan-ketentuan yang mengatur tentang kepentingan perorangan yang berlaku untuk seluruh penduduk Indonesia. 5 Th 1960! y Hak milik y Hak guna usaha y Hak guna bangunan y Hak pakai y Hak sewa y Hak membuka tanah dan memungut hasil hutan. 11. y PENGUASAAAN Benda bergerak dianggap sebagai pemilik dan benda tidak bergerak tidak. 10. yaitu ketentuan-ketentuan hukum yang mengatur orang-orang eropa dan orang-orang yang diberlakukan ketentuan itu. Apa yang dimaksud dengan hak tanggungan dan sebutkan objek dari hak tanggungan? y Hak tanggungan yaitu hak jaminan yang dibebankan pada hak atas tanah sebagaimana dimaksud UU No. Hak guna usaha c. 5 Th 1960. Sebutkan macam2 hak kebendaan menurut uupa no. y Dicatat menurut PP UU yang berlaku 9. Siapa saja orang-orang yang tidak dapat melakukan perbuatan hokum menurut pasal 1330 ? y Orang ± orang yang belum dewasa y Orang ± orang yang berada di bawah pengampuan y Wanita-wanita yang bersuami (Ps 105 suami adalah kepala keluarga) 7. Jelaskan perbedaan benda bergerak dan tidak bergerak? Perbedaan benda bergerak dan benda tidak bergerak yaitu : y Benda tidak bergerak memerlukan balik nama dalam hal PENYERAHAN ( leverine ) sedangkan benda bergerak tidak y Benda tidak bergerak PEMBEBANANnya dengan hipotik dan benda bergerak dengan gadai. 8.6. yaitu ketentuan-ketentuan hukum yang mengatur hubungan antar individu dalam masyarakat adat yang berkaitan dengan kepentingan perseorangan. Hak milik b.

Sebutkan syarat-syarat sahnya perjanjian menurut pasal 1320 KUHP. Sebagai jaminan pelunasan hutang d. Mempunyai sifat accesoir b.12. . Hak gadai atas suatu benda hanya untuk sat kali. Mempunyai hak preferens/ didahulukan c. sedangkan pada fidusia bendanya tetap dikuasai oleh oran gyang berutang. wan prestasi dan hak preferelij. sedangkan hipotik tidak d. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara gadai dan hipotik? Serta perbedaan gadai dengan fidusia? y Persamaan gadai dan hipotik yaitu : a. y Perbedaan gadai dengan fidusia : a. terlambat memenuhi atau memenuhi kewajibannya tetapi tidak sesuai dengan yang diperjanjikan. yang diserahkan hanyalah bukti-bukti kepemilikan. 13. y Perjanjian Perikatan yang lahir dari perjanjian ³setiap perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai UU bagi mereka yang membuatnya ± Ps. y Wanprestasi/lalai adalah tidak memenuhi. sedangkan hipotik dapat lebih dari sekali. b. Jelaskan pengertian resiko. Gadai harus disertai dengan penyerahan penguasaan barang. y Resiko adalah kewajiban memikul kerugian terhadap suatu kejadian diluar kesalahan salah satu pihak yang menimpa obyek perjanjian. c. sedangkan hipotik tidak. Sebutkan sumber-sumber hukum perikatan menurut pasal 1233 kuhp (Jelaskan secara rinci) ! Sumber hukum perikatan yaitu : y Undang ± undang Perikatan yang lahir dari Undang-Undang : 1) UU saja 2) U karena melakukan perbuatan yang diperbolehkan 3) UU karena melakukan perbuatan melanggar hukum. 1338 KUHPDT) 14. Hak menguasai tidak untuk memakai y Perbedaan gadai dan hipotik yaitu : a. Gadai hapus jika barang tanggungan pindah tangan. y Hak prevelieje adalah hak kreditur untuk membatalkan perjanjian aki8bat perbuatan debitur yang merugikannya. Pada gadai benda yang dijadikan tanggungan diserahkan dan dikuasai oleh orang yang berpiutang. Gadai obyeknya benda bergerak sedangkan hipotik benda tidak bergerak. y Sepakat y Cakap y Suatu hal tertentu y Suat sebab yang halal 15.

Menurut Van Apeldorn Hukum dagang adalah suatu bagian istimewa dari lapangan hukum perikatan yang tidak dapat ditetapkan dalam Buku III KUHPDT 4. Prof. Soekardono. yaitu hak yang mengatur hubungan orang yang satu dengan yang lainnya khususnya dalam hal perdagangan/perniagaan. Sebutkan macam-macam alat bukti? y Surat. 18. Tirta Amijaya Hukum dagang adalah hukum perdata/ sipil yang istimewa . sekedar KUHD itu tidak khusus menyimpang dari KUHPDT 5. Jelaskan perbedaan kekuatan pembuktian antara surat akta dan surat2 lain? Surat akta mempunyai kekuatan pembuktian sempurna sedang surat ± surat lain kekuatan pembuktiannya diserahkan pada pertimbangan hukum. y KUHP adalah Kitab Undang-undang hukum Perdata y Hubungan KUHD dan KUHP yaitu : 1. 19. 1 Ayat 1 KUHD KHPDT dapat juga berlaku dalam hal-hal yang diatur dalam KUHD. sepanjangan kUHD sendiri tidak mengaturnya secara khusus. Apa yang dimaksud dengan daluarsa dan sebutkan 2 macam daluarsa (jelaskan) y Daluarsa adalah suatu upaya untuk memperoleh sesuatu/ untuk dibebaskan dari suatu perikatan dengan lewatnya suatu waktu tertentu dan atas syarat-syarat yang ditentukan UU. 3. Ps.16. SH. Jelaskan kuhd dan kuhp? Dan hubungan keduanya? y KUHD adalah Kitab Undang-Undang Hukum Dagang.surat y Kesaksian (saksi) y Persangkaan y Pengakuan y Sumpah 17. y Macam ± macam daluarsa : a) Daluarsa acquisitief adalah daluarsa untuk memperoleh sesuatu seteleh alampaunya waktu tertentu. b) Daluarsa extinctief. Ps. Menurut Van Kant Hukum Dagang adalah suatu tambahan Huum Perdata yang mengatur hal-hal yang khusus. 1 KUHD memelihara kesatuan antara hukum perdata dengan hukum dagang. 2. adalah daluarsa dimana seseorang dapat membebaskan diri dari suatu perikatan setelah lampaunya waktu tertentu atau dengan kata lain daluarsa untuk melepaskan diri dari perjanjian dengan lewatnya waktu 30 tahun setiap oran gdibebaskan dari semua penagihan atau tuntutan hak.

Badan usaha yang bukan berbentuk badan hukum (Firma dan CV) tetap semangat & saling mendoakan . Jelaskan pengertian lex specialis derogot lex generalis? Lex specialis derogot lex generalis artinya hukum khusus bersifat mengenyampingkan atau menghapus hukum umum 21. benda/ tenaga) dalam persekutuan dengan maksud untuk membagi keuntungan y Unsur ± unsure badan usaha yaitu : a.Koperasi.Yayasan) b. Adanya kehendak bersama c. Adanya tujuan untuk mendapatkan keuntungan d.nya serta bentuk2 badan usaha ! y Persekutuan/ Badan Usaha adalah suatu persetujuan dimana antara dua orang atau lebih mengikatkan diri untk memasukkan sesuatu (uang. Badan usaha yang berbentuk badan hukum (PT. Adanya kepentingan bersama b. Adanya kerjasama yang jelas y Bentuk-bentuk badan saha yaitu : a. Apa yang disebut dengan persekutuan/badan usaha dan sebutkan unsur2 dan hub.20.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful