P. 1
KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PROTISTA DAN FUNGI

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PROTISTA DAN FUNGI

|Views: 5,136|Likes:
Published by Ravii Akbaii

More info:

Published by: Ravii Akbaii on Jan 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2013

pdf

text

original

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PROTISTA DAN FUNGI (JAMUR

)
Protista yang menguntungkan, antara lain sebagai berikut. a. Protista yang hidup bebas di air tawar sebagai plankton, misalnya Euglena virdis, merupakan indikator polusi b. Cangkang Radiolaria dan Foraminifera, digunakan sebagai indikator adanya minyak bumi. c. Entemoeba coli, membusukkan makanan dan membentuk vitamin k pada saluran pencernaan manusia. Sel amubiod struktur reproduksi d. Saprolegnia, berperan sebagai pengurai dalam ekosistem air tawar. e. Ganggang cokelat Turbinaria australis, Sargassum silquosum, dan Fucus vesicolosus, digunakan untuk membuat salep, es krim, tablet, dan krim habis bercukur. f. Navicula sp yang mati membentuk tanah diatomae yang berguna untuk bahan isolasi, bahan penggosok, bahan penyekat dinamit (trinitragliserin=TNT), untuk membuat saringan, serta untuk campuran semen.

Protista yang merugikan a. Pada manusia Protista yang merugikan manusia, antara lain sebagai berikut. a. Trypanosoma gambiense, menyebabkan penyakit tidur de daerah Afrika Tengah dan ditularkan oleh lalat tse tse jenis Glossina palpalis. b. Trypanosoma rhodesiense, menyebabkan penyakit tidur di daerah Afrika Timur dan ditularkan oleh lalat tse tse jenis Glossina morsitans. Trypanosoma rhodesiense lebih berbahaya karena penderita dapat meninggal dalam waktu yang singkat. c. Trypanosoma cruzi, menyebabkan penyakit chagas yang menyerang kelenjar limfa, hati, dan sumsum tulang. d. Trypanosoma brucei, menyebabkan penyakit nagano di Afrika. e. Plasmodium sp, menyebabkan penyakit malaria. f. Balantidium coli, menyebabkan disentri balantidium yang menyerang selaput lendir usus besar. g. Entamobea gingivalis, menyebabkan bau mulut. h. Leishmania donovani menyebabkan penyakit kalaazar yang menyerang limpa, hati, dan kelenjar limfa.

Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk yang kental . jamur yang merugikan. Atau secara sederhananya kita dapat menggunakan yogurt yang plain (tanpa rasa tambahan). tanpa gula dan tanpa aroma sebagai bibit yoghurt. dan bir. b. Khamir Saccharomyces berguna sebagai fermentor dalam industri keju. . 4. akan tetapi bila ingin menyimpan yoghurt untuk waktu yang lebih lama sebaiknya menggunakan wadah kaca. Hal ini hanya bertujuan untuk menguapkan air sehingga nantinya akan terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.Peranan jamur dalam kehidupan manusia sangat banyak. Siapkan susu yang sudah dicairkan dengan air matang sebanyak 1 liter lalu tambahkan susu krim sebanyak 15%. dan yoghurt yang dihasilkan semakin bagus. Masak dengan api kecil sambil diaduk terus selama 30 menit tetapi jangan sampai mendidih. Kalaupun kita ingin menggunakan wadah plastik sebaiknya yang agak tebal. Yoghurt yang sudah jadi dapat ditempatkan di wadah plastik ataupun kaca. 5. strawberry dan leci yang dapat kita peroleh di apotek-apotek. 7. b. a. 6. Volvariella volvacea (jamur merang) berguna sebagai bahan pangan berprotein tinggi. Rhizopus dan Mucor berguna dalam industri bahan makanan. d. Albugo merupakan parasit pada tanaman pertanian. Jamur yang menguntungkan antara lain. Candida sp. Langkah-langkah membuat yoghurt 1. Sementara itu. Pneumonia carinii menyebabkan penyakit pneumonia pada paruparu manusia. tetapi juga dapat disajikan bersama salad buah sebagai sausnya ataupun sebagai bahan campuran es buah. a. bahkan bisa ditambahkan dengan perasa tambahan makanan seperti rasa jeruk. sebagai berikut. Solid yoghurt yang belum diberikan tambahan rasa ini dapat juga dijadikan bibit yoghurt untuk pembuatan selanjutnya. Penicillium notatum berguna sebagai penghasil antibiotik. Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan sirup atau gula bagi yang tidak kuat asamnya. ada yang merugikan dan ada yang menguntungkan. sebagai berikut. Yoghurt dapat disajikan tidak hanya sebagai minuman. 2. 3. Semakin tinggi total solidnya maka cairan bening yang tersisa semakin sedikit. solid yoghurt lalu diangkat dan didinginkan kira-kira sampai hangat-hangat kuku baru kemudian ditambahkan bibit yoghurt sebanyak 2 ± 5% dari jumlah yoghurt yang sudah mengental tadi. c. e. roti. Jika sudah. c. antara lain. Bibit yoghurt memang tidak dijual di pasaran secara bebas tetapi dapat anda peroleh disalah satu toko. Higroporus dan Lycoperdon perlatum berguna sebagai dekomposer. penyebab keputihan dan sariawan pada manusia. yaitu dalam pembuatan tempe dan oncom.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->