P. 1
Menyusun-Kalimat-Pembuka-Presentasi

Menyusun-Kalimat-Pembuka-Presentasi

|Views: 2,635|Likes:
Published by Adimalmsteen

More info:

Published by: Adimalmsteen on Jan 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/11/2013

pdf

text

original

Menyusun Kalimat Pembuka Presentasi

Setelah Anda menyelesaikan pembukaan, selanjutnya adalah memberi penjelasan awal topik pembahasan. Bagian ini masih dalam pembukaan yang berfungsi untuk memberi gambaran kepada audiens apa saja yang akan dibahas dan bagaimana cara Anda membahasnya.

PRESENTASI YANG MEMBERI INFORMASI ‡ Presentasi jenis ini biasanya berusaha menjelaskan sesuatu yang masih belum familiar bagi audiens. ‡ Diharapkan dengan memberikan penjelasan. audiens akan mengerti topik yang dibahas. .

Jika presentasi bersifat memberi informasi (to inform) maka hal-hal berikut perlu Anda sampaikan sebagai pembuka: ‡ Apa yang hendak dibahas? (What) ‡ Mengapa hal tersebut penting bagi audiens? (Why) ‡ Apa manfaat yang didapat dari informasi itu? (Why) ‡ Bagaimana memanfaatkan informasi tersebut? (How) .

maka Anda dapat menjelaskan poinpoin berikut: .Misalkan Anda ingin memberikan presentasi tentang pertumbuhan situs-situs Social Network seperti Facebook yang sedang populer dan dampaknya dalam interaksi sosial.

dst. perubahan interaksi sosial. dll.) ‡ Bagaimana memanfaatkan informasi tentang pertumbuhan situs Social Network bagi audiens (How ± bagaimana memanfaatkannya baik secara bisnis maupun sosial.‡ Apa yang dimaksud situs Social Network? (What ± berikan gambaran bagi audiens yang belum mengerti tentang topik yang dibahas) ‡ Situs apa saja yang masuk dalam kategori tersebut? (What ± memberikan definisi apa saja yang masuk dalam topik pembahasan dan apa yang tidak) ‡ Mengapa mengetahui pertumbuhannya menjadi penting buat audiens? (Why ± pikirkan hubungannya dengan bisnis. kesempatan. bagaimana menghindari dampak negatifnya seperti waktu yang terbuang sia-sia atau penurunan produktivitas.) .

Friendster dan lainlain. saya akan menjelaskan fenomena pertumbuhan situs Social Network seperti Facebook. Selanjutnya Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana pertumbuhan situs semacam itu dan mengapa fenomena pertumbuhannya menjadi isu penting.´ . MySpace. dalam hal ini menggunakannya sebagai media pemasaran.‡ Contoh kalimat pembuka untuk presentasi di atas bisa berbentuk seperti ini: ³Pada presentasi berikut. Pada akhir presentasi. Anda akan mengetahui bagaimana cara memanfaatkan informasi pertumbuhan ini sekaligus menghindari dampak negatifnya. Sebelum membahas lebih detail saya akan menjelaskan kriteria yang dipakai untuk menentukan mana situs yang digolongkan sebagai Social Network dan mana yang tidak.

.Presentasi Yang Membujuk Presentasi jenis ini lazim dipakai jika Anda hendak menjual produk tertentu atau ingin mengajak audiens untuk melakukan suatu tindakan yang diharapkan seperti membuat keputusan atau memberi dukungan.

maka ada dua pendekatan yang dapat Anda pilih: ‡ Pendekatan Problem ± Solution ‡ Pendekatan Cause ± Effect .‡ Jika presentasi Anda bersifat membujuk audiens untuk melakukan sesuatu (to persuade).

(Persuasion) .1. Anda akan membuka presentasi dengan menjelaskan: ‡ Apa problem yang dihadapi? (What) ‡ Kerugian apa yang ditimbulkan dari problem tersebut? (Risk) ‡ Apa saja pilihan yang tersedia? (Alternative) ‡ Apa solusi terbaik yang dapat diberikan untuk menyelesaikannya? (Solution) ‡ Mengapa solusi tersebut yang dipilih dan bukan alternatif lain? (Reason for Solution) ‡ Ajakan kepada audiens untuk menyetujui solusi yang ditawarkan. Pendekatan Problem ± Solution ‡ Pada pendekatan pertama.

perusahaan-perusahaan mulai beralih dari penggunaan website intranet biasa ke portal.´ (What) . ‡ Misalkan Anda memberikan presentasi tentang sebuah produk software portal untuk dijual kepada perusahaan.‡ Pada pendekatan ini Anda mengungkapkan sebuah problem atau permasalahan dan memberikan solusi terbaik yang dapat dipilih oleh audiens dan mengajak mereka menyetujui usulan Anda. maka pembukaan berikut dapat disampaikan: ‡ ³Pada saat ini.

‡ Peralihan ini terjadi karena portal membantu mengintegrasikan berbagai aplikasi yang berbeda-beda di perusahaan dan mengumpulkannya dalam satu tempat. Tanpa penggunaan portal.´ (Risk) . perusahaan harus mengelola berbagai website terpisah sehingga menyulitkan karyawan yang mengakses-nya.

Kebanyakan solusi yang ada saat ini tidak lain hanya mengumpulkan seluruh informasi di satu tempat tanpa memikirkan bagaimana pengguna sebenarnya berinteraksi dengan informasi tersebut.‡ Ada banyak pilihan untuk membuat portal perusahaan dan salah satunya adalah apa yang akan saya tawarkan.´ (Alternative) ‡ ³Untuk itu solusi terbaik adalah sebuah portal yang mampu menentukan informasi apa yang penting dan perlu untuk ditampilkan bagi tiap pengguna yang berbeda-beda kepentingannya.´ (Solution) .

‡ ³Berdasarkan peringkat yang dilakukan oleh lembaga survey CNet.´ (Persuasion) . portal yang saya tawarkan memiliki rating tertinggi dalam kepuasan penggunannya. saya dapat meyakinkan bahwa solusi yang saya tawarkan adalah yang terbaik dalam paling tepat untuk membawa perusahaan ini ke era baru zaman informasi.´ (Reason for Solution) ‡ ³Untuk itu jika perusahaan ini ingin mengembangkan sistem portal.

Pendekatan Cause ± Effect ‡ Pada pendekatan kedua. bentuk kalimat pembuka dapat disusun dengan merangkai hal-hal berikut: ‡ Apa masalah yang sedang terjadi? ‡ Apa penyebab timbulnya permasalahan tersebut? ‡ Apa akibatnya jika dibiarkan? ‡ Apa efek lain dari masalah tersebut? ‡ Mengapa perlu dicegah? ‡ Apa manfaatnya jika dicegah? .2.

Anda melakukan persuasi sehingga akhirnya audiens terpanggil untuk melakukan suatu tindakan. ‡ Dengan cara ini. Presentasi akan memberi kesan yang kuat pada audiens jika Anda mampu memberi penekanan pada dampak negatif jika efek tersebut dibiarkan dan dampak positif jika efek tersebut dicegah. sebenarnya Anda berusaha mengajak audiens untuk berpikir dan pada akhirnya menyetujui cara pandang yang ditawarkan bahwa efek yang timbul merupakan hal penting dan patut dipertimbangkan.‡ Pada pendekatan ini. . Anda diharapkan menjelaskan sebuah permasalahan dan efek yang ditimbulkannya.

‡ Sebelum memberikan presentasi. pastikan slide tersebut dapat ditampilkan dengan baik di layar. Ada kalanya warna yang Anda lihat di depan komputer tidak sama dengan tampilan di layar karena perbedaan setting peralatan. ruangan. AC dan segala sesuatunya. .Sebelum Memulai Presentasi ‡ Persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan. proyektor. file presentasi. periksalah segala kelengkapan yang Anda bawa: laptop. ‡ Jangan sampai Anda baru mengetahui ada yang tidak beres ketika presentasi telah berjalan. ‡ Jika Anda menggunakan slide.

biasanya mood Anda juga akan menjadi tidak nyaman dan keseluruhan presentasi bisa gagal.Pembukaan Yang Kuat. ‡ Jika Anda lancar dalam beberapa kalimat pertama. ‡ Pembukaan merupakan bagian penting untuk menarik perhatian audiens. Audiens Akan Ingat ‡ Presentasi yang baik dimulai dengan pembukaan yang kuat. rencanakan pembukaan dengan baik. ‡ Akan tetapi jika pembukaan sudah tersendat. ‡ Tujuan pembukaan untuk memberi gambaran tentang topik presentasi dan yang apa yang diharapkan sesudahnya. Insya Allah kalimat-kalimat berikutnya akan lebih mudah untuk disampaikan. . ‡ Karena itu.

Pada saat Anda membuka presentasi. jika Anda melakukannya dengan tulus dan bukan karena terpaksa. Aspek penting di sini adalah ketulusan. . ucapkan salam dengan bersahabat dan tataplah dengan ramah seluruh audiens yang hadir secara bergantian. Percayalah. apa yang Anda sampaikan akan mempengaruhi orang lain. Berikan senyuman Anda dan rasakan senyuman tulus itu akan mempengaruhi audiens untuk juga tersenyum.

jangan terpengaruh jika ada audiens yang seolah meremehkan atau tidak peduli bahwa Anda ada di depannya. ‡ Untuk itu.‡ Pada tahap ini tidak selalu audiens akan merespon Anda dengan baik. ‡ Kuatkan tekad Anda bahwa nantinya dia akan terpukau menyaksikan presentasi yang dibawakan. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->