Modul Adobe Flash CS4

By : Sam FCH

seperti Library dsb 5. Layer panel. tempat untuk mengatur layer dan susunannya 4. merupakan area tempat kita menaruh semua object visual baik gambar.Mengenal workspace Adobe CS4 1 4 5 3 Workspace Adobe Flash 2 1. merupakan tempat panel-panel yang ada di Flash CS4. text atau video. seperti drawing. Work area. Panel-panel. 2. merupakan panel untuk semua tool yang tersedia di Flash CS4. movie clip. Tool box. gradient dsb Untuk memunculkan panel lain apabila dibutuhkan anda dapat mengaksesnya melalui menu Windows: . merupakan area untuk mengatur frame dan timing animasi 3. Timeline.

contoh untuk menggambar lingkaran gunakan Oval Tool: Kemudian gambar object pada work area: .Menggambar Object di Flash CS4 Untuk menggambar Object di Flash CS4 anda dapat menggunakan tool box yang tersedia.

Button dan Graphic Dalam Flash dikenal 3 object yang sering digunakan (selain text dan video) object ini disebut symbol. Untuk membuat symbol pada flash dapat melalui klik kanan pada object dan pilih menu convert to symbol: Anda dapat memilih type symbol yang akan dibuat . Symbol dapat dibuat dari object apapun di Flash termasuk dari text dan video. Button dan Graphic.Symbol : Movie Clip. Symbol terdiri dari tiga jenis yaitu Movie Clip.

Susunan Layer pada flash dapat dilihat pada gambar berikut: Tweening : Motion dan Shape Pada flash dikenal dua macam tweening atau perubahan object baik secara posisi.Layer dalam Flash CS4 Pada flash digunakan metode layering untuk penempatan susunan object. warna dsb yaitu Motion Tween untuk pergerakan dan Shape Tween untuk bentuk. bentuk. dan convert menjadi symbol (movie clip) . Motion Tween Untuk membuat motion tween pada flash kita dapat melakukan cara berikut: Tempatkan object pada work area. Object yang berada pada layer teratas akan menempati posisi teratas pula begitu sebaliknya.

- Kemudian pada Timeline klik kanan pada frame 10 (atau lebih) dan insert keyframe - Lalu pilih frame 10 dan ubah posisi object pada work area - Kemuadian diantara frame 1 dan 10 klik kanan pada timeline lalu Create Classic Tween - Tekan CTRL + Enter untuk melihat hasilnya .

Untuk membuat mask pada Flash berikut langkahnya : Tempatkan object pertama pada work area pada layer 1 Tempatkan object kedua pada work area pada layer 2 - - Kemudian klik kanan pada layer 2 dan pilih menu Mask Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah Selamat Berkreasi .Masking pada Flash CS4 Masking adalah proses overlay object dimana object yang berada di bawah object yang lain akan tampil dengan area sesuai dengan bentuk object yang ada di atasnya.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.