DAUR BIOKIMIA

Daur biokomia atau daur materi adalah perpindahan materi kimia dari lingkungan ke dalam tubuh organisme dan dikembalikan lagi kea lam yang dalam prosesnya melibatkan komponen dalam ekosistem. Disebut daur kimia karena melibatkan unsur : y y y Biologi Kimia Geologi

Di alam terdapat 30-40 unsur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan organisme diantaranya : C, H, N, S, O dsb Kebanyakan unsure ini digunakan dalam membentuk senyawa Ex : Hidrogen dalam bentuk H2O (air) terdiri dari 2 atom H dan 1 atom O Daur materi atau mineral yang terdapat di ekosistem dapat dibagi menjadi 2 golongan y materi senyawa Daur materi senyawa yang selama proses perpindahannya hanya terjadi proses perubahan bentuk (fasanya) sedangkan bentuk ikatan molekulnya tetap Ex : Daur / siklus air y materi unsure Daur materi kimia yang selama proses perpindahan hanya melibatkan perubahan bentuk dan ikatan molekul Ex : Daur karbon, daur nitrogen Berdasarkan sumber yang dialam , siklus biokimia siklus biokimia dibagi dalam 2 tipe : y gas : yang sumbernya adalah atmosfer dan hidrosfer Ex : daur udara, seperti oksigen, nitrogen, karbon , sulfur dan siklus air Tipe Daur Daur

siklus kalium Yang termasuk dalam Daur Biokimia diantaranya : a. Fosfor c. Oksigen e.y sedimen : yang sumbernya adalah batuan bumi Ex : siklus fosfor. Nitrogen b. Peristiwa pindahnya materi nitrogen dari lingkungan ke organisme dan kembali kea lam disebut dengan daur nitrogen Peristiwa daur nitrogen meliputi beberapa peristiwa penting yaitu 1. Air a. Karbon d. Sulfur f. Nitrogen Tipe Daur Daur Daur Daur Daur Daur Daur Nitrogen merupakan penyusun protein dan asam inti yang ditemukan dalam jaringan hidupmanusia dan hewan (penyusun DNA) Di udara kandungan Nitrogen : 78 % N2 bersifat stabil untuk itu agar dapat berikatan dengan senyawa lain harus dipecah menjadi bentuk yang kurang stabil . Nitrogen Fiksasi . setelah pecah barulah nitrogen ini dapat digunakan oleh organisme. siklus kalsium.

kasi 3. nitrogen Nitrifi Asimil Amon Denitr Fiksasi Proses perubahan gas nitrogen (N2) yang tidak reaktif. Perubahan bentuk nitrogen ini disebabkan oleh peristiwa :  akaran  industry  ran petir  as gunung berapi  as bakteri pengikat nitrogen Bakteri pengikat nitrogen mempunyai enzim nitrogenase yang dapat mengubah nitrogen (N2) menjadi NH3 Contoh bakteri di ekosistem darat darat : Rhizobium Marsiella crenata Azotobacter sp Aktivit Aktivit Samba Proses Pemb .2. menjadi ammonia (NH3) yang lebih reaktif. ifikasi 1. asi 4. ifikasi 5. Nitrogen difiksasi supaya dapat diikat dan digunakan organisme.

amonia Asimil . kasi Perubahan senyawa ammonia (NH3) atau ammonium (NH4+ yang terbentuk ketika ammonia bereaksi dengan air ) menjadi nitrat. Nitrifi  Nitrosomonas dan bakteri Nitrosococcus NH3/NH4+ Nitrosococcus NO2NO3NO2- 3.Di ekosistem air : bakteri hijau biru (Cyanobacteria) Jenis bakteri ini memiliki sel yang dapat mengikat nitrogen Sel tersebut dinamakan heterokista 2. Terdiri dari dua tahap :  Perub ahan ammonia atau ammonium menjadi nitrit (NO2-)oleh bakteri Nitrosomonas dan bakteri Nitrosococcus Proses oksidasi yang mengubah nitrit menjadi nitrat yang dilakukan oleh bakteri Nitrobacter Ketiga macam bakteri yang dapat melakukan proses nitrifikasi pada umumnya terdapat dalam tanah. asi Adalah proses penyerapan senyawa nitrat.

Oleh karena itu biasanya terjadi pada lapisan tanah paling dalam. Thiobacillus denitrificans dan beberapa bakteri dari genus Bacillus.) menjadi udara. Proses ini berlangsung di dalam tanah. ammonia (NH3) atau ammonium (NH4+) kemudian mengubahnya menjadi molekul penyusun senyawaprotein dan asam nukleat. 4. Contoh bakteri yang melakukan proses denitrifikasi adalah : Pseudomonas denitrificans. ifikasi Yaitu pelepasan omonia dari bahan organic Terjadi ketika :  deco mposer mengubah senyawa nitrogen organic yang terdapat pada rganisme yang telah mati menjadi ammonia atau ammonium organi sme melakukan proses pengeluaran zat-zat sisa yang mengandung ammonia seperti urin. ammonia (pada ikan air tawar)dan asam urat (pada burung) 5. Metabolism asam amino menghasilkan zat buangan yang mengandung nitrogen berupa urea (pada manusia). Hewan dan manusia melakukan proses perombakan protein di dalam tubuhnya membentuk asam amino. Pada organism heterotrof contohnya hewan dan manusia terjadi ketika mengkunsumsi tumbuhan. gas nitrogen (N2) di Denitr Amon  . ifikasi Yaitu proses perubahan senyawa nitrat (NO3. Pada proses makan ini senyawa nitrogen yan terdapat pada tumbuhan diubah menjadi senyawa protein dan asam nukleat penyusun tubuh hewan dan manusia. Dilakukan oleh bakteri denitrifikasi dalam suasana lingkungan anaerob (lingkungan yang memiliki kadar oksigen sangat kecil bahkan hampir tidak terdapat oksigen).Pada organisme autotrof : akar tanaman menyerap nitrat (NO3-) .

perkembangan dan proses metabolism. Bebatuan yang mengandung ion fosfat mengalami erosi karena hujan. Siklus ini berlangsung antara perairan (lautan). dan tumbuhan air untuk metabolisme tubuhnya. Selanjutnya melalui proses dekomposisi organisme mati fosfor dikembalikan ke perairan. Di perairan molekul fosfat dimanfaatkan oleh fitoplakton. (peristiwa itu disebut eutrofikasi). bebatuan dan organisme. jika pertumbuhan ini tidak terkendali akan menyebabkan oksigen berkurang sehingga menyebabkan ikan mati. sehingga fosfat ang terkikis terbawa air hujan menuju sungai. Endapan makin lama makin banyak dan oleh proses geologis selama bertahun tahun membentuk batuan atau daratan yang mengandung fosfat. Bagi tanaman fosfor digunakan untuk pertumbuhan. Molekul fosfat yang terbawa aliran air tidak seluruhnya diserap oleh tumbuhan. tulang dan gigi. Fosfor Daur Siklus atau daur fosfor tidak melalui atmosfer karena tidak adanya senyawa gas yang mengandung fosfor. Melalui rantai makanan fosfat masuk ke dalam hewan diperairan. sebagian terbawa menuju ke laut dan mengendap di dasar laut. sedang pada manusia dan hewan penyerapan fosfor terjadi ketika manusia dan hewan memakan tumbuhan atau meminum air yang mengandung fosfat. Pada tanaman fosfor diserap melalui akar tanaman baik yang di perairan maupun yang di dalam tanah. Pembuangan air detergen yang mengandung fosfat ke perairan akan menyebabkan pertumbuhan ganggang yang berlebihan . asam nukleat. Fosfor merupakan unsure yang penting dalam pembentukan ATP (energy). Fosfor dikembalikan ke lingkungan ketika terjadi proses dekomposisi organisme mati. ganggang . .b. fosfolipid (lemak yang mengandung asam fosfat dan senyawa nitrogen). danau dan air tanah. Fosfor diserap oleh makhluk hidup dalam bentuk fosfat (PO43+).

Karbon adalah penyusun senyawa organic dan merupakan salah satu unsure yang penting penyusun organism. Karbon Daur Yaitu perpindahan unsure karbon dari lingkungan ke dalam organisme dan kembali ke lingkungan.03 % dalam bentuk CO2. batu bara dan gas alam. hewan dan tumbuhan ikut terkubur di dalam tanah. kemudian tumbuhan menggunakanya sebagai sumber energy untuk melakukan aktifitas. Untuk makluk heterotrop melalui proses makan dan dimakan serta aktivitas respirasi. Kadar oksigen di atmosfer sebanyak 21 % Factor utama yang penting dalam daur oksigen adalah proses fotosintesis dimana senyawa H2O dan CO2 diubah menjadi O2 dan glukosa. Daur . bikarbonat (HCO3-) dan dalam senyawa carbon anorganik lainnya. biosfer dan litosfer. Dan apabila bahan bakar fosil ini digunakan carbon akan kembali di atmosfer d. Oksigen Daur oksigen adalah perpindahan senyawa oksigen yang ada di atmosfer. Melalui respirasi carbon kembali dilepas di udara. Karbon yang terdapar dalam organism tidak seluruhnya dikeluarkan melalui respirasi bersamaan dengan kematian organisme sebagian carbon yang terdapat dalam manusia. misalnya respirasi. Carbon di atmosfer diambil oleh tumbuhan (untuk proses fotosintesis) yang diubah menjadi senyawa yang lebih komplek yaitu glukosa (C6H12O6). yang alam jutaan tahun karbon yang terkumpul tersebut akan menjadi bahan bakar fosil seperti minyak bumi.c. Di lautan ada carbon yang berbentuk karbonat (CO32-). Di atmosfer kadar carbon 0. Oksigen merupakan senyawa yang penting yang dibutuhkan untuk pernafasan. Pada peristiwa respirasi dan pembusukan terjadi proses penyerapan oksigen dan pengeluaran karbondioksida.

Sulfur Merupakan salah satu komponen protein dan vitamin . Fungsi dari sulfur adalah mengaktifkan fungsi protein enzim tumbuhan Daur . e.Jadi antara daur carbon dan daur oksigen saling berhubungan.

JAKARTA 2009 A. Karbon dioksida dan air diperlukan untuk proses fotosintesis. Nitrogen merupakan komponen penyusun protein dan asam nukleat yang ada di dalam jaringan hidup.DAUR BIOGEOKIMIA DAN PERAN MIKRORGANISME DI DALAMNYA DAUR BIOGEOKIMIA DAN PERAN MIKRORGANISME DI DALAMNYA Oleh : Moh. DAUR BIOGEOKIMIA Semua makhluk hidup memerlukan berbagai materi organik dan anorganik. air dan tanah). Semua materi yang menyusun tubuh makhluk hidup pada saatnya akan kembali ke alam (atmosfer. Fosfor merupakan unsur penting dalam pembentukan ATP (energi) dan nukleotida. yaitu ketika mahkluk hidup . Arif Rifqi (073112620150012) FAKULTAS BIOLOGI UNIVERSITAS NASIONAL.

Walaupun makluk dalam satu rantai makanan mati. karena terbentuk dari berbagai ekosistem yang saling berinteraksi. B. air diperlukan untuk membentuk karbohidrat.tersebut mati. Oksigen (O). Molekul air sangat penting bagi kehidupan. tanah. Daur air ialah pergerakan air melalui sistem biotik dan abiotik. Daur Air Air sangat penting karena fungsinya sebagai pelarut kation dan anion. Materi ini tersusun oleh antara lain: karbon (C). pengatur suhu tubuh. air juga . materi pada setiap tinkatan trofik tak hilang. aliran materi masih tetap berlangsung terus. Artinya. Karena mahluk hidup yang mai tadi diuraikan oleh decomposer yang ahkirnya akan masuk lagi ke rantai makanan berikutnya. Nitrogen (N). Dalam proses fotosintesis. Air merupakan alat transfer utama bagi pemindahan zat dalam beberapa daur biogeokimia. Fungsi daur biogeokimia adalah sebagai silkus materi yang melibatkan semua unsur kimia yang sudah terpakai oleh semua yang ada di bumi baik komponen biotik maupun abiotik. JENIS DAUR BIOGEOKIMIA Macam-macam daur biogeokimia meliputi: 1. Selain itu. Di alam daur air sebagai berikut: Semua tempat yang terkena enegi matahari (air laut. Belerang atau sulfur (S) dan Fosfor (P). Materi berupa unsur-unsur penyusun bahan organik di daur ulang. Unsur-unsur kimia tersebut dimanfaatkan oleh produsen untuk membentuk bahan organic dengan bantuan energi matahari atau energi yang berasal dari reaksi kimia." Semua yang ada di bumi baik makluk hidup maupun benda mati tersusun oleh materi. Huchinson menjelaskan : " Biokimia adalah pengkajian pertukaran atau perubahan terus menerus (yakni gerakan ke belakang dan kedepan ) dari bahan-bahan antara komponen biosfer dari yang hidup dan yang tak hidup. Geokimia adalah ilmu yang membahas komposisi kimia bumi dan pertukaran unsur berbagai bagian dari kulit bumi dan lautnya. antara komponen biosfer yang hidup dengan tak hidup. sehingga kelangsungan hidup di bumi tetap terjaga. Akibat tiupan angina. tubuh makhluk hidup yang telah mati akan diuraikan oleh dekomposer sehingga terbentuk senyawa sederhana.dll) akan menguap termasuk pada tumbuhan dan hewan. Selanjutnya. Bahan organik yang dihasilkan adalah sumber bagi organisme. Daur ulang materi tersebut melibatkan mahluk hidup dan batuan (geofisik) sehingga disebut daur biogeokimia. Dalam suatu ekosistem." "Biosfer adalah lapisan permukaan bumi atau dapat pula disebut ekosistem raksasa. senyawa tersebut akan dimanfaatkan kembali oleh makhluk hidup autrotof. awan menuju permukaan daratan. dan air. Air bergerak dalam daur air secara global. Biogeokimia merupakan pertukaran atau perubahan yang terus menerus. sungai-sungai dan perairan lainnya. Unsur-unsur tersebut masuk ke dalam komponen biotic melalui udara. pengatur tekanan osmotic sel. semua materi akan mengalir membentuk suatu daur yang melibatkan komponen biotik dan abiotik yang disebut daur biogeokimia. Proses makan atau dimakan pada rantai makanan mengakibatkan aliran materi dari mata rantai yang lain. dan bahan baku fotosintetis. Begitu selanjutnya terus-menerus sehingga membentuk suatu aliran energi dan daur materi. Di alam. Hidrogen (H).

dan terserap di dalam tanah. Karbon tersebut dapat berpindah ke hewan ketika mereka memakan tumbuhan. Pengaruh suhu yang rendah mengakibatkan terjadinya kondensasi uap air menjadi titik-titik air hujan. dan minyak). air. Dan air yang ada di dalam tanah mengalir sampai laut semuanya berlanjut terus.Sebagian dari air ini mengalir ke bawah melewati tanah dan bebatuan. Pada saat molekul-molekul air di atmosfer bergerak mengikuti pola angin. air. mengalami penguapan. Ketika hujan jatuh di daratan. Karbon dioksida di atmosfer merupakan sumber karbon bagi tumbuhan. yang mana nantinya membawa air ke lautan.diperlukan untuk berbagai reaksi metabolik di dalam tubuh mahkluk hidup. protein. komponen karbon juga tersedia dalam bahan bakar fosil (batu bara. digunakan untuk proses metabolisme dan mengembalikannya ke udara melalui transpirasi. Hujan turun di permukaan bumi sebagian meresap ke daam tanah. Selanjutnya. Sebagian lagi mengalir di permukaan tanah membentuk aliran air dan sungai. Selanjutnya. Sebagian air diserap oleh tumbuhan. hewan . Karbondioksida akan kembali ke atmosfer dari penguraian juga melalui sistem respirasi. Jika terjadi ganguan daur air. Baik yang berasal dari danau. dan mineral. misal illegal logging maka terjadi banjir dan kegiatan distribusi tak lancar maka terjadi kekeringan seperti di Indonesia. Daur Karbon dan Oksigen Dari BlogGer Jendela Dunia Karbon dan oksigen juga penting bagi kehidupan seperti penyusun materi dalam tubuh dan digunakan sebagai fotosintetis. beberapa di antaranya menjadi air permukaan. Selain itu. gas alam. yang akan melepaskan airnya sebagai hujan dan memulai siklus lagi. Karbon merupakan bahan dasar dari semua bahan organik. dihasilkan lagi karbondioksida dan oksigen. 2. Lalu disusun menjadi amilum. terutama ketika melakukan fotosintesis. Daur oksigen juga sama. dan vitamin. tanah atau permukaan tubuh mahkluk hidup. kelembapan udara menyebabkan suhu menjadi lebih dingin. Di atmosfer air tersedia dalam bentuk uap air. Karbon tadi dilepaskan ke udara dan seterusnya. kemudian diubah menjadi senyawa gula yang lain. Uap air berasal dari proses evaporasi (penguapan). permukaan daun tumbuhan (lebih dikenal transpirasi) terutama evaporasi dari lautan. Di alam daur ini sebagai berikut: Awalnya karbon dioksida diserap oleh tumbuhan melalui fotosintetis dijadikan glukosa. Dari keduaunsur tadi yang paling panjang daurnya adalah karbon. Pada proses pernafasan tumbuhan. Aliran karbon berjalan beriringan secara paralel dengan aliran energi. Pada daur karbon dan oksigen memerlukan hewan dan tumbuhan yang mati dalam waktu yang . sebagian dimanfaatkan oleh hewan dan tumbuhan (yang tidak diserap akan menjadi mata air) sebagian lagi mengalir ke sungai-sungai sampai laut. Setelah dimanfaatkan manusia. dan mineral.dan tumbuhan dikeluarkan lagi dan menguap. kemudian tersimpan dalam tanah atau di bawah danau yang disebut sebagai air tanah dalam. Transpirasi dan evaporasi dari permukaan tanah menghasilkan kumpulan uap air yang disebut awan. uap air terkondensasi menjadi tetes-tetes air dan jatuh sebagai air hujan atau salju. tubuh hewan dan tumbuhan yang sudah mati akan diuraikan oleh mahkluk hidup pengurai menjadi karbondioksida. Hewan makan tumbuhan dapat karbon lalu setelah berjalannya waktu tubuh hewan dan tumbuhan mati dan diuraikan menjadi karbon dioksida. sungai. Sumber pokok karbondioksida (CO2) ada di atmosfer. lemak.

Tanaman dengan nodul ini mampu hidup dalam kondisi tanah yang miskin nitrogen. kemudian menjadi nitrat (NO3-). dan tumbuhan mati akan diuraikan oleh pengurai jadi ammonium dan ammonia. Selain melalui petir juga melalui bakteri Rizobium yang bersimbiosis pada tumbuhan kacangkacangan membentuk bintik akar. namun tumbuhan dan hewan pada umumnya tidak mampu menggunakannya dalam bentuk bebas. Nitrogen berfungsi sebagai pembentuk asam amino merupakan persenyawaan pembentuk molekul protein. Nitrogen diikat oleh bakteri yang ada di dalam tanah (biasanya dalam bentuk amonia). Kemampuan yang secara besar dapat mengurangi kebutuhan pemupukan pertanian. tapi yang diperlukan dalam bentuk senyawa. Beberapa hasil penelitian genetik yang diorientasikan terhadap pemberian tanaman panen yang lain (jagung. 3. alga hijau-biru juga mampu menyerap nitrogen. Bakteri pemecah memecah protein dalam tubuh organisme mati atau hasil sisa mereka menjadi amonium. Dalam ekosistem air. Bakteri Nitrosomonas mengubah jadi nitritlalu diubah lagi oleh bakteri Nitrobacter menjadi nitrat. Bakteri mengubah banyak nitrogen menjadi asam amino yang dilepaskan ke jaringan tumbuhan. Dan proses pengubahan nitrit atau nitrat jadi nitrogen bebas disebut denitrifikasi. Beberapa tanaman mempunyai nodul pada akarnya yang di dalamnya terdapat bakteri pengikat nitrogen. Meskipun 78% di udara terdapat nitrogen bebas. Nitrogen juga dapat terikat di atmosfer melalui masuknya energi elektrik misalnya melalui penyinaran. Selanjutnya protein sebagai pembentuk tubuh. nitrogen diperlukan dalam pembentukan senyawa nitrogen. tanaman dengan daun menjari dan tanaman lain yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan (legume). Tumbuhan dan hewan membutuhkan nitrogen untuk membentuk asam amino untuk membentuk protein. Kadang-kadang tanaman ini digunakan untuk mengisi lahan yang miskin nitrogen selama masa perputaran setelah panen padi. Selanjutnya oleh bakteri nitrifikasi diubah menjadi nitrit (NO2-).lama untuk membentuk batubara di dalam tanah serta pengurai juga diperlukan dalam mengurai hewan dan tumbuhan yang telah mati. Selanjutnya sama dan begitu. seperti asam nukleat (ADN dan ARN). Kemudian nitrat diserap oleh tumbuhan. yang mana dapat diserap dari tanah oleh tumbuhan (disebut proses nitrifikasi). Yaitu ketika petir keluar menyebabkan nitrogen bersenyawa jadi nitrat. Semua hewan hanya memperoleh nitrogen organik dari tumbuhan atau hewan lain yang . Daur Nitrogen . Tumbuhan dan hewan juga terlibat dalam daur air. gandum) yang mempunyai kemampuan untuk mengikat nirogen. Sedikit tambahan proses pengubahan nitrit jadi nitrat disebut nitrifikasi. bangkai hewan. Selain itu. Tumbuhan menyerap nitrat dari tanah utuk dijadikan protein lalu tumbuhan dimakan oleh kosumer senyawa nitrogen pindah ke tubuh hewan. Daur Nitrogen di alam sebagai berikut: Atmosfer mengandung sekitar 70% Nitrogen dalam bentuk unsur. Urin. kemudian nitrit atau nitrat dan akhirnya menjadi gas nitrogen yang mana akan dilepaskan ke atmosfer dari mulai nitrogen diikat dan berputar lagi. Nitrogen harus diubah menjadi bahan nitrogen lain sehingga dapat digunakan. misalnya ercis.

dimakannya. Proses tersebut dapat dilakukan oleh beberapa bakteri dan mahkluk hidup eukariotik. Protein yang dicerna akan menjadi asam amino yang selanjutnya dapat disusun menjadi protein-protein baru pada tingkat trofik berikutnya. Fosfor merupakan elemen penting dalam kehidupan karena semua makhluk hidup membutuhkan posfor dalam bentuk ATP (Adenosin Tri Fosfat). 4. Daur sedimentasi disebut juga daur fosfor. . 2. Dan seperti biasa akan terulang. Tumbuhan dan hewan mati. Adanya peristiwa erosi dan pelapukan menyebabkan fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen. Fosfor merupakan bahan pembentuk tulang pada hewan. Fosfat dari batu dan fosil terkikis dan membentuk fosfat anorganik terlarut di air tanah dan laut. Dekomposisi nitrogen organik menjadi amonia lagi disebut amonifikasi. protein.Nitrosomanas mengubah amonium menjadi nitrit. RNA. dan urinnya akanterurai menjadi fosfat organik. sebagai sumber energi untuk metabolisme sel.Bakteri ungu pengikat nitrogen seperti Rhodospirillum Meskipun pengikatan secara alami menghasilkan cukup nitrogen untuk proses yang berlangsung secara alami. Fosfor juga ditemukan sebagai komponen utama dalam pembentukan gigi dan tulang vertebrata. materi organik yang dikandungnya akan diuraikan kembali oleh dekomposer sehingga nitrogen dapat dilepaskan sebagai amonia. Dan pada daur fosfor diperlukan pengurai untuk menguraikan hewan dan tumbuhan yang mati menjadi fosfat anorganik. Daur fosfor tidak melalui komponen atmosfer. Siklus ini berulang terus menerus. Oleh bakteri fosfat tersebut diubah menjadi fosfat arorganik yang dapat diserap tumbuhan. Daur fosfor lebih sederana dari pada daur lainnya karena tidak melibatkan atmosfer. Di alam daur fosfor sebagai berikut: Di dalam tanah mengandung fosfat anorganik yang dapat diserap oleh tumbuhan.Alga biru hijau pengikat nitrogen seperti Anabaena. Semua mahluk memerlukan sebagai pembentuk DNA. Nostoc dan anggota-anggota lain dari ordo Nostocales 6. Ion fosfat terdapat dalam bebatuan. Di darat tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah. Daur Fosfor (Daur Sendimentasi) Fosfor merupakan elemen penting dalam kehidupan karena semua makhluk hidup membutuhkan fosfor dalam bentuk ATP (Adenosin Tri Fosfat). Fosfat banyak terdapat di batu karang dan fosil.Bakteri hidup bebas pengikat nitrogen seperti Azotobakter (aerobik) dan Clostridium (anaerobik) 5. feses. Kemudian tumbuhan dimakan oleh konsumer sehingga fosfor berpindah ke hewan. namun pembentukan nitrogen oleh industri yang digunakan untuk pemupukan dan produk lain melampui kebutuhan ekosistem darat. energi (ATP). Contoh beberapa mikroorganisme yang terlibat dalam daur nitrogen ialah : 1. Ketika makhluk hidup mati. Fosfat anorganik ini kemudian akan diserap oleh akar tumbuhan lagi. Fosfor terdapat di alam dalam bentuk ion fosfat (fosfor yang berikatan dengan oksigen). sebagai sumber energi untuk metabolisme sel. Adanya pergerakan dasar bumi menyebabkan sedimen yang mengandung fosfat muncul ke permukaan. dan senyawa organik lainnya.Rhizobium menambat nitrogen dari udara 4.Nitrobacter mengubah nitrit menjadi nitrat 3.

belerang terkandung dalam tanah dalam bentuk mineral tanah. Dalam daur belerang misalnya. Ada juga yang gunung berapi dan sisa pembakaran minyak bumi dan batubara. natrium. S organik SO4 + H2S. Seluruh hewan mengeluarkan fosfat melalui urin dan feses. Setiap daur melibatkan unsur organisme untuk membantu menguraikan senyawa-senyawa menjadi unsur-unsur. bakteri desulfovibrio. H2S S SO4. bakteri sulfur tak berwarna.Posfor terdapat di alam dalam bentuk ion fosfat. mikroorganisme yang bertanggung jawab dalam setiap trasformasi adalah sebagai berikut : 1. Lalu hewan dan tumbuhan mati diuraikan menjadi gas H2S atau menjadi sulfat lagi. Anabaena dan Nostoc memerlukan unsur Co dan Mo. hijau dan ungu. 4. 5. 3. SO4 H2S (reduksi sulfat anaerobik). Kandungan mineral alga berkisar antara 6-39% berat kering dengan ion-ion utamanya adalah fosfor. Di darat tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah. Untuk menghasilkan pertumbuhan yang optimum. Kemudian tumbuhan tersebut dimakan hewan sehingga sulfur berpindah ke hewan. Bakteri dan jamur mengurai bahan-bahan anorganik di dalam tanah lalu melepaskan pospor kemudian diambil oleh tumbuhan. Adanya peristiwa erosi dan pelapukan menyebabkan fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen. khlor. Efektifitas pertumbuhan dan perkembangan Anabaena dan Nostoc sangatlah ditentukan oleh media dimana mereka itu ditumbuhkan. beberapa bagian dari bahan yang dapat dipertukarkan cenderung " hilang" untuk waktu yang lama apabila gerakan menurunnya jauh lebih cepat dari pada gerakan "naik" kembali. DAN RHIZOBIUM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LINGKUNGAN Anabaena dan nostoc merupakan jenis mikroalga. C. Ion Fosfat terdapat dalam bebatuan. Anabaena dan Nostoc termasuk alga biru-hijau yang dapat menambat Nitrogen dari udara melalui kerjasama atau simbiosis dengan Azolla sp. Produktifitas dan mutu mikroalga dapat dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kandungan unsur hara pada media tumbuh. Daur tipe sedimen cenderung untuk lebih kurang sempurna dan lebih mudah diganggu oleh gangguan setempat sebab sebagian besar bahan terdapat dalam tempat dan relatif tidak aktif dan tidak bergerak di dalam kulit bumi. Adanya pergerakan dasar bumi menyebabkan sedimen yang mengandung fosfat muncul ke permukaan. Tumbuhan mendapat sulfur dari dalam tanah dalam bentuk sulfat (SO4 ). magnesium dan . kalsium. Sulfur dioksida menjadi sulfat oleh bakteri kemolitotrof seperti Thiobacillus. Kemudian H2S digunakan bakteri fotoautotrof aerob seperti Chromatium dan melepaskan sulfur dan oksigen. besi. 2. ANABAENA. Secara alami. bakteri thiobacilli. Hal ini menunjukkan bahwa larutan nutrisi tersebut mempunyai pengaruh terhadap kedua organisme tersebut. antara lain Desulfomaculum dan Desulfibro yang akan mereduksi sulfat menjadi sulfida dalam bentuk hidrogen sulfida (H2S). Akibatnya. Selain itu ada beberapa jenis bakteri terlibat dalam daur sulfur. sulfur. Daur Belerang Belerang atau sulfur merupakan unsur penyusun protein. Herbivora mendapatkan fosfat dari tumbuhan yang dimakannya dan karnivora mendapatkan fosfat dari herbivora yang dimakannya. masing-masing mikroorganisme heterotrofik aerobik dan anaerobik. H2S SO4 (Pengokaidasi sulfide aerobik). NOSTOC.

html. Faktor abiotik dan biotik seperti kemasaman tanah. Diposting oleh Moh.com/2008/05/daur-bersifat-sedimen. kedalaman air.blogspot.ac. Tanggal akses 14 April 2009. Apabila ketersediaan Mn tinggi dapat menghambat perkembangan bakteri Rhizobium. Hasmar. Rhizobium pada kondisi masam (pH rendah) tidak dapat menginfeksi akar tanaman.html. Tanggal akses 14 April 2009. Arif Rifqi di 11:41 PM Email This BlogThis! Share to Twitter Share to Facebook Share to Google Buzz Reaksi: Legenda Atlantis. kelembaban tanah. Tanggal akses 14 April 2009. serta kandungan nitrogen (N). Rhizobium merupakan bakteri yang bernodulasi dengan akar. Jakarta: Unas Press. DAFTAR PUSTAKA Rusmendro. dan substrat dasar. Tanggal akses 14 April 2009. suhu tanah. http://jelajahbio. Kecepatan 90 rpm dalam inkubasi merupakan kecepatan optimal yang digunakan untuk pertumbuhan bakteri Rhizobium. Rhizobium dapat tumbuh dengan optimum pada temperatur antara 25-30°C dan pH 6.0-7. kebutuhan oksigen biologi (BOD) dan kimia (COD).wordpress.e-dukasi. senyawa organik dan anorganik juga mempengaruhi pertumbuhan Rhizobium. Selain itu faktor abiotik yang mempengaruhi kehidupan organisme ini adalah suhu. 2003.html.com/ciget/daur%20biogeokimia.swf . Indonesia Masuk Wilayahnya? Share . Ketersediaan Mn dan Fe dalam tanah masam juga berpengaruh terhadap aktivitas Rhizobium. http://www.com/2008/11/17/daur-biogeokimia/. http://gurungeblog. http://cyber-biology. http://elcom. Tanggal akses 14 April 2009.php/1/materi/Biologi/DAUR%2 0BIOGEOKIMIA.html.id/elschool/muallimin_muhammadiyah/file. Tanggal akses 14 April 2009.seng. oksigen terlarut (DO). Kondisi asam menyebabkan kondisi Rhizobium stress.com/2008/07/peningkatan-toleransi-isolat-rhizobium. arus. tembaga dan cobalt terdapat dalam jumlah yang relatif kecil. http://freewebs.umy.blogspot.0.1 atm.net/mapok/mp_files/mp_299/latihan. Metabolisme aerobik yang biasa digunakan Rhizobium yaitu dengan tekanan oksigen lebih rendah daripada 0. Seri Diktat Kuliah Ekologi Tumbuhan. serta mangan.

sebuah surga dunia yang tenggelam dalam waktu sehari semalam. Menurut Santos. Atlantis: The Lost Continent Finally Found. Ratusan ekspedisi yang menjelajahi Siprus. Plato. Amerika Selatan. Atlantis adalah misteri. Santos menelusur lokasi Atlantis berdasarkan pendekatan ilmu geologi. astronomi. Geolog dan fisikawan nuklir asal Brasil ini melakukan penelitian selama 30 tahun untuk meneliti keberadaan Atlantis. Meskipun manusia sudah mencari sisa-sisa keberadaan kota ini selama ratusan tahun dan lebih dari 5. paleontologi. dan Atlantis selalu mengundang pertanyaan. Indonesia kini disebut-sebut sebagai tempat Atlantis sesungguhnya. Di antara begitu banyak pakar yang meyakini Atlantis berada di Indonesia adalah Profesor Arysio Santos. Lewat bukunya. tidak ada satu pun yang bisa memastikan di mana sebenarnya Atlantis berada dan benarkah Atlantis itu memang ada atau hanya dongeng yang dikisahkan filsuf Yunani. Benua yang disebut sebagai taman eden atau surga itu diyakini menjadi pusat peradaban dunia pada zaman es. Mereka seharusnya mencari lokasi tersebut di Indonesia karena berbagai bukti yang kuat . Setelah puluhan wilayah sebelumnya tidak juga memberi bukti valid. arkeologi. tidak kunjung ditemukannya jejak Atlantis karena orang-orang mencari di tempat yang salah. Laut Mediterania. dan comparative mythology. Kepulauan Karibia hingga Mesir untuk mencari jejak Atlantis pun belum memperoleh bukti valid di mana surga Atlantis berada. Afrika.000 buku mengenai Atlantis diterbitkan. etnologi. linguistik.Peta dugaan kota Atlantis di Indonesia (Google map/NASA) ATLANTIS adalah legenda. Santos memberikan sejumlah paparan serta analisisnya.

600 tahun lalu. Satu hal yang ditekankan Santos adalah banyak peneliti selama ini terkecoh dengan nama Atlantis. Letusan gunung berapi yang terjadi bersamaan ini menimbulkan gempa. Wilayah yang bermandi sinar matahari sepanjang waktu pastilah berada di garis khatulistiwa dan Indonesia memiliki prasyarat untuk itu. Santos meyakini benua menghilang akibat letusan beberapa gunung berapi yang terjadi bersamaan pada akhir zaman es sekira 11. Bencana mahadahsyat ini juga mengakibatkan punahnya hampir 70 persen spesies mamalia yang hidup pada masa itu. Atlantis juga digambarkan menjadi pusat peradaban dunia dari budaya. Sri Lanka. Mereka melihat kedekatan nama Atlantis dengan Samudera Atlantik yang terletak di antara Eropa. termasuk manusia. ledakannya membuka Selat Sunda.mendukung hal tersebut. Menurut Santos. Peristiwa itu juga mengakibatkan tenggelamnya sebagian permukaan bumi yang kemudian disebut Atlantis. Kekayaan Indonesia termasuk rempah-rempah menjadi kemungkinan lain akan keberadaan Atlantis di wilayah Nusantara ini. Dalam cerita yang dituturkan Plato. Kemasyhuran Indonesia sebagai surga rempah dan mineral bahkan kemudian dicari-cari Dunia Barat. dan lain-lain. Kemungkinan besar dua atau tiga spesies manusia seperti hobbit yang baru-baru ini ditemukan di Pulau Flores musnah dalam waktu yang hampir sama. Kalimantan. pulau-pulau di Indonesia yang mencapai ribuan itu merupakan puncak-puncak gunung dan dataran-dataran tinggi benua Atlantis yang dulu tenggelam. Perlu dicatat bahwa Atlantis berjaya saat sebagian besar dunia masih diselimuti es di mana temperatur bumi kala itu diperkirakan lebih dingin 15 derajat Celsius daripada sekarang. Di antara gunung besar yang meletus zaman itu adalah Gunung Krakatau Purba (induk Gunung Krakatau yang meletus pada 1883) yang konon letusannya sanggup menggelapkan seluruh dunia. Merujuk cerita Plato. serta gelombang tsunami sangat besar. Kalimantan. Dasar inilah yang menjadi salah satu teori Santos mengenai keberadaan Atlantis di Indonesia. dan Nusa Tenggara diyakini masih menyatu dengan semenanjung Malaysia serta Benua Asia. dan Paparan Sunda. Sebelum terjadinya bencana banjir itu. Sumatra. Dalam keyakinan Santos. Pendapat Santos ini memang masih diperdebatkan mengingat hingga kini belum ada ekspedisi khusus untuk mencari lokasi Atlantis di kepuluan Indonesia. tulis Santos. Saat gunung berapi itu meletus. banjir. Jawa. pencairan es. Amerika dan Afrika. Samudra Atlantik yang . kekayaan alam. Plato juga menceritakan negara Atlantis yang kaya dengan bahan mineral serta memiliki sistem bercocok tanam yang sangat maju. Padahal pada masa kuno hingga era Christoper Columbus atau sebelum ditemukannya Benua Amerika. Mereka yang selamat kemudian berpencar ke berbagai penjuru dunia dengan membawa peradaban mereka di wilayah baru. bahasa. wilayah Atlantis haruslah berada di daerah yang diyakini beriklim tropis yang memungkinkan adanya banyak bahan mineral dan pertanian yang maju karena sistem bercocok tanam yang maju hanya akan tumbuh di daerah yang didukung iklim yang tepat seperti iklim tropis. ilmu/teknologi. Berdasarkan cerita Plato. Jawa. Atlantis merupakan benua yang membentang dari bagian selatan dari India bagian selatan. beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatera. Atlantis merupakan negara makmur yang bermandi matahari sepanjang waktu.

mengapa selama ini nama Indonesia jarang disebut-sebut dalam referensi Atlantis? Santos menilai keengganan Dunia Barat melakukan ekspedisi ataupun mengakui Indonesia sebagai wilayah Atlantis adalah karena hal itu akan mengubah catatan sejarah tentang siapa penemu perdaban. Jawa dan Kalimantan. Daratan itu kini tinggal Sumatra. seperti antropologi. Yang menarik. paleantropologi dan bahkan mungkin agama. Rumpun bangsa Austronesia yang menjadi cikal bakal bangsa-bangsa Asia merupakan sebuah fenomena besar dalam sejarah keberadaan manusia. Kenyataan Atlantis (berada di Indonesia) kemungkinan besar akan mengakibatkan perlunya revisi besar-besaran dalam ilmu humaniora. pendapat Santos dkk yang meyakini bahwa Atlantis berada di Indonesia ini masih harus dikaji karena kurang dilengkapi bukti-bukti. Namun. sejarah. Berdasarkan penelitian. Dengan adanya sejumlah bukti mengenai keberadaan Atlantis di Indonesia maka teori yang mengatakan Barat sebagai penemu dan pusat peradaban dunia akan hancur. Sekali lagi Indonesia memiliki syarat untuk itu karena Indonesia berada di antara dua samudera tersebut. Rumpun bangsa ini juga melahirkan 1. tulis Santos dalam bukunya. Pakar Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Wahyu Hantoro mengatakan analisa Santos masih berupa hipotesa. arkelogi. Riau. Rumpun ini kini tersebar dari Madagaskar di barat hingga Pulau Paskah di Timur. Salah satu pulau di Indonesia yang kemungkinan bisa menjadi contoh terbaik dari keberadaan sisa-sisa Atlantis adalah Pulau Natuna. 80 persen dari rumpun penutur bahasa Austronesia tinggal di Kepulauan Nusantara Indonesia.dimaksud adalah terusan Samudra Pasifik dan Hindia.200 bahasa yang kini tersebar di berbagai belahan bumi dan dipakai lebih dari 300 juta orang. Jika terdapat begitu banyak kemungkinan Indonesia menjadi lokasi sesungguhnya Atlantis lalu. banyak arkeolog Amerika Serikat yang juga meyakini Atlantis adalah sebuah pulau besar bernama Sunda Land yang luasnya dua kali negara India. Selain Santos.(Koran SI/Koran SI/mbs) . linguistik. Wahyu juga menilai pelu dijelaskan lebih lanjut kategorisasi jenis kebudayaan tinggi yang ada pada zaman Atlantis serta gelombang setinggi apa yang bisa membuat Paparan Sunda terbelah. evolusi. gen yang dimiliki penduduk asli Natuna mirip dengan bangsa Austronesia tertua.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful