BAB 5 Keaneragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

A. Solidaritas mekanik dan solidaritas organik Bab ini menyajikan analisis durkheim mengenai solidaritas mekanik dan solidaritas organic. Durkheim menganalisis solidaritas berdasarkan : (1) perbedaan solidaritas dalam tipe struktur social yang berbeda-beda, (2) ancaman-ancaman terhadap solidaritas, dan (3) munculnya penegasan/penguatan solidaritas melalui ritus-ritus agama. 1. Solidaritas mekanik dan organic. Sumber utama analisis durkheim tentang solidaritas dan sumbr struktur sosialnya diperoleh dari bukunya The Division of Labor in Society. Singkatnya, perkembangan dalam pembagian kerja ternyata meningkatkan perubahan struktur sosial dari solidaritas mekanik dan solidaritas organic. Contoh solidaritas mekanik yakni sekalipun ada perbedaan tingkatan, sekurang-kurangnya menganut satu orientasi agama yang sama merupakan dasar integrasi sosial dan ikatan yang mempersatukan individu dalam organisati itu. Contoh solidaritas organic yakni dalam suatu perubahan pabrik terdapat kecenderungan perubahan spesialisasi pekerjaan, yaitu ada yang berkerja pada bagian mesin, menjadi pengawas, penjual, pemegang pembukuan dst, kegiatan spesialisasi orang-orang ini saling berhubungan dan saling tergantunf atau saling bergantungan antara satu dengan yang lainnya. Durkheim menggunakan istilah solidaritas mekanik dan organic dalam menganalisis stuktur masyarakat secara keseluruhan. Solidaritas mekanik didasarkan pada kesadaran kolektif ( collective consciousness/collective conscience), yang menunjuk pada “totalitas kepercayaan dan sentiment-sentimen bersama yang rata-rata ada pada warga masyarakat yang sama tersebut”. Itu merupakan suatu solidaritas yang tergantung pada individu-individu yang memiliki sifat-sifat dan mengenut kepercayaan dan pola normative yang sama, karena itu individualitas tidak berkembang, dan sifat individualitas dilumpuhkan oleh tekanan untuk konformitas (kepentingan bersama). Dan juga sebaliknya, solidaritas organik muncul karena pembagian kerja menjadi bertambah besar, solidaritas organic di dasarkan pada saling ketergantungan yang tinggi. Saling ketergantungan bertambah besar sebagai hasil bertambahnya spesialisasi dalam pembagian pekerjaan, yang juga meggairahkan bertambahnya perbedaan individu. Munculnya perbedaan – perbedaan ditingkat individu merombak kesadaran kolektif itu, yang pada gilirannya menjadi kurang penting sebagai dasar keteraturan sosial dibanding saling ketergantungan fungsional antara individu – individu yang memiliki spesialisasi dan secara relatif lebih otonom sifatnya.

Menurut Durkheim, kuatnya solidaritas organik ditandai oleh pentingnya hukum yang bersifat memulihkan ( restitutive ) daripada yang bersifat represif. Tujuan kedua tipe hukum itu sangat berbeda. Hukum represif mengungkapkan kemarahan kolektif, Hukum restitutif berfungsi mempertahankan atau melindungi saling ketergantungan yang kompleks antara berbagai individu yang berspesialisasi atau kelompok – kelompok dalam masyarakat. Dalam sistem organik, kemarahan kolektif yang timbul karena perilaku menyimpang menjadi kecil kemungkinannya, karena kesadaran kolektif tidak begitu kuat. Sebagai hasilnya, hukuman lebih bersifat rasional, yang disesuaikan dengan tingkat pelanggaran dan bermaksud untuk memulihkan atau melindungi hak – hak dari pihak yang dirugikan atau menjamin bertahannya pola saling ketergantungan yang kompleks itu, yang mendasari solidaritas sosial. Pola restitutif ini jelas terlihat dalam hukum pemilikan, hukum kontrak, hukum perdaganggan, dan sebagainya. Ide mengenai peralihan dari hukum represif kehukum restitutif yang sejajar dengan bertambahnya kompleksitas sosial yang merupakan dampak pembagian kerja, agaknya terlampau disederhanakan. Seperti yang dikemukakan oleh Nisbet, gambaran Durkheim tentang pelanggaran moral dalam masyarakat primitif yang secara kolektif muncul sebagai reaksi terhadap tingkat penyimpanan yang paling kecil sekalipun, dan dinyatakan dalam hukuman yang keras terhadap si pelanggar. Ditegaskan bahwa keadilan perdata merupakan bentuk yang khas dalam menangani kasus – kasus penyimpangan dalam masyarakat tradisional. Seperti yang dikemukakan Nisber, akan lebih tepat untuk mengembalikan gambaran Durkheim tentang tipe – tipe hukum yang dominan dalam masyarakat mekanik dan organik. Artinya menghubungkan solidaritas mekanik dengan hukum yang bersifat restitutif, dan solidaritas organik dengan hukum yangn bersifat represif. 2. Kesadaran kolektif dalam masyarakat organik Tidak hanya hukum-hukum respensif yang terus menerus menjadi penting bagi suatu masyarakat organik, melainkan juga kesadaran kolektif memperkuat ikatan yang muncul dari saling ketergantungan fungsional yang makin bertambah besar. Perkembangan dari pembagian kerja (solidaritas organik sebagai hasilnya) tidak menghancurkan kesadaran kolektif, tetapi hanya mengurangi. Hal ini memberikan lebih banyak ruang bagi kebebasan individu dan heterogenitas sosial, tetapi tidak harus membuat individu terpisah dari ikatan sosial yang didasarkan kosensus moral, dalam pemikiran durkheim, kesadaran kolektif yang mendasari ini di abaikan oleh ahli teori seperti spencer, yang melihat dasar fundamental dari keteraturan sosial dalam hubungan-hubungan yang bersifat kontraktual.

Interaksi sosial yang makin bertambah ini meningkatkan kerjasama yang semakin tinggi dan merangsang munculnya gagasan-gagasan baru. heterogenitas yang semakin bertambah ini tidak menghancurkan solidaritas sosial. Menigkatnya saling ketergantungan fungsional antara berbagai bagian masyarakat yang heterogen.Kesadaran kolektif kuat . yang memungkinkan penduduk yang lebih besar itu dapat bertahan hidup Cermatilah sifat-sifat pokok dari masyarakat yang di dasarkan pada solidaritas mekanik dengan masyarakat yang di dasarkan pada solidaritas berikut ini : Solidaritas Mekanik . kesadaran kolektif pelan-pelan mulai hilang. mereka menjadi lebih produktif dan efisien. Peraturanperaturan itu memaksa indovidu untuk bertindak sesuai dengan tujuan kolektif daripada kepentingan sendiri. dan gaya hidupnya.Konsesus terhadap pola normatif penting . Akibatnya individu secara bertahap meningkatkan spesialisasi. Orang yang pekerjaannya menjadi lebih terspesialisasi dan tidak sama lagi merasa dirinya semakin berbeda dalam kepercayaan. terutama berpusat pada perubahan-perubahan demografik serta akibatnya terhadap frekuensi interaksi antar manusia dan perjuangan untuk mempertahankan hidup. karena pembagian kerja makin tinggi.Kesadaran kolektif juga ada dalam berbagai kelompok khusus di masyarakat. suatu gereja yang anggotanya di satukan oleh satu kepercayaan bersama merupakan salah satu contoh kelompok yang demikian itu.Pembagian kerja rendah .Individualitas rendah . Durkheim merasa bahwa solidaritas mekanik dalam kelompok pekerja dan profesi menjadi semakin penting ketika pembagian kerja meluas. Solidaritas mekanik yang dinyatakan dalam kelompok agama. kesukuan. Namun peraturan mengenai moralitas dan keadilan bersifat mengharuskan. Akan tetapi. dan komunitas. pendapat. namun karena penduduk bertambah. mendorong kesadaran kolektif sebagai solidaritas sosial. seperti kekerabatan. Mengapa pembagian kerja bertambah? Jawaban durkheim atas pertanyaan ini. sebaliknya. perjuangan untuk hidup juga bertambah. Inilah yang diharapkan karena pengalaman sosial seseorang sangat dipengaruhi oleh pekerjaannya. Seperti sudah di singgung di depan. Karena pembagian kerja mulai meluas.Keterlibatan komunitas dalam menghukum orang yang menyimpang . maka individu dan kelompok merasa semakin lebih tergantung satu sama lainnya.Hukum represif dominan .ikatan-ikatan paramodial ini jelas tidak dapat mempersatukan semua anggota masyarakat yang kompleks tetapi merupakan sumber-sumber solidaritas kelompok sosial. mempunyai sejumlah ikatan sosial yang bersifat primordial “mekanik”.

berinteraksi sosial. . tempat individu saling mengenal.Saling ketergantungan tinggi .Konsensus pada nilai-nilai umum penting .- Saling ketergantungan rendah Bersifat tradisional-pedesaan Solidaritas Organik . organisasi. yang pada dasarnya juga berhubungan dengan istilah solidaritas mekanik dan solidaritas organik. tradisi yang kuat.Bersifat industrial-perkotaan B. dan memperlihatkan struktur sosial yang di tandai oleh kesatuan organik. masyarakat Gesellschaft di tandai oleh kemauan yang besifat rasional. Bagi Tonnies. serta mengutamakan hubungan sosial yang di dasarkan pada spesialisasi tertentu. Sebaliknya. Paguyuban ( gemeinschaft ) adalah kehidupan kolektif bersama yang anggota-anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta kekal. yang lebih di rencanakan.bentuk patembeyan terutama terdapat dalam hubungan perjanjian yang berdasarkan ikatan timbale balik. Patembeyen merupakan ikatan lahir batin bersifat pokok untuk jangka waktu yang pendek.Badan-badan kontrol sosial yang menghukum orang yang menyimpang . Patembayan ( gesselschaft ) adalah bentuk kehidupan kolektif yang diikat oleh ikatan lahir yang biasanya untuk jangka waktu pendek. Dasar hubungannya ialah rasa cinta dan kesatuan batin yang memang telah di koordinatkan. kelompok primer kelopok primer (primary group atau face to face group) adalah kelompok sosial pertama. dan sebagainya Kelompok primer dan kelompok sekunder 1. kelompok penggemar sepakbola. Tonnies mengembangkan konsep masyarakat Gemeinschaft dan masyarakat Gesselchaft. bahkan lebih bersifat dalam fikiran belaka. C. hubungan yang meyeluruh. masyarakat Gemeinschaft mencerminkan satu kemauan yang bersifat alamiah. dan memperlihatkan spontanitas dalam prilaku.Kesadaran kolektif lemah . partai politik.Individualisme tinggi .Hukum resitutif dominan . bersifat sebagai bentuk dalam fikiran belaka ( imaginary ) dan strukturnya bersifat mekanis. seperti perusahaan dagang. Gemeinschaft dan Gesselchaft Bentuk struktur sosial pramodern dan yang modern tidak hanya di kenal dengan analisis Durkheim. Contohnya. Terjemahan inggrisnya adalah Community dan Society untuk masing-masing.Pembagian kerja tinggi .

kelas saya. grup saya. Peran kelompok primer dalam kehidupan individu cukup besar karena di dalam kelompok inilah individu pertama kali berkembang dan dididik sebagai mahluk sosial.dan sifatnya tidak langgeng atau tidak tentram. Contoh kelompok sekunder adalah organisasi partai politik. dan sebagainya. Dan semua orang yang tidak termasuk dalam in-group tadi dianggap sebagai out-group. orang-orang mereka. Seiring dengan terbentuknya suatu kelompok sosial. hubungan kerjasama kurang erat. dst. Dalam kehidupan di masyarakat. kita sering mendengar seperti ungkapan kelompok mereka. In-Group dan Out-group Berdasarkan derajat interaksinya. saling mengenal dari dekat. Dan sering kita beberapa ungkapan seperti kelompok saya.dan bekerjasama yang cukup erat. ada dua macam kelompok sosial. kelompok penggemar lagu dan sebagainya. sedangkan kelompok sekunder bersifat gesselschaft. yaitu kelompok sosial yang anggota-anggotanya sering berhadapan muka antara yang satu dengan lain. 2. grup mereka. objektif dan rasional. Dan Out-group adalah kelompok sosial yang oleh individu-individu diartikan sebagai musuh kelompoknya atau lawan in-group. sekelompok oranf yang menjalankan tugas yang berat telah mengalami pahit getir secara bersama-sama. kelompok sekunder kelompok sekunder (secondary group) adalah kelompok sosial kedua. kelompok primer lebih bersifat gemeinschaft. kelompok kekerabatan. D. tempat individu-individu berhubungan sosial. mempunyai cara-cara bersenda gurau yang khas dan yang di tujukan kepada kawan-kawan sepengalaman. timbul pula sikap da perasaan diantara para anggotanya. yang disebut in-group. Perasaan in-group berkenaan dengan seluk-beluk usaha dan orang-orang yang dipahamin dan di alami oleh anggota pada interaksi didalam kelompoknya. dan hubungannya lebih erat. Gemeinschaft merupakan kelompok sosial yang kekeluargaan. objektivitas. sehingga mereka kurang saling mengenal interksi sosial kurang intensif. tolong menolong. kelompok pertemanan. yaitu ingroup dan out-group. saling membantu. yang anggotanya cukup banyak. Gesselschaft merupakan kelompok sosial yang interaksinya berdasarkan perhitungan rasional. Dalam kelompok primer terdapat interaksi sosial yang lebih intensitif dan lebih erat di antara para anggotanya. Menurut tonnies. Apabila mereka sedang bersenda . Contoh kelompok primer adalah keluarga. orang-orang kita. Peran kelompok sekunder dalam kehidupan adalah untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara bersama-sama. Hubunagn interaksinya bersifat rasional atas perhitungan untung-rugi. Sebagai contoh. dan berdasarkan simpati. Dan sifat interaksi sosial dalam kelompok primer bercorak kekeluargaan dan lebih bersifat simpati. perhimpunan serikat pekerja. In-group adalah kelompok sosial yang individu-individunya mengidentifikasikan dirinya dengan kelompoknya. Kelompok primer itu disebut jugaface to face group.

Orang-orang yang dianggap sebagai out-group tidak di perkenankan turut serta di dalamnya.gurau dan dengan tiba-tiba ada orang luaran yang turut tertawa dengan mereka. Dari kata colere berkembang istilah culture yang berarti segala tindakan manusia dalam mengolah alam. BAB 6 Berbagai budaya lokal. maka kawan-kawan ini dengadn tiba-tiba diam. Seakan-akan orang luar harus membuktikan terlebih dulu bahwa mereka memiliki sikap solidaritas dengan in-group. artinya mengolah atau mengerjakan tanah(bertani). Istilah untuk pendapat itu adalah CulturalDeterminism. Dalam bahasa inggris di kenal istilah culture. pengaruh budaya asing dan hubungan antarbudaya A. mau berkorban bersama-sama dengan sekawan in-group demi kemajuan bersama. Sedikit sekali tindakan manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang tidak dibiasakan dengan cara belajar seperti tindakan naluri. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain. tidak mengatakan apa-apa dan segera pergi dari tempat itu. Pengertian Budaya Melville J. tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri dengan cara belajar. Istilah culture ini sebenarnya berasal dari kata latin colere. Barulah mereka boleh ikut serta dengan kegiatan in-group itu. Secara ini etimologis budaya adalah hal-hal yang bersangkutan dengan budi/akal. pengentar antropologi. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Pengertian budaya dan budaya lokal Istilah budaya(culture) berasal dari kata sanskerta buddayah sebagai bentuk jamak dari kata buddhi yang artinya budi atau akal. yang berarti budaya. Menurut koentjaraningrat dalam bukunya. Berdasarkan definisi tersebut berarti hampir seluruh tindakan manusia merupakan hasil belajar. 1. karena adanya seseorang out-group yang ingin turut serta dengan mereka itu Sikap dan perasaan in-group itu seakan-akan hanyalah mengizinkan kawankawan in-group –nya saja untuk turut serta dalam kegiatan yang mereka lakukan. . tindakan akibat proses fisiologi atau perilaku ketika sedang membabi buta bahkan tindakan sebagai naluri yang terdapat dalam gen seperti berjalan diubah menjadi tindakan kebudayaan. yang kemudian disebut sebagai superorganik. kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan. refleks.

taylor Kebudayaan adalah keseluruhan kompleksitas yang meliputi pengetahuan. hukum. kesenian. Budaya nasional adalah kebudayaan yang terbentuk dari keseluruhan budaya lokal yang berkembang dalam kehidupan masyarakat indonesia serta hasil serapan dari anasir-anasir budaya asing atau budaya global. kluckhohn kebudayaan adalah pola perilaku eksplisit dan di pelajari dan di wariskan melalui simbol yang merupakan prestasi khas manusia. Usaha pembangunan budaya harus menuju kearah kemajuan budaya dan persatuan. ki hadjar dewantara kebudayaan adalah semua hasil cipta. a.B. kebiasaan. adat istiadat.pengertian budaya lokal dan nasional Budaya lokal adalah budaya yang berkembang di daerah-daerah dan merupakan milik suku-suku bangsa nusantara setiap suku bangsa memiliki budaya lokal masing-masing. rasa. Bangsa indonesia juga memiliki budaya nasional yang berbeda dengan budaya nasional bangsa-bangsa lain.”bhineka tunggal ika” menggambarkan keberagaman suku bangsa dan budaya indonesia.Untuk lebih jelasnya. kepercayaan. Keberagaman suku bangsa dan budaya lokal inilah yang memperkaya khasanah kebudayaan nasional indonesia. tetapi dalam kehidupan sehari-hari mencerminkan ke-ika-an. termasuk perwujudannya dalam bentuk benda budaya c. E. a. 2. kroeber kebudayaan adalah keseluruhan gerak. yang di pelajari manusia sebagai anggota masyarakat. tata cara. dan sebagainya. Kebudayaan asli sebagai puncak-puncak kebudayan di daerah-daerah di seluruh nusantara tershitung sebagai kebudayaan bangsa. agama/kepercayaan. dan karsa manusia d. budaya lokal dan budaya nasional setiap negara memiliki budaya nasional masing-masing yang berbeda antara satu dengan lainnya. gagasan. Kebhinekaan suku bangsa dan keragaman sifat geografis menyebabkan timbulnya beraneka ragam bahasa. adat istiadat. dan nilai-nilai yang dipelajari dan di wariskan serta perilaku yang ditimbulkan b. tetapi hidup rukun dan damai. berupa kesatuan yang tunggal. mata pencaharian . tanpa menolak bahan-bahan baru dari budaya bangsa asing yang mempertinggi drajat kemanusiaan bangsa indonesia. berikut ini disajikan beberapa definisi kebudayaan yang di kemukakan oleh para ahli. Meskipun masyarakat indonesia bersifat bhineka.jelaslah bahwa kebuyaan nasional .

dan peralatan/materi/artefak. perwujudan budaya nasional Perwujudan abstrak budaya nasional yaitu sistem gagasan. Misalnya. Berbagai media masa.palembang. aceh. angkat telunjuk. melambai-lambai. Demikian pula jika orang-orang betawi. radio.aceh. dan komponen lingkungan eksistensi manusia/masyarakat. semua itu mengandung makna yang mengandung makna yang dapat dimengerti oleh pihak yang lain dalam komunikasi. ketika orang sunda berkomunikasi menggunakan bahasa sunda. Bertutur dalam bahasa daerah yang bercampur bahasa indonesia di perkenakan karena keduanya merupakan perwujudan kebudayaan nasional. batak. berarti hal itu menunjukkan bahwa mereka berasal dari suku bangsa sunda. Menurut kluchkhonhn (1951). kebudayaan bersumber dari sifat-sifat biologis. minang. Apabila warga masyarakat dalam berkomunikasi menggunakan bahasa daerah maka kita akan segera mengetahui bahwa hal itu merupakan perwujudan dari budaya lokal. dengan yang aktual. gerakan tangan. 1.dan timor tentu saja akan menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa resminya. Namun. dan sebagainya. baik media elektronik (televisi. berarti mereka sedang mewujudkan budaya daerahnya. Selain secara lisan. tindakan. dan hasil karya manusia. internet) maupun meida cetak (buku. apabila orang yang berasal dari suku bangsa sunda berbicara dengan orang yang berasal dari suku bangsa betawi. psikologis. Kebudayan nasional di pandang sebagai polaritas antara yang ideal. seperti angkat tangan. masyarakat kita menggunakan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi. atau jawa berbicara dalam bahasa daerah. Adapun wujud konkretnya.merupakan puncak-puncak kebudayaan daerah. Dalam kehidupan sehari-hari. majalah) menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa pengantar resmi. yakni unsur-unsur kebudayan lokal yang besifat universal dan dapat di terima oleh suku bangsa lainnya Formulasi kebudayan nasional dalam format kehidupan bangsa indonesia yang berasaskan pancasila merupakan proses yang timbal balik antara yang ideal dengan yang aktual. cara berbahasa wujud konkret budaya nasional yang paling jelas ialah cara berbahasa. minang. telepon. antara kebudayaan dan interaksi sosial. etos kebudayaan merupakan kompleksitas nilai-nilai yang koheren serta memberi watak atau identitas khas kepada kelompok masyarakat pendukungnya b. berpakaian. Dengan demikian. perilaku. . serat kabar . berupa cara bahasa.iran. bahasa indonesia juga digunakan sebagai bahasa tulis. Bahasa isyarat juga du gunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya: anggukan kepala berarti tanda setuju atau YA. antara nilai-nilai dan kelakuan individu. gerakan menggelengkan kepala berarti isyarat penolakan.

delman. perhiasan. baik yang bersifat tradisional maupun modern berupa lata-alat produksi. Unsur-unsur budaya Unsur-unsur budaya ada 7 macam yaitu: 1. peralatan hidup Peralatan hidup yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat indonesia juga merupakan wujud konkret budaya nasional. korea. Misalanya. manusia. seperti golok. Setiap bangsa di dunia berbeda-beda dalam cara berpakaian sesuai dengan sistem budayanya. 4. wadah. kesenian. makanan. dan 7. panah. bahasa 6. Demikian pula alat-alat komunikasi dan transportasi sebagai wujud budaya nasional bentuknya berupa kentongan. dan lain-lain) . Sampai sekarang peralatan tradisional masih ada dan terus dikembangkan dalam hubungan dengan pembinaan dan pelestarian unsur-unsur budaya nasional B. serta alat-alat komunikasi dan transportasi semuanya dibuat dan diciptakan oleh masyarakat indonesia. minuman. hewan . china.2. realigi atau kepercayaan Kepercayan atau realigi adalah suatu keyakinan bahwa hal-hal yang dipercayai itu benar dan nyata (tuhan . bedug.orang-rang barat suka sekali mengenakan busana model jas yang lengkap dengan dasinya. amerika serikat. Ternyata berbeda dengan cara berpakaian warga masyarakat indonesia. pakaian. . Peralatan hidup. tombak. kepercayaan/realigi 2. pisau. jamu-jamuan. cara berpakaian warga masyarakat jepang. arab atau afrika. Senjata tradisional bentuknya bermacam-macam. Orangorang indonesia mengenakan pakaian jas hanya pada acara resmi. benda-benda. dan sejenisnya. mereka dituntut untuk selalu berpakaian resmi ketika menjalankan pekerjaannya. 3. pengetahuan 1. Kecuali bagi para pejabat negara dan pemerintahan. dan sistem realigi /agama yang di indonesia . harapan dan keyakinan (akan kejujuran. perumahan. andong. senjata. cara berperilaku Perwujudan budaya nasional terlihat pula dari cara bersikap dan berperilaku warga masyarakat indonesia dalam kehidupan sehari-hari. perahu cadik. orang-orang yang dipercaya( diserahi tugas) . sampan. mata pencaharian 4. cara berpakaian Cara berpakaian juga merupakan perwujudan konkret dari budaya nasional. keris. perlengkapan hidup 5. dan sebagainya. kekerabatan dan organisasi sosial 3. kebaikan) .

tidak dapat dilepaskan dari kajian ilmu gaib. Selain berlaku sistem kekerabatan patrilineal ( hubungan keturunan dari garis laki – laki ) matrilineal ( (hubungan keturunan dari garis ibu). Diantara upacara keagamaan tersebut ada yang dianggap sangat penting oleh suatu penganut agama. Tata cara pelaksanaan upacara keagamaan macam-macam sifat dan jenisnya seperti sesaji.Morgan macam – macam sistem kekerabatan erat kaitannya dengan istilah kekerabatan.J. Menurut L. Apabila kita perhatikan. aktivitas gontong royong.Bachfen telah meneliti sistem kekerabatan yang berlaku didunia. tetapi ada pula sistem kekerabatan bilineal dan ambilineal. yang mencangkup pembagian kerja. Emosi keagamaan inilah yang membuat manusia melakukan tindakan yang besifat keagamaan. keturunan dari nenek moyang yang sama. makan bersama. berdoa. Dalam deskripsi etnografi. prosedur pengambilan keputusan.H. dan asalusul identitas yang sama. Mengapa manusia percaya terhadap kekuatan gaib. tetapi tidak dikenal dalam agama lainnya 2. dan sebagainya. memainkan drama suci. atau agama didasarkan pada suatu getaran jiwa. Dalam mempelajari realigi. kekerabatan dan organisasi sosial Sistem kekerabatan dan oraganisasi sosial merupakan komponen kebudayaan. Taylor. sikap pemimpin. bersemedia. Untuk mengetahui asal mula realigi.M. menari tarian suci.shalat. Dikatakanya bahwa dalam menyusun deskripsi sistem kekrabatan harus memperhatikan istilah kekerabatan yangberlaku dalam bahasa suku bangsa tersebut. Dari hasil penelitian mereka. ahli antropologi L.sistem kekerabatan sistem kekerabatan adalah pola kehidupan suatu kelompok masyarakat yang bersifat dan bercirikan kekeluargaan atau kekerabatan karena adanya hubungan pertalian darah. yang disebut emosi keagamaan (religius emotion). berpuasa. dan J. diketahui bahwa sistem kekerabatan yang monogami yang lazim berlaku dalam masyarakat Eropa Barat bukanlah satu – satunya sistem kekerabatan yang berlaku didunia. a. Deskripsi etnografi tentang upacara keagamaan dari berbagai suku bangasa sangat diperlukan untuk menyusun teori tentang asal mula realigi. Pertengahan abad ke – 19. Semua aktifitas manusia yang berkaitan dengan kepercayaan. aktivitas kehidupan masyarakat itu selalu diwarnai oleh kegiatan yang bersifat kekerabatan dan oraganisasi sosial.E. bernyanyi nyanyian suci. bertapa. berkoraban. orang-orang eropa berupaya mempelajari sistem realigi kuno.B. berpawai. upacara kelahiran bayi. tata cara . para ahli antropologi juga menaruh perhatian terhadap sistem dan struktur organisasi sosial.Morgan. mengapa manusia mencari hubungan dengan kekuatan gaib? Semua itu telah lama menjadi pertanyaan ilmua sosial.kepercayaan telah berkembang sejak zaman purba. Sebelum ilmu sosial berkembang realigi telah menjadi bahan kajian studi etnografi.

Sunda.laki Sistem kekerabatan parental dikelompokkan lagi menjadi 4 macam berikut ini. dan sebagainnya. Perhatikan bagan sistem kekerabatan parental berikut ini! Keterangan ↑ = Perempuan + = Laki . Bugis. 1) Sistem kekerabatan parental Parental adalah sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari kedua belah pihak. yaitu ayah dan ibu.pergantian pimpinan. dan Makassar. Masyarakat adat yang berdasarkan genealogi sering disebut sebagai masyarakat hukum. a) Ambilineal Ambilineal adalah sistem kekerabatan yang menarik garis hubungan kekeluargaan dari pihak ayah atau pihak ibu secara bergantian. Sistem kekerabatan ini dianut oleh suku Jawa. Perhatikan bagan berikut ini ! . pembagian kekuasaan.

Misalnya dalam pembagian harta warisan hanya anak laki – laki atau perempuan sulung saja yang mendapatkann ya. Misalnya pada suku bangsa Sunda dikenal istilah sabondoroyot (satu keturunan dari nenek moyang yang dihitung sebanyak 7 generasi ).laki atau perempuan bungsu saja yang mendapatkannya. d) Ultimogenitur Ultimogenitur adalah sistem kekerabatan yang menarik garis hubungan keluarga dari ayah atau ibu yang usianya termuda saja ( bungsu ). Misalnya. yaitu dari ayah ( patrilineal) atau pihak ibu ( matrilineal). dalam pembagian harta warisan hanya anak laki.b) Konsentris Konsentris adalah sistem kekerabatan yang menarik garis hubungan keluarga sampai jumlah tertentu. 2) Sistem kerabatan unilateral Unilateral adalah sistem kekerabatan yang menarik garis hubungan keluarga dari satu pihak saja. Sistem kekerabatan patrilineal ini dianut oleh suku bangsa . c) Primogenitur Prigogenitur dalah sistem kekerabatan yang menarik garis hubungan kekeluargaan dari ayah atau ibu yang usianya tertua saja ( sulung ).

C)Perkawinan berdasarkan garis keturunan ibu dan ayah ( kawin bebas). Seorang anak termasuk keluarga patrilineal dari ayahnya. Apabila orang tuanya melakukan perkawinan semendo. tetapi berikutnya masuk klan matrilineal dari ibunya. Perhatikan bagan sistem kekerabatan unilateral berikut ini! Patrilineal Matrilineal Bagan sistem keluarga patrilineal dan matrilineal 3) Sistem kekerabatan altenerend Altenerend adalah sistem kekerabatan yang anggota – anggotanya menarik garis keturunan secara berganti – ganti sesuai dengan pola perkawinan yang diterapkan orang tua. yaitu sebagai berikut.anaknya menarik . disebut kawin semendo rajo – rajo. Diindonesia tidak dikenal sistem kekerabatan yang berganti – ganti ini. sedangkan sistem kekerabatan matrilineal dianut oleh suku bangsa Minangkabau. Dalam sistem kekerabatan altenerend dikenal tiga bentuk perkawinan . garis keturunan patrilineal dan matrilineal berlaku berganti – ganti. jika orang tuanya melakukan perkawinan jujur maka anak. disebut kawin semendo B) Perkawinan berdasarkan garis keturunan ayah disebut kawin jujur. dan Minahasa. Dalam sistem kekerabatan altenerend.Batak. A) Perkawinan berdasarkan garis keturunan ibu. demikian seterusnya. Sebaliknya. Flores. maka anak – anaknya menarik garis kekerabatan dari pihak ibu ( matrilineal).

atau stepa. Jepang. peralatan hidup yang dibuat dan digunakan masih sangat sederhana. Alat produksi Alat produksi masyarakat tradisional berupa peralatan yang terbuat dari batu . 3. Amerika Serikat. Apabila orang tuanya melakukan kawin semendo rajo – rajo. Cara pembuatannya sudah menggunakan teknologi modern. 4. dan alat transportasi. pakaian. Belanda. sabana. dan banyak lagi. senjata.02% penduduk dunia masih hidup dari berternak yang dikerjakan secara tradisional suku bangsa peternak hidup didaerah pegunungan. Pada masyarakat yang tingkat peradaban atau kebudayaannya masih sederhana. a. Peralatan hidup Tingkat peradapan suatu kelompok masyarakat tampak pula dari peralatan atau perlengkapan hidup yang digunakan.Oakley dalam bukunya Man the Tollmaker ( 1950). Masyarakat praaksara misalnya. B. Jumlah negara nasional tempat berhinpunnya manusia sangatlah banyak. Berburu dan meramu ( hunting and gathering ) merupakan mata pencaharian yang paling tua didunia. peralatan hidup sudah dibuat lebih baik dan bentuknya pun bervariasi. Berternak secara tradisional ( pastoralisme ) juga termasuk mata pencaharian yang sudah tua. berupa berburu dan meramu makanan. seperti Indonesia. Pada masyarakat modern. tulang. berternak. Sekitar 0. K.kekerabatan dari pihak ayah. Organisasi sosial Organisasi sosial adalah perkumpulan yang dibentuk oleh masyarakat dalam rangka mencapai tujuan dan kepentingan bersama. pemecah ( chiping ). atau bercocok tanam diladang. Inggris. yaitu pemukul ( percussion – flaking). sekitar 0. Prancis. kayu.T. Korea. China. antara lain berupa alat produksi. mata pencahariannya sangat sederhana. Mata Pencaharian Mata pencaharian masyarakat mencerminkan corak kebudayaan. terdapat empat macam alat produksi. Pada masyarakat tradisional. menangkap ikan. Sampai sekarang. makanan.01% manusia didunia masih hidup berburu dan meramu. Peralatan hidup yang digunakan oleh masyarakat tradisional. Menurut ahli praaksara. mata pencahariannya pun bersifat sederhana pula. maka anak – anaknya menarik garis kekerabatan dari pihak ibu dan ayahnya ( campuran ). wadah. tempat berlindung. dan logam.Adanya organisasi sosial ini merupakan wujud kehidupan kolektif manusia dalam skala besar ialah sebuah negara nasional. dan . penekan ( pressurre flaking).

wadah terbuat dari kayu. Bahan mentahnya ada yang berupa kayu. Berdasarkan lapangan pekerjaannya. dan logam. c. Senjata Senjata dalam kebudayaan masyarakat tradisional dapat dibedakan menurut bahan dan teknik pembuatannya. Berdasarkan fungsinya alat – alat produksi berupa alat potong. tulang. alat – alat produksi berupa alat ikat. pesawat tempur. sayur – sayuran. Batu . peluru kendali. dan tameng. bambu. daging .batu yang telah dipanaskan kemudian dimasukkan kedalam bahan makanan. alat menangkap ikan. buah – buahan. Berdasarkan bahan mentahnya. d. Bahan mentahnya berupa daun – daunan. Menurut pemakaiannya. b. dikenal senjata – senjata yang digunakan untuk berburu. Teknik pembuatannya menggunakan tangan. perhiasan. dikenal senjata – senjata berupa alat potong. dan sebagainya. Ada pula yang dibuat dari serat – serat seperti keranjang. senjata lempar. Biji – bijian. menimbun. akar – akaran. tank. alat pukul . seperti api. dengan cara dibakar dan menggunaakan batu panas ( stoneboiling technique ). dan sebagainnya. seperti diasah ( diupam). wadah juga digunakan untuk memasak atau membawa barang (transportasi).penggiling ( grinding ). dan tanah liat. dan sebagainya. Selain tempat menyimpan. Dalam masyarakat modern. tempurung. dan mambawa barang. wadah digunakan untuk menyimpan. Wadah Dalam budaya masyarakat tradisional. senjata dibuat dengan menggunakan teknologi canggih. berkelahi. . ikan. alat pertanian. makanan dibuat secara sederhana. dan sebagainnya. Alat – alat produksi dalam masyarakat tradisional dibedakan menurut fungsi dan lapangan pekerjaannya. Bentuk dan jenisnya pun beragam. dan sebagainnya. Menurut fungsinya. alat tenun. alat menyalakan api. Makanan Dalam masyarakat tradisional. alat tusuk. Ada dua cara dalam memasak makanan yaitu. alat tusuk. kulit kayu. berperang.

Bahasa . 5. manusia telah menggembangkan alat transpotrtasi. pakaian tradisional dibagi menjadi 4 macam . yaitu: 1) alat untuk melindungi tubuh dari pengaruh alam ( panas dan dingin ). Hewan – hewan besar. kulit binatang. 3) simbol yang dianggap suci . dingin. seperti kuda. rumah telah menjadi kebutuhan hidup walaupun sifatnya masih sederhana yaitu sebagai tempat berlindung dari panas. 2) Lambang keunggulan. Tingkat kebudayaan masyarakat tercermin dari cara memilih dan mengenakan pakaiann. rusa reideer dan anjing merupakan binatang transportasiyang cukup penting. Pakaian Pakaian merupakan benda budaya yang sangat penting bagi manusia. Teknik pembuatannya pun bersifat tradisional. pakaian dibuat dari daun – daunan. dan ancaman binatang buas. kedelai. cara berpakaian masih sangat sederhana. perahu. alat seret. Alat transportasi Alat – alat transportasi dengan segala jenis dan bentuknya merupakan unsur kebudayaan. Perumahan Rumah sebagai tempat berlindung merupakan salah satu benda budaya yang sangat penting bagi manusia. Pada masyarakat tradisional. Ditinjau dari fungsinya. Sejak zaman purba. dan gajah sebagai alat angkut. alat – alat transportasi terpenting yaitu rakit / sampan. dan binatang. dan tenunan sederhana. Dari bahan mentahnya. dan lembu banyak digunakan sebagai alat transportasi. kereta beroda. Sejak dahulu manusia telah menggunakan binatang sebagai alat transportasi. Diasia utara dan kanada. Sejak zamann purba. f. Pada masyarakat tradisional.seperti diikat dan dicelup. g.e. Diserbia sejak dahulu orang telah menggunakan sapi. walaupun sifatnya sederhana. 4) sebagai perhaiasan. unta. kulit pohon. kerbau.

seni gambar. tulisan. seni drama/ film. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang multicultural dalam suku dan budaya. 1.Bahasa baik lisan .Selain bidaya lokal. macam-macam budaya lokal Bangsa Indonesia memiliki beragam budaya local yang satu dengan lainnya berbeda. seni suara. Seni drama adalah kesenian yang mengintegrasikan seluruh cabang kesenian. 6. C. Kemampuan berbahasa inilah yang menyebabkan manusia mampu mengembangkan dan mewariskan kebudayaan kepada manusia – manusia lainnya. budaya nasional juga dipengaruhi oleh budaya asing. seni musik. maupun isyarat merupakan komponen kebudayaan. Seni mencangkup seni rupa dan seni suara ialah seni gerak dan seni tari. yaitu seni rupa (kesenian yang dinikmati menggunakan mata) dan seni suara ( seni yang dinikmati menggunakan telingga). Masyarakat praaksara tidak meninggalkan benda – benda tertulis . Tradisi Upacara Labuhan Merapi Tradisi budaya ini dilaksanakn setiap tanggal 30 rajab sebagai rangkaian kegiatan upacara penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Sultan Ngayogyakarta Hadiningrat. seni rupa. seni lukis. Budaya local itu merupakan unsure pembentuk budaya nassional. sehingga dikatakan sebagai masyarakat yang terbelakang taraf peradabannya. Kesenian Kesenian yang meliputi seni sastra. Upacara ini dilengkapi berbagai macam sesaji untuk dibawa ke kendit Gunung Merapi oleh Ki Juru Kunci agar memperoleh berkah dan sebagi wujud permohonan keeselamatan dan kesejahteraan. Seni rupa terbagi lagi kedalam seni patung. Tradisi Ngaben . 2. Bahasa menentukan tingkat kebudayaan atau peradaban kelompok masyarakat. masyarakat modern yang mampu menguasai beberapa bahasa mencerminkan bahwa tingkat peradabannya sudah tinggi. seni ukir ( seni relief ) dan seni rias ( dekorasi). seni tari. dan sebaginya merupakan komponen kebudayaan. Keseniaan sebagai ekspresi dan hasrat manusiaakan keindahan untuk dinikmati terbagi dua macam. Budaya okal adalah budaya yang berkembang di daerah-daerah sebagai milik suku-suku bangsa Nusantara. Sebaliknya .

yang merupakan tradisi Martapura Amuntai. Tradisi Adata Jawa a. Arapan. Sesaji yang disiapkan : dhawet. hamper tidak ada satu negarapun yang tidak terpengaruh budaya global. dan kembang setaman.Ngaben adalah upacara pembakaran mayat yang dilakukan oleh para penganut agama Hindu Bali. Upacara ini dilaksanakan antara bulan Juni – September yang merupakan kesempatan teakhir bagi keluarga yang ditinggalkan untuk mengabdikan diri kepada org tuanya yg telah meninggal 3. Dampak masuknya budaya asing . D. yaitu upacara pemberian nama pada bayi yang baru lahir. yaitu upacara pada bayi yang berusiaantara 5-6 bulan pada saat pertama kali turun ke tanah. Pengaruh budaya asing sudah lama masuk dan berkembang di Indonesia. Tradisi Betapung Tawar Maayun Betapung tawar Maayung adalah upacara menyiapkan menjadi seorang anak. dan Kristen. sejak dunia memasuki era globalisasi. Upacara dilaksanan di bangsal Sekar Kedaton sebelah selatan Kedaton Kulon. Pada era globalisasi. Upacara ini dikhususkan untuk kaum perempuan. Penusukan telingan dilakkan oleh duku yang disebut aebe siewe 5. Brokohan. yaitu sejak masuuknya agama dan budaya Hindu-Budha. Upacara ini dilaksanakan setelah 35 hari dari kelahiran bayi c. Ppengaruh budaya asing makin intensif. Upacara ini dilaksanakan Gguring Maayun yaitu menidurkan anak pada ayunan ketika anak itu berusia 40 hari – 5 tahun. Islam. Biasanya waktu pelaksanaan upacara ini pada tanggal 12 rabiul awal bertepatan keelahiran nabi Muhammad SAW 4. yaitu upacara inisiiasi haid pertama bagi anak perempuan. Irian Jaya. yiatu upacara kelahiran bayi. sehingga lelakki dilarang untuuk hadir pada saat upacara ini. gula jawa. b. upacara ini merupakan tradisi budaya suku bangsa Waropen. kelapa. d. Thedak siten. Selapanan. Tradisi Era-Era TU Urau Era-era tu urau adalah upacara tindik telinga pada perempuan yang menginjak usia dewasa.

Corak ini berusaha untuk mrngambil jarak dan menilai secara jujur dimana kelebihan budaya Barat dan kekurangan Budaya Timur. politik. Budha . tetapi lebih kebanyakan yang negative dan bertentangan dengan nilai-niai budaya nasional. kebebasan dan teknologi. Inggris. proses masuknya pengaru budaya asing Pada zaman praaksara. proses difusi kebudayaan dilakukan oleh para peelaut dan pedagang.Islam. (Dorthy L.nilai barat dan timur. Corak Reaksi yang anti Budaya Barat Corak ini beranggapan bahwa Budaya Barat hanya melahirkan manusia yang kejam dan kebudayaan Timur yang lebih Unggul 3. 1. Karena telah budaya timur sudah tidak relevan menghadapi kondisi sekarang. Marx. Penyebaran Agama seperti Hindu. Belanda. Corak yang berusaha melihat Pembenturan antara Budaya Barat dan Budaya Timur. terjadi penyeberangan unsur-unsur budaya seiring perpindahan kelompok-kelompok manusia purba yang hidupnya suka berpindahpindah tempat sambil berburu dan meramu. Corak Reaksi yang menerima seluruh kebudayaan Barat. 2. dan juga Jepang. Orang Barat berpikiran bahwa manusia memiliki kemampuan menyempurnakan hidupnya sendiri. Kemajuan yang sangat pesat adalah telekomunikasi dan transportasi yang membuat hubungan antar bangsa menjaadi lebih intensif. Karena itu. kita harus bersikap kritis untuk menaggapi dan menerima budaya Barat yang masuk ke Negara kita ini. . pengaruh nilai-nilai budaya barat Nilai budaya Barat itu ada yang positif. sekaigus mempertahankan relevansi nilai.baik di bidang ekonomi. Penyebaran juga dulakukan pada saat Negara kita terjajah oleh Negaranegara sing seperti Portugis. dan Kristen. maupun seni budaya. intelek dan pengalaman. 1983) Menurut Alvian 1985 ada tiga pola atau corak reaksi terhadapt masuknya budaya asing (Barat) 1. melainkan budaya Barat yang telah menciptakan manusia yang berkualitas 2. Menurut Tho Thi Anh (1975) ada tiga nilai penting yang mendasari nila-nilai budaya barat: martabat manusia. dengan syarat bertitik tolak pada raasio. Pada masa-masa berikutnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful